January 02, 2015

Mengurus Perpanjangan Passport

Assalammu'alaikum wr wb,

Postingan pertama di tahun 2015, wohoooo. Karena 2014 lalu ngga bikin list resolusi, jadi bingung juga cerita soal resolusi yang tercapai dan ngga tercapai, hehehe. Maka dari itu, cerita soal pengurusan passport aja deh. *laaaaah... hahaha.

Bulan Desember lalu, kepikiran pingin ke Singapore sama keluarga pas Februari 2015. Kemudian sibuklah yah cari tiket. Cuss kemudian ke www.traveloka.com. Eh happy dong ni pas searching waktu keberangkatan, dapat tiket PP cuma 700ribuan. Wooww langsung berbinar-binar dan langsung book saat itu juga. Dan pas udah komplit isi form, klik enter, dapat jawaban kalo masa berlaku dokumen tidak bisa memenuhi syarat. Sebenernya si udah tau kalo akan habis kurang dari enam bulan lagi, tapi namanya juga nyoba dan euforia ya. Nice try, lisna, hahahaha. Jadilah akhirnya kudu wajib urus perpanjangan passport dulu.

 photo 107.gifKarena saya memutuskan untuk melakukannya via online, langkah pertama yang saya lakukan adalah melakukan mengisi form di Web Imigrasi - Pra Permohonan Proposal. Kalo dulu untuk pendaftaran via online selain mengisi kelengkapan data diri, juga harus langsung upload segala macam dokumen yang dibutuhkan. Yang mana, seringkali gagal dalam proses upload. Nah, sekarang ini hanya perlu mengisi Pra Permohonan Proposal, yang isinya hanya mengisi informasi data diri aja. Saya sendiri browsing dan nanya-nanya dulu si supaya tidak salah dalam menyiapkan dokumen. Karena saya malas menulis ulang juga baca pengalaman dari blog lain, teman-temin bisa baca di link berikut https://ceritabendi.wordpress.com/2014/07/15/bikin-paspor-via-online-tanpa-upload-dokumen/ soal pengurusan passport. Semua langkah-langkah ada tuh di situ, terutama yang mau buat passport buat anak. Tadinya saya juga niat buat passport buat naya, eh tapi belum punya KK sendiri. Oh nooo.. Jadilah cuma ngurus perpanjangan passport sendiri, hehehe.

Kalo untuk perpanjangan passport si ya, dokumen yang perlu disiapkan relatif lebih sedikit :
1. KTP
2. Kartu Keluarga
3. Akte kelahiran/ijazah terakhir/surat nikah (pilih salah satu saja)
4. Passport lama


Jadi dokumen-dokumen di atas harus di fotokopi di atas A4 dan Jangan Dipotong-potong. Ingat jangan dipotong-potong, karena kalo dipotong ngga diterima sama petugas imigrasi. Jangan lupa untuk membawa dokumen asli karena biasanya akan dicek kembali oleh petugas. Ada beberapa hal dan tips yang harus diperhatikan dari pengalaman saya : (nah ini beneran pengalaman sendiri =P

- Pilih kantor imigrasi dengan teliti, jangan pilih kantor imigrasi yang pelayanannya masih cupu dan berantakan. Karena kenyataannya reformasi birokrasi masih belum merata sodara-sodara. Jadi, saya pilih Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan. Dari beberapa artikel dan tulisan yang saya baca, kantor imigrasi satu ini termasuk yang cukup baik pelayanannya dan sudah bisa menerima pengurusan e-passport.

- Dugaan saya, tanggal 30 Desember 2014 kan udah banyak yang libur dan menghabiskan waktu keluar kota tuh, harusnya agak sepi kali ya. Oke, tapi dugaan saya salah, hahahaha. Nah, karena saya pilih salah tau kantor imigrasi yang sudah terkenal karena pelayananya yang baik, jadilah ada banyaaaaak sekali orang yang datang ke sana untuk pengurusan passport, hahaha. Saya datang jam 8 pagi, dan ternyata itu tidak cukup pagi karena jam 7 atau kurang antrian sudah dibuka. Jadi pas saya ambil antrian, sudah no 155.

