June 21, 2016

Tips Cantik dan Sehat Selama Berpuasa Ala Andalan Bunda Cerdas



Assalamu'alaikum wr wb,

Apa kabar buibuuu? Masih semangat kan ya puasanya? Walaupun puasa harus laper-laperan dan menahan hauuus, cantik dan sehat itu tetep wajib lho ya. Makanya waktu diajak KEB menghadiri bincang-bincang soal Kiat Cantik dan Sehat Selama Berpuasa Bersama Andalan Bunda Cerdas di hari Minggu, 19 Juni 2016 lalu saya langsung mengiyakan. Acara hari itu merupakan rangkain dari program Andalan Bunda Cerdas kerjasama antara Alfamart dan P&G, serta didukung oleh Tabloid Nyata sebagai media partner. Udah gitu pas banget venuenya ngga jauh dari rumah, tepatnya di Aula Kelurahan Jakasampurna, Bekasi. Makin semangat pas tau narasumbernya seorang artis cantik, Artika Sari Devi dan hadir pula seorang dokter spesialis Gizi Keluarga dr Nanny Djaja, Sp, GK.

Sesampainya di lokasi ternyata rame bingits. Selain dari KEB ada juga ibu-ibu lain yang datang ikut serta, bahkan ada yang datang dari Ciledug. Mencari ilmu memang kalo perlu sampe negeri cina buibuuu, jadi cuma Bekasi aja mah deket yaaa, hihihi. Selain acara ngobrol-ngobrol bareng narsum tadi, ibu-ibu yang bawa anak juga ngga perlu khawatir lho. Karena ternyata disediakan area bermain untuk anak-anak. Ada juga stan khusus yang menjual paket produk dari Alfamart yang dijual dengan harga miring. Selain itu, setelah registrasi peserta yang hadir bisa foto di depan banner Andalan Bunda Cerdas, upload di twitter trus yang paling oke gayanya dapat hadiah deh. Keseruan ngga berhenti sampai di situ. Sebelum acara mulai pun, MC hari itu Mas Daud bisa membawa suasana jadi lebih semangat dengan pembawaannya yang kocak.





Makmin kece seksi sibuk, hihihi

Dua narasumber siap berbagi ilmunya





Lalu apa sih Andalan Bunda Cerdas itu? Andalan Bunda Cerdas (ABC) adalah program kerjasama antara Alfamart dan P&G. Siapa tukang jajan yang tak kenal Alfamart dan siapa pula yang tak pernah pakai produk brand P&G seperti Pampers, Pantene, Downy, Rejoice, Gillette, Oral-B, etc. Semua pasti sudah familiar yakaaaan. Program ini memang khusus diciptakan untuk membantu bunda atau buibu agar semakin cerdas di dalam mengurus rumah tangga sehingga menjadi bunda, istri, dan ibu rumah tangga yang sempurna bagi keluarga. Cakeeeepp.. Terus apa aja sih kiat-kiat yang kemarin saya dapat dari dr Nanny dan juga Mba Artika? Beberapa saya rangkum ni buibuuu :

1. Apa yang kita konsumsi saat sahur itu sama pentingnya dengan waktu buka puasa. Jadi kalo yang males-malesan saat sahur, jangan dong ya karena tubuh kita butuh asupan nutrisi dan cairan yang cukup untuk menjalani puasa sehari penuh. Salah satu saran dr Nanny adalah dengan mengkonsumsi beras merah sebagai sumber karbohidrat. Ada yang ngga suka karena nasi dari beras merah pera? Campur dengan beras putih biasa buibu, supaya ngga pera jadinya. Kurangi gorengan saat sahur, karena makan gorengan terlalu banyak waktu sahur akan menyebabkan ngantuk. Ko bisa? Tubuh harus bekerja ekstra untuk mengolah lemak yang terkandung dalam gorengan, dan untuk mengolah itu butuh oksigen, nah itulah salah satu sebab kenapa walau masih pagi buibu udah pada ngantuk nguap-nguap karena oksigennya diambil alih buat ngolah lemak.

