Follow Me @lisna_dwi

January 13, 2017

Review Sunscreen L'oreal Yang Bebas Greasy



Assalamu'alaikum wr wb,

Udah pakai sunscreen? SPF berapa? Melindungi dari UVA dan UVB ngga? Kalo saya udah pakai dooong, SPFnya 50, lengkap dengan perlindungan bagi UVA dan UVB, hihihi. *congkak alert* Eh tapi kalo kamu belum pakai, beneran deh mendingan sekarang kamu lebih serius mikirin ini dan menyisihkan budget untuk beli cream sun protector yang memang bisa melindungi dengan optimal. Kenapa? Karena kasian kak kulit kakak yang cantik harus menerima terpaan sinar mentari tanpa perlindungan apa-apa. Mungkin di waktu muda, let's say sampai 20an, masih belum terlihat tuh efek buruknya pada kulit. Tapi percayalah, makin tua usia, makin rentan pula kulit ini. Tsaaaah.. 


Perlindungan Sunscreen Terhadap UVA dan UVB

Saya pikir karena saya lebih banyak kerja di dalam ruangan, saya akan aman dari efek buruk sinar matahari. Tapi ternyata tidak sodara-sodaraaa. Yang cuma di rumah seharian juga bisa banget terkena dampak buruk sinar ultra violet ini. Kan sinar matahari bisa tembus melalui jendelaaa.. Awalnya saya hanya mengandalkan perlindungan matahari dari pelembab dan BB cream saja. Tapi memang perlindungannya kurang maksimal, yah paling hanya sekitar SPF 15 atau maksimal 30. Dan sekitar 2 tahun lalu saya baru menyadari bahwa ada beberapa dark spot kecil di kulit wajah saya, oh nooooo.. Makanya langsung cari cream sunscreen yang cocok dan memiliki perlindungan maksimal.

Efek sinar ultra violetnya ngga se-cute ini kaaak, hihihi. (link sumber)

Tadinya cuma kenal sama yang namanya SPF (Sun Protection Factor), tapi ternyata SPF itu hanya melindungi kulit dari efek buruk sinar UVB (Ultra Violet B). Akibat dari UVB ini adalah yang menyebabkan sunburn yang biasa ditandai dengan kulit yang memerah ketika terkena sinar matahari. Padahal yah sodara-sodara masih ada efek buruk dari UVA yang tidak terlindungi oleh SPF. Efek buruk UVA ini malah lebih serem menurut saya. UVA dapat menyebabkan penuaan dini dan noda hitam karena paparan UVA bisa sampai tembus ke kulit bagian dalam. Bahkan efek buruk dari radiasi UVA ini bisa menyebabkan kanker kulit. Huuff, banyak kali efeknya, huhuhu. Nah untuk melindungi si kulit dari efek buruk sinar UVA, kita bisa mencari tau produk yang sudah ada keterangan PA (Protection Grade of UVA). Biasanya PA diikuti tanda +. Semakin banyak ++ maka semakin tinggi perlindungan sunscreen tersebut terhadap UVA. 

Nah setelah hitung-hitung ternyata ada caranya menghitung SPF lho. Dari berbagai sumber, saya rangkum ya bagaimana cara menghitung SPF.

Perhitungan rata-rata lamanya kulit terkena dampak sinar matahari misalnya kemerahan adalah 5-10 menit. Nah cobalah kalikan SPF skincare atau kosmetik kita dengan lama waktu tersebut. Misalnya BB cream memiliki SPF 15 berarti, 15x5 (menit) = 75 menit. Hitungan SPF yang didapat barusan menjadi hitungan berapa lama kulit kita terlindungi dari paparan sinar matahari yang berbahaya. Semakin tinggi SPF produk yang kita pakai berarti semakin lama waktu perlindungan yang diberikan.  


Loreal UV Perfect Aqua Essence SPF 50+ & PA++++

Yes inilah sunscreen yang jadi favorit saya saat ini, Loreal UV Perfect Aqua Essence SPF 50+ & PA++++. Sejauh ini saya sudah 3x membeli krim sun protector Loreal ini. Yang pertama saya lihat dari sunscreen ini adalah bahwasanya produk Loreal ini memiliki perlindungan maksimal kakaaaak.. Seperti yang langsung terlihat di packaging, Loreal UV Perfect Aqua Essence sudah mengandung SPF 50 dan PA++++. Ahh kece kan kaaak?! Selain itu yang saya cari adalah sun protector cream yang ngga membuat greasy atau berminyak gitu. Formula dari Loreal UV Perfect Aqua Essence ini juga konon katanya seringan air dan mudah meresap tanpa meninggalkan kesan greasy/berminyak dan lengket. Yeaaay..





