December 13, 2016

Serunya Petualangan Dinosaurus di Taman Legenda Keong Mas



Assalamu'alaikum wr wb,

Hei liburan mau kemanaaaa? Gimana kalo ajak anak berlibur sambil belajar di Petualangan Dinosaurus yang terletak di Taman Legenda Keong Mas, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur. Sebelumnya saya posting di Jalan-Jalan Ke Mana Weekend Ini? dan menuliskan Petualangan Dinosaurus di TMII adalah salah satu wishlist tempat wisata untuk anak yang ingin saya kunjungi. Daaaan pada tanggal 19 November 2016 yang lalu akhirnya kesampaian deh. Bagaimana ceritanya? Meluncur kaaaaak...


Klik untuk melihat Peta lokasi Taman Legenda Keong Mas TMII 

Harga Tiket Masuk Petualangan Dinosaurus

Petualangan Dinosaurus letaknya di dalam Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Untuk masuk ke TMII kita harus membayar tiket untuk tiap orang dan kendaraan pribadi/rombongan. Anak usia > 3 tahun sudah dihitung 1 tiket. Harga tiket masuk TMII sama antara weekend atau weekdays. List HTM Taman Mini bisa dilihat dalam image berikut :

Klik link untuk HTM TMII

Nah, setelah masuk ke dalam area TMII ikuti petunjuk ke Taman Legenda Keong Mas. Taman Legenda Keong Mas lokasinya sederet dengan Klenteng Kong Miao.  Untuk dapat masuk ke wahana ini, pengunjung diwajibkan menggunakan gelang RFID (Radio Frequency Indentification). Untuk masuk ke wahana Petualangan Dinosaurus setidaknya ada 3 macam harga yang harus kita bayarkan : biaya masuk untuk Taman Legenda, wahana Petualangan Dinosaurus dan jaminan untuk gelang RFID sebesar Rp 10.000. Biaya jaminan gelang RFID ini bisa ditebus kembali jika gelangnya tetap utuh saat dikembalikan. Pengunjung juga dapat top-up saldo jika telah habis, dan seperti halnya biaya jaminan gelang, saldo tersisa dapat di-refund saat akhir kunjungan.


Gelang RFID

Detail harga tiket masuk (HTM) Taman Legenda Keong Mas bisa dilihat dalam image berikut ini :

Klik untuk HTM Taman Legenda Keong Mas




Jelajah Petualangan Dinosaurus 

Di dalam area Taman Legenda Keong Mas tidak diperbolehkan membawa makanan ataupun minuman dari luar. Yang bisa masuk hanya makanan dan minuman buat Naya, cemilan buat emak bapaknya kudu dititip, hahaha. Yah bisa aja si diakalin masukin ke dalam tas, terus ditutupin apalah gitu. Tapi saya lagi eling jadi memilih untuk dititip saja, hehehe. Saran saya sebaiknya datang pada pagi hari jadi ngga terlalu panas. Ketika masuk ada suara pengantar dari speaker yang sedikit bikin si ucul parno, hahaha. Pas masuk jadilah dehse udah rada ngumpet-ngumpet takut gituuu, huhuhu.


Di pintu masuk Petualangan Dinosaurus sudah ada dinosaurus yang bisa terbang bernama Pterosaur di atas gate dan real size. Setidaknya itu sih yang diinfokan dalam websitenya, hehehe. Naya belum mau turun, maunya digendong. Apalagi mulai dari pintu masuk sudah terdengar suara geraman si dinosaurus. Emang si ucul ini suka parno sendiri kalo denger suara super keras. Jadi bentuk seram, super besar asal suara di-mute berani dia, hahaha. Jadilah kami masuk dengan si ucul takut dengan suara-suara itu. Nasiiiib...