 photo cute-animated-japanese-kitten-grey-13.gif






Jadilah saya harus menunggu selama kurang lebih 5 jam. Saya baru masuk sekitar pukul 13.30. Fiuuuuh...Mati gaya banget deh. 2 jam pertama masih ditemenin, 3 jam berikutnya, sendirian eng ing eeeng... hahahaha. Dan pas dipanggil, ternyata hanya diminta copy dokumen yang sudah disiapkan, lalu foto dan ngga diwawancara ulang. Padahal pingin banget lho diwawancara, hahahaha. *yang ini abaikan* Dan passport saya sudah jadi dalam 3 hari kerja saja, dan berarti bisa diambil Senin, 5 Januari 2015 pkl 13.00. Yeaaay.. (update foto passport baru nanti setelah diambil, yuhuuuu)

- Kalo teman-temin akhirnya dengan terpaksa ngga bisa datang jam 7 atau bahkan jam 6 di lokasi, siapkan amunisi lengkap seperti misalnya : charger hp, powerbank, bahan bacaan dan kalo bawa laptop jangan lupa bawa charger dan ngga kalah penting carilah colokan yang available, hahahaha. Yang terakhir itu penting banget. Karena kemarin ngga bisa buka laptop karena ternyata batere laptop habis dan colokan semua sudah dikuasai, hahahaha. Colokan jumlahnya terbatas dan semua orang berpikiran untuk recharge device mereka. Jadi deh ngecek email dsb lewat smartphone aja. Tapi tetep ngga puas kan ya kalo kudu tulis menulis atau kirim file. *lapkeringet*  Selain itu, bawa perbekalan makanan dan minuman. Mungkin sebaiknya coba cari tau kantor imigrasi mana yang pelayanan bagus dan dekat mall atau tempat nongkrong. Jadi, klo harus menunggu lamapun bisa kabur sebentar ke mall atau ngupi-ngupi cantik, hehehehe. Kalo di kantor imigrasi kemarin ngga ada tempat nongkrong yang deket. Ada kantin, tapi kurang oke si, hehehe. Ada Sevel tapi jauh kudu jalan keluar lagi. Nah kalo nanti bawa anak apalagi bayi, lebih baik datang dari pagi-pagi banget. Karena kasian kan kalo nunggu terlalu lama.

- Persiapkan fotokopi dokumen yang diperlukan, sediakan backup juga. Buat jaga-jaga, bawa materai. Kemarin si untuk perpanjangan ngga diminta materai ya, mungkin untuk pengurusan passport baru terutama passport anak akan dibutuhkan.
-  photo chat020.gif Last but not least, dandan yang cakep, hahahaha. Ini penting nih menurut saya, karena passport saya kemarin cupu bangeeeet, pas mau foto dulu mata sempet bengkak karena kelilipan, hahaha. Dan foto passport akan berlaku selama 5 tahun ke depaaaan, jadi cobalah dandan cakep dan paling engga pastikan fotonya ngga malu-maluin, hahahaha..

Di mobil latihan foto passport (yakaliii ada latihannya, hahaha)
Bayarnya harus datang langsung ke teller BNI, untuk yang ini agak kurang praktis
Lain kali kudu jam 6 sampai kantor imigrasi
Sudah lumayan canggih, jadi tinggal tunggu aja dan lihat sudah antrian ke berapa

Inilah hasilnya, taraaaa... Tetap bulat si yaaa, tapi lumayanlah daripada passport sebelumnya, hahahaha.


Segitu aja dulu deh yaa.. Semoga berguna.

Wassalammu'alaikum wr wb


Love u, life. =D

4 comments:

  1. paasss banget perlu perpanjang paspor tahun ini..^^
    lebih cepet perpanjang online apa langsung yaak.. kebetulan kantor deket amat sama kantor imigrasi (secara di sini cuman 1 kantor imigrasinya gak bisa milih milih..haha)
    btw foto nya cakep banget..:)perlu ditiru niih..

    ReplyDelete
  2. Sebaiknya pre register online dulu supaya proses di kantor imigrasi lebih cepat. Linknya ada di postingan aku. Terus kalo mau perpanjang, lebih baik 6 bulan sebelum masa expired habis mba.

    Hahaha, alhamdulillah ya klo cakep. Terimikici lho mba.. :)) Hasil latihan sepanjang jalan itu, hihihihi.

    ReplyDelete
  3. Sybond : oh my god, gw dikunjungi programmer handal, hahaha.

    ReplyDelete