August 22, 2016

5 Tujuan Travelling Impian di Yogyakarta

Assalamu'alaikum wr wb,

Heyhoooo, piye kabare? Apik yo?! Eits, tapi jangan ajakin saya ngomong yang lain ya, saya cuma bisa itu aja, hihihi. Ngapain sih saya sok-sok tanya kabar dalam bahasa Jawa? Karena saya mau menuliskan tujuan travelling impian saya di Yogyakarta. Yessss, impian sebaiknya dituliskan ya supaya jadi sugesti positif dan bisa terkabul suatu saat nanti. Selain itu, semoga yang mampir baca mau mengaminkan impian saya travelling di Yogya suatu saat nanti. Please ya pleaseee..hihihi. Aamiin ya rabbal alamin.


Ke Yogyakarta dengan tujuan benar-benar untuk wisata sepertinya saya lakukan terakhir waktu kuliah dulu. Selebihnya kepergian saya ke kota pelajar ini hanyalah bagian dari agenda pekerjaan saja. Jika sempat plesiran, ya paling hanya sebentar dan ke tempat yang sudah umum serta mudah dijangkau. Oleh karena itu, ada 5 tujuan travelling yang saya (dan suami saya) impikan jika suatu saat punya rezeki (umur, kesehatan, waktu luang dan uang) untuk mengeksplorasi Yogyakarta. Oya, cita-cita menjelajah Yogyakarta ini sudah ditekadkan menggunakan jalur darat aka road trip. Sepertinya suami ketagihan road trip saat mudik lalu, hahaha. Kalo urusan menginap, di Yogyakarta tersedia ratusan hotel dan penginapan dengan range harga bervariasi. Kamu bisa klik di sini untuk info hotel yang ada di Yogyakarta! Mungkin wishlist saya ini juga masuk dalam daftar place-to-visit teman-teman. Check this out!




Wisata Alam Kalibiru

Siapa pernah melihat gambar seseorang di puncak pohon dengan dengan pemandangan hijaunya hutan seperti foto di atas? Di timeline instagram saya beberapa kali sliweran teman berfoto di spot itu. Mupeng banget! Lokasinya masih di Indonesia ko, tepatnya di Kulonprogo, Yogyakarta. Tempat wisata tersebut adalah Wisata Alam Kalibiru yang berada di Perbukitan Menoreh. Kalo kata anak zaman sekarang si, instagramable bingits, hehehe. Selain bisa menikmati keindahan alam yang luar biasa dari atas, pengunjung juga bisa mencoba sensasi meluncur dengan flying fox. Hutan yang terlihat adalah hutan yang dikelola secara mandiri oleh masyarakat sekitar. Jika nanti saya berkesempatan menginap di sana, saya juga ingin melihat sunrise dari atas pohon. Pasti seru banget deh.




Gua Pindul

Gua Pindul adalah sebuah goa bawah tanah yang terletak di Karangmojo, kabupaten Gunung Kidul, DI Yogyakarta. Sepanjang lorong gua mengalir sungai berair tenang. Yang paling asik dilakukan di obyek wisata ini adalah cavetubing. Cavetubing ini kegiatan menyusuri sungan di dalam Gua Pindul dengan menggunakan ban bekas. Idenya sih mirip rafting, tapi bedanya kalo rafting arusnya harus super deras, kalo cavetubing cukup duduk santai lalu gerakan arus yang tenang akan mendorong hingga keluar gua. Kalo dari foto-fotonya, cahaya matahari yang masuk menyusupi lubang-lubang gua, membuat suasana jadi eksotis dan dramatis, hohoho. 



Istana Ratu Boko

Istana Ratu Boko ini adalah obyek wisata peninggalan sejarah berupa kompleks istana Ratu Boko. Banyak yang menyangka situs ini hanyalah berupa candi saja, padahal layaknya sebuah istana, situs bersejarah ini terdiri dari beberapa bangunan. Lebih dikenal dengan nama Candi Boko, bangunan yang diduga bekas keraton jaraknya hanya 3 km dari Candi Prambanan. Yang membuat saya tertarik adalah, selain tempatnya yang cantik, kata orang si menikmati sunset di sana juga bikin ketagihan saking indahnya. Apalagi sejak Candi Boko jadi lokasi shooting AADC 2, makin ramailah orang ke sana. Mungkin kalo saya ke sana, saya akan pilih di hari biasa supaya ngga berdesak-desakan yaaa, hehehe.



