Follow Me @lisna_dwi

November 27, 2016

Wisata Alam Kalibiru Kulonprogo Yang WOW - Seri #BloggerHoreeyJogjaTrip



Assalamu'alaikum wr wb,

Baru kali ini saya travelling bersama teman-teman yang saya temui dari blogging. Kalo pernah baca tulisan saya di Friend Circle, pasti tau siapa mereka, hihihi. Yes, saya belum lama ini travelling bersama #BloggerHoreey yang terdiri dari Nia, Aie, Sandra (plus si kecil Raya), Anggi, Ifa dan saya sendiri. Kami berangkat menggunakan kereta api dari Stasiun Senen pada tanggal 11 November 2016. Keberangkatan yang penuh drama karena saya harus hujan-hujanan menggunakan ojek dari kantor saya di TB Simatupang. Jarak TB Simatupang-Stasiun Senen aja udah jauh ya booo, belum lagi bawaan yang harus saya masukan ke dalam kantong plastik jumbo supaya tidak basah kehujanan. Wajarlah si bapak sopir ojek bertanya, "Mau pulang kampung ke mana neng?" Hahahaha..





Alhamdulillah saya sampai stasiun tepat waktu ngga pakai telat. Di sana sudah menunggu Nia dan Aie. Nia yang begitu baik hati (dan tidak sombong) bersedia mengatur itinerary kami dan bahkan membelikan tiket kereta api. Makasih Niaaaa.. *cium bertubi-tubi* Yang datang mepet dan hampir telat adalah Anggi dan Sandra yang harus berlari-lari sambil menggendong Raya, sungguh adrenaline rush, hahaha. Kereta api berangkat tepat waktu dan tiba di Kutoarjo sekitar pukul 2 pagi. Selama perjalanan juga aman lancar sentosa. Sampai si stasiun, kami bersih-bersih sekedarnya, ganti baju dan bersiap menuju tujuan trip kami yang pertama : Wisata Alam Kalibiru di Kulonprogo.




Wisata Alam Kalibiru, Kulonprogo

Dari Stasiun Kutoarjo perjalanan memakan waktu sekitar 1 jam. Pukul 4.30 subuh kami sudah sampai area Wisata Alam Kalibiru. Untuk menuju Kalibiru mobil harus melalui jalan mendaki yang cukup curam dan berbelok-belok. Kalo kamu mau ke sana sebaiknya kondisi mobilnya harus prima yes. Karena kalo engga, bisa-bisa mobil kamu malah jalan munduuur, hehehe. Wisata Alam Kalibiru terletak di Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kalo dari Bandara Adi Sucipto perjalanan makan waktu sekitar 1,5 jam. Kalo kamu menginap di sekitar Malioboro, waktu tempuh sekitar 1 jam 10 menit. Meski kami sampai subuh, keadaan sudah agak terang jadi bergegaslah kami naik ke area wisata alam.

Baca juga 5 Tujuan Travelling Impian di Yogyakarta.

Kalibiru masuk wishlist destinasi wisata impian saya di Yogyakarta. Wisata Alam Kalibiru berada di Perbukitan Menoreh. Kalo kata anak zaman sekarang si tempat wisata ini instagramable bingits, hehehe. Harga tiket masuk Kalibiru hanya Rp 10.000/orang. Murah bingits ya?! Hutan yang terlihat adalah hutan yang dikelola secara mandiri oleh masyarakat sekitar. Kalibiru berada di ketinggian 450 m di atas permukaan laut, jadi udara di sana masih sejuk cenderung dingin. Jadi siapkan saja syal atau jaket jika kamu ngga tahan dingin ya. Pemandangan yang  bisa didapat bukan hanya Perbukitan Menoreh saja, tapi pengunjung Kalibiru juga bisa melihat Waduk Sermo dari ketinggian. Waduk Sermo memang dekat dengan area Wisata Alam Kalibiru. Jika kamu punya waktu luang, bisa sekalian dikunjungi tuh.




Bagaimana suasana di sana? Damai, hijau, tenang dan amboi indahnyooooooo. Subhanallah, bagus banget deh. Saat kami datang, sunrise-nya agak malu-malu sih. Tapi semburat fajar yang keeemasan tetap terlihat stunning. Belum lagi kabut yang menutupi hutan dan waduk, agak misterius tapi membius. Tsaaaah.. Ngga percuma harus berpeluh mendaki ke lokasi, hihihi. Terbayar dengan pemandangan alam Kalibiru yang WOW.




