Follow Me @lisna_dwi

May 08, 2017

Makin Mantap Bilang Iya Boleh, Setelah Nestle Dancow Explore Your World



Assalamu'alaikum wr wb,

Siapa buibu atau pakbapak yang mampir ke blog ini yang ngga pernah bilang "jangan" ke anaknya? Kalo ada yang ngga pernah sekalipun bilang "jangan" kamu juara kakaaak. Dulu suliiiit sekali menghindari kata "jangan" atau "tidak boleh" tiap Naya main atau sedang melakukan eksplorasi. Kalo sekarang sih makin pede bilang "Iya Boleh" ya, apalagi setelah datang ke event Nestle Dancow Explore Your World tanggal 29-30 April 2017 yang lalu. Talkshow dari para ahli Nestle Dancow eye opening banget. Ditambah ada 4 wahana edukasi yang sangat bagus sebagai tempat eksplorasi si kecil.




Serunya Main di Wahana Edukasi Nestle Dancow Explore Your World     

Acara yang berlangsung di Kota Kasablanka Jakarta ini dirancang dengan baik dengan area eksplorasi yang mengedukasi tapi juga menyenangkan anak-anak. Wahana yang ada diperuntukkan bagi anak berusia 1-5 tahun. Tiap wahana selain seru untuk dijelajahi juga memberikan stimulasi bagi kecerdasan anak lho. Jadi dapat dipastikan selain bermain, anak-anak juga sedang melakukan proses belajar yang fun. Wahana edukasi ini dibuat dengan selaras dengan taglinenya yaitu "Iya Boleh" yang merupakan sebuah simbol rasa percaya diri orang tua untuk bisa membiarkan anak bereksplorasi hingga anak bisa mengembangkan potensi maksimalnya.


Ada empat area utama yaitu Art Center, Central Park, Smart City dan Play Park. Semuanya memberikan anak ruang untuk eksplorasi dan juga memberikan manfaat bagi tumbuh kembang yang optimal.

1. Art Center

Aktivitas yang ada area ini adalah hand painting dan story telling. Anak-anak yang suka mewarnai dan menggambar menikmati sekali area ini. Selain itu ada giant book yang mengeluarkan suara seperti mendongeng untuk anak-anak. Kegiatan yang di sini bisa menstimulasi kecerdasan bahasa dan kemampuan konsentrasi si kecil. Konsultasi nutrisi dan psikolog juga dijadikan satu dengan Art Center ini. Jadi bagi orang tua yang kemarin datang dan ingin bertanya-tanya seputar tumbuh kembang anak dan nutrisi bagi si kecil bisa dilakukan di sini.


2. Central Park

Nah ini adalah area yang baguuuus tapi Naya kemarin sudah cranky karena mengantuk, jadilah hanya saya dan papanya yang sempat melihat. Wahana edukasi ini dilengkapi dengan teknologi augmented reality di mana si kecil bisa belajar tentang hewan, tanaman dan alam. Nama Central Park familiar kan seperti nama sebuah taman yang besar dan indah di New York. Di dalamnya memang ada replika pohon besar seperti di Garden By the Bay Singapura dan berbagai macam tanaman hijau dan bunga-bunga.




3. Smart City

Bagi penyuka building brick atau Lego, pasti bakalan betah di wahana ini. Dalam Smart City, imajinasi si kecil distimulasi dalam bentuk permainan membangun kota menggunakan building brick. Selain itu ada juga puzzle. Lewat permainan ini stimulasi kecerdasan spasial dan visual anak juga diasah. Hasil karya anak yang datang juga bisa ditampilkan di sini, bisa foto-foto ala 3D juga.


Photo credit : Aie


4. Play Park

Ini area favorit Naya. Entah kenapa walaupun sudah sering main di area yang ada wall climbing, monkey bar, perosotan dan mandi bola, Naya tetap suka banget main di sini, hahaha. Di wahana ini si kecil bisa bertualang dan mengasah kecerdasan psikomotoriknya karena ada aktivitas fisik dan tantangan. Selain itu bisa juga jadi tempat si kecil menemukan teman-teman baru, hihihi.




Bersosialisasi dengan teman baru

Peluncuran Nestle Dancow Advanced Excelnutri+ dan Talkshow Sarat Makna

Dalam kesempatan yang sama, Nestle Dancow juga memperkenalkan inovasi terbarunya yaitu Nestle Dancow Advanced Excelnutri+. Sedari dulu susu pertumbuhan favorit ini menjadi pilihan para orantua dan disukai anak-anak. Tak henti berinovasi, Nestlé DANCOW meluncurkan Nestlé Dancow Advanced Excelnutri+ yang memiliki kandungan Lactobacillus rhamnosus hingga 3x lipat lebih tinggi dari sebelumnya. Inovasi terbaru ini diberikan tidak lain karena Nestle Dancow percaya ada tiga elemen yang mempengaruhi tumbuh kembang anak yaitu nutrisi, stimulasi serta cinta Bunda dan Ayah. Dengan hadirnya Dancow Advanced Excelnutri+ diharapkan dapat membantu si kecil tumbuh dan berkembang dengan lebih optimal.


Role play manfaat baik Nestle Dancow Advanced Excelnutri+ dalam melindungi si kecil


Selain menemani si kecil bermain di 4 wahana edukasi yang bisa mendukung eksplorasinya, saya juga berkesempatan ikut serta dalam talkshow dan peluncuran Nestle Dancow Advanced Excelnutri+. Shahnaz Haque hadir sebagai moderator. Masih tetap awet muda yaaaa, hihihi. Lalu hadir juga artis cantik Donita dan anaknya Svarga, seorang psikolog yang asik dan ramah Ratih Ibrahim, Dokter spesialis tumbuh kembang anak dr. Bernie Medise, SpA (K) dan Senior Brand Manager Nestle Dancow Advanced Excelnutri+ Riza Nopalas. Yang dibahas soal tumbuh kembang anak dan bagaimana Inovasi Nestlé DANCOW Advanced Excelnutri+ dapat mendukung Bunda dan Ayah untuk mengatakan “Iya Boleh” untuk eksplorasi si kecil.

Mba Shahnaz Haque yang awet muda
Para narasumber 

Psikolog Ratih Ibrahim menyampaikan bahwa eksplorasi merupakan bagian dari proses stimulasi. Stimulasi untuk si kecil ngga cuma bisa dilakukan di sekolah, tapi bisa dilakukan di mana saja, di dalam rumah, di alam terbuka sekitar rumah. Stimulasi bisa dilakukan dengan berbagai macam kegiatan yang sederhana, ngga perlu ribet atau mahal. Yang penting bisa menstimulasi perkembangan si kecil. Kalo saya biasanya mengajak Naya main di area hijau dekat rumah, ngga perlu biaya dan Naya bisa main sambil belajar. Mulai dari berolahraga, melatih psikomotoriknya hingga mengenal alam.

Psikolog Ratih Ibrahim

Tapi supaya anak bisa bebas melakukan petualangannya, ayah atau bunda juga harus yakin bahwa si anak telah mendapat perlindungan. Ya contohnya kalo mau ngijinin anak main hujan-hujanan, ya berarti setelah itu segera mandikan anak, kalo perlu dengan air hangat, lalu pakaikan minyak telon dan pakaikan baju yang nyaman. Memberikan susu hangat bisa makin membantu supaya si kecil nyaman setelah melakukan eksplorasinya, bisa sekalian dia cerita juga kan pengalaman hujan-hujanannya. Jadi, ngga ada alasan buat ayah bunda untuk tidak mengatakan "Iya Boleh" untuk eksplorasi yang diinginkan si kecil. Masih ingat kan yang tadi saya sampaikan sebelumnya bahwa selain nutrisi, elemen lain yang mempengaruhi tumbuh kembang anak adalah stimulasi dan cinta ayah bunda. Very well noted.

Walau sedang talkshow, anak-anak tetap dibiarkan bebas bereksplorasi, hihihi

Donita juga sharing nih soal cara mendidik Svarga. Ia dan suaminya Adi Nugroho berusaha untuk berani melepaskan si kecil untuk bereksplorasi. Apalagi memasuki usia 1 tahun dan mulai bisa berjalan, rasa ingin tau Svarga makin besar. Dari yang tadinya punya kekhawatiran sangat besar, hingga akhirnya Donita dan Adi percaya diri membebaskan si kecil karena yakin telah memberikan perlindungan maksimal melalui nutrisi, stimulasi yang tepat dan kasih sayang.

Lebih jauh penjelasan dr. Bernie Medise, SpA (K) makin bikin saya paham nih. Ternyata memang untuk menjadikan anak sebagai pribadi seutuhnya 3 komponen penting itu harus ada, yaitu stimulasi, cinta dan nutrisi. Dari hal cinta dan stimulasi tadi sudah dijelaskan Mba Ratih dan pengalaman Donita, nah gimana nih dari segi nutrisi? Nutrisi yang didapatkan si kecil haruslah lengkap untuk dapat menunjang tumbuh kembangnya. Salah satu sumber nutrisi yang baik dapat didapat dari susu pertumbuhan. Dalam susu pertumbuhan Nestlé DANCOW Advanced Excelnutri+, mengandung 3x Lactobacillus rhamnosus lebih banyak. Dapat pencerahan juga kalo 80% daya tahan tubuh berada di saluran pencernaan. 

dr. Bernie Medise, SpA (K)

Keberadaaan Lactobacillus rhamnosus sebagai bakteri baik dapat membantu saluran pernapasan dan saluran cerna anak. Asupan bakteri baik ini penting karena dengan begitu tubuh menjadi terlindungi. Nah kalo tubuh sudah terlindungi fondasi untuk mendukung proses belajar dan pertumbuhan fisik si kecil sudah terbentuk dengan baik. Karena si kecil sudah makin besar dan butuh eksplorasi, Advanced Protection dari Nestlé DANCOW Advanced Excelnutri+ menjadi sangat penting. Si kecil akan mendapatkan 3 Perlindungan (perlindungan saluran pernafasan, daya tahan tubuh, saluran cerna). Selain itu diperkaya juga dengan serat pangan inulin, DHA, omega 3, omega 6, protein dan kalsium untuk mendukung tumbuh kembang optimal si kecil.

Tugas saya memastikan si kecil terlindungi

Kalo udah tau ilmunya, saya makin mantap deh bilang "Iya Boleh". Informasi lain soal tumbuh kembang dan nutrisi anak bisa juga saya baca-baca di Nestle Dancow Parenting Center. Tugas saya tinggal mendampingi si kecil, mendukung eksplorasinya, memberikan cinta serta perhatian sehingga si kecil memiliki masa depan yang sehat.

Kalo cara buibu pakbapak mendukung eksplorasi si kecil gimana? Saya mau tau juga dong, share juga yuk. Makasiiih..

Love you life. :D

Wassalamu'alaikum wr wb.

12 comments:

  1. Pasti senenng banget yah rambut keriwilnya bisa bebas bereksplorasi main main

    ReplyDelete
  2. Pasti senenng banget yah rambut keriwilnya bisa bebas bereksplorasi main main

    ReplyDelete
  3. Ucul cantik anet sih, berhubung onty gie belum punya anak sama adik boleh lah ya man "diterapkan" hehehe...sekaligus edukasi dan belajar juga jadi Ibu hihihi.

    ReplyDelete
  4. Nayaaa... Sama aja sama Darell kalo udah mandi bola keasikan deh dia. Heheheh, sayangnya kemarin ga bisa main bareng ya krn penuh banget. Pan kapan playdate sih, biar nanti Kakak Darell yang jagain Naya. Aheyy...

    ReplyDelete
  5. wahh serunya...makasih juga tipsnya

    ReplyDelete
  6. Pas talkshow ngga konsen karena Raya udah pengen main lagi & kelaparan hahaha.. Acaranya seru, banyak ilmu didapet & anak2 juga hepi, tapi ramenya ngga kuat, saking cetarnya ini acara ngantri maen aja panjang beneeer :D

    ReplyDelete
  7. Kalo aku misal anaku lagi "acak acak isi rumah" aku diemin aja dulu nanti klo dia udah ngantuk dan tidur baru aku beresin lagii .. hahaa soalnya percuma klo buru2 diberesin nanti juga berantakan lagii hihii

    www.inkaparamita.com

    ReplyDelete
  8. Dema pas main bola2 kan waktuya terbatas krn bergantian, pas diangkat sama mbaknya nangis hahaha :P

    ReplyDelete
  9. Gak takut lagi deeeh bilang iya boleh ke anak2 yaa klo mreka mau eksplorasi

    ReplyDelete
  10. Wkwkkw aku suka bilang jangan da ga boleh ke adikku *kakakmacemapa*. Abis kadang deseu suka minta dibeliin mainan sesuka hati padahal abis main dan banyak jajan. Lol:"""")

    well noted ttg iya bolehnya kaka. Semog taun depan nggak kaya tanah abang yha tempatnya

    ReplyDelete
  11. PR nih, saya masih suka melarang anak aja, padahal itu gak baik juga ya

    ReplyDelete
  12. Kpn ya diadain di kota medan...

    ReplyDelete