August 04, 2016

Mengenali Stres Pada Bayi Dalam Kandungan



Assalamu'alaikum wr wb,

Ketika buibu sedang hamil, apa yang paling diperhatikan? Paling pertama pastinya soal tumbuh kembang janin ya. Harapannya bayi berkembang dengan baik tanpa kendala atau masalah apapun. Lalu pasti kita juga concern banget soal nutrisi apa yang harus dikonsumsi, supaya debay dapat makanan yang terbaik dari sang mama. Memang apa yang ibu rasakan, pikirkan, dan konsumsi sangat berpengaruh pada bayi dalam kandungan. Ngga cuma ibu yang bisa stres, bayi juga bisa mengalami stres lho. Itulah tema yang jadi bahan obrolan bersama Sweety Gold dan majalah Mother & Baby, "Kenali Stres Bayi Dalam Kandungan" pada hari Minggu, 31 Juli 2016 lalu di Igor's Pastry & Cafe. Walaupun saya sedang tidak hamil, tapi pengetahuan ini pasti akan berguna jika saya hamil anak kedua nanti. Atau jika teman dan kerabat saya ada yang sedang hamil, pengetahuan ini bisa saya share juga. Dalam bincang-bincang hari itu dihadirkan narasumber DR dr. Taufik Jamaan SpOG, artis cantik Titi Kamal mba Stella Brand Manager Sweety. Obrolan mengalir lancar karena adanya MC handal mba Amy Zein.

MC hari itu Amy Zein

Mba Sandra dari Mother & Baby

Mba Stella dari Sweety

DR Taufik mengawali talkshow dengan memberikan pengetahuan soal bagaimana cara mengenali stres pada janin, cara mencegah dan menanggulanginya. Pertama, kita harus tau dulu nih sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan janin yang stres itu. Janin stres adalah sebuah kondisi di mana bayi merasa ada ancaman terhadap kehidupannya di dalam kandungan. Indikasinya bisa berupa gangguan aliran darah dari ibu ke janin, gangguan asupan kalori dari ibu ke janin. Ada banyak faktor yang membuat sang jabang bayi stres, antara lain sang ibu anemia, demam, air ketuban kurang, ibu stres/depresi, proses persalinan yang lama, oksigen berkurang, ibu sakit, terlilit tali pusat dsb. Banyak ya ternyataaa. Dan tahukah teman-teman bahwa jika ibu stres = janin stres lho. Penjelasannya, karena janin hanya merasakan apa yang dirasakan dan dilakukan ibunya. Stres yang mengakibatkan perubahan hormon ikut masuk ke dalam plasenta dan memberi pengaruh pada janin. Bahkan bisa sampai terlihat dari ekspresi bayi dalam kandungan lho. Jadi misalnya si ibu stres ni, nah janinnya bisa berekspresi seperti sedang berpikir atau memegang kepalanya. Subhanallah. :'D

DR Dr Taufik Jamaan, SpOG
Saya waktu hamil, naik 22 kg!

Sebagai ibu, saya paham banget rasanya perubahan dalam diri ini ketika hamil, baik fisik maupun mental. Dan perubahan-perubahan tersebut cukup signifikan dan kadangkala bikin stres. Nah, seringnya para calon ibu, sang suami dan lingkungan sekitar tidak dipersiapkan untuk itu. Calon ibu malah seringnya hanya mempersiapkan soal perubahan fisik saja seperti beli baju hamil. Sedangkan perubahan emosional atau mental seringkali ngga diantisipasi. Selain faktor dari dalam diri ibu sendiri, ada faktor eksternal yang dapat membuat calon ibu stres. Buat yang bekerja mungkin dikejar deadline pekerjaan, eh blogger juga bisa dikejar deadline nulis si, ihihihi. Apalagi faktor eksternalnya, macet buibu trus lagi buru-buru nah bikin stres pasti deh, terus hal simple lain kayak kerjaan rumah belum kelar tapi terus suami udah mau pulang, atau si kakak kebangun lebih cepet. Siapa pernah ngalamin, ngacuuuung?! Hehehe. Atau kalo hamil anak pertama, apa-apa mau dibeli, tapi takut ada aja yang kurang. Hal yang sepertinya sepele aja bisa bikin ibu hamil stres lho. Apa sih efek stres dari ibu hamil? Ada beberapa contohnya seperti apa yang dipresent DR Taufik di bawah ini.

Link sumber



Jika sudah berada dalam tahap stres akut, dampak bagi bayi juga makin berat. Bahkan bisa menyebabkan kematian lho, huhuhu. Jadi janin yang stres biasanya akan kekurangan oksigen dan membuat otot di bagian anus melemas. Lemasnya otot anus inilah yang membuka jalan kotoran untuk keluar dan mengotori air ketuban. Air ketuban yang kotor itulan yang kan meracuni bayi. Duh serem buibu, jangan sampai kita stres yaaa.. :( Lalu bagaimana cara menjaga kehamilan tetap sehat dan bebas stres? Lihat anjuran Kemenkes di bawah ini..



Selain yang sudah ada di image di atas, penting bagi ibu hamil agar menjaga kebersihan tubuh dan memastikan bagian kemaluan tetap bersih dan kering. Karena keputihan yang terus menerus juga wajib diwaspadai ya. Selain itu karena di dalam perut ada dedek bayi nih, makanan juga harus diperhatikan. Konsumsi makanan bisa ditingkatkan hingga 300 kalori/hari dengan menu seimbang ya. Jadi bukannya tiap makan jadi double porsi yaaaa, hehehe. Terakhir tetap latihan fisik atau berolahraga. Ngga perlu yang ngoyo, yang penting tubuh gerak dan istirahat jika lelah.

Link sumber

Dari pemaparan di atas penting banget ya yang namanya kontrol rutin ke dokter/bidan. Selain bisa mengetahui kondisi ibu dan bayi, juga bisa mengatisipasi jika ada gangguan dalam masa kehamilan. Hal lain yang penting adalah pendampingan dari pasangan atau anggota keluarga lain. Bahkan dianjurkan oleh Kemenkes lho ini, jadi memang support orang terdekat itu sangat penting bagi ibu hamil. Harusnya para suami juga jadi undangan wajib ni yaaaa, hehehe. Setelah melakukan langkah-langkah agar senantiasa sehat selama masa kehamilan, ada beberapa cara untuk mengatasi stres pada ibu hamil sebagai berikut :

1. Selalu berpikiran positif dan feeling happy.
2. Mengkonsumsi makanan dan minuman yang baik dan bergizi untuk sang janin.
3. Mengatur pola makan dan olahraga yang seimbang.
4. Komunikasi yang rutin dengan suami dan anggota keluarga lain.
5. Meminta dukungan dari suami dan lingkungan terdekat, sehingga tercipta suasana yang baik dan memicu hormon yang baik pula.
6. Relaksasi dan melakukan apapun yang membuat ibu senang.

Hingga waktu kelahiran tiba, calon mama papa ini harus mempersiapkan mental. Biar tenang dan tau apa yang harus dilakukan, sebaiknya rutin konsultasi dengan obgyn atau bidan buibu. Selain untuk konsultasi, rencanakan juga proses melahirkan di fasilitas kesehatan dengan dibantu obgyn atau bidan. Kalo pengalaman saya si waktu hamil si kecil, ngga perlu dokter yang terkenal di sana sini, yang penting dia enak diajak komunikasi, sabar, pengertian dan mudah dihubungi. Apalagi buat orangtua baru, kadang kram dikit aja parnonya minta ampun, hahaha.



Setelah DR Taufik, giliran artis dan mom cantik Titi Kamal yang berbagi pengalamannya dengan awak media dan undangan yang hadir. Buat Titi sesibuk apapun dirinya, Juna putranya tetap yang nomor satu. Itu juga syarat yang diberikan suaminya, Christian Sugiono. Kebutuhan Juna yang menjadi concern Titi diantaranya adalah nutrisi, tumbuh kembangnya serta pendidikan. Salah satu kebutuhan Juna yang penting dalam kesehariannya adalah popok yang terbaik. Kenapa penting? Karena popok yang gampang bocor membuat Juna ngga nyaman dan crangky. Saat siang hari, Titi memakaikan Sweety Gold Pants agar Juna bebas bereksplorasi dengan nyaman.

Sweety Gold Luxurious Touch

Eh tadi Titi Kamal sempat menyebut pakai popok yang terbaik buat anaknya, dan Sweety Gold jadi pilihan Titi. Lalu mba Stella dari Sweety Gold memberikan penjelasan, kenapa sih buibu bisa menjadikan Sweety Gold ini popok andalan buat si kecil. Mungkin banyak yang belum tau kalo Sweety adalah produk asli Indonesia lho, adeknya Softex. Tau dong pasti Softex yah?! Bahkan Sweety adalah satu-satunya popok di Indonesia yang telah teruji klinis oleh Australian Dermatologist sebagai popok yang aman untuk kulit bayi sesensitif apapun. Sweety Gold juga merupakan popok pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi diamond layer dan satu-satunya popok celana yang bertekstur berlian.

Sweety Gold dengan diamond layer

Emang apa sih hebatnya si teknologi diamond layer itu?
- Permukaan popok cepat kering dalam satu gerakan, cairan lebih cepat terserap merata sehingga permukaan popok tetap kering dan tidak lembab.
- Extreme softness. Bahan yang extra lembut dan nyaman di kulit bayi.
- Overnight pantz. Anti bocor semalaman sehingga menjaga si kecil tetap tidur nyenyak.

Ada dua macam Sweety Gold ini, yaitu Sweety Comfort Gold dengan perekat dan model celana yaitu Sweet Pantz Gold. Bahkan ni dari hasil research, teknologi diamond layer terbukti mendistribusikan cairan 15% lebih merata sehingga tidak menumpuk di tengah. Hasil lainnya Sweety Comfort Gold memiliki kapasitas menyerap cairan lebih tinggi 21% dibandingkan kompetitor. Jadi ngga ada lagi tuh cairan hanya terpusat di satu area, jadi kayak bulky gitu buibuu. Pernah ngalamin deh mesti, hehehe. Dari 97% buibu yang dijadikan responden pun sepakat bahwa Sweety Gold lebih baik dari produk lain. Issh, penasaran kan buibuuu. Hal lain yang saya suka adalah di popok ini ada wetness indicator-nya. Apaan tuuuh?! Jadi, ada indikator warna yang kasih tau kapan popoknya penuh dan harus diganti. Jadi kalo indikatornya sudah berwarna hijau, cuss bu langsung diganti popoknya ya. Kelebihan lainnya, tipe ini sudah ada disposable tape-nya, jadi bisa langsung dibungkus tuh, ngga bleber kemana-mana.



Wetness Indicator

Eh acaranya belum selesai ni, masih ada tips menarik dari Mba Wulan dari Mom & Jo. Mba Wulan memberikan cara massage self service supaya ibu hamil relaks, hihihi. Eh bukan ibu hamil juga bisa lho. Bagian pertama adalah bagian wajah, dengan TTM aka Telunjuk, Tengah dan Manis, hahaha. Kirain apa mbaaak.. :)) Pertama bagian dahi. Jari telunjuk kedua tangan memijat lembut dari arah tengah dahi hingga pelipis, begitu seterusnya dengan jari tengah dan manis. Lakukan juga ke daerah dagu. Jari telunjuk memijat lembut dimulai dari tengah dagu ke arah tulang pipi.

Ini bukan adegan pusing pala berbi yaaa.. LOL

Selain bikin relaks, bikin senyum juga lho, hihi


Atau bisa juga lakukan tepuk-tepuk bahu sendiri, bergantian kanan dan kiri. Pijat lembut bagian dada saat merasa sesak. Jari arahkan dari tengah dada ke arah luar bagian atas, sampai ibu merasa rileks.

Mungkin bisa sambil bilang, "Good Job!" hihihi

Supaya mengurangi sesak atau ngos-ngosan


Ada tips lain ni. Buat ibu hamil yang suka kram, kan susah su menggapai ujung jari kaki untuk melemaskan otot saat kram. Caranya, buibu bisa sediakan kain panjang. Saat kram, kain panjang dibagi dua dan sangkutkan ke ujung kaki. Kemudian tarik dengan kedua ujung yang kita pegang sampai berasa tarikannya.




Ahhh berjam-jam di sana ngga berasa banget karena banyak ilmu yang didapat. Selain sharing soal info dan tips tadi, ada juga best selfie, best OOTD dengan tema Be Gold dan best live tweet. Sayangnya saya belum beruntung hari itu, huhuhu. Tak apalah ya. Oya, sempat bersua juga dengan mba ayu dan uchi. Smoga bermanfaat ya buat teman-teman.




