January 28, 2015

(Kembali) Rajin Posting di Blog

Assalammu’alaikum wr wb,

Alhamdulillah sesuatu deh, tulisan ini adalah postingan ke-3 di bulan Januari 2015 ini. Lumayanlah ya, mengingat di tahun lalu banyak banget hiatusnya, hehehe. Dari tahun lalu sebenarnya sudah bertekad mau memeriahkan kembali ini blog. Nah, pas baca ada @IHBlogger #01ihbchallenge yang temanya Resolusi Blog 2015, ahaaaa... pas ni sama niat untuk (kembali) rajin menulis di blog. *dancing* Jadi, di postingan kali ini saya mau flashback sedikit karena akan berhubungan dengan resolusi yang saya maksud.

Here we go...

Jadi, seperti bisa dilihat dari archive blog saya ini, saya mulai menulis blog pada tahun 2005. Berarti tahun ini blog ini akan berusia 10 tahun. Kalo diibaratkan anak si ini udah sekolah SD kelas V ya, udah gede dan udah bisa macam-macam tuh yah. Terus kalo blog saya udah gimana? Hmmm, bisa dibilang blog saya gitu-gitu aja, hahahaha. *jleb* Dulu pertama ngeblog pas kuliah tahun kedua. Ikut-ikutan sohib yang udah ngeblog duluan. Temanya apa? Bebas aka random aka curhat nyampah aka apa aja yang dialami, dipikirkan, dilakukan dan diidam-idamkan. Aiisshhh... Jadilah tiap tulisan itu menggambarkan keabstrakan penulisnya, hahahaha. *tutupmuka*

Lalu, at least 2-3 tahun pertama punya blog, mulailah rajin blogwalking, dan kasih comment ke teman blogger lain, saling mencantumkan link blog, dan beberapa kali ikut kopdar aka kopi darat. Dulu kopdar selalu bertiga dengan sahabat-sahabat saya dari kuliah. Salah satu sahabat saya malah menikah dengan sesama blogger dan pertemuan pertamanya ya dari kopdar para blogger itu, hahaha. Singkat cerita, dari blogging akhirnya menambah teman dan menambah ilmu juga. Ya contohnya, dari yang tadinya ngga ngerti itu bahasa HTML buat ngotak-ngatik tampilan blog, jadi lumayan tau dikit-dikit, hehehe. Ada juga masanya suka gonta-ganti skin blog, hihihi.

Nah, tahun 2007 mulailah masuk ke dunia kerja, dunia TV broadcast pula. Alhasil tiap hari, pagi hingga malam bahkan pagi hingga pagi lagi dihabiskan untuk kerja. *lapjidat* So, kegiatan tulis-menulis di blog, blogwalking apalagi kopdar jadi syuliiit. Kalo ada hari libur maunya di rumah aja tidur sepanjang hari, karena balas dendam kurang tidur saat weekdays. Dari dunia TV pindah 2008-2010 ke advertising agency. Yaaah podoooo, alias sama aja kerjaannya demanding, hahaha. Jadi, kopdar paling sesekali aja dan udah makin jarang menyapa teman blogger via blogwalking. Paling hanya beberapa yang masih keep in touch saat itu. Lalu saat pindah kerja ke perusahaan sekarang, dengan jam kerja yang lebih pasti, dengan persoalan pribadi yang makin variatif dan kehidupan yang semakin kompleks, kembali lagi tuh agak rajin menulis tapi ya namanya maintain blogwalking, ikut community seperti dulu atau kopdar-kopdaran jadi ngga pernah lagi, huhuhu.    

Kemudian setelah menikah dan berumahtangga, saya ngebatin *telat ya ngebatinnya*, sayang juga ya ini blog udah tua usianya tapi gini-gini aja, hehehe. Padahal klo saya rajin mungkin saya udah jadi famous blogger, hahahaha.. Yakaleee.. Tapi memang tujuan pertama bikin blog memang buat diri sendiri si, kalo ada yang baca alhamdulillah dan terima kasih, kalo ada manfaatnya bagi yang baca lebih lebih alhamdulillah. *terharu* Saat ngurus pernikahan, hamil, ngurus anak dan keluarga, sampai ketika mulai berhijab, banyak info, referensi dan rekomendasi yang didapat dari apa yang dishare orang-orang melalui blognya. Thank you, thank you, thank you buat semua blogger yang tulisannya sudah membuat saya jadi well informed. Dan surprisingly, tulisan saya mengenai resepsi pernikahan, honeymoon hingga motherhood thingy juga ada aja yang baca. Dan beberapa kali ada email masuk tanya-tanya mengenai apa yang saya share di blog saya. Alhamdulillah.