Istana Air, Taman Sari

Taman Sari Yogyakarta adalah situs bekas taman atau kebun buah milik Keraton Nyayogyakarta yang dibangun pada zaman Sultan Hamengkubuwono I. Letaknya cukup dekat dengan Keraton Yogyakarta saat ini, hanya 15 menit perjalanan dari alun-alun utara kota Yogya. Duluanya tempat ini adalah tempat rekreasi keluarga istana. Sayangnya, dari 4 area awal Taman Sari, saat ini hanya Pemandian Umbul Binangun saja yang kondisinya masih utuh. Kolam pemandiannya luas dan dipercantik dengan air mancur di sekitar kolam. Temboknya tinggi-tinggi karena menurut cerita Taman Sari ini juga tempat mandi para putri raja dan selir-selirnya, jadi biar raja bisa mengawasi dan ngga ada yang ngintip, hihihi. Ada juga puing Masjid Sumur Gumuling yang seringkali dijadikan lokasi foto model atau bahkan shooting film/iklan.



Lava Tour di Gunung Merapi

Letusan besar Gunung Merapi di tahun 2006 dan 2010 lalu meninggalkan jejak yang begitu jelas. Area sekitar yang tadinya hutan hijau berubah menjadi area tandus berpasir tanda bekas dilalui oleh abu panas dan lava. Daerah yang biasanya jadi tujuan untuk memulai Lava Tour ini adalah Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Serunya ni, wisata lava tour ini dijalani dengan naik mobil jeep yang biasa digunakan untuk offroad. Rutenya benar-benar seperti lagu di film kartun anak-anak, mendaki gunung, lewati lembah..Hohoho. Dalam rangkaian tour ini juga wisatawan bisa mampir ke Museum Sisa Hartaku, tempat di mana sisa-sisa benda dan bahkan ternak yang terkena dampak langsung letusan besar kala itu. Jalanannya yang terjal, berpasir dan berbatu membuat tour ini jadi petualangan yang seru buat saya dan suami.

Nah, gimana? Ada tujuan wisata yang sama ngga dengan yang kamu punya? Atau teman-teman punya rekomendasi lain buat saya dan suami nanti? Share di komen yaaaaa.. Thank youuu..


Love you, life. :D

Wassalamu'alaikum wr wb.

48 comments:

  1. Penasarb banget sama istana air taman sari, kapan2 klo ke Jogja mampirin kesana dehh.. Mamaci infonyaa Lisna

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes banyak spot foto yg oke juga niiin,hihi. Sama2 aniiin..

      Delete
  2. Amiin hahaha, kali biru oke jg ya, tp suami eike takut ketinggian hahha poye iku 😅😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mamaci diaminin mamih rayaaa,hahaha. Bujuk coba bujuk, eh tp nanti pingsan lagi di atas ya. 😂

      Delete
  3. nah, destinasinya yg aku penginin jugaaaa... oowh Yogya, kapan saya bisa ke sana lagi yak? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga idhan jg bisa ke sana lagi yaaa..aamiin. 😗

      Delete
  4. SEMAKIN INGIN KE YOGYAKARTA KALO KEK GINI!

    Semoga diberi kesehatan,rejeki lebih biar bisa jalan2 ke Jogja.. AAMIIN

    ReplyDelete
    Replies
    1. AAMIIN YA ALLAH. Hahaha..ampe capslock biar bisa segera ke jogja,hahaha.

      Delete
  5. Seru semua ya lima-limanyaaa. Semoga kesampaian mbaaa buat segera ke Jogja. Aamiinnn...😍😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, mamaci retnoooo.. hooh smuanya seru jd mupeeeng.. 😆

      Delete
  6. Gue yang belum di Kalibiru, Istana Ratu Boko sama Istana Air Tamansari, gua pindul recommended anettt... Kece deh pokoknya, apalagi naik jeep menuju merapi, kudu banget sisssss.... Tapi gue pas naik jeep ke atas merapi itu sepanjang jalan naik turun triak2 ampe matahin jok belakang si jeep. Hahahahaa, malu2in

    ReplyDelete
    Replies
    1. Arin ga ada videonya apa? Sini mana mana,hahahaha.

      Delete
  7. Yogyakarta fix ngangenin banget mba... orang2nya humble dan ramah pokonya pasti betah klo kesana :)
    wisata lava tour merapi yang recommended bgt menurutku, soalnya selain wisata pasti bakal ngerasa tersentuh juga di museum "omahkoe istanakoe", moga segera kesampean kesana ya mba, aamiin....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mamaci sudah mengaminkan neng ingga,hihi. Iya pingin ke sana banget tp dengan agenda jalan2 tok, bkn sambik kerja,hahaha.

      Delete
  8. Aamiin moga2 segera terkabulkan wisata ke Jogja.. Ratu kuis mah apa sih yang gak dapet? Hihiiiii
    Oooo yg di AADC2 tuh Ratu Boko ya... *baru tadi malem nonton, kok di pilem sepi banget... Realitanya pasti rame lah yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ya rabbal alamin. Klo dr menang kuis lebih baek si,hahahaha. Iyaa dulu msh sepi katanya ti, sejak aadc 2 jd kyk cendol. 😂

      Delete
  9. Cantik2 pemandangannya jadi pengen kesana:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya cantik2 hanaaa.. aamiin smoga bisa ke sana ya kitaaa.. 😘

      Delete
  10. Aku durung lava tour ki, ayok bareng2 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyoooook.. nyok dulu aja ya biar diaminin malaikat,hihi.

      Delete
  11. Semoga kesampaian ke Jogja, mbak :D btw, coba ke museum Ullen Sentalu. Bagus lho katanya. Ada restonya juga namanya Beukenhof:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ya rabbal alamin. Iyaaa katanya bagus juga. Urutan ke 6 deh,hihihi. Thanks rekomendasinyaa.

      Delete
  12. Jogja mah setiap sudutnya istimewa. Saya paling pengen lava tour, susah cari rekan jalan2.
    Kalau ke Kalibiru, Ratu Boko, Taman Sari, udah pernah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iiih seru udah hampir semuanya pernah ya. Bener bgt ya, jogja istimewa. :D

      Delete
  13. Taman sari sama Merapi lava tour udah pernaaah~

    aku juga pernah nulis di blog aku tentang Merapi LAva Tour loh..
    http://www.indahrp.com/2015/10/jogjatrip-merapi-lava-tour.html

    Kalibiru baru mulai hits setelah aku persiapan mau pindah dari Jogja, goa pindul dari dulu pas masih di Jogja pengen ke sana tapi belum sempet-sempet. Ke ratu boko pun begitu,apalagi semenjak AADC2 pasti rame banget deh hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mesti diarrange kesana berarti yaaaaa.. hohoho. Nanti kumampir ke tempat indaaah, mamaci.

      Delete
  14. woooow asyiknya ya , sudah lama gak ke sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbaaa, kayaknya asik2 tempatnya. Agendakan jalan ke sana lagu mbaaa.. :D

      Delete
  15. Mupeng banget sama wisata alam kalibiru,padahal suami orang jogja tapi terakhir ke jogja udah 5tahun yang lalu :")

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah nah, alasan buat tamasya ke sana mba withaa.. :D

      Delete
  16. Jogjaaah. Aku banget...kalibiru belum nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iisshh kamu cepetan ke kalibiru giiiih, mumpung masih freeeee..hihi.

      Delete
  17. baru sekali ke jogja, dan itu pun cuma transit.. pengen juga deh kesana buat foto-foto cantik.. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lanjut tuh la pankapan dari semarang. Atau mana tau dikontak sheraton yogya yes?! Hahaha.. aamiin yaaak..

      Delete
  18. Aku yang pengen ke Kalibiru yang naik2 pohon itu hehehe

    Aamiin moga kesampaian ke sana ya Mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin, mamaci udha diaminin maak, hohoho. Aamiin, smoga mak april juga bisa ke sana yaa. :D

      Delete
  19. AKU BELUM PERNAH SEMUANYA INI KE LIMA-LIMANYA!!!! *ganyantai*

    yuk yuk ke sana!

    ini mupeng banget serius~

    #anaknyabutuhpiknik

    ReplyDelete
    Replies
    1. COBA LANGSUNG RENCANAKAN CUTI, hahahaha.. Kita ke bandung aja duluuuu, hahaha.

      Delete
  20. saya sudah berkali-kali ke Jogja dan masih ingin kembali lagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooh banget maaak. Akupun masih banyak yang belum disinggahii..

      Delete
  21. Selain semua destinasi di atas jangan lupa juga ke Puncak Suroloyo dan Hutan mangrove Pasir Mendit yo mbak. Puncak Suroloyo cenderung lebih sepi ketimbang Kalibiru. Kalo Pasir Mendit cucok buat yang lagi pada pacaran ataupun yg lagi jomblo (spot-spot buat fotonya mksdku). Aku pernah nulis kedua tempat ini juga di blogku. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahhh, nanti kumampir ya mbaaa.. Makasih masukannya. :D

      Delete
  22. wahh keren banget kak, jadi pingin ikut traveling ke jogja :3

    ReplyDelete
  23. alhamdulillah hampir semua pernah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahhh aku juga mau semuaaaa, semoga bisa ikutan mas dhanang deh, ehehhe..

      Delete
  24. Taman sari & lava tour merapi udah pernah... Pgn jg ke kalibiru sm gua pindul...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku baru Kalibiru mbaaa, hehe. Pankapan mau ke sana lagiii..hehehe.

      Delete