Bersama mba ayu dan uchi


Love you, life. :D

Wassalamu'alaikum wr wb.

21 comments:

  1. Dr. Taufik dokterkuuuh ketika hamil yayaa. Orangnya baek banget & komunikatif cinta deh! Sweety gold baru launching kah? kayaknya belum sering liat di toko kelontong deket rumah hihi

    ReplyDelete
  2. Bayi bisa stres juga ya... Kudu paham2 bener gimana mengatasinya, apalagi masalah diapers, ga boleh asal pilih deh

    ReplyDelete
  3. Btw itu caption fotonya namanya sama-sama Mba Sandra yaa hihihi :p

    Salah satu hal sederhana mengetahui bayi di dalam kandungan strees atau tidak adalah dengan memperhatikan keaktifan gerak bayi dalam kandungan. Bila gerakan semakin jarang, segera ke bidan atau dokter yaa untuk diketahui kondisi denyut jantung bayinya :)

    ReplyDelete
  4. Baca ini koq ya jadi kangen hamil.. Kangen doang lhooo.. Tapi belum pengen.. Heuuu.. Thanksss info yang sungguh lengkap iniiih mba Lisnaa..

    ReplyDelete
  5. Sandra : oow di bunda ya berarti saaan? Iya dia bilang sendiri saya bisa ko diWA teruuss, hahaha.

    Aie : Iyess betul skali, makanya emaknya jangan stresss.. Dan soal diapers, demi anak apa aja deh asal yang terbaik.

    Indah : sudah direpisi, mamaci koreksinya. Hihi.. Iya bisa juga dengan cara itu. Tapi, bayiku dulu gerakannya ngga heboh si, ahahaha.. Mungkin dia bobo terus. LOL

    Suchi : demi apa aku dikunjungi amaaaam, hahaha. *norak* Iya sama mam, ini sambil nulis juga sambil cari2 foto hamil, hahaha. Masama amam.

    ReplyDelete
  6. baru kali ini baca postingan tentang kehamilan dan pampers khusyuk banget.. hahahaahah. noted pijetannyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Puput : hahaha, semoga berguna yaaaa..

      Delete
  7. Yak mariii pijet2 diri sendiri... haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jade ayu : back up klo lagi ga ada suami yaaa,hahaha.

      Delete
  8. Sayang seribu sayang... kemaren ga jadi kesana.. soalnya pas baggdd sama jadwal usg.. tapi penjelasan mb Lisna sungguh mendetail dan berasa kayak disana .. hehehehee... makasih mb ... lanjut terus....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Reni : semoga bisa berguna yaaa.. Sehat2 ya bumil.. :*

      Delete
  9. Aih.. besok2 lagi kalo ketemu mbak lisna say hai ah.. salam kenal mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dongeng naura : iya mbaaa, sapa2 yaa. Aku blum banyak kenal juga soale,hehehe. Salam kenal mbaa. Makasiih..

      Delete
  10. Reportasenya lengkap ^_^
    Liat mb hamil..keyeen #Salahfokus wkekwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eni : makasih mbaa. Belum sempat bw ni. Hamilnya gondut banget mba,hahaha.

      Delete
  11. makasih ya sudah berbagi, tulisannya berguna banget nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Noni : sama2 mba, smoga bisa bermanfaat ya. Makasih udah mampir.

      Delete
  12. aku baru tau banget kalo janin dalam kandungan bisa stres juga huhu. seneng deh jadi banyak belajar, efek bacain blog mom blogger, thanks mbak lisna :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Retno : iya retno, karena msh sangat bergantung sama ibunya. Sama2 retnooo. Buat bekal nanti ya,hihi.

      Delete
  13. Acaranya seru ya, banyak info menarik :). Jadi ingat masa2 menjelang kelahiran, denyut jantung bayi dalam perut ga beraturan, ada kemungkinan karena sress berarti ya..Alhamdulillah sudah terlewati :)

    ReplyDelete
  14. Nur susianti : iya mba acaranya bermanfaat, banyak ilmu baru. Ada masanya deg2an ya mak kalo hamil itu, hihihi. Alhamdulillah sudah terlewati dengan baik ya. :D

    ReplyDelete