Maka dari ituuuuu...

Niatnya, pingin kembali rajin menulis di blog ini. Setidaknya dalam 1 bulan ada 3 tulisan. Ibarat suatu produk, saya ingin rebranding blog saya ini. Tadinya yang mostly cuma curhat nyampah aja, menjadi lebih bermakna dan bermanfaat bagi siapapun yang mampir ke sini. Ya diselingi sesekali curhat ngga apa-apa kali ya. Tapi ya kurangin nyampahnya kalo gitu, hahaha. Temanya si ngga spesifik harus parenting, travelling, fashion atau lifestyle. Hmm, saya lebih suka bilangnya sebagai my daily life experience sharing, entah itu soal parenting, motherhood, kerjaan, personal thought tentang subject tertentu, lifestyle, kuliner, etc.

Selain itu, pingin ngerapihin tulisan masa lampau sebelum saya berjilbab. Entah menghapus foto-fotonya atau cukup menyimpannya saja. Nah itu PR besar dan kudu segera dilaksanakan, huhuhu. Selain merapikan tulisan, juga bikin tampilan blog ini makin enak dilihat dan kembali satu-satu cek list friend yang ada. Intinya mah bersih-bersih. Mana yang ngga perlu ada, buang. Mana yang sudah oke, dibuat lebih baik.

Last but not least, adalah kembali eksis, hahaha. Maksudnya adalah harus diubah mode-nya dari pembaca pasif menjadi pembaca aktif ketika blogwalking. Tiap berkunjung, usahakan selalu salam, sapa, comment, biar makin banyak teman, dan memperpanjang tali silaturahim dan networking. Selain itu, sesekali datang kalo ada kopdar, biar makin erat tuh silaturahim dan networkingnya. 

Demikianlah niat mulia saya sehubungan dengan blog ini, semoga saya istiqomah yaaa..
Ssshhh...tulisan ini diikutkan dalam IHB Blog Post Challenge lho. Wish me luck! *wink*

Love you, life. =D



Wassalammu’alaikum wr wb. 

12 comments:

  1. Yaaay...keyen mbake..
    saya mah newbie..pernah jaman kuliah bikin blog di multiply..hihi..
    yuk kita tambah rajin nulisnya..curhat nggak papa koook... πŸ˜„πŸ‘

    mampir mampir jugak yaa.. di nurqanitah.blogspot.com 😊😊😊

    ReplyDelete
  2. Aaaah thankiiess dibilang keren *tutupmuka* Aku malah ngga pernah bikin di multiply, hehehe. Hayuk mba, smangat nulis lagi ya. Iya curhat di blog emang enak yaaaa, suka lupa diri ngalor ngidul ga jelass, hahaha.

    Siaaap, akan mampir ke sana. Meluncuuurr...

    ReplyDelete
  3. waah sudah lama ya usia blognya. bentar lagi mau masuk smp :D
    semoga resolusinya tercapai yaa

    ReplyDelete
  4. Iya ni mba. Udah tua blognyaa, ini udah ada jerawat puber, hahaha.. aamiin. Semoga resolusi mba inna jg tercapai yaaa..

    ReplyDelete
  5. salam kenal mba Lisna :) ayo semangat ngblog *nyemangetidirisendirijuga* curhat itu sisi persoanalnya blog, kalau ga ad acurhat mirip situs berita dong heheh www.rinasusanti.com

    ReplyDelete
  6. Hi mba rina. Iya jg ya, nanti sm kyk portal berita, hahaha. Kapan2 ajarin cara nulis yg cakep buat disubmit ke media yaaa.. ;D

    ReplyDelete
  7. Selain itu, pingin ngerapihin tulisan masa lampau sebelum saya berjilbab. Entah menghapus foto-fotonya --> mantep resolusinya mbak ;)

    ReplyDelete
  8. Mba fenny: iya mba, PR yang harus segera dirampungin. Padahal berhijabnya udah lama, huhuhu.

    ReplyDelete
  9. Ternyata udah lama ngeblog juga ya maak... tetap semangat mak, semoga di 2015 semakin konsisten menulis & tambah ramai blognya ^_^

    ReplyDelete
  10. Iya maak, udah lama banget, hahaha. Aamin yaa, semoga makin banyak yang baca dan mendapatkan manfaat, hehehe. Semoga blognya mak widy juga gitu yaa..

    ReplyDelete
  11. memang banyak godaannya...keep up the good work..
    blogwalking salam kenal..

    ReplyDelete
  12. Fee: iya bener bangeet..huhuhu. semangat jugaaa..salam kenal ya.

    ReplyDelete