January 27, 2016

Belajar Berkuda di Adria Pratama Mulya (APM) Equestrian Centre

Assalamu'alaikum wr wb.

Ada yang resolusi tahun 2016 mencoba sesuatu (misal olahraga, liburan, makanan, etc) yang baru ngga? Berarti harus mencoba kegiatan ini, yaitu berkuda! Bukan, bukan berkuda di Taman Lansia atau lokasi wisata gitu, hehehe. Tapi berkuda semacam olahraga keluarga kerajaan dan bahkan seperti yang dicontohkan Rasulullah SAW. Biasanya saya lihat di TV atau film aja, kayaknya keren, hahaha.


Link sumber 

Awalnya begini. Suatu hari, saya membaca salah satu postingan teman soal olahraga memanah, yang notabene menjadi olaharaga yang dilakukan Rasulullah SAW. Saya lalu cerita tuh ke suami soal ini, dan sempat membicarakan tentang tiga olahraga yang biasa dilakukan olah Nabi Muhammad SAW, selain memanah juga berkuda dan berenang. Langsunglah saya mengajak suami untuk sesekali mencoba. Kalo berenang, suami sering menemani Naya. Nah memanah dan berkuda yang bikin penasaran. Dan ternyata suami pun punya keinginan terpendam untuk belajar berkuda. Yes, dan gayung pun bersambut. Kami lalu browsing soal olahraga berkuda ini dulu, karena rupanya dari obrolan dan diskusi kami soal olahraga Rasulullah ini, berkuda muncul menjadi idola, hahaha. *laaaah* Dari hasil browsing, ada setidaknya 3 tempat yang membuka kesempatan pada masyarakat umum untuk belajar berkuda yaitu di daerah Pulomas, Eco Pesantren Daruttauhid dan Adria Pratama Mulya (APM) Boarding School & Equestrian Centre Tangerang. Mulailah kami telepon dan searching beberapa blog. Yang di Pulomas ngga bisa ditelepon, Eco Pesantren Daruttauhid jauh di Bandung, dan akhirnya terpilihlah APM Equestrian Centre di Tangerang.


Website SMA Adria Pratama Mulya


Adria Pratama Mulya Equestrian Centre

Pertama kali tanya-tanya, saya sampai pada websitenya dan kemudian saya telepon ke nomor telepon berikut : Telp: 021 29418691 ext.24 dan waktu itu diangkat oleh Mas Omdi namanya. Selanjutnya Mas Omdi inilah yang memberikan info dan mendampingi kami di saat trial. Bagaimana kalo orang awam seperti saya mau trial berkuda?

Pertama, booking schedule untuk trial. Untuk berapa orang, lalu kapan waktunya. Waktu trial dibuka dari Selasa-Minggu dan terdiri dari 2 sesi yaitu 07.00-11.00 dan 14.30-17.00. Kenapa dibuat seperti itu? Karena tiap jam 11.30 kudanya harus makan siang. Dan setelah itu juga kuda perlu istirahat. Jadi, benar-benar diperhatikan kesehatan badan dan psikis kudanya. Saran saya si lebih baik ambil yang pagi karena masih fresh dan kudanya juga belum capek, kalo mau trial di luar pun belum terlalu panas. Jangan telat, biar ngga keselak kalo ada member datang. Namanya member, jadi pasti akan didahulukan daripada trial.

Kedua, melakukan pembayaran. Pembayaran bisa dilakukan dengan 2 cara, transfer sebelum kedatangan atau setelah trial dilakukan. Jangan lupa bawa cash ya, karena ngga bisa pakai debit card. Untuk sekali trial per orang dikenakan biaya sebesar Rp 350.000. Lumayan mihil si, tapi worth it ko untuk pengalaman dan keseruan yang nanti akan kita dapat. Plus di sana diajak tur melihat sekeliling area equestrian centre.

Ketiga, persiapan peralatan. Sebenarnya karena baru trial ngga terlalu ribet si persiapannya. Hanya, yang penting ni, pakai celana panjang, kaos kaki panjang, sepatu sport, sneakers atau klo lebih oke lagi pakai boots. Tapi jangan boots yang heels ya, kasian nanti kudanya kecucuk (apa ya Bahasanya kecucuk?!), hahaha. Kalo punya juga bisa bawa sarung tangan, karena ada kemungkinan lecet. Contohnya si saya. :'D Sarung tangannya bukan sarung tangan pasukan pengibar bendera ya, hahaha. Minimal sarung tangan yang biasa dipakai tukang atau sarung tangan buat naik motor. Sedangkan helm untuk berkuda akan dipinjamkan.


