Follow Me @lisna_dwi

January 30, 2017

Jangan Lakukan 5 Hal Ini Agar Tidak Mudah Sakit



Assalamu'alaikum wr wb,

Siapa yang belakangan ini gampang banget kena flu? Pasti tersangka utamanya adalah cuaca yang lagi sering berganti aka musim pancaroba yaaaaa.. Ngakuuuuu?! hehehe. Sebenarnya saya menulis ini sambil mengingatkan diri sendiri supaya tidak melakukan hal-hal yang bikin tubuh ini mudah drop shaaay. Kamu, kamu, yes kamu juga jangan lalukan ini agar tidak gampang sakit yaaa..



1. Makan asal kenyang dan sembarangan

Nah, siapa yang makan asal kenyaaaang? Jadi pokoknya makan aja yang penting perut kenyang, tapi apa yang dimakan ngga diperhatiin gitu. Gimana sekarang kita coba ubah yuk, saya juga sambil belajar nih. Misalnya kalo sudah makan banyak karbo, ya diimbangi dengan makan buah-buahan dan sayuran. Dan jangan lupakan proteinnya ya. Kalo ngerasa kamu suka ngemil dan akhirnya kenyang sama cemilan ngga mutu macam kripiki-kripikan, coba ganti aja cemilannya dengan kacang-kacangan seperti almond , kuaci tanpa garam, kacang mede, kenari, tapi yang belum diolah ya alias mentah. Kalopun diolah sebaiknya yang roasted/dipanggang. Atau kalo kacang-kacangan tadi susah dicari, sesederhana ganti cemilannya sama buah aja.

Jangan sering-sering makan yang beginian yaaaa.. >_<

Lalu ada aja alasan, kan lagi buru-buru. Kalo saya biasanya mengandalkan pisang kalo ngga sempat makan lengkap. Jadi kalopun skip makan lengkap, makan pisang cukup membantu karena kandungan nutrisinya yang komplit. Ngga perlu pisang cavendish, pisang ambon juga bisa banget ko. Selain pisang bisa juga sedia sereal, oatmeal atau roti gandum. Lalu, kacang-kacangan tadi juga sumber protein lho. Jadi pisang + kacang-kacangan biasanya jadi menu alternatif buru-buru, hehehe. Kalo ngga ada masalah sama berat badan, bisa ngemil keju atau minum susu untuk melengkapi protein yang bolong dari makan utama.

Usahakan selalu makan makanan yang sehat dan bergizi lengkap

Teruuuus, kurang-kurangin makan sembarangan yaaa.. Saya pun setuju kalo gorengan itu enak, hahahaha. Makan makanan kaki lima juga endeus, tapi jangan sering-sering yaaaa.. Saya mulai ngerem karena pernah kena diare akut, dan itu ngga enak banget lho kakaaaak, ihiks. Kalo sempat ya bawa bekal kalo ke sekolah, kampus atau kantor. Lebih aman dan murah, hehehe.   


2. Sedikit minum air putih, banyak minum kafein dan softdrink

Sudahkah minum 8 gelas air per hari? Dari beberapa artikel yang saya baca, minum air itu sebenarnya ngga kaku harus 2 liter per hari. Jadi ada semacam kalkulatornya yang bisa menghitung asupan air itu seharusnya berapa banyak. Saya dapat dari salah satu website kesehatan nih, bisa kamu cobain juga lho. Sejauh ini kebutuhan air putih yang saya konsumsi sudah memenuhi standar, karena saya jarang melakukan aktifitas fisik alias jarang olahraga. Hehehe..

Kalkulator kebutuhan air (Link Sumber)

Minum kafein seperti teh atau kopi boleh-boleh saja ko, asal jangan menggunakan gula yang berlebihan dan jangan terlalu banyak ya kakaaak. Apalagi buat kaum penderita penyakit asam lambung (termasuk saya), hahaha. Belum lagi minuman ringan dalam kemasan yang biasanya banyak mengandung gula. Coba hitung ya, takaran 1 sendok teh itu = 4 gram. Nah kalo dalam satu botol minuman ringan aja mengandung 30 gram, berarti ya hitung aja tuh berapa sdt gula yang sudah kita minum, sekitar 7 sendok teh gula kaaaaak.. Glek. Hahaha. *buang teh botol*


3. Mager alias males gerak

Ini tersangkanya saya sih udah pasti, hahahaha. Apalagi kalo udah lagi di kantor aja. Kalo weekend mah udah pasti harus gerak karena ngikutin si ucul yaaa. Olahraga minimal jalan kaki santai aja. Waktu saya konsultasi ke dokter gizi dulu, beliau menganjurkan jalan santai setidaknya 30 menit sehari. Sekarang kalo pulang malam ngga bisa sih, tapi biasanya weekend ngajak Naya jalan di BKT atau berenang di dekat rumah.


