Follow Me @lisna_dwi

May 31, 2017

Belanja Sembako Online : Solusi Belanja Efisien, Ngga Pakai Antri



Assalamu'alaikum wr wb,

Siapa yang kalo belanja kebutuhan sehari-hari, rencananya beli A, B, C malah jadi belanja D, E, F, G, H sampai Z? Sayaaaaaa.. Siapa yang sering kehabisan susu anak atau lauk pauk tapi ngga sempat ke supermarket karena harus meeting atau lembuuuurrr? lagi-lagi Sayaaaaaa.. Siapa yang sudah merasakan belanja jelang atau saat Ramadhan dan kemudian mengantri gila-gilaan? Saya lagiiiiiii... hahahaha. Saya yakin buibu dan pabapak di luar sana merasakan hal yang sama. Yakan yakan yakan, hahaha. *maksa* 


Well, setidaknya itu adalah problematika saya soal belanja bulanan, belanja sembako atau kebutuhan sehari-hari. Yang di list apaaa, yang dibeli apaaaa. Kadang malah ada yang kelupaan juga, hahaha. Belum lagi kalo lagi sibuk di kantor, tiba-tiba si mbak bilang, "Susu dan lauk Naya habis," Jawaban saya sih, "Nanti aku pulang kantor beli," Kenyataannya, saya lembur, meeting sampai malam dan keburu lelah untuk mampir ke supermarket beli ini itu. Eaaaaa.. Yang terbaru adalah belanja menjelang Ramadhan lalu, masha Allah ngantrinya kaaaaak. Semacam naik wahana di Dufan pas liburan, panjaaaaang dan laaaaamaa...

Masalah klasik si ya sebenarnya. Apalagi pas Ramadhan begini entah kenapa ya pengeluaran buat belanja makin banyak. Padahal kan harusnya puasa kan ngga makan dan ngga minum yah, jadi harusnya irit dong ya, tapi kenyataannya engga kakaaaak. Pengeluaran selama puasa malah membengkak melebihi laju inflasi, eaaaaa, hahaha.


Happy Meet Up with HappyFresh

Beruntunglah saya menjadi bagian dari emak blogger Kumpulan Emak-Emak Blogger (KEB) dan kemudian jadi salah satu undangan untuk menghadiri Happy Meet Up with HappyFresh. Pertama, saya belum pernah mencoba belanja sembako atau grocery shopping secara online, kemana aja eyke yaaaa, hahaha. Yang kedua karena ada narasumber ciamik Mba Prita Ghozie, seorang financial expert aka ahli perencana keuangan. Temanya pas banget juga sama problema yang sering melanda saya dan mungkin banyak buibu/pabapak di nusantara ini : Smart Financial, Happy Ramadhan. Yang ketiga, tentu saja karena acara yang diadakan HappyFresh bekerjasama dengan KEB ini formatnya santai, sambil sharing dan akrab gitu. Saya suka sama model acara yang begini, langsung kena di hati gituh, hihihi.

Acara yang santai, akrab tapi mengena di hati


MC meet up yang diadakan pada hari Minggu, 20 Mei 2017 di Penang Bistro, Grand Indonesia itu adalah Bayu Oktara. Kamu pasti familiar deh sama wajahnya karena Mas Bayu ini sering wara-wiri di TV. Kondanglah pokoknya, hehehe.  Mas Bayu juga jagoan soal blending in sama emak-emak, kayaknya seperti bisa membaca persoalan ibu-ibu gitu loh, hahaha. Jadilah obrolan mengalir dengan asik dan menyenangkan. Tak ketinggalan ada Makpon aka Kakak Mira Sahid kece juga memberikan kata sambutan mewakili KEB. Kirain bakalan ngemsi lagi makpooon, ternyata kasih kata sambutan ajaaaah, hahaha. *penonton kuciwaaa LOL*


MC Bayu Oktara

Makpon aka Kakak Mira

Mas Putra dari HappyFresh

Selanjutnya Mas Putra dari HappyFresh memberi sedikit perkenalan tentang HappyFresh. HappyFresh sudah ada di Indonesia sejak tahun 2015 lalu. Ternyata ngga cuma di Indonesia, HappyFresh juga ada di Malaysia dan Thailand lho. HappyFresh bisa dibilang personal shopper online yang akan membelanjakan kebutuhan bahan makanan dan kebutuhan sehari-hari kita di berbagai macam supermarket atau toko yang ada dalam daftar rekanan HappyFresh. Apa bedanya sama sistem pembelanjaan via sopir ojek online? Beda dong kaaak, karena personal shopper HappyFresh yang profesional telah terlatih dan memastikan keamananan pengantaran pesanan sampai ke tangan pelanggan. Semua belanjaan kita termasuk sayuran, buah, ikan dan aneka daging dipilih dengan seksama. Jadi bukan yang asal beli gitu lho, hehehe. Hingga kemudian dikemas dalam tas belanja yang bisa dipakai kembali, emak-emak pasti suka deh, hahaha.

Kemudian berturut-turut sharing seputar Smart Financial, Happy Ramadhan dari Mba Pritha dan juga dari Mba Maria Hermina (Emi) dari HappyFresh.

Mba Prita H. Ghozie, Financial Expert

Mba Maria Hermina dari HappyFresh

Smart Financial, Happy Ramadhan 

Sebelum mulai masuk sesi sharing soal keuangan saat Ramadhan ada games yang bikin mata melek. Hadiahnya sembako dari HappyFresh. Sudah bisa ditebak ya namanya buibu dikasih games hadiah minyak, gula, terigu dkk langsung pada heboh, hahaha. Dari games itu, Mba Prita memberikan gambaran kenaikan harga kebutuhan bahan pokok saat Ramadhan rata-rata mengalami inflasi sebesar 10%. Nah udah dapat gambaran kan kenapa tiap bulan puasa pengeluaran serasa makin besar?! Mba Prita kemudian memberikan tips mengelola keuangan saat Ramadhan seperti berikut ini :



- Membuat anggaran belanja saat Ramadhan tentu saja akan membantu kita supaya ngga out of control saat belanja ini itu. Atau saat hasrat jajan sedang menggelora di dada, kalo teringat anggaran ini niscaya akan melemah tuh sinyal jajannya, hahaha. Alokasi anggaran ideal untuk Ramadhan adalah sebagai berikut :



Nah kalo memang terasa harga-harga belanjaan naik dan khawatir kantong jebol, berarti gaya hidup selama Ramadhan yang harus dikurangi. Berarti harus lebih cerdik tuh kalo diajak buka bersama di luar atau saat mau belanja baju baru, hihihi. *kekep dompet*

- Menyediakan dana darurat selain saat Ramadhan pasti harus selalu dilakukan. Nah saat Ramadhan jangan sampai karena ingin pakai seragam keluarga tiap silaturahim ke rumah kerabat jadi mengorbankan alokasi budget ini yah.

- Lalu rencanakan pengeluaran. Kalo bisa sih sudah dibuat tuh planning buat kasih salam tempel ke ponakan berapa banyak. Kalo misalnya harus pulang kampung, dihitung deh tuh kira-kira pengeluarannya akan seberapa banyak. Jadi ngga ada lagi tuh unplanned spending, tsaelaaah..

- Jangan lupa kalo kita kudu wajib cerdas berbelanja. Ngga ada salahnya mencari barang-barang yang lagi diskon dan kemudian dibanding-bandingkan dari satu toko ke toko lain. Atau manfaat poin atau promo yang sedang diadakan oleh brand atau merchant tertentu. Demi belanja efisien kan kaaak, hahaha.

- Last but not least, Do it ONLINE. Capslock banget sisss, hahaha. Iyalaaah.. Ini termasuk di dalamnya belanja sembako dan kebutuhan sehari-hari lainnya lho. Apalagi saat Ramadhan gini kayak semua orang tumplek blek ke supermarket atau mall. Antrian pun jadi panjaaaang. Belanja 30 menit, antrinya bisa 1 jam. Eaaaaaa.. Jadi belanja secara online akan menghemat waktu, tenaga, menjaga dari lapar mata, dan uang tentunyaaa, hehehe.

Sharing selanjutnya adalah dari Mba Emi. Duh ini saya ngerasain banget. Pengalamannya sebagai ibu bekerja yang harus belanja tapi ngga punya waktu itu ya saya banget sih, hahaha. Kadang lagi meeting di-chat si mbak kalo lauk si ucul habis, buahnya tinggal sedikit atau susunya sisa beberapa kotak. Terus taunya lembur sampai malam dan keburu capek buat belanja lagi, jadi deh belanja sembako online via HappyFresh bisa membantu banget. Ada beberapa manfaat yang saya highlight dari belanja kebutuhan sehari-hari secara online via HappyFresh.


Emak Maya yang sedang bertanya soal eksistensi HappyFresh di Gunung Sindur

Emak Idai bertanya soal tips supaya uangnya ngga habis dikasih-kasih (CMIIW ya maaak..)

Last but not least acara kemarin bikin saya juga happy banget karena saya menang Instagram Contest, games belanja dan best dress code, hahaha. Tapi games belanja-nya akhirnya diberikan ke emak lainnya supaya adil dan merata, ahzeeek. Lumayan banget hadiahnya lho, voucher belanja di HappyFresh. Alhamdulillah rejeki Ramadhan, hehehe. Thank you ya HappyFresh dan KEB. I had a very good time.


Cara Belanja di HappyFresh

Step by step belanja di HappyFresh saya buat dalam bentuk video nih, hihi. Check this out!



Shop It Forward by HappyFresh 

Selain mendapat manfaat dari grocery shopping via HappyFresh yang saya sampaikan di atas, kamu juga berkesempatan berbagi dengan sesama melalui program Shop It Forward yang diadakan oleh HappyFresh. HappyFresh percaya bahwa Ramadhan adalah momen yang pas banget buat berbagi kepada saudara yang membutuhkan. Nah progam ini merupakan bagian dari kampanye Ramadhan fasting is Sharing dengan memberikan solusi bagi pelanggan yang ingin ikut serta berbagi di bulan yang penuh berkah ini. Mulai tanggal 1 - 14 Juni 2017, kamu bisa lihat 5 produk bahan makanan dengan label Fasting Is Sharing di HappyFresh, dan jika kamu membeli produk tersebut, HappyFresh akan mengumpulkannya untuk kemudian disalurkan ke Panti Asuhan Al'Khairiyah.




Sesuatu banget kan tuh bisa belanja sambil berbagi. Untuk lebih lengkap kamu wajib follow dan kunjungi website dan social media HappyFresh berikut ini ya :

- Website : HappyFresh Indonesia
- Instagram : HappyFresh_ID
- Twitter : HappyFresh_ID
- Facebook : HappyFreshID

Kalo kamu punya cara sendiri buat mengatur keuangan saat Ramadhan ngga? Share dong tipsnya, hohoho.

Love you life. :D

Wassalamu'alaikum wr wb.

14 comments:

  1. asiknya sekarang..apa apa tinggal mainin jari di smartphone ya mak

    ReplyDelete
  2. kadang kl lagi ribet belanja online emang lbh gampang, plus ngga bisa digangguin Raya yg minta ini itu. Kalau belanja langsung di supermarket kan pasti jajannya malah lebih banyak :D

    ReplyDelete
  3. Apalagi puasa begini, belanja offkine..ampuun antriii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya belanja offline, typo hehehe

      Delete
  4. Dh prnh nyoba mba,,, enaknya bisa milih supermarket Deket rumah jd gk butuh waktu lama untuk.nunggu karena jamnya udah kita tentukan

    ReplyDelete
  5. Asiknya kalo tinggal di kota,semuanya serba online...

    ReplyDelete
  6. Ilmunya ngena banget ya mak...and HappyFresh sangat membantu supaya ga lapar mataaahhh...

    ReplyDelete
  7. Kak...mahmud sekarang mah milenials banget ya, belanja aja udah tinggal "klik" langsung sampai depan rumah.

    ReplyDelete
  8. HappyFresh bikin belanja bulanan nggak melelahkan lagi, bebas antri pula!

    ReplyDelete
  9. Emang enak jadi emak jaman sekarang yah Mbak, buanyaaak kemudahannya :D

    ReplyDelete
  10. Kalau lagi mager keluar kayak sekarang, belanja online paling bisa diandelin deh. Ngga perlu repot2 nyari parkir, trus milih2, antri kasir dll... belanja online idolakuuuuh :D

    ReplyDelete
  11. Enak emang belanja dg happyfresh yaa, ga capeeeek

    ReplyDelete
  12. belum pernah nyobain, jd pengen deh..makasih infonya

    ReplyDelete
  13. beh.. bahkan belanja sembako pun online yak..
    tapi jd lebih mahal gak sih?

    ReplyDelete