Follow Me @lisna_dwi

September 01, 2015

Menikmati Masa Menyusui

Assalamu'alaikum wr wb,

Saya pernah menulis tentang Catatan ASI beberapa waktu lalu. Saat itu menulis tentang ASI dan tips seputar ASI menjadi reminder buat saya yang saat itu semangat pumpingnya lagi diuji. Tsaelaaah semacam hubungan percintaan aja ya lagi diuji, hahaha. Tapi seriusan, pasti ada deh masa-masa malas-malasan dan terbuai macam saya saat itu. Ya kan? Ada dong ya buibuuuu?! *cari temen* :))  Well kalaupun ngga ada, good for you then, hehehe. Buat yang sedang persiapan menyusui, bumil-bumil tercinta, jangan dibawa setres yaaa.. Bawa happy-happy aja, positive thinking aja yaaaa.. Contohnya ngapain buibuuuu? Belanjaaaaaa! hihihi.
Link Sumber
Menurut saya, masa menyusui itu harus dinikmati. Cari info sebanyak-banyaknya penting si, tapi jangan sampai bikin setres, apalagi jadi ikut-ikutan men-judge sana sini. Seriusan deh, realita itu kadang ngga bisa disamain sama idealisme. Nah saya mau sharing beberapa tips berdasarkan kisah nyata saya ni, supaya buibu dan pabapak bisa menikmati masa menyusui. Lah ko pabapak juga? Karena pabapak adalah salah satu support system dari proses menyusui yang nikmat. :)

Link Sumber

Pertama, bekali diri dengan ilmu. Soal ini sudah pernah saya bahas di Catatan ASI. Jadi jika berkenan bisa mampir sekalian, hehehe. Yang saya mau tambahkan adalah, jangan takabur, tapi harus tetap optimis. Lah maksudnya apa? Mungkin teman-teman pernah membaca soal pro kontra ASI vs Sufor, ibu bekerja vs ibu rumah tangga aja, ngurus anak sendiri vs ngurus pakai nanny, dan masih banyak lagi.

Link Sumber
Percayalah, seperti yang sudah saya sebut sebelumnya, idealisme kadang berbeda dengan realita. Makanya, kalo baca-baca soal versus-versusan macam itu kalo dari saya si jangan lantas jadi takabur. Kalo bisa si jangan tuh mikir, "Ah saya mah ngga akan kayak gitu," atau "Pasti ibu bapaknya cuek deh," atau "Ko bisa si anaknya digituiiiin, kalo aku mah amit-amit deh," dan masiiih banyak lagi. Karena kisah tiap orang beda-beda. Pertimbangan orang pun macam-macam. Kita sudah pasti harus menghargai itu. Tapi setelah itu tetap optimis, optimis kalo cita-cita dan harapan yang diinginkan inshaa Allah bisa tercapai. Jadikan apa yang dibaca sebagai pelajaran. Semacam pelajaran kehidupan. Duileeeeh...hahaha.


Kedua, lengkapi diri dengan perlengkapan yang mumpuni. Eh tapi ini bisa beda-beda yang tiap orang. Seringkali kita hanya fokus pada alat atau perlengkapan pokok untuk ASI, pumping atau untuk si bayi. Jangan lupakan juga perlengkapan untuk diri sendiri. Contohnya, kan saat hamil dan menyusui PD buibu biasanya berubah tuuuh. Nah, biar bisa menikmati masa hamil, menyusui dan ngga ribet saat "open bar", mulai deh dari saat hamil cari-cari bra menyusui yang nyaman dan bisa mempermudah hidup. :)) Ngga usah bingung cari di mana, buibu dan pabapak bisa intip koleksi bra menyusui di e-commerce fashion terpercaya, ZALORA Indonesia. Kan biasanya kalo lagi hamil suka cepet capek kan yaaa, nah belanja online bisa jadi pilihan ciamik ni. :D Daaaaan bisa jadi solusi buat pabapak yang ingin kasih surprise buat istrinyaaaa. Belanja bra di offline store pasti malu deh, ya kaaaan?! Nah belanja bra menyusui di ZALORA amaaan, hihihi. Pabapak juga bisa pilihin mana motif yang cantik buat istri, hihihihihi. Istri senang, bapak riang, anak ikut giraaang. :))

Chart Bra Sizing
Selain bra menyusui, saya rekomendasikan untuk membeli bantal menyusui. Harga ngga terlalu mahal, tapi buat saya dan bayi sangat berguna bahkan hingga kini. Dari pengalaman saya, bantal menyusui ini bikin nyaman dan saya jadi ngga gampang capek. Posisi bayi pun lebih ajeg. Dan buat saya yang ngga bisa menyusui sambil tiduran, bental berbentuk donat setengah lingkaran ini sangat menolong.