Dinosaurus pertama setelah melewati gate akan mengeluarkan air, jadi waspada yaaa karena airnya lumayan deras, hehehe. Dinosaurus itu bernama Dilophosaurus. Dilophosaurus hidup di Amerika Utara dan Cina sekitar 200 juta tahun yang lalu dan mempunyai tinggi 1,5 meter dan panjang 6 meter. Namanya lainnya kocak sih Kadal Berjambul Ganda, hahaha. Yang menarik dari dinosaurus yang ada di dalam Petualangan Dinosaurus adalah hewan purba ini ditata sedemikian rupa di dalam semak belukar ataupun pepohonan seperti hutan. Jadi memang seperti dibuat menyerupai petualangan di hutan berisi dinosaurus.

Dilophosaurus

Makin masuk ke dalam suara geraman semakin jelas terdengar. Dinosaurus yang kami temui kemudian namanya Carnotaurus.  Tingginya 2,2 meter dan panjangnya 7,5 meter, terbilang lebih kecil dibandingkan dengan dino-dino lainnya. Tapi tetep aja lebih besar dari kita sih boo, hahaha. Next, ada salah satu dino paling terkenal, Brachiosaurus. Si dino jinak yang jangkung ini tingginya bisa mencapai 16 meter. Pemakan tumbuhan ini hidup di Amerika Utara, Afrika dan Eropa sekitar 156 juta tahun yang lalu.

Carnotaurus

Brachiosaurus

Selain itu, ada Parasaulorophus. Dinosaurus ini juga mempunya jambul yang unik ni. Konon katanya jambul ini digunakan untuk menarik lawan jenis. Aheeyy.. Jadi ngga pusing ya jadi dino, narik lawan jenisnya hanya dengan jambul kece, hahaha. Parasaulorophus hidup di Amerika Barat, Utara dan juga wilayah Kanada sekitar 76 juta tahun yang lalu. Dino jenis ini juga pemakan tumbuhan. Makin masuk ke dalam ada dinosaurus jenis predator yang paling besaaaar yang pernah ada. Namanya Spinosaurus. Saya pikir tadinya T-rex yang paling besar, tapi ternyata bukan, hehehe. Spinosaurus hidup pada jaman Cretaceus di Afrika Utara, Mesir dan Moroko. Tingginya bisa mencapai 18 meter dan beratnya 20 ton. Kebayang kan ya kalo emang bener sezaman sama di dino itu, hahaha.

Parasaulorophus

Spinosaurus

Nah ini dinosaurus yang saya tunggu-tunggu ni, Tyranosaurus Rex. Maklum deh saya penonton serial Jurassic Park. :D Ternyata serem juga si pas lihat real sizenya, hahaha. Sapaan akrabnya sih T-rex. *yakali akrab, hahaha* T-rex hidup di Amerika Barat Utara dan Mongolia serta bisa berlari kencang hingga 4,5 meter tiap langkahnya. Kelar idup lo dah kalo udah dikejar T-rex, hahahaha. Apalagi ditambah suara yang menggeram semacam mau makan mangsanya. Si ucul mah jadi ribut, keluar aja ayo keluar aja maaaa. Eaaaa..


T-Rex


Dedek Dino

Keseruan lainnya adalah foto di dalam telor dinosaurus yang baru saja menetas. Kalo si ucul bilang dedek dino, hahaha. Dan ya dia masih takut jadilah mamaknya aja yang foto-foto ya, hahaha. Dinosaurus selanjutnya adalah Pachycephalosaurus. Pachycephalosaurus memiliki tempurung tengkorak yang tebalnya dapat mencapai 25 cm, dan sekelilingnya dihiasi duri-duri membentuk mahkota di kepalanya. Tapi saya ngeliatnya kayak pitak gitu kepalanya, hahaha *oke abaikan* Si mahkota ini fungsinya buat perlindungan diri lho ternyata. Awas diseruduuuuk..

Pachycephalosaurus



Jenis dinosaurus lain yang ada di dalam Petualangan Dinosaurus selanjutnya adalah Ankylosaurus. Ankylosaurus saya kenal juga karena ada di bukunya si ucul, hahaha. Dinosaurus ini memiliki ekor yang sangat unik dengan bagian tubuh berbentuk seperti bola yang berat. Si ekor itu bisa jadi senjata menghantam musuhnya. Watch out! Kadal yang kaku ini hidup di Kanada dan Amerika Utara dan seluruh tubuhnya dilindungi cangkang. Konon katanya sebangsa T-rex aja susah lho kalo mau makan dia. Yaiyalaaah, yang ada kelolodan, eh apa ya bahasa Indonesia-nya, hahaha.

Ankylosaurus

Dino berikutnya adalah Velociraptor. Dino ini hidup di Mongolia, Rusia dan Cina. Nah ini juga famous nih di Jurassic Park. Di sekuel terakhir, Velociraptor ini bahkan bisa dijinakkan oleh sang jagoan ganteng yang diperankan Chris Pratt. Kalo sama Chris Pratt mah jangankan Velociraptor, cewe-cewe juga bisa dijinakkan kali dah, hahahaha.*mata lope-lope* Penglihatan si Velociraptor ini tajam setajam silet.  Jadi baek-baek deh yang jadi mangsanya, hehehe.


Velociraptor

Dua dinosaurus terakhir adalah hadir lagi tuh si Pterosaur yang bisa terbang. Kalo terbang emang handal ni si dino, lebar sayapnya bisa mencapai 12 meter. Tapi kalo di darat dia cuma bisa merangkak. Ya bagi-bagi keahlianlah ya, hehehe. Last but not least adalah Triceratops. Dinosaurus pemakan tumbuhan ini hidup di Kanada Barat, Amerika Utara dan Barat sekitar 72 juta tahun yang lalu. Yang khas dari dinosaurus ini adalah bahwa dia memiliki 3 tanduk di kepalanya. Biasanya mereka hidup berkelompok untuk melindungi diri dari serangan predator ganas.

Pterosaur

Triceratops
OOTD bertualang hari itu, hehehe.

Ucul selalu waspada, ahahaha..

Belasan dinosaurus tadi cukuplah memuaskan rasa ingin tahu penggemar dino, terutama anak-anak. Superstar dinosaurus ada di dalam area Petualangan Dinosaurus, sebut saja T-rex, Velociraptor, dan si jangkung Brachiosaurus. Kalo bagian favorit Naya adalaaaaaah.. Situs Pengalian Fosil Dinosaurus alias tempat bermain pasiiiiir, hahahaha. *gubraaaak* Abisan dia parno sama suaranya, gimandose dong, huhuhu. Selain itu, bagian favorit Naya adalah merchandise store. Sayangnya ini bukan favorit mama papanya si, hahahaha. Pintu keluar ini pasti lewat toko souvenir ini, jadi tiada bisa menolak atau pake ilmu ninja menghilang gitu supaya si ucul ngga lihat beragam mainan dan boneka. Nasiiiib, hahaha. Yang penting si ucul seneng dah, hehehe.

Area paling favorit, hahaha

Gift shop yang bikin bokek, ahahaha
Oleh-oleh dari gift shop, agak ngga nyambung si pilihannya, hahaha

Gimana, lumayan kan tempat ini buat menghibur anak-anak?! Cusss ke sana pas anak-anak liburan.

Love you life. :D

Wassalamu'alaikum wr wb.

45 comments:

  1. Ya ampun seru banget mba lisna.. Hana jadi pengen ke sana juga :D makasih ya infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama2 hanaa.. emang seru ke sini,hihihi.

      Delete
  2. kalau dari kejauhan kayak beneran hidup dino2nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, apalagi ukurannya juga besar dan ada suaranyaaa,hahaha

      Delete
  3. Waaaa aku terakhir 2008 ke sini, skrg sudah berubah banyak yaaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah mbaaa, banyak wahana baru yg lumayan baguus.

      Delete
  4. iiih menarik.. ma kasih infonya, maaak

    ReplyDelete
  5. wah murah ya, bisa ajak anak - anak untuk belajar tentang DINO ni kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, masih sangat affordable koo. Cuuss ke sna ajak anak-anak.

      Delete
  6. Pernah kesini sama anak tp gak main pasir2an itu mbaa, gak ngeh ada tempat itu.. alhasil anakku minta pingin ke sana lg deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya anakku justru sukanya main di situ, hahaha. Soalnya takut sama suara si dino, ihiks..

      Delete
  7. jaman anakku masih kecil belum ada ini mah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbaa, baru 2 tahun memang, hihihi..

      Delete
  8. jln2 smbil belajar ya mak, pasti si kecil antusias, jd pengeeennngajak bocah jg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ajak aja mbaaa, seruuu..

      Delete
  9. Ini Dinonya menyeramkaaan.. Raya pasti ngga mau & mewek hahahhaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa seperti real memang. Naya juga kemarin minta gendong mulu si, hahahaa..

      Delete
  10. Wiiiiii seru, murah pulak hahaha mau ah~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes bener bangeet, seru dan murah.. Cus wisata ke sanaa..

      Delete
  11. liburan ga jauh jauh. aku terakhir ke TMII pas esmpe wkkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gih sana ke TMII lagi, banyak yang baru tauuuu, hahaha.

      Delete
  12. Aku maluuuu 10 thn di jkt kok blm prnh ke sana :D. Mikirnya ga menarik mbak.. Tp kalo ada taman dino gini, jgnkan anakku, aku aja suka bangettt :D. Weekend mau kesana ah... :D. Mumpung msh cuti..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuss mbaa, ada juga wahana baru tentang antariksa, keren juga tuh.

      Delete
  13. Kemarin ke TMII juga tapi aku nggak sempet kesini huhu.. Kayaknya kalo ke TMII harus seminggueun biar nggak ada yang kelewat ya, Teh. Hahaha
    Style Mamah Naya kece banget atuhlah disini uwuwuwu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu kemana aja ke taman miniii. Iya seminggu baru kelar keknya,hahaha. Aw mamaci neng geuliiss..

      Delete
  14. Aih udah lama banget nggak ke TMII padahal nggak jauh dari rumah :)
    Serunya main bersama anak ya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Main hayuklah mbaaa. Seru niii..hehehe.

      Delete
  15. putrinya teteh ciumable bangettt ihhhh :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, sini tante aya ciuuuum.. :*

      Delete
  16. yang di dalam telur lucu banget mbak....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa lucu tp anaknya ga mau poto sayangnya,hahaha.

      Delete
  17. Serunyaaa, bisa jd tujuan destinasi liburan nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooh mba kaniaaa, bisa banget ajak si kecil ke sana.

      Delete
  18. wahhh seru juga ya, sayang saya belum pernah ke TMII nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk ke TMII yuuk.. sekarang banyak wahana baruu.

      Delete
  19. Pan kapan ajak darell ke sini aahhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ajakin cuusss.. seru aiee. Dan ada beberapa wahana baru jugaaa..

      Delete
  20. Alula suka dinosaurus,bakal happy keknya klo diajak kesini hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa pasti happy deh. Dinonya besaaar, mirip aslinyaaa.. *kek kenal aslinya aja,hahaha*

      Delete
  21. seruuu... pengen juga ajak ponakan - ponakan aku kesini soalnya pada suka dino juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ajak anteeee.. ante ingga baik syekalii. Aku mau jd ponakannya,mihihi.

      Delete
  22. Lucu sekali. Aku baru tau ada taman dino di TMII. emang buat anak anak aja ya kak?

    ReplyDelete
  23. ya ampun mba Lis, aku ketawa yang bagian di dalam telurnya hahahah lucu ya.
    aku dlu kecilnya pernah ke Keong Mas. Kalo sekarang udah lupa, tapi beruntung baca postingan ini tahu dalemnya di taman Dinosaurus

    ReplyDelete
  24. wkwkwkwk, foto2nya luar biasa, bikin penasaran mau ke tmii
    apalagi tiketnya terjangkau banget bagi semua kalangan
    *jadi pengen selfie sama t-rex :)

    ReplyDelete