Sebelum mulai berkuda

Nah, saat yang dinanti-nanti pun tiba. Saya dan suami booking untuk trial di hari Minggu, 24 Januari 2016. Waktunya jam 09.00. Tapi karena di rumah hujan deres banget pas mau berangkat, jadi kami telat sekitar 30 menit. APM Equestrian Centre cukup mudah dijangkau. Alamatnya sebagai berikut :

Jl. Raya Arya Wangsakara, Desa Tapos
Tigaraksa – Tangerang
Banten

Cari aja di Google Maps dengan keyword SMA Adria Pratama, dan akan langsung diarahkan dengan tepat ke lokasi. Kalo dari Duren Sawit, Jakarta Timur kalo lancar dalam waktu kurang dari 2 jam sudah sampai ko. Kemarin kami telat karena mampir ke Starbucks dulu si buat beli kopi dan sarapan, hehehe.


Klik for Map

Setibanya di APM, kami terpesona dan norak, hihihi. Maklum baru kali ini kami ke lokasi berkuda yang lengkap dan bagus seperti itu. Luasnya 7 hektar booook. Biasanya ya di daerah wisata aja atau malah di BKT tuh dekat rumah, ahahaha. Baru masuk kami langsung melihat area berkuda di outdoor. Masih ada beberapa banner kejuaraan berkuda yang diselenggarakan oleh sekolah ini. Saya dan suami langsung mikir, mungkin ngga ya Naya kami sekolahkan di sini. Jatuh cinta. :D Saat kami berjalan menuju guest house, kami melihat beberapa kuda sliweran. Kudanya pun bagus-bagus dan besar-besar, kayak yang di film-film itu, hahaha. Duh, maap saya norak karena emang baru kali itu lihat kuda yang sebagus itu. :)) Karena kami telat, jadilah keduluan orang lain yang notabene sudah member dan orang yang juga trial. Kami menunggu sebentar. Naya juga seneng banget karena bisa lihat kuda dan areanya pun luas cocok buat main dan lari-larian. Sambil menunggu giliran kami berkuda, saya dan keluarga diajak tur singkat ke kandang kuda, belum sampai ketemu semua kudanya tapi lagi-lagi saya ternganga dan kagum sendiri. Subhanallah.


Area berkuda outdoor

Area berkuda indoor

Well said

OOTD

Me and my girl

Akhirnya giliran kami mencoba berkuda tiba. Suami mencoba lebih dulu. He was so excited. Sumringah bener mukanya mulai dari naik kuda sampai selesai latihan. Kuda yang kamu tunggangi namanya Allegro atau biasa dipanggil Alle, peranakan kuda Australia campur Padang. Ya cocoklah sama suami ya, sama-sama turunan Minang, hahaha. Pelatihnya namanya Pak Pele, sabar dan baik sekali. Karena cuaca mendung kami trial di indoor. It's like a dream came true. Kami berlatih di dalam arena berkuda, hihihi. Karena Naya ikut, jadi kami harus bergantian latihannya. Perawakan Alle tinggi, jadi saat naik kami masih harus menggunakan kursi. Agak susah juga si pertama kali naiknya, maklum saya pendek, hahaha.








Karena masih trial, Alle masih dipegangi oleh Pak Pele. Jadi kami berlatih dengan Alle mengelilingi si pelatih. Posisi duduk dalam berkuda harus benar yaitu tegak, ga boleh bungkuk. Posisi kaki juga harus benar, betis harus menempel ke tubuh kuda. Tumit ditekan, tapi kaki ngga boleh merenggang. Kedengerannya gampang ya, padahal ngga segampang ituuuu, hahaha. Ada beberapa istilah yang saya ingat kemarin yaitu trotting dan walking. Nah untuk joki atau penunggang kuda kemarin saya belajar 2 hal yaitu untuk sitting dan naik turun (up and down) mengikuti irama kuda saat trotting. Kalo sitting itu paling gampang si, karena joki hanya perlu duduk santai seperti saat duduk di sofa aja saat si kuda walking atau trotting. Kemudian tinggal mengikuti irama gerakannya kuda. Beda halnya pas belajar naik turun, apa ya itu istilahnya. Jadi tubuh joki itu harus naik turun, tapi ngga seluruh tubuh hanya pinggul ke atas. Nah bingung kan gimana caranya, sama dong, hahaha. Dan saat up n down itu tubuh ga boleh bungkuk, ngga boleh dua kali naik, kaki ngga boleh meregang, betis harus menempel pada kuda. So new for me, seruuuuu. Waktu sitting si bagus, pas up n down ngga ada tuh dibilang bagus. Seinget saya, saya cuma dibilang bagus 3x pas melakukan gerakan up n down, ahahaha.








Berkuda juga membuat kita harus bisa konsentrasi dan fokus. Gerakan berkuda membuat kita harus bisa menyeimbangkan antara bagian tubuh atas dan bawah, sambil juga mengendalikan kuda. Kita juga harus mengerti kondisi kuda, mereka juga mengenal lelah, butuh istirahat juga. Jadi harus komunikasi sama kuda juga. Langsung terbayang betapa hebatnya Rasulullah dan sahabat-sahabatnya yang bisa berkuda sambil memanah atau memainkan pedangnya, atau lain waktu mengendalikan kudanya sambil berenang di sungai. Subhanallah. Jadi kalo nonton film ada adegan berkudanya, saya angkat topi deh sama kasih 4 jempol.


Pak Pele kelihatan pusingnya ngga punya murid eyke, hahaha

Selepas latihan, kami diajak berkeliling. Adria Pratama Mulya (APM) Equestrian Centre ini luasnya 7 hektar. Yang paling bikin kami penasaran tentu saja di mana kuda-kuda ini berada alias mana siii kandangnyaaaa. Kandangnya surprisingly sangat bersih. Kuda-kudanya sangat terawat, sehat dan bersih. Kudanya juga besar-besar, sangat besar dan gagah banget. Kebanyakan kudanya berasal dari luar Indonesia seperti Jerman, Andalusia, Australia, Belanda dan Amerika. Ada juga kuda asli Indonesia seperti kuda Sumbawa atau Padang. Tiap kandang pun hanya dihuni 1 kuda dan siang itu ada kipas angin yang menyala di tiap kandang, supaya kudanya ngga kepanasan cyiiin, hahaha. Mereka juga ngga main-main soal kesehatan kuda. Pernah pemilik APM mengadopsi kuda yang tadinya menarik delman. Waktu pertama masuk, kuda itu kurus dan tidak terawat. Dan kemarin waktu saya lihat ngga ada mirip-miripnya sama kuda delman. Cakep dan gemuk. :)) Dan mereka bahkan memanggil dokter dari Portugal (kalo ngga salah) untuk check up rutin kuda-kuda di sana. Beberapa artis dan pesohor juga banyak yang berkuda di sana.


Dog House - tempat owner memelihara angingnya









Ada juga bagian kuda poni. Mereka lebih bantet dan tampak lebih lucu. Gemesss.. Beberapa kuda bahkan jadi model di sejumlah iklan. Ada yang ingat iklan dancow yang kuda poni makan apeeel, nah itu kudanya dari sana, hihihi. Oya, sejak beberapa tahun lalu, pendirinya yaitu Nadia Marciano juga mendirikan Boarding School yang mengusung "When Education Meets Sports". Alasan utamanya tentu saja karena pelajaran berkuda masuk ke dalam kurikulum wajibnya. Bagi murid SMA kelas 1-2, mereka berkuda dari Selasa-Kamis. Sedangkan bagi siswa kelas 3 berkuda hanya pada hari Jumat. Saya dan suami lumayan berminat si masukin Naya ke sini nanti, hehehe. Sayangnya bukan sekolah Islami aja. :'D Anyway, kami pasti akan balik lagi untuk berkuda di sana. Suami malah naksir banget buat jadi member. Harganya lumayan mihil si, semoga ada rejeki yaaa... Aamiin. Ssshhh, banyak juga spot foto kece. Jadi kalo ngga ribet, bisa lho teman-teman sekalian foto-foto di sini, hihihi. Kemarin karena bawa si ucul, jadi ngga bisa konsen foto-foto kece, ahahaha..Nextnya kami ingin memanah. Semoga bisa terealisasi segera. Aamin ya rabbal alamin.


Ariel, satu-satunya kuda poni jantan. Kapan ngeluarin album sama Noah? #eehhh

Poninya hits ya, hahaha

Swifty bintang iklan Dancow

Love you, Life. :D

Wassalamu'alaikum wr wb.

27 comments:

  1. Aku juga suka kuda Lisna... pengen bgt berkuda dr smp, tp ga diks. Krn mahal cyinn.. pengen coba ah ke APM ini, pengen naik kudaaa.. hihi..

    ReplyDelete
  2. Jade ayu : kudu ke sana kalo gitu mbaaaa.. Pasti mba ayu suka deh. Kuda-kudanya kayak di pelem2, hahaha. *norak*

    ReplyDelete
  3. seru yaaaaa.. tapi jauh hehehehe... yang lebih deket kayaknya yang eco pesantren daruttauhid nih.. tapi nunggu lahiran dulu lah, ga mungkin lagi hamdun gini malah baru mau mulai belajar berkuda :P

    ~ pipitta dotcom

    ReplyDelete
  4. Pipitta : hahaha, iya tunggu brojol dulu yaa.. Nanti malah kontraksi di atas kuda lagi, hahaha. >__< Rumahnya daerah Bandung ya? Oya,di eco pesantren daruttauhid kebih dekat, dan lebih murah pula, hihihi.

    ReplyDelete
  5. Seru banget mbak keliatannya. Aku sebelumnya agak takut sama kegiatan berkuda, pas liat mbak Lisna terlihat oke-oke aja pas coba pertama kali, jadi pengen juga :")

    ReplyDelete
  6. Retno : seruuuuu. Engga ngeri ko, challenging dan fun. Yuk sesekali bisa dicobain. :D

    ReplyDelete
  7. Mbak bikin mupeng ikh, tapi mihil juga ha ha ha....naik kuda baru di bromo sama puncak aja yang kudanya imut ituh, sampai takut kalau badan bomber ini bikin kudanya keberatan ha ha ha....liat kuda di APM ya ampun mirip pilempilem itoh dan bikin gemesh ha ha ha #takutkudapadahal wkwkwkwkk....btw mampir ke blog, lanjutan kw sudah publish #ehiklan ha ha ha :D

    ReplyDelete
  8. Anggi : Tenang klo di APM dapat dipastikan lebih gede kudanya daripada badan kita yang semlohai ini, hahahaha.. Gemes banget terutama yang kuda poni berponi, hahaha. Aseeeek meluncur ke arifin kw story, hahahaha..

    ReplyDelete
  9. Radulullah saw. dalam sebuah riwayat juga kadang bergulat dengan para sahabatnya...

    ReplyDelete
  10. Kang oim : iya kan, pernah juga baca soal itu. Tapi sayanya ngga mungkin bergulat kang, hahaha.

    ReplyDelete
  11. Pengen bgt bisa kesanaaa... 350.000 berapa jam ka? Dan ngomong2 klo jd member biayanya berapa? Ckckckck.. Pengen bgt belajar kuda ;D

    ReplyDelete
  12. Yasmina : biasanya si maksimal 1 jam. Kalo member kemarin suami 6 bulan itu sekitar 3 jutaan, sedangkan kalo mau setahun 5 jutaan.

    ReplyDelete
  13. Mba, ada nomer sellulernya ga ya?

    ReplyDelete
  14. Mba, ada nomer sellulernya ga ya?

    ReplyDelete
  15. Mba, ada nomer sellulernya ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nomor ponsel saya atau marketingnya mba?

      Delete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. Mba Lisna ada nomer sellulernya nda? marketingnya juga boleh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba dita, bisa ke mas omdi namanya : 081296028883

      Delete
  18. kayaknya gagak ay di atas kuda, tapi aku sih takut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya emang gagah mbaaa. Tapi mengendarai kuda yang bener itu susaaah, hahaha.

      Delete
  19. Salam kenal ya mba, wah asik banget mba, pengen ke sana jadinya ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenaaal.. Iya asik, cobain deh. Hehehe..

      Delete
  20. Mba Lisnaaaaaa, ih kamu beruntung banget! Ini dua wish list ku yang belum come true. Berkuda dan memanah! Tapinya sih, aku ingin memanah lebih dulu. Memanah baru beberapa kali soalnya, dan belum serius. Pengen diseriusin lagi. *curcol.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku malahan yang memanah belum mbaaa.. Ahh gantian kamu yang beruntung banget deeeeh, hihihi. Pankapan berkuda mba. Di bandung ada di tempat aa gym kayaknya enak tuh mba.

      Delete
  21. Klo member biaya nya brp ya mba? Sebulan trial brp kali mba? Thx mba info nya ^^

    ReplyDelete
  22. thanks sooo info nya mbaaa... lagi nyari juga nih pengen belajar berkuda. ijin share di FB buat suami ya mba. kami mau ke APM juga. Terimakasih 😊

    ReplyDelete