Beruntung kami sampai subuh. Walaupun menunggu agak lama, kami menjadi pengunjung pertama yang datang. Resminya para operator foto baru datang sekitar jam 8 pagi. Kalo datang agak siangan dikit aja, kamu harus rela antri 2 jam lebih supaya bisa foto lho. Sambil menunggu bisa sambil foto-foto dan cari sarapan. Yang sarapan si saya dan Aie aja, hahaha. Tapi warung pun baru bukan sekitar pukul 7.30. Kalo kamu malas naik turun, dan ngga tahan lapar sebaiknya bawa bekal ya. Minimal cemilan dan air mineral deh. Karena lumayan booo bolak-balik di medan begitu, hahaha. *bilang aje males LOL*

Sambil nunggu memandang indahnya alam Kalibiru dan foto-foto, hahaha

Sayanya manaaa? Jadi tukang poto ajeee..hahaha.
Tukang foto gadungan, hahaha. 

Ada beberapa spot foto yang bisa kamu gunakan. Untuk yang datang sendiri, berdua atau bukan dalam grup, kamu bisa berfoto di spot pohon. Spot pohon hanya bisa dinaiki 1 orang saja. Karena kemarin kami ber-7, jadi kami langsung mantengin spot panggung yang memang bisa buat foto grup. Bahkan kami juga menguasai saung yang ada di bawahnya, hahaha. Untuk berfoto kamu harus membayar Rp 15.000/orang. Biaya fotonya beda lagi. Kami harus membayar Rp 35.000/4 foto di atas panggung. Jika lebih dari itu harus menambah lagi Rp 5.000/foto. Jadi jangan lupa siapkan cash yang banyak, hihihi.

Spot foto dari pohon
Operator foto
Tuh, jangan nakal yaaa..


Spot foto panggung untuk grup

Udah cocok dari foto kalender belum? hahaha






Selain bisa menikmati keindahan alam yang luar biasa dari atas, pengunjung juga bisa mencoba sensasi meluncur dengan flying fox, berjalan di jembatan gantung atau bermain ayunan di ketinggian. Tak usah khawatir soal urusan buang hajat karena toiletnya bersih dengan air berlimpah. Cuma ya harus rela naik turun aja kalo mau ke toilet. Jadi saran saya saat baru masuk, lebih baik tunaikan dulu urusan toilet break, hahaha. Musholla juga tersedia di area Wisata Alam Kalibiru. Warung makan pun cukup banyak. Tapi ya baru buka jam 7.30 deh rata-rata. Makanan yang dijual standar daerah wisata si, indomie, pop mie, roti, minuman ringan dingin, cemilan, eh tapi ada pisang juga, hehehe. Harganya juga masih masuk akal ko, ngga dimahak-mahalin. Sedangkan untuk parkir tersedia di beberapa spot terpisah, sepertinya halaman rumah penduduk yang disulap menjadi lahan parkir. Biaya parkir ngga mahal, hanya Rp 2.000/motor dan Rp 5.000/mobil. 




    




Kalo ada rezeki ke Yogyakarta lagi, saya mau kembali ke Kalibiru dan eksplor beberapa wahana lain di sana ((((wahana)))). Kalo kemarin saya dan teman-teman menikmati sunrise, mungkin next time giliran sunset-nya. Oya dan jangan lupakan untuk singgah si Waduk Sermo. Selanjutnya agenda #BloggerHoreeyJogjaTrip menuju Museum Ullen Sentalu dan makan di Restoran Beukenhof. See you di cerita perjalanan kami selanjutnyaaa.. Jangan bosan mampir dan baca yaaa, hahaha. :* :* *berasa kece lalu ditimpuk lemper, hahaha..*












Love you life. :D

Baca punya Sandra di Menikmati Sunrise di Kalibiru [Blogger Horeey Yogyakarta Trip]

Wassalamu'alaikum wr wb.

68 comments:

  1. Enak Banget Pemandangan nya. adu dibatam gak ada yang begitu tu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di batam juga banyak spot kece bukan bang? Hehehe.

      Delete
  2. Mamnay.....akhirnya rilis juga Kalibiru 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoiiiih.. finally dirilis yes,hahaha.

      Delete
  3. Seru banget siiiih kalian.. Eh iyaa share budget ke jogja dooong,abis berapa perorang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tiket PP kereta ama sharing hotel dan makan2 juga ama sopir dan bensin ga ada sejuta per org. Ini buat yg dua hari ya Kak. Ada yg sehari doang kayak Mba Lisna soalnya :D

      Delete
    2. Nah mimin aku udah bantu jawab ya put,hahahaha. Mamaci loh niaa.. hihi. :*

      Delete
  4. Permisi kulonuwun tuan rumah aku malah sok ngadmin jawabin pertanyaan yang komen, bahahaha. Btw makasi kaka foto2 kece dan link blogku nampang di mari, semoga aku ketularan hits macam Kaka Lisna. Postingannya asik sekali Kaka, udah gitu lengkap pula. Ku suka. Enjoyable. Btw Kaka, harusnya aku memfoto OOTD Kaka Lisna yang pakai sandal jepit dengan menggondol plastik besar, hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya kakak mimiiiin,hahaha. Kecups. Awww aku dipuji nia, kuterbaaang,hahaha. Duh itu aib amatan yak klo smp release. Eh di video aie mungkin ada sih,hahahaha

      Delete
  5. Lisnaaa... Aku masih ngakak liat lo bawa gembolan plastik pas nyampe di stasiun senen xD but i love you lah. Nggak ada lo nggak rame cuy! Bahahaha.. Trus gua kapan nulisnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Parah banget yak,hahahaha. Ampe pengen pipis gw ketawa waktu itu cuy,hahaha. Tulis dong sissterr..

      Delete
  6. Yang sarapan cuma kamu dan aie....??? Kalo ada aku, aku ikutan wkwkwk.

    Envy sama foto2nya. Keceh ih kalian, aku pengen ikut dong kalo liat sunset.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya yg laperan aku sm aie emaang. Wah klo aku ikut trio laperan dong,hahaha. Mamacii ceuu, cuss pankapan kita ke snaa lahi sunset yess.

      Delete
  7. Iisshh.. Menarik banget siihhh.. Itu kalian dateng paling pagi antara niat sama emang nyampe sana pagi bener yah. Tp enak ya jadi puas foto karena urutan pertama. Eh iya. Itu operator fotonya dikasih kamera kita atau pake kamera dia gitu sih? Rasanya 4x foto gak puas deh. Tapi kalo banyak-banyak, kantong bolong cyin. Mendingan buat sarapan indomi deh. Hahahahha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Niat dan nyampenya emang pagiii, hahaha. Pake kamera miraaaa.. Soale ada tripodnya gitu dan udah disetting di tempat yang syuliit dijangkau, hahaha.

      Delete
  8. Mbaa saya waktu itu juga perna mau kesini, terus pake aplikasi waze dan malah nyasar ke temanggung whahahahaha
    Syedih

    Fotonya bagus bagus ey,, dan lagi sepi juga kayaknya yaaa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jauh amatan mbaaa, hahahaha. Nanti ke sana lagi yaaa.. *pukpukpuk Pemandangan yang bagus mbaaa.. Sepi karena kami sampai subuh, hahaha..

      Delete
  9. Huakakakak gue baru tau cerita "neng mau pulang kampung kemaneeee?" XD
    Untung ya kita gigih tetap bertahan disini dari jam 5 sampe jam 8 huakakakakka, secara apas jam 8 langsung rame bgt kayak cendol pada mau poto! Sunset disini hayoks!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iye ditanyain gw mau mudik kemana, hahaha. Kemunculan gw pas baru sampe juga dodol lah, hahaha. Yuk yuk sunset. 😍

      Delete
  10. Cakep cakeeppp maak jadi pengen ke Kalibiru sama Puthuk Setumbu.
    Jogjaa waiit for meee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya maak kudu ke sana yes, biyutipul, hohoho.

      Delete
  11. Harus banget kayaknya ke kalibiru klo ke yogya...
    Tp twrnyata spot photonya ngeri2 sedap ya mak.
    Aku takut ketinggian anaknya hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tenang maaak, kan pake safety equipment, jadi amaaaan..

      Delete
  12. Waahh jadi wishlist ni, seru ya mak friend circlenya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak kudu sempetin ke Kalibiru klo ke jogja. Friend circle yg satu ini seru dan heboh,hahaha.

      Delete
  13. pemandangannya disana emang bikin adem hati ya mba, tapi sayang waktu aku kesana udah siang jadi antri banget dan gagal bisa foto di rumah fotonya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang mending ngantri dari subuuuh,hihi. Jadi ada alasan buat balik lagi ya neng inggaaa.. :*

      Delete
  14. asiknya jalan-jalan seru ke kali biru, saya malah belum pernah nih :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jalan2 ke sana atuh mas kapan2,hehehe.

      Delete
  15. wwwwoow semua indah. apalgi kesitunya pas pagi dan ga begitu kabutan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pagi sepertinya memang waktu paling pas deh untuk ke kalibiru.

      Delete
  16. Kerenn banget sih shaayy tempatnya... ngeri2 sedep yak manjat ke atas panggung fotonya, hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo spot panggung naiknya enak ko, ga serem kyk spot pohon, hahaha.

      Delete
  17. Pemandangannya cantikkk dan kalian sukses membuat aku iri huhu pengen kesanaaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga mak amel dan anak2 bisa ke sana juga yaaaaa.. Aamiin.

      Delete
  18. sudah banyak baca tentang tempat ibi tapi sampai sekaarng belum kesampaian kemari

    ReplyDelete
  19. cerita perjalanannya seru... berasa ikut jalan - jalan. Ini tempat sering banget muncul di layar tl ig. suatu hari nanti kalau ke jogja mau kesini juga pokoknya *titik*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akupun dulu mupeng karena foto di sini sliweran muncul di TL ig maaak,hahaha.

      Delete
  20. Kalian seru banget siiihh! Itu langitnya kece banget pula bisa berwarna ungu begitu. Sebagai pecinta ungu aku takjub! ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ihiiy mamacih. Yoii langit dan pemandangannya bagus. Akupun takjub.

      Delete
  21. Saya yang hampir tiap bulan pulang ke Jogja aja blum pernah ke Kalibiru. Salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah berarti harus disempetin ke sanaaa,hehehe. Salam kenal juga.

      Delete
  22. Kereen pemandangan nya, eh para model nya juga keren kok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pemandangannya keren emang mbaaa.. modelnya keren juga yak?alhamdulillah,hahaha.

      Delete
  23. Kereen pemandangan nya, eh para model nya juga keren kok.

    ReplyDelete
  24. The pictures are worth the struggle. Cakep nian, mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes so true. Makasih mbaaa, pemandangannya emang kece beraat..

      Delete
  25. Ohh jadi ini agenda ke Jogja kemarin 😁 aku pengen jalan2 nih jadinya. Kebetulan aku malah blm ke kalibiru haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Canangkan ke kalibiru klo gitu yes. Capek nanjak terbayar pas udah di atas,hehehe.

      Delete
  26. Mau kesana lagiiihhh.. Bagus ya pemandnaganya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nagiih.. mau nyobain sunsetnyaaaa..

      Delete
  27. Duh asyiknyaaa . .. Aku jadi pengen juga mba menikmati Jogja. Tapi kayaknya nggak berani kalau harus ke Kalibiru mba. Hihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru ko mbaaaa, lumayan nanjak dikit aja, hihi.

      Delete
  28. Aaaaakkk! seruuu..pas liburan ke jogja batal ke kalibiru ini..kapan2 harus jadi ahhh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes harus diagendakan untuk ke kalibiru genaaa..

      Delete
  29. Ke jogja gak cukup sehariiiii...

    ReplyDelete
  30. Benar2 mantafff reportasenya

    ReplyDelete
  31. Sumpah keren banget Mba, pas mudik tahun lalu sempat rencana mampir ke sini tapi gak jadi, karena macet arus balik lebaran....mudah2an next trip bisa terlaksana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamin klo ke jogja lagi harus mampir mas. Keren pemandangannyaaaa..

      Delete
  32. Subhanallah, pemandangannya indah banget ya..

    ReplyDelete
  33. Bagus banget mbak pemandangannya, tapi sempat keder juga lihat spotnya tanpa pagar :D Seru ya. Next time kalau saya ke Jogja wajib mampir nih tampaknya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi pakai tali pengaman ko mba, hehehe. Wajib mampir mbaa, baguuss..

      Delete
  34. Anonymous1:51 PM

    Selamat siang Mbak, maaf, saya mau nanya boleh ya :D
    dari parkiran mobil menuju spot foto panggung, tanjakannya curam ga ya? terus berapa menit jalannya sampe ke spot foto?

    Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  35. Mupeng buangeett ya ampyuun
    aku belum sempat mampir ke sini, euy
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete