June 17, 2017

Inspirasi Kegiatan Untuk Quality Time Ibu Anak di "Ramadan, together"



Assalamu'alaikum wr wb,

Siapa yang anaknya sudah mulai belajar puasa di Ramadhan tahun ini? Kalo ingat saat belajar puasa dulu rasanya geli sendiri, hihihi. Ada ajalah yang dilakukan, mulai dari tiduran di lantai, berendam di bak mandi, buka tutup kulkas sampai merengek ke mamih tanya kapan maghrib datang, hahaha. Anak saya Naya masih umur 3,5 tahun sih, jadi belum berpuasa, hehehe. Hanya saya mulai mengenalkan apa itu puasa.


Momen puasa Ramadhan ini memang saat yang pas untuk mengenalkan hal-hal positif bagi si kecil. Selain mengenalkan bahwa puasa itu tidak makan dan minum, bisa juga mengajarkan disiplin, bahwa kita harus menahan emosi, berbagi dengan sesama dan menciptakan kebersamaan saat menunggu buka puasa. Berhubung saya kerja kantoran, waktu paling luang untuk ngajak si ucul ngabuburit adalah saat weekend.

Kalo weekend sudah dipastikan saya masak. Nah, momen masak inilah yang sering saya gunakan untuk menciptakan quality time. Biasanya si ucul emang kepo sih, jadi pasti akan bolak-balik dapur nanya mama masak apa, hahaha. Jadilah tiap masak saya akan memberikan dia pisau plastik dan beberapa lembar sayuran untuk ia potong. Berantakan? So pasti. Bikin happy? Alhamdulillah dikasih mainan gitu aja Naya udah bahagia amat, hahaha.


Naya bantu mama masak

Lain waktu saya ajak Naya jalan-jalan ke the one and only, BKT, hahaha. Di BKT biasanya si ucul akan berlarian dan main-main dengan daun, ranting, batu dan binatang kecil yang ada. Cuma tantangan buat mama papanya sih ya auuss amatan ngikutin anak ini loncat sana loncat sini, hahahaha. *mama lemah*


Jalan-jalan ke BKT

Karena Naya masih harus mengembangkan skill motorik halusnya, saya sempatkan juga untuk ajak Naya tempel menempel atau mewarnai. Sayang untuk kegiatan ini mama mesti extra sabaaaar karena anaknya cenderung bosan menempel atau mewarnai. Baru mewarnai 1/4 bagian gambar, doi langsung lari kabuuurr. Baru menempel 1 bagian, cuss melesat lagi, hahahaha.

Shalat taraweh berjamaah bersama si kecil

Kegiatan-kegiatan tadi saya lakukan untuk menciptakan premium bonding bersama Naya di bulan puasa ini. Well, sebenarnya selain di bulan Ramadhan saya juga melakukan kegiatan itu. Tapi di bulan puasa waktu jadi banyak digeser saat menjelang maghrib atau bahasa kerennya ngabuburit, hehehe.

Kalo teman-teman ngapainnya pas ngabuburit? Share juga di comment ya.



Ngabuburit Inspiratif di Kegiatan "Ramadan, together" bersama Lotte Choco Pie dan KEB

Alhamdulillah tanggal 10 Juni 2017 yang lalu saya bersama emak-emak dari Kumpulan Emak Blogger (KEB) berkesempatan untuk hadir di kegiatan Lotte Choco Pie yang bertema "Ramadan, together". Kebetulan sekali acaranya dekat dengan rumah saya yaitu di Masjid Baitussalam, Perumahan Billy & Moon Kalimalang Jakarta Timur. Double happy deh saya, hehehe.

Salutnya saya dengan Lotte Choco Pie adalah komitmen dan konsistensinya untuk mendukung para ibu agar selalu mempererat kebersamaan dalam keluarga, terutama quality time bersama si kecil. Di bulan Ramadhan ini, Lotte Choco Pie kemudian membuat kegiatan bertema "Ramadan, together" yang bertujuan mengajak para ibu untuk lebih memaknai kebersamaan dengan berbagi aktivitas inspiratif yang seru menjelang buka puasa.

Rangkaian kegiatan yang saya ikuti di Masjid Baitussalam, Billy & Moon Kalimalang lalu merupakan lokasi kedua tempat diadakannya "Ramadan, together". Sebelumnya pada tanggal 3-4 Juni 2017, acara sudah dimulai di Masjid Raya Cinere. Sedangkan masjid ketiga sebagai tempat berlangsungnya "Ramadan, together" adalah Masjid Al Ikhlas BSD pada tanggal 17-18 Juni 2017.


Suasana lokasi "Ramadan, together" di Masjid Baitussalam, Billy & Moon Kalimalang

Memasuki area masjid, ada semacam gapura berbentuk replika masjid di gerbangnya. Lalu ada booth Lotte Choco Pie yang didekorasi dengan banyak sekali Lotte Choco Pie. Glek, bikin ngiler aja sesungguhnya, hahaha. Ratusan Lotte Choco Pie dibentuk menjadi replika masjid. Ada puzzle Lotte Choco Pie untuk anak. Lalu ada juga photobooth 3D Lotte Choco Pie yang berbentuk bulan sabit. Jadi pingin segigit dua gigit, hahaha.

Replika masjid dari Lotte Choco Pie

Photobooth 3D berbentuk bulan sabit Lotte Choco Pie

Puzzle Lotte Choco Pie

Seperti yang sudah saya dan emak-emak lain duga, acara yang diadakan Lotte Choco Pie selalu penuh makna dan seru banget. Panas matahari yang terik di siang itu ngga bikin semangat emak-emak dan si kecil kendor, hihihi. Padahal banyak juga anak-anak yang hadir saat itu sudah berpuasa lho. Keren!


Chef Nanda (kiri) dan Kak Gideon (kanan)

Kids Pastry Classes bersama Chef Nanda

Peserta kegiatan ini adalah anak-anak para emak yang ikut serta nih. Lotte Choco Pie memberikan inspirasi