Source


2. Selain nutrisi dari makanan selama berpuasa, tubuh juga memerlukan nutrisi dari luar. Jadi saat puasa jangan absen pakai pelembab ya, karena biasanya sering juga tuh masalah kulit kering dan kusam menghantui selama berpuasa. Gunakan pelembab minimal 2x sehari. P&G punya produk yang pas tuh buat asupan dari luar itu. Untuk kulit ada produk Olay. Saya pun pakai dalam keseharian. Selain kulit, nutrisi untuk rambut juga penting. Siapa yang males pakai conditioner? Eits, mulai sekarang jangan males yaaa, karena conditioner itu penting supaya rambut dan kulit kepala ternutrisi, rambut tidak rapuh dan mudah rontok serta berfungsi melembabkan. P&G juga punya produk yang pas yang bisa menjawab kebutuhan tubuh tersebut, yaitu dengan rangkaian dari Pantene, Rejoice & Head & Shoulders.

3. Tubuh juga membutuhkan cairan yang cukup selama berpuasa. Selama ini info yang luas diketahui secara umum adalah tiap orang sebaiknya minum air sebanyak 2 ltr atau 8 gelas sehari. Sebenarnya kurang tepat. Kenapa? Karena kebutuhan cairan tiap orang berbeda-beda. Ada rumusnya ni buibu : 30 cc/kg berat badan per hari. Ilustrasinya ni, untuk saya misalnya yang punya bb 60 kg, asupan cairan yang dibutuhkan adalah 30cc x 60 = 1800 cc. Jadi ngga bisa dipukul rata tuh, kalo yang berat badannya lebih dari saya, berarti ya butuh cairan lebih banyak. Baru tauuuu, cateeet.. Lalu ada pertanyaan soal apa benar minuman isotonik penting dikonsumsi saat sahur? Jawabannya, jika memang aktifitasnya selama berpuasa banyak mengeluarkan keringat maka mengkonsumsi minuman isotonik akan membantu. Tapi bukan menggantikan fungsi air minum biasa ya buibu.

Source

4. Menurut dr Nanny, statistik keluhan di RS saat bulan puasa meningkat untuk masalah kesehatan sbb : maag dan tekanan darah rendah. Untuk itu dr Nanny punya beberapa tips yang bagus banget bagi penderita maag, tekanan darah rendah atau masalah lain yang biasa dihadapi saat puasa. Beberapa hal saya baru tau dan berguna banget buat diterapkan.

- Bagi penderita maag kronis, berbuka dengan air kelapa atau madu dicampur air hangat itu baik bagi lambung. Disarankan jangan makan yang berat dulu, sejam kemudian baru makan sedikit demi sedikit. Jika langsung makan, makanlah sesuatu yang lembut misalnya bubur sumsum.

- Selain air kelapa, air rebusan sereh yang digeprek, dicampur air perasan jeruk lemon/jeruk nipis ditambah madu juga berkhasiat buat tubuh. Plus, bisa mengurangi bau mulut selama berpuasa lho. Sari kurma juga bagus untuk berbuka, karena manisnya alami serta mengandung nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh setelah berbuka.

- Buah pepaya dengan kandungan enzim papain-nya sangat bermanfaat bagi penderita maag. Selama ini buah pepaya lokal yang cenderung besar/bangkok makin sulit dicari, kebanyakan yang beredar adalah pepaya california impor atau yang kecil-kecil ukurannya. Padahal menurut dr Nanny, pepaya lokal yang bangkok itu memiliki serat lebih baik dan enzim papain yang lebih banyak. Selain itu, cara makan pepaya yang selama ini kita tau adalah dipotong-potong. Sebaiknya ni supaya mendapatkan enzim papain lebih banyak atau enzim papain-nya tidak terbuang, makannya dengan cara : buah pepaya dibelah menjadi dua, bersihkan bijinya, lalu kerok dan langsung makan. Baru tau kan buibuuuu?! Sama doooong.. *tossss*

- Buat penderita maag tetap bisa mengkonsumsi perasan jeruk nipis, tapiiii jangan diminum gitu aja mak. Ada caranya juga. Satu sendok teh air perasan jeruk nipis, dicampur dengan segelas air hangat. Nah, air jeruk nipis yang tadinya asam dan bisa dibilang musuhan sama lambung penderita maag, jadi berubah menjadi basa dan lebih aman dikonsumsi.


