October 10, 2016

Tips Membuat Vlog : "From Blog To Vlog" HijupxIHB Talkshow


Assalamu'alaikum wr wb,

Ada blogger yang mampir ke sini belum tau apa itu vlog? Atau sudah tau tapi belum familiar, belum pede, atau belum tau harus mulai darimana? Berarti info yang saya dapat dari talkshow HijupxIHBlogger kemarin pas buat kamu. Talkshow yang berlangsung pada hari Sabtu, 24 September 2016 di CRE8 Coworking Space, Metropolitan Tower ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan saya untuk belajar membuat vlog. Selain itu bisa silaturahim dengan teman-teman blogger anggota Indonesian Hijab Blogger lain, baik yang sudah lama kenal maupun yang baru bertemu.


Mba Witha sebagai Ketua IHB membuka acara

Suci Utami sebagai MC

Siapa sih narasumbernya? Ada Kak Lulu Elhasbu dan Mba Hanna Faridl selaku CCO Hijup, pasti udah kenal kan ya dengan dua kakak cantik itu. Kak Lulu adalah seorang model, blogger, social media influencer dan sekarang mulai sering juga membuat vlog. Mba Hanna selain sebagai CCO Hijup juga seorang founder Casa Elana. MC hari itu adalah Suci Utami dan moderator acara dibawakan oleh Ola(natics) Aswandi. Duet maut hits amam bundo mah udah tak asing lagi yekaaaan?! *reuuusss* Hahaha..

Kak Lulu dan Ola

Kak Lulu bercerita soal kegemarannya belakangan ini membuat vlog. Vlog yang dibuat ngga ribet ko, bisa menggunakan handphone atau kamera yang dimiliki, mengeditnya pun bisa menggunakan aplikasi yang ada di HP semacam imovie. Kak Lulu membuat vlog seputar kegiatannya, misalnya ketika travelling dan yang terbaru soal usahanya dalam IVF atau program bayi tabung. Dan ngga tanggung-tanggung, Kak Lulu menjadwalkan beberapa video yang dibuatnya untuk dipublish di waktu yang berbeda. Selain itu, belajar dari video yang dibuat itu wajib dan harus selalu dilakukan. Misalnya soal angle yang pas, cara jalan yang bagus, dsb. Jadi lama-lama kita bisa membuat video yang bagus dari mempelajari kesalahan sebelumnya.


Peserta yang antusias

Menurut Kak Lulu, vlog yang natural, real dan apa adanya justru disukai banyak orang lho. Simple ya kelihatannya ternyata, hihihi. Buat Kak Lulu blog dan vlog sama-sama bermanfaat dan bisa menghasilkan (income), jadi blog ngga akan ditinggalkan dan begitu pula sebaliknya. Asalkan bisa dilakukan sejalan. Setelah Kak Lulu sharing soal seluk beluk vlog yang ia lakukan, selanjutnya ada Mba Hanna dari Hijup yang membagikan tips seputar From Blog to Vlog. Dan sesi Mba Hanna ini eye opening banget, ngga cuma buat how to vlog, tapi juga berguna buat yang masih bertahan dengan blogging saja. Yuk bahas satu persatu!



Set the goal. Seperti halnya hidup yang harus punya tujuan, begitu pula kalo mau bikin vlog kaaaa, hihihi. Kamu bikin vlog buat apa sih, buat reviewkah, buat dokumentasi pengalaman kamukah, atau bahkan  untuk sumber pendapatan. Apapun vlognya, IMHO sebaiknya tujuan kamu membuat vlog itu bermanfaat bagi orang banyak, ya setidaknya tidak memberi pengaruh buruk yaaa.




Be who you are or who you want to be. Maksudnya apa ni kaak? Maksudnya adalah kita mau dipersepsikan orang itu seperti apa si dari vlog yang kita buat. Paling mudah si menurut saya ya jadi diri sendiri atau kamu mau image tersendiri yang lain dari karakter kamu ya monggo juga. Misalnya saya pernah tau ada influencer dan blogger juga yang kalo dilihat dari tulisan maupun timeline social medianya, dia itu career woman goal banget deh. Pokoknya terlihat sangat professional. Ya dia buatlah semua vlog, tulisan dan foto yang dia unggah sesuai sama karakter yang dia maksud, a professional career woman. Perkara dia sebenernya juga dasteran di rumah mah ngga perlu diunggah, hehehe.


Deliver emotion. Nah bedanya antara video dan foto ya ini ni, emosinya bisa lebih terlihat karena medianya audio visual. Memperlihatkan emosi itu wajar banget ko, dan malahan yang disuka ya yang natural. Kecuali memang kamu ingin dikenal sebagai vlogger yang teatrikal atau satir misalnya. Ya emosi yang kamu sampaikan juga ya yang semacam itu. Intinya kalo menurut saya, emosi ini juga yang akan mempengaruhi persepsi viewer akan image yang kita maksud.


Video application. Karena ingin membuat video, ya senjata yang mesti dimiliki dan dikuasai adalah video application. Contohnya ada imovie dan Quik. Kalo saya sendiri mulai terbiasa pakai Filmora. Oya waktu edit video jangan lupa pakai musik yang legal ya. Kalaupun pakai musik atau lagu terkenal jangan lupa cantumkan credit title lengkap, misal penyanyinya siapa, judulnya apa dan kalo perlu sampai recording company-nya.


How to get your video on the top of the list. Ini penting banget ni. SEO is berry berry important. Kita bikin video supaya banyak yang liat bukan?! hehehe. Supaya banyak viewer yang melihat video kita, berilah judul yang to the point dan image cover yang relevan dengan konten video. Gunakan keyword mulai dari judul hingga deskripsi yang merefleksikan si konten vlog, kalo perlu bahkan diulang-ulang. Tag video juga berpengaruh supaya Google mudah membaca index video/post kita. Misalnya ni saya beri contoh ya. Kalo ada masukan atau koreksi, please share juga yaaaa...

Judul : Tutorial Hijab Pipi Tembem
Deskripsi : Tutorial hijab pipi tembem ini adalah tutorial hijab untuk para wanita yang memiliki pipi tembem. Tutorial hijab pipi tembem akan memberikan kamu trik untuk menyamarkan pipi tembem kamu. Kamu bisa terapkan tutorial hijab pipi tembem ini untuk berbagai macam acara. Kalo kamu merasa ini berguna buat kamu, kamu bisa share tutorial hijab pipi tembem ini ke social media kamu. Selamat mencoba!
Tag : tutorial hijab pipi tembem, tutorial hijab, tutorial hijab untuk pipi tembem, hijab tutorial pipi tembem, hijab tutorial antem, hijab tutorial anti pipi tembem


If your vlog is still not on the first page, then check your competitor's video. Kalo terus video kamu minim viewer, terus kamu merasa konten kamu udah oke banget, atau syarat soal SEO friendly juga sudah kamu penuhi, nah bisa jadi kompetitor kamu sudah mulai duluan. Jadi ya video mereka jadi lebih banyak deh yang nonton, hehehe. Jangan sedih ya shaaaaay.. :))


Common mistakes when you do vlogging or blogging. Males cari tau atau browsing beneran ngga akan nguntungin deh. Banyakin research, mulai dari desk research, ngobrol sama teman, sama ahlinya atau sama siapapun yang relevan dengan materi video/blog kita. Selain itu kadang kita juga sering beralasan ngga ada ide. Mungkin ide besar ada, nah buat menurunkan jadi detail tuh yang kadang buntuuuu, hahaha. Selain itu ada juga plagiat, dan kehilangan arah di tengah vlogging. Jadi mulai sudah hilang arah, coba dilihat dan direnungkan kembali tujuan awalnya, hehehe.


How to make a good video? Jadi jangan heran kalo video anak muda yang katanya kekinian itu banyak banget viewernya. Walaupun isinya bikin istighfar, tapi harus diakui si pembuat video tau apa yang dicari target audiencenya. Dan si audience merasa video tersebut relevan dengan dirinya, dengan hidupnya, dengan apapun nilai yang dia anggap penting. So, banjir deh yang nonton, hehehe.

Gimana tipsnya bermanfaat banget kan?! Setelah diberi materi soal vlogging, teruuuss kita diminta buat vlog sendiri mengenai Lipstick Wardah terbaru Intense Matte yang ada dalam goodie bag. Saya dapat tipe Choco Town. Walaupun saya ngga menang karena telat upload, surprisingly viewer video itu di akun saya melewati 18.000 viewers. Woooooow..tiada kusangka, hahahaha. Selain mendapatkan ilmu baru, goodie bagnya juga banyak dan kece-kece, hohoho. Alhamdulillah. Thanks Indonesian Hijab Blogger, Hijup, Wardah dan para sponsor lainnya.


Foto bersama narsum dan panitia kece




OOTD bareng Kak Lulu yang ramaaah..

Love you life. :D

Wassalamu'alaikum wr wb.

59 comments:

  1. Ahhh aku belum nulis yang ini, omay omay omay, anyway sharing ilmunya bermanfaat banget nih kalo mau hijrah ke vlog. Aku? dipahami dulu deh teorinya, mungkin saat siap nanti bisa diterapkan. Aamiin! Mamacih sharingnya ter sisterrrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu lebih videogenic tersisterrr. Cus bikin yg banyaaak. Ntar pas si bandung ya. :*

      Delete
  2. Aku juga pengen nulis ini belum kelar kelar , omay omay omay (ngikutin aie) hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh my oh my oh my, ayo bu ketu, hihihi.

      Delete
  3. Naaah akhirnya eksis juga nama gue dimari.. Hahaha..

    Maaci udah turut meramaikan acara IHB kmaren yaa kaka Lisna.. Seneng sekali melihat kehadiranmu.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama kamu kan udah eksis dimana-mana kaka olaaaa..hahaha. Masama olaa, senang hadir kemarin nambah ilmu sekaligus silaturahim.

      Delete
  4. Gw yg udah tau vlog tapi belum pede bikinnya hahaha. Beda tipis sama males ribet ngedit.

    Eh tapi sejak ikut sharing IHB kemarin jadi apa2 instastory hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin kaaak, kamu cakep ko bikin vlog.

      Delete
  5. Seru bgt ya acaranya..sy belum pernah ikut acara IHB

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru maaak. Yuk kapan2 ikutan mak.

      Delete
  6. Pgn bikin vlog gak pede,takut ga ada yg nonton hahaaha siapa gueeee.. Tp walaupun ga dpt ilmunya yg penting dpt foto2 barengnya eaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iiih klo putri siapa guwe, gimana guweeee,hahaha. Kamu kece gitu kaaa, cuss bikin vlog. Iya mayan ya dpt foto barengnya,hahaha.

      Delete
  7. Wah makasih banget bisa bikin vlog ilmu baru buatku neh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 maaak, semoga berguna yaa.. :D

      Delete
  8. Ahhh aku pun ngerasa acara kemarin bermanfaat bangeeet mba. Seneng bisa ketemu IHB lagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya alhamdulillah ya retnoo. Sekalian silaturahim yesss.. :D

      Delete
  9. Nah....laen emang klo star mah bahasanya. Viewers nya kece....tapi kok aku ga ada *nangis dipojokan*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu sibuk di depan neng anggieee.. Tapi kamu ada di hati aku ko. Eaaa.. :*

      Delete
  10. Cieeee viewer review lipen wardahnya udah berapaa??? Gils gils gils keren banget deh ah!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mayan kak jumlah viewernya bisa buat nasi goreng pake telor, hahahaha.

      Delete
  11. Acara ini bagus & keren banget. Tapi kita belum kenalan 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak leyla, nambah ilmuuu..

      Delete
  12. tiap baca review event IHB ini jadi syedih soalnya ga bisa ikutan kemarin, huhu
    tapi ilmu vlog yang di share kece banget ya, bikin langsung pengen bikin vlog tapi harus ngumpulin PD dulu nih buat shoot muka sendiri :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu mah udah imut neng ingga. Pan kapan klo pas di jakarta bersua yuuuk. Atau saat ku dibandung,hiho.

      Delete
  13. Ahhh.... lengkap bangetttt ulasannya. Walau ngga bisa datang, tapi puas dapet ilmunya di blog lisna. Bakal dipraktkin deh. Kan, blogger harus bisa juga bikin vlog supaya skill nya juga nambah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalo berguna yaa.. Iya kamu kan udah jagoan ngeblognyaa, jadi pasti lebih oke kalo ditambah vlog, hihihi.

      Delete
  14. Maacih udah share mbak Lisna,
    aku lagi seneng nge vlog, post nya bermanfaat sekali hehe ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalo berguna. Makin seru pasti di US bikin vlog yaa, sekalian buat kenang2an.

      Delete
  15. Makasi Kaka sharing ilmunya *cuma berani komen begini di sini, kaga berani ke Mam Sand (semoga orangnya ga baca), kabuur* Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masama niaa, semoga berguna yaa.. Orangnya ngga baca, hahaha.

      Delete
  16. Sampe detik ini blum pede bikin vlog vlog alalal vlog, muka macem bakpau klo di vidio shaayy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iihh pede aja kamu mah mukanya tirus gituuu, hihihi. Dikantongin dulu malunya, hahaha.

      Delete
  17. Liat wetje wetje cakep lagi pada selfie kok seger banget ya hehehe *salah fokus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semacam sayur mayur baru dipetik ya maak amel seger, hihihi. Mamaci lhoo.

      Delete
  18. seneng ya...bisa ngumpul sambil mendapat ilmu yg bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba avy alhamdulillah silaturahim plus dapat ilmu.

      Delete
  19. Uwowwww 18rb viewers. Kece bgt yaaa. Kmrn seru ya emang. U aku jg byk ilmu baru.next time ihb bikin acara lg, ikutan yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lucky newbie kayaknya, hahaha. Iya seru buyuuu, inshaa Allah nanti ikutan lagi kalo ada event yaa..

      Delete
  20. Seru banget ya mba.. Ah sayang hana ngga ikut :) makasih ya udah share tipsnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lain kali ikutan ya hanaaa.. Masama hana semoga berguna.

      Delete
  21. Yg durasinya 1 menit aja viewersnya 18ribu apalagi yg durasinya lebih dari itu... KECE! ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo lama-lama nanti malah yang nonton sakit kepala diniii, hahaha.

      Delete
  22. Yg durasinya 1 menit aja viewersnya 18ribu apalagi yg durasinya lebih dari itu... KECE! ^^

    ReplyDelete
  23. KECE BANGET kakakk! Viewersnya banyak kalii :D

    aku bangga haha

    aku ke depannya juga pengen bikin vlog kayanya tapi lebih kayak ke kulineran gitu atau event mungkin wkwkwkkw

    tp kudu ngutak atik si quik nih.

    lanjutkan sis jadi vlogger! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lucky newbie kurasa,hahahaha. Sok bikinlah, kulineran, event juga seru. Eh kamu kan jg suka DIY, bikin jugaaa. Aku lebih biasa pake filmora. Bihihihi..

      Delete
  24. Bermanfaat bangett

    ReplyDelete
  25. Aku ngak kenal ke 2 kakak cantik itu, mau banget kalo di kenalin #eeap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha bisa aee kakak cumii.. Selegram hits itu kaaa.. hahaha.

      Delete
  26. Ini acaranya memang bagus ya mba..masih ngumpulin keberanian nih buat ngevlog...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cukup bagus mba, manfaat tipsnyaa.. Iya mba kumpulin trus bikin pasti cetar deeh mbak nunu.

      Delete
  27. Aku belum pede ngomong di depan kamera. Hahahaha. Mukaku pasti tegang bangeetttttt. Padahal tiap bulan pasti ngemsi. Hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak latihan ajalah tariiie. Lama2 biasaa. Semacam latihan foto ootd kita itu kemarin,hahaha.

      Delete
  28. ah cantikk cantikkk, aku seringnya bikin video itu buat narsis, makanya nih masih belum berkualitas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahh aku terbang dipuji mba ev,hahaha. Makasih mbaa.. Akupun biasanya emang buat narsis,hihi. Mba ev mah yakin psti keren klo ngevlog.

      Delete
  29. terimakasih bos infonya dan salam sukses

    ReplyDelete
  30. makasih gan infonya dan semoga bermanfaat

    ReplyDelete