Link Sumber
Eh kalo apron gimana? Nah, belum tentu butuh buibu. Kalo saya ngga nyaman menyusui di depan umum, lagian anak saya lasak bangeeet, jadi seringnya si apron ditarik-tarik sama doi. Lah yang ada aset emaknya kemana-mana dah, hahaha. :'D Alhamdulillah saya berhijab si, jadi hijab bisa sekaligus sebagai apron. Apron di rumah malah ngga pernah dipake, laper mata aja waktu pas beli, lalalalala...


Ketiga, obat lecet. Lah, apaan nih, jangan parno dulu buibu. Karena tiap busui pasti ngalamin ni, hehehe. Yang ngga ngalamin ini saya iri buibuuuu, ciyus deh. :'D Supaya proses menyusui nanti tetapi nikmat, mending sedia payung sebelum hujan deh.

Supaya saat menyusui tetap cantik macam ini LOL  (link sumber)
Ada dua macam untuk mengatasi puting PD yang luka atau lecet saat menyusui, yang alami atau pabrikan. Kalo saya pakai yang alami, yaitu minyak kelapa masak atau biasa disebut minyak letik. Jadi minyaknya homemade gitu, biasanya yang buatin alm nenek. Dan alhamdulillah ART di rumah ternyata juga bisa bikin sendiri. Voila, bebas masalah. Ada juga ko merek pabrikan yang banyak dijual bebas, bisa di apotik atau toko bayi yang terkenal atau yang bertebaran di ITC. Cuma memang kalo yang alami ngga perlu khawatir kalo lupa bilas sebelum menyusui. Saya orangnya lupaan, jadi makanya pilih yang alami, hehehe.  


Keempat, penghibur. Eits, jangan mikir negatif duluuu, hehehe. Ini maksudnya apapun yang bisa menemani saat menyusui. Memang si saat menyusui itu saatnya kita menjalin ikatan dengan si bayi. Tapiiii, dari pengalaman saya kemarin, waktu menyusui yang kadang panjang dan melelahkan membuat saya butuh penghibur. Penghibur di sini bisa macam-macam si tergantung individu masing-masing. Bisa gadget, bisa buku, bisa cemilan, bisa stok DVD, bisa music player, bisa TV kabel 24 jam, dan lain sebagainya. Apalagi kalo bangun di tengah malam dan ngga tega bangunin suami, penghibur ini sangat dibutuhkan ni.


Nah, demikianlah tips yang bisa saya bagi. Semoga berguna yaaaa... Nikmatilah tiap detik saat menyusui atau pumping. Karena saat galau menjelang masa menyapih seperti saya saat ini, momen flashback menikmati saat menyusui menjadi semacam tambahan alasan untuk bersyukur dan menghilangkan galau. Okesip, see you soon.

Love you, life. :D

Wassalamu'alaikum wr wb.

8 comments:

  1. kalo sering travel macam saat aku menyusui dulu, musti bersedia rempong bawa peralatan pompa kumplit. Nitip ASI di kulkas pesawat sama pramugari.

    Paling sedih waktu ke Eropa, secara perjalanan 18 jam ... ASI terpaksa harus dibuang. Sedih banget udah mompa banyak, tapi harus dituang ke wastafel (sambil mewek tentunya).

    Alhamdulillah 2 anak menikmati ASI masing-masing selama 20 bulan.

    Puass

    ReplyDelete
  2. Business trip sambil bawa "peralatan tempur" komplit macam itu emang rempong ya mbaaa, been there done that too, hahaha. Tapi aku perginya waktu itu masih deket2 aja si. Tapi perjalanan jauh pake mobil tetep aja bikin deg2an ASIP cair, akhirnya beli kulkas mini portable,hahaha.

    Kebayang itu meweknya yaa. Pernah buang 11 botol juga gara2 mati lampu, dan mewek seada2nya. :'D Iyes mba rasanya puas alhamdulillah. Segala kerempongan mompa di sela-sela waktu kerja atau business trip terbayaar.. :))

    ReplyDelete
  3. aku belum terbayangkan bakal ngasih ASI.. tapi temenku suka cerita kalo di kantornya dia ada kulkas yang isinya botol-botol ASI.. hihi jadi ibu keliatan keren bgt ya :)

    ReplyDelete
  4. Arifinda : cool dan seruuuu, hohoho.

    ReplyDelete
  5. Hi Bloggers, saatnya kamu untuk ikutan ‪#‎KhalisaBlogCompetition‬ yang bertema "Khalisa Lip Balm, Lembabkan dan Warnai Tulus Senyummu"! Ada hadiah jutaan rupiah buat kamu yang beruntung, lho.
    Simak caranya di bit.ly/KhalisaBlogCompetition ya :)

    ReplyDelete
  6. Andyani : Thanks for the info. :D

    ReplyDelete
  7. Seneng banget suami support aku untuk ngasih ASIX, tiap pulang kerja pasti ditanyain dapet berapa botol? kalau dapet sedikit langsung disuruh makan yang banyak, dibeliin maunya apa... hihihi

    ReplyDelete
  8. Fitrina : Alhamdulillah ya mbaa.. Itu ngaruh banget jadi bikin ASIX makin lancar. :D

    ReplyDelete