Source


5. Ibu hamil dan menyusui boleh berpuasa, asalkan tidak memaksakan diri dan memastikan nutrisi dan cairan bagi tubuh dan janin terpenuhi. Terlebih bagi yang sedang hamil tua, kebutuhan cairan sangatlah penting. Bagi busui pun asupan cairan berpengaruh terhadap hasil perahan ASI, jadi jangan sampai kekurangan cairan dan menyebabkan ASI kering. Tips dari mba Artika, berdasarkan pengalamannya, supaya ASI tetap lancar meski berpuasa adalah dengan banyak makan sayuran dan minum susu raw almond. Lalu kualitas tidur ibu juga penting selama berpuasa. Jadi jangan sampai anak sering terbangun di malam hari karena diapersnya bocor atau menyebabkan ruam. P&G punya Pampers ni buibu, pasti buibu yang punya bayi udah kenal banget deh. Supaya terhindar dari drama popok bocor dan juga ruam, Pampers tidak bocor dalam penggunaan selama 12 jam dan area yang menempel di kulit dilapisi dengan pelembut dari Aloe Vera. Cocok bagi kulit bayi yang sensitif, menjaganya tetap lembut dan kulit bayi bisa tetap bernafas.

6. Selain menjabat sebagai bunda dan ibu rumah tangga, jangan lupakan peran kita sebagai istri dan perempuan ya. Demikian pesan mba Artika dan sering diingatkan pula oleh Baim suaminya. Maksudnya? Meski asik dengan  tanggung jawab sebagai bunda, kita harus tetap merawat diri sebagai perempuan. Misalnya dengan cara sesederhana harus wangi sepanjang hariiii. Kan biar enak tuh dipeluk anak dan suami, dan mereka senang karena kita wangi. Ngga perlu susah-susah supaya wangi, dari P&G ada Downey yang bisa membuat pakaian harum meskipun setelah dijemur di bawah terik matahari. Karena micro capsule yang ada dalam Downey, makin dijemur, makin meresap masuk ke serat kain. Alhasil makin wangi deh pakaiannya.




Setelah puas mendapat tips sehat dan cantik selama berpuasa, peserta juga dibanjiri hadiah lho, buat yang tanya, jawab quiz, lomba kreasi hijab, kontes foto hingga doorprize. Seru banget pas lomba kreasi hijab, satu tim beda-beda tempat asal tapi tetep kompak demi dapetin hadiah, hahaha. Saya pun ikut kebagian dapat voucher karena jawab quiz dan menang kontes foto, hihihi. Selain dapat pengetahuan baru, acara kemarin juga sekaligus jadi acara kopdar dengan para makmin KEB dan emak-emak blogger yang tinggal di seputaran Bekasi. Nice to meet you all maaak. Akhirnya yaa, silaturahim langsung juga. :D

Buat emak-emak yang di Depok, Sabtu nanti tanggal 25 Juni 2016 juga akan ada acara serupa ni mak. Acaranya berlangsung pukul 13.00-16.00 di Badan Pengelola Gedung Dakwah MUI Jln Nusantara Raya No 5-7 Depok. Narasumbernya masih duo wanita cantik Artika Sari Devi dan Dr Nanny Djaja, Sp.GK. Acaranya pasti seru juga ni mak seperti yang di Bekasi kemarin.




Nah, karena di talkshow tadi materi yang dibahas seru banget jadi sayang kalo lengah yaaa.. Selepas acara, baru deh explore sendiri halaman Andalan Bunda Cerdas. Dalam website pagenya dijelaskan bahwa program ABC ini didesain untuk menjadi sahabat sejati dan partner yang jadi Andalan Bunda dengan terus menyediakan :

ABC didesain untuk menjadi sahabat sejati dan partner Andalan Bunda dengan selalu menyediakan:

1. Informasi, tips dan artikel penting dan bermanfaat seputar kecantikan wanita, kesehatan, keluarga dan dunia si kecil.
2. Produk-produk berkualitas yang menjadi andalan bagi seluruh keluarga
3. Promosi-promosi menarik dan hadiah seru lainnya

Ngga tanggung-tanggung lho, program ABC ini juga khusus menyediakan nomor telepon khusus untuk Konsultan Andalan Bunda Cerdas. Dari telepon rumah, buibu tinggal tekan 1500959 atau jika dari ponsel (021) 1500959, lalu tekan angka 4. 

Cara untuk mengikuti program ABC, buibu klik ke website Alfamartku, di http://www.alfamartku.com/andalan-bunda-cerdas/, masukan no HP, lalu buibu akan mendapatkan SMS A-voucher berupa potongan harga produk P&G.


Tampilan pertama waktu buka halamannya, jangan lupa diisi mak buat dapetin A-voucher. 





Tampilan halaman Andalan Bunda Cerdas





Beberapa tips yang ada di halaman ABC.


Info produk-produk P&G. 




Info promo-promo menarik dan bikin seneng emak-emak irit macam saya, hihihi.



Nah, menarik banget kaaaan?! Saya ulangi yaaa... Cara untuk mengikuti program ABC ini, buibu tinggal klik ke website Alfamartku, di http://www.alfamartku.com/andalan-bunda-cerdas/, masukan no HP, lalu buibu akan mendapatkan SMS A-voucher berupa potongan harga produk P&G. Lalu silakan menikmati dan mendapatkan banyak manfaatnya.

Love you life. :D

Wassalamu'alaikum wr wb.

17 comments:

  1. Sebagai pelanggan alfa ada info ini berguna banget hihi, makasih share nya mba ^_^

    www.leeviahan.com

    ReplyDelete
  2. Saya udah dapet dums kode voucher diskonannya...tinggal belanjain ajaa.

    Senang akhirnya bisa ketemu yess...

    ReplyDelete
  3. Lee Via : iya maak, produk2nya banyak yang saya memang gunakan juga. Sama2 maak.
    Ipeh : aku baru di sms satu ni mpooook. Iya seneng akhirnya ketemu mpok ipeh, hihihi.

    ReplyDelete
  4. Ciyee yang menang o o teh deh juara satu aheeyy

    ReplyDelete
  5. Ciyee yang menang o o teh deh juara satu aheeyy

    ReplyDelete
  6. Aie : ahelaaah, ootd ala-ala keleus ah, hahaha. Tapi mayan si hadiahnya voucher belanja di alfamart, hahaha..

    ReplyDelete
  7. Selamat atas kemenangan dan semakin ngehitsnya Mba Lisnaaa. Btw aku ikut daftar voucher meskipun belum Bunda, anggap aja cerdas yak :p

    ReplyDelete
  8. Nia : selamat ya bunda niaaa. Kamu sudah masuk golongan cerdas dong ahhh, hahaha :P

    ReplyDelete
  9. Mantep banget mak Lisna menang lomba ya. Asyiiik. Selamat

    ReplyDelete
  10. Liswanti : makasih maaak, lumayan voucher belanja, hahaha.

    ReplyDelete
  11. Ishhh lengkap bgt ini artikelnya mak ��

    ReplyDelete
  12. cieee menang kontes nya.. seru yaaa dateng ke acara yang nambah ilmu terus menang hadiah lagi hehehehe

    ReplyDelete
  13. Seru ya acaranya, dapat ilmu sekaligus dapat vouchernya, hehe :)

    ReplyDelete
  14. Indah : ejiyeee hahaha. Iya alhamdulillah manfaatnya kombo ndah, hehehe.
    Nur : iya seruuu, dapet dua2nya alhamdulillah. :D

    ReplyDelete
  15. whoaa selamat sist header baru yak? :DD
    btw ku terkecoh, kirain ABC itu kecap ABC hehehhehe *langsung drop shay wkwkwkwk*

    Kayanya gaya OOTDnya paling ceria & kewl ala2 anak hits kekinian ye jd menang:p
    makasi tipsnya sist sangat berguna. Pantesan eyke suka ngantuk soalnya saru makan gorengan :'D

    yeay aku juga mau coba vouchernya ah~

    ReplyDelete
  16. Iffa : header lamaaa, lagi bosen ajaa, tp belum sempat kotak katik lagi, hahaha. Iya paling ga tau malu kayaknya makanya menang ya, hahahaha. Sok gih cobain vouchernya, lumayaaan..

    ReplyDelete
  17. ihikk ad foto akuu 😍😍

    ReplyDelete