May 27, 2015

Udang Lada Garam

Assalamu'alaikum wr wb.

Sebagai ibu rumah tangga yang masaknya ngga jago-jago amatan, saya sangat mengandalkan contekan, hehehe. Biasanya sebelum weekend, saya suka browsing resep. Suami kebetulan suka masakan yang gooey-gooey gitu. Atau kadang masakan yang kami suka di suatu restoran, saya cari-cari resepnya buat dimasak di rumah. Salah satu yang jadi andalan saya buat nyontek resep-resep masakan adalah di Sajian Sedap. Alhamdulillah si sebagian besar sukses. Yang ngga sukses biasanya kalo saya salah cara masaknya, kelebihan atau kekurangan bahan, hahaha.  

Kalo pernah makan di restoran ala cina peranakan, mungkin pernah order menu yang namanya Cumi Lada Garam? Nah saya juga suka ni. Tapi suatu waktu, saya punyanya udang. Jadilah saya modifikasi menjadi Udang Lada Garam. Resepnya sih pakai resep Cumi Lada Garam, cuma proteinnya aja yang diganti. Ini resep dasarnya yang diambil dari Sajian Sedap


Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
Bahan:500 gram cumi bersih, dipotong ring 2 cm1 sendok teh air jeruk lemon 1/2 sendok teh garam minyak untuk menggoreng 

Bahan Pelapis (aduk Rata):100 gram tepung terigu protein sedang 50 gram maizena 1 sendok teh baking powder 1/2 sendok makan bawang putih bubuk 1/2 sendok teh garam  

Bahan Pencelup ( Aduk Rata ):50 gram tepung terigu protein sedang 1/4 sendok teh garam 100 ml air es  

Bahan Tumisan:8 siung bawang putih, dicincang kasar3 buah cabai merah keriting, dicincang kasar2 batang daun bawang kecil, diiris halus1/4 sendok teh garam 1/4 sendok teh merica bubuk 2 sendok makan margarin untuk menumis  

Cara membuat:
  1. Lumuri cumi dengan air jeruk lemon dan garam. Diamkan 15 menit.
  1. Gulingkan di bahan pelapis. Celup ke dalam bahan pencelup. Gulingkan lagi ke bahan pelapis.
  1. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai matang.
  1. Tumisan, panaskan margarin. Tumis bawang putih dan cabai merah keriting sampai harum. Tambahkan daun bawang, garam, dan merica bubuk. Aduk rata. Angkat.
  1. Tuang di atas cumi goreng. Sajikan.
  Untuk 5 porsi
Dan ini dia penampakannyaaa...



Selamat mencobaaaaaa..

Love you, Life. :D

Wassalamu'alaikum wr wb.

12 comments:

  1. Aku suka browsing resep dari NCC dan blognya mbak Endang di http://www.justtryandtaste.com/ Nyobain resep dari sana selalu enak dan cocok sama seleraku hehehe

    ReplyDelete
  2. NCC itu apakah? Kalo blog itu aku pernah juga coba beberapa resep dan cocok juga siy. Baru ngeh namanya mba endang. Okesip difollow beneran. Thank you infonyaa.. :D

    ReplyDelete
  3. Natural Cooking Club mbak. Cobain deh, enak2 resepnya :D

    ReplyDelete
  4. @Nanda: ahaaay, thanks mbaaak. Will try it sooooon.. :D

    ReplyDelete
  5. nyumnyumnyum...jadi laper mba :D

    ReplyDelete
  6. Laper banget liatnya jadi penasaran pengen nyoba :')

    ReplyDelete
  7. noted. aku suka banget udang cabe garam. suka aku tambahin havermot sangrai mak

    ReplyDelete
  8. Yummy banget nih pasti #elusperut

    ReplyDelete
  9. wah boleh ni dicoba :D

    ReplyDelete
  10. @Handdriati : Bikin mba, hihihi.
    @Safira Nys : cobain mbaa, gampang kooo..:D
    @Ade Anita : ahaaa havermot ya mak, noted. thanks tipsnya..
    @Heni : hihii, jadi laper ya mbaa.. :D
    @Ika Amna: coba coba coba neng.. :d

    ReplyDelete
  11. lezat bun, saya suka melihatnya, terimakasih atas sharingnya :) menambah wawasan saya selain dari lifesyle di peluangproperti.com

    ReplyDelete
  12. Diana: sama-sama mba. :D

    ReplyDelete