June 06, 2016

My Top 5 Ramadhan Playlist

Assalamu'alaikum wr wb,

Bagaimana puasa pertama di Ramadhan kali ini? Semoga lancar dan kita semua mendapatkan barokahnya ya, ngga cuma mendapat lapar dan hausnya saja. Karena di bulan ini, nafsu juga wajib dikendalikan. Macam-macam kan tuh nafsunya kan ya, nafsu gosip, nafsu marah-marah, nafsu nyela orang, nafsu belanja. *eeeeh* Selain itu, bulan Ramadhan adalah bulan istimewa, bulan penuh keutamaan.

Dari Abu Hurairah RA, ia berkata, ketika bulan Ramadhan datang, Rasulullah SAW bersabda, "Sungguh telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah, Allah mewajibkan kepada kalian berpuasa, dibuka lebar pintu surga, ditutup rapat pintu neraka, dan dibelenggu tangan setan. Di dalamnya terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan, barang siapa yang terhalang untuk mendapatkan kebaikannya maka sungguh ia terhalang dari kebaikan bulan puasa." (HR Ahmad). (Republika, 2016)

Kalo di Ramadhan banyak orang yang berlomba-lomba berbuat kebaikan, ya wajar saja dan memang sudah seharusnya demikian. Amalan sunah, amalan wajib dilipatgandakan pahalanya.

Dari Salman Al-Farisi ra. berkata : Rasulullah saw. memberi khutbah kepada kami di hari akhir dari bulan Sya’ban dan bersabda : “Hai sekalian manusia akan datang bulan yang agung (Ramadhan) yaitu bulan yang penuh berkah di dalamnya. Dalam bulan itu ada malam yang mulia (lailatul qadr)yang lebih utama dari pada seribu bulan. Allah telah mewajibkan puasa di bulan itu, dan shalat tarawih di malamnya sebagai ibadah sunah. Barang siapa yang melakukan kebaikan (ibadah sunah) di bulan itu pahalanya seperti melakukan ibadah wajib dibanding bulan yang lainnya. Dan barang siapa melakukan kewajiban di dalamnya, maka pahalanya seperti melakukan 70 kewajiban dibanding bulan lainnya. Bulan Ramadhan adalah bulan ditambahnya rizki orang mukmin, bulan di awalnya menjadi rahmat, di tengahnya menjadi ampunan dan di akhirnya merupakan kebebasan dari neraka.(HR. Ibnu Huzaimah) (Link Sumber)

Buat saya sesederhana mendengarkan yang baik-baik selama di kantor, sambil mengerjakan pekerjaan kantor itu sudah membawa ketenangan dan semoga kebaikan juga. Biasanya si memang playlist saya banyak lagu ajeb-ajebnya yaaa.. *selftoyor* Tapi kali ini dan inshaa Allah seterusnya playlist saya harus divariasikan sama beberapa top 5 Youtube channel yang bikin hati adem ini :


Fatih Seferagic : https://www.youtube.com/channel/UCvuxp1MHJWW-_yGwsNKWSJQ 

Saya pertama tau si ganteng hafiz ini dari seorang teman. Pas coba lihat Youtube channelnya, subhanallah. Suaranya setampan wajahnya. Tapi karena saya mendengarkan suaranya aja, jadi ngga inget wajahnya si, hahaha. Jadi dari baca beberapa artikel, pemuda berkebangsaan Bosnia ini lahir di Stuttgart, Jerman dan sekarang menetap di Texas, Amerika Serikat. Salah satu berita tentangnya bisa dibaca di sini. Di bawah ini salah satu video youtube-nya.





Maher Zain Official : https://www.youtube.com/user/MaherZainOfficial 

Sepertinya sudah banyak orang Indonesia yang tau sosok Maher Zain ya. Selain memang sudah pernah datang ke Indonesia, Maher Zain juga pernah berduet dengan Fadli Musikimia (dulu Padi). Suaranya memang indah, dan meskipun banyak lagunya adalah lagu Islami tapi sebenarnya bermakna universal dan dibawakan dengan balutan musik nashid modern, lebih cenderung seperti pop. Jadi, selain umat muslim pun bisa banget mendengarkan musik-musiknya.




Awakening Records : https://www.youtube.com/user/awakeningrecords

Nah kalo ini adalah produsen musik tempat Maher Zain bernaung. Ternyata produsen musik dari Inggris yang sudah berdiri dari 2003 ini memang bisa dibilang sebagai pionir yang melahirkan musik beraliran islam nashid modern. Musik dan lirik yang dibawakan pun sarat akan pesan yang religius dan penuh perdamaian. Info lebih lengkap bisa kamu klik di sini.