Selain itu perlindungannya juga bisa sampai 12 jam, terutama untuk UVB protection. Teksturnya memang setelah saya pakai ringan dan ngga bikin wajah greasy atau berminyak. Uhlalaaa, saya senaaaang. Si krimnya sendiri berwarna putih dengan tekstur agak cair dan memang mudah meresap. Untuk pemakaian sunscreen pada umumnya termasuk Loreal UV Perfect Aqua Essence adalah setelah rangkain skincare. Jadi misalnya biasanya kamu pakai serum dan moisturizer, nah sunscreen digunakan setelahnya, barulah menggunakan make up.  Packagingnya slim berwarna biru dan ngga makan tempat di pouch dandan saya. Hore lagiiii, hehehe.

Harganya Rp 110.000 dengan isi 30 ml dan habisnya lamaaaa. Kayaknya saya baru membeli lagi setelah 1,5 bulan lah ya. Lumayan kaaaaan.. Kamu bisa beli dimana-mana, seperti Guardian, Watson, Matahari dan lain-lain. Tapi sepertinya belum ada di Indomaret atau sejenisnya ya. Nah, nah, sekarang yang belum pakai sunscreen hayo pakai yuuuuk. Supaya kulitnya yang cantik tetap sehat dan terlindungi sist.. Wokeeeh?!





Love you life. :D

Wassalamu'alaikum wr wb.

16 comments:

  1. sebenernya ini dipake kapan ya mbak.. maksdku, apa moisturizer dulu, ato sunscreen lorealnya dulu baru moisturizer? aku memang pake pelembab yg spf nya cuma kecill. tp itu krn mikirnya aku toh berangkat kantor pagi2, dan pulang malam.. jd bisa dibilang jrg kena matahari... cuma mikirnya kalo traveling ini penting bgt krn bisa dibilang slalu di luar :)... pgn beli jg jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sunscreen dipakai di bagian terluar skincare mba, jadi memang fungsinya melindungi. Dalam kantor juga tetap perlu mba, karena kan sinarnya menebus kaca jadi paparannya juga cukup tinggi.

      Delete
  2. untuk yang punya aktivitas padat apalagi outdoor emang sekarang penting banget ya mba pake suncreen.,apalagi sekarang banyak produk suncreen yang aplikasinya mudah seperti Loreal ini

    ReplyDelete
  3. aku suka skip karena bb craem sama bedak ada sunscren mba, heu. harus rajin lah, soalnya lumayan mihil juga nanti malah kadaluarsa ga dipake2. kayaknya makek cm pas naik gunung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rajin2 yaa, soalnya kemarin alhamdulillah pas skincheck pigmentasiku bia dibilang rendah karena rajin pakai sunscreen.

      Delete
  4. Kulitnya mulus, mbak Lisna. Saat ini saya masih pakai Biore UV Sunscreen dan habisnya memang lama banget. Ini aja udah dipake 6 bulan, masih ada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasiih, aslinya ngga selicin di fotooo, hehehe. Ko bisa lamaaa, hahaha. Saya kalo di rumah aja pakai, makanya jadi cepet habis deh.

      Delete
  5. Aku pun rajin pake sunblock tapi bukan Loreal, tapi emang sih kalo pakai sunblock tiap hari tuh ngebantu buat lindungin wajah dari sinar matahari. ye kan ter sister :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benerrr. Coba liat lagi sunscreennya mengandung PA berapa? karena tingkat PA juga penting karena menentukan perlindungan terhadap UVA.

      Delete
  6. Aku malah ga tau ttg SPF pake pelembab biasa saja :D makasi infonya mba cantik ^^ smg ntar bisa cetar kek mba
    btw selamat mba jadi pemenang camp astalift di bandung klo ada waktu bisa meet up yak *ngarep*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai sunscreen ya neng. Cari bukan yang ada SPF-nya aja, tapi juga mengandung protek UVA dengan tanda PA+++. Makasih neeeng.. Sayangnya kemarin acaranya padat neng geulis. Besok2 deh ya meet up sama neng kecee, hihihi.

      Delete
  7. Mba Lisna, aku lagi nyari nih buat aku yang belakang selalu aktivitas outdoor. Hihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai Loreal ini juga oke mba. Skincheck terakhir kmrn pigmentasiku rendah, hamdalah

      Delete
  8. Wah aku lagi nyari2 nih suncreen, lumayan juga harganya ya, secara isinya banyak, apalagi ngga greasy, jadi ngga lengket2 gitu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lumayan banget, ngga mahal lah untuk isinya yang lumayan banyak dan habisnya lama, hehehe.

      Delete