Atau sekarang kan udah banyak tuh yang channel youtube yang isinya tentang gerakan senam, pilates, dance atau yoga di rumah. Mungkin bisa dicontek tuh. Kalo saya ngikutin Naya lompat kodok sampai dansa, eh itu bisa dihitung gerak ngga?! Hahaha..

Ngikutin ucul lari = olahraga, hahahaha

4. Begadang

Pernah dengar lagunya Bang Rhoma Irama? Saya kutip dikit yaaa...

Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya
Begadang boleh saja, kalau ada perlunya

Kalau terlalu banyak begadang

Muka pucat karena darah berkurang
Kalau sering kena angin malam
Segala penyakit akan mudah datang
Darilah itu sayangi badan
Jangan begadang setiap malam

Bobo syantik di perjalanan, hahaha..

Sesekali bolehlah begadang, tapi kalo ada waktu bobo mending bobo yes. Kalo saya biasanya saat di jemputan pergi dan pulang kantor. Sangat sulit ketika Naya masih menyusui karena pasti tengah malam bangun beberapa kali untuk menyusui. Jadi bagi buibu yang masih menyusui semangat yaaa, jaga asupan makanan sehatnya supaya bisa kuat teruuus. Dan kalo si bayi tidur, kalo bisa sih ikut tidur. Kalo ngga bisa tidur, sesekali minta jatah tidur sama suami yaaa, hahaha. Dulu saya gitu, jadi saya minta break tidur dan si kecil main sama suami.
Kebutuhan tidur berdasarkan usia (Link Sumber)

Terus buat yang begadang buat pekerjaan bagaimana? Been there, done that. Ehmm, mungkin ini menurut saya bisa di treat seperti sedang menyusui. Harus kan tuh yah nyusuin, tapi ngambil jatah tidur. Sama deh kayak menyelesaikan kerjaan. Jadi imbangi dengan makanan dan minuman sehat yah. Jadi poin no 1 jadi jauh lebih penting buat teman-teman yang mau ngga mau memiliki waktu tidur yang terbatas.


5. Malas cuci tangan

Kan tau sendiri ya kita sering banget pegang benda-benda dari antah berantah, hahaha. Atau tanpa sengaja bersin atau batuk dan menutupnya dengan tangan. Bagaimana kalo biasakan cuci tangan dengan sabun sebelum makan, sebelum menyiapkan makanan, setelah memegang daging mentah, sebelum menyentuh orang sakit dan setelahnya, setelah mengganti popok atau pembalut, sebelum dan sesudah mengobati luka, setelah membersihkan atau membuang sampah, setelah menyentuh hewan atau kotoran hewan, setelah buang air dan kalo saya setelah memegang uang. Seriusan, uang itu sumber kuman. Makanya sayang lebih suka cashless dan suami saya udah paham banget kalo saya males pegang uang lama-lama. Mending pegang debit card yang isinya banyak lama-lama deh, hahahaha.

Penolong di kala tidak bisa cuci tangan

Yah kadang saya juga sadar si cuci tangan dengan sabun itu ngga bisa selalu dilakukan, makanya suka sedia hand sanitizer baik dalam bentuk cair maupun tissue basah. Di rumah pun demikian, maklumlah saya juga punya kucing di rumah. Dan si kecil doyan banget main sama Lilo, kucing peliharaan di rumah. Lagi-lagi saya trauma kak masuk RS gegara diare akut, hahaha.

**

Vitamin Untuk Melindungi Stamina

Dan karena saya tau diri pola hidup saya masih dalam proses penyempurnaan, makanya saya minum vitamin supaya ngga gampang sakit. Biasanya sih minum yang namanya Wellwoman dari Vitabiotics. Sudah konsumsi sebulanan ini dan alhamdulillah fit terus walaupun beberapa kali harus diterpa oleh hujan, begadang dan lingkungan sekitar yang pada sakit. Sebelum dan selama haid juga biasanya saya lebih mudah capek, tapi lumayanlah ini minum Wellwoman ngga gampang drop shaay.. Tapi sayangnya kalo di saya ngga bisa mengurangi hawa-hawa sensi saat PMS, hahahaha.




Selain meningkatkan daya tahan tubuh, energi dan stamina, Wellwoman juga punya manfaat buat kamu yang sering mengalami nyeri dan keram saat menstruasi. Buat yang langganan anemia juga bisa mengkonsumsi vitamin ini karena bisa mengatasi kekurangan zat besi dan nutrisi lain penyebab kurang darah/anemia. Last but not least bagus juga untuk menjaga kesehatan tulang. Lengkap kaaaan?! Jadi ngga perlu lagi pisah-pisah vitamin dan suplemen penguat tulang atau pencegah anemia. Biasa didapat dalam satu produk saja. Cukup minum 1x sehari setelah makan. Jangan minum bareng atau kopi ya, karena kafein menghambat penyerapan mineral yang terkandung dalam Wellwoman. Bisa beli di mana? Watson, Guardian, Century, Aeon Dept. Store, Lazada dan Elevania. Harganya Rp 261.000 isi 30 tablet. Masih terjangkau kaaaaan?! Untuk info lebih lengkap, bisa juga add Facebook atau Instagram Vitabiotics Indonesia yaaa.. Mari hidup sehat kakaaaak..

Kandungan tiap tablet Wellwoman



Love you life. :D

Wassalamu'alaikum wr wb.

56 comments:

  1. Huhuhu baca ini berasa di cubit deh, masih demen banget makan mie, bakso dan teman2nya apalagi hujan2 begini >.< gerak...tiap hari sih naik turun tangga hahaha jalan kaki klo nge mall doangan :(
    Emang lebih baik mencegah ya mam naya 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa godaan yaa. Bolehlah sesekali, asal berimbang aja sm point2 yang lain,hahaha. Becuuul lebih baik mencegah krn klo udah sakit, ga enak,huhu

      Delete
  2. Hahahaha baca ini rasa d sunduttt aku banget smuanya 😹😹

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mari mari kita belajar buat lebih sehat,hohoho.

      Delete
  3. Berasa di toel2 ..Mager banget.., tapi aku gak mau makan asal kenyang...Kalo bisa kenyang banget..hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenyang banget sm enak banget ya maak,hahaha.

      Delete
  4. paling susah itu yang bagian indomie kak...aduh dosa terenak di dunia itu mah hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu udah ga boleh sering2 ya kaaaak, jitak lho, hahahaha..

      Delete
  5. pas banget nih udah seminggu flu ga kelar2.
    tapi jleb banget sih bagian indomienya. kalo lg meler idungnya enaknya kan makan yang anget2 lisna macem bakso abang-abang dan indomie HAHAHAHA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya emang enak itu indomie sama bakso yg kuahnya panassss,hahaha.

      Delete
  6. Liat mie ama bakso kok bikin ngilerrr hehe.Eh tapi boleh juga tuh vitaminya untuk menjaga daya tahan tubuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya maaak, alhamdulillah oke nih vitaminnya.

      Delete
  7. Ya ampun itu yang disebutkan di atas mah saya banget :D
    Pantas aja langganan sakit..huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mari kita ubah pelan2 mbaaa, semangat semangat..

      Delete
  8. Aku bangeeeetttt dan sulit sekali menjauhinya kakaaaaaa :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akupun masih belajar lunaaa, mari ubah pelan2, hohoho.

      Delete
  9. Asek mbak tipsnya.. Tetapi point terakhir sampai sekarang masih belum rutin saya lakukan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg cuci tangan mas? Nah mari mulai ubah pelan2 mas,hehehe

      Delete
  10. Aku butuh vitaminnya bangeet, lg pms to d max, badan berasa ngga enak sekujur tubuh & mood swing parang bgt 😑

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah cucok banget ini vitaminnya sandraaaa..