The Holy Qur'an - https://www.youtube.com/channel/UCwpQ8WBtd6wfGTltx9PyLCA

Ini adalah Youtube channel dari Shaykh Mishary Rashed Al-Afasy yang melantunkan ayat suci Al Quran dengan suaranya yang merdu. Kalo saya baca di Wikipedia, Shaikh Mishary Rashid Ghareeb Mohammed Rashid Al-Afasy adalah seorang munsyid, hafiz dan imam berkebangsaan Kuwait. Al-Afasy (sapaannya) sering muncul dalam acara pembacaan Al-Quran di televisi-televisi di kawasan Timur Tengah Amerika dan Eropa.




Dr Zakir Naik Channel : https://www.youtube.com/user/Drzakirchannel

Nah klo Dr Zakir Naik sebenarnya saya jadi suka dengerin karena suami saya suka nonton, jadilah saya ikutan nonton dan suka sama cara dakwahnya dia. Banyak orang yang tersentuh dengan apa yang dia sampaikan secara gamblang, dan straight to the point. Ia adalah seorang dokter dari Mumbai, India yang sekarang menjadi ulama dan banyak berkeliling negara Asia untuk berdakwah. Kamu bisa baca profilnya di sini.




Sebenarnya masih banyak ya kalo kita bwosing dari youtube, sesederhana klik keyword yang kita mau. Tapi ini saya list yang ada youtube channelnya, jadi memang resmi dari orangnya. Begitu deh kira-kira. Kalo playlist teman-teman gimana? Share juga di comment ya, siapa tau bisa bermanfaat buat saya dan teman-teman yang baca. Terima kasiiiih...

Love you life. :D

Wassalamu'alaikum wr wb.

19 comments:

  1. Patut dicoba nih Lisna hihi.. Thank you

    ReplyDelete
  2. Favo akh Mishari Rashid terutama Ar Rahman, bikin meleee....semua emang bagus dan adem

    Tambahan sekarang lagi suka dengerin Sami Yusuf (you came tome and mother nya bikin brebes meleee) sama Harris J sih 😁😁😁

    ReplyDelete
  3. Putri : iya puuut, lumayan bisa sambil kerja trus dengerin deh.
    Anggi : sami yusuf sama harris j sama2 di awakening records ituuuh klo ga salah. Bagus jugaaa..

    ReplyDelete
  4. whoaaa..
    Saya juga suka nonton channelnya Dr. Naik karena suami suka nonton itu. Awalnya liat sekilas aja abis itu ngikutin terus sampe abis hihii

    ReplyDelete
  5. Alma : iya aku juga ikutan suamiii, hahaha. Awalnya cuma nimbrung, trus ketagihan, hihihi.

    ReplyDelete
  6. lagu islami yang paling nyess versi aku adalah sajadah panjang dan ketika kaki dan tangan berbicara. selalu nangis deh kalo dgr dua lagu itu.. enyess maksimal hehhehe

    thanks for sharing ter sisterrr

    ReplyDelete
  7. Aie : iya itu mah pingin krai aja bawaannya kalo denger, hahaha. Sama2 sisteeeerrr, hahaha.

    ReplyDelete
  8. Suka sama channel the holy qur'an juga :)

    ReplyDelete
  9. Wenny : toss samaan. Bikin adem yaaah.. :D

    ReplyDelete
  10. Lisnaaa. coba deh cari di youtube kajian ust nuzul dzikri tentang ramadhan. bagus2 isinyaa :)

    ReplyDelete
  11. Fika : fikaaa, ah very well noted. Thanks for sharing yaaaa..

    ReplyDelete
  12. Nafsu belanja udah paling susah dikendaliin, haha XD
    Kalau aku.. paling denger Maher Zein aja .-.

    ReplyDelete
  13. Safira : iya bener belanja susyee banget dikendaliin, hahaha. Iya emang dengerin lagu mas maher zain ngga bosen yaa..

    ReplyDelete
  14. Ada beberapa yang belum aku tahu, ternyata tahu lewat sini. Aahh nice info maakk... makasih mak lisna. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Idhan : yes idhan makasiih, smoga bermanfaat yaaaa..

      Delete
  15. Playlist Ramadhan..wihh aku jarang tuh dengerin murottal lewat youtube. Makasih infonya Mba Lisnaaa. Kalo lagu aku prefer Saif Adam dibandingin Maher Zain, beat nya lebih modern tapi pesan-nya nyame banget..mungkin bisa di cek jg mba lisna ^^

    visit my blog:
    giraffesjournal.blogspot.com

    ReplyDelete
  16. Asti : iya asti sama2, semoga bermanfaat. Saif adam juga enaak, satu recording company kalo ga salah merekaa..

    ReplyDelete
  17. wah, selama ini jarang banget dengerin di youtube. kayaknya boleh saya coba, makasih ka lisna sudah share...

    ReplyDelete
  18. duh fatih, bikin meleleh deh, masyaallah nyaris sempurna ciptaanNya :D

    ReplyDelete