      Delete
  11. Huhuhuhu...tips ini kudunya nempel di dinding kamar supaya semua DIKERJAKAN...! Maksih mba tips sehatnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana klo ditempel di kulkas aja,hahaha. Sama2 mbaaa, kita belajar pelan2,hehehe

      Delete
  12. aku biasanya bener2 merhatiin pola makan dan kesehatan, beberapa minggu sebelum traveling jauh :D.. kyk skr ini, krn mau berangkat tgl 2 bsk, itu dr awal jan aku udh bener2 ngurangin gorengan, minum air putih banyak, kurangin karbo :D.. semuanya demi ga sakit dan ttp fit pas traveling nanti mbak :D..males bgt jalan2 tp sakit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, apalagi mau travelling. Kudu kudu banget fit. Ihiiy mau travelling yaa, have fuuun..

      Delete
  13. masih suka begadang jd gampang capek nihh..butuh suplemen kantong ekhh hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suplemen kantong aku jg butuh mak miuut,hahahaha.

      Delete
  14. Makan asal kenyang itu aku banget mbak. Termasuk makan asal enak hehe..tp aku banyak minum air putih kok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makan asal enak mah aku jg setuju,hahahaha.

      Delete
  15. Semoga kita semua sehat selalu yaa mak Lisna, catatan yang menarik buat intropeksi, hampir semua pernah ngalamin soalnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Iya mak, ini sekalian buat saya instropeksi jugaaa..

      Delete
  16. Aku banyak begadang. Gaswat inimah.. Makasih mba tulisannya memotivasi biar jadi lebih hati2.. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2, supaya bisa lebih fit dan sehaaat..

      Delete
  17. OH my god. .. Kok bisa tahu sih 5 kebiasaanku itu. .. Huwaaaaaaaa mb lisna cenayang yak. . waakakakakak itu 5 - 5 nya semua sering kulakukan. . pantesan aku agak sering sakit. .. Minimal masuk angin. . huhuhuhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan deh ya bisa prediksi,hahahaha. Iya masuk angin langganan emang yaa.. semoga sehat slalu ya maak..

      Delete
  18. Hana baru tahu soal Kalkulator kebutuhan air dan wellwoman.. makasih infonya mba lisna :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 hana. Semoga bergunaaa..

      Delete
  19. pas poin pertama "Makan asal kenyang dan sembarangan" langsung berasa disentil nih, aku masih seneng jajan dan seringnya gak merhatiin kandungan gizinya, hiks...
    minum vitamin ini kayanya bisa jadi salah satu solusi juga ya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooh minum vitamin ini bisa jadi salah satu solusi mengingat suka asal kan ya makannyaaa..

      Delete
  20. Duh semuanya akoh bangeeetttt :((((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mari pelan2 kita ubah yuuuuuk..

      Delete
  21. Makan mie dan begadang aku sering hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang-kurangin yuk maaak..semangat semangat.

      Delete
  22. Duh itu mi instannya menggoda bgt...
    Cobain vitaminnya ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Guilty pleasure ya mbaa,hahaha. Iya mba sok mangga dicobaa..

      Delete
  23. waah makan sehat! aku kurang dibuaah :(

    ReplyDelete
  24. Gambar mie baksonya malah bikin ngiler. hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya, asal jangan sering2 yaaa, hahaha.

      Delete
  25. agak susah keknya kalau aku ga makan sembarangan hahaha godaan banget makan makanan sehat tuh :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang yg ga sehat tampak lebih enak,hahaha. Mati kita berubah pelan2 yes. 💪💪

      Delete
  26. duhhh aku akhir2 ini kurang minum nih mba Lis, padahal gw juga ngga terlalu sering keluar rumah, tapi karena sibuk ngerjain ini itu dari rumah, eh malah lupa minum. Thanks ya reminder dan tipsnya, bermanfaat banget...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minimal 2 ltr sehari ya mbaaa.. biar ngga gampang sakiit. Masama mbaaa..

      Delete
  27. kalo aku si biasanya males kalo mau cuci tangan soalnya mager haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah makanya mending sedia hand sanitizer. Setidaknya meminimalisir lah,hehehe.

      Delete
  28. No. 2 nya langsung noted.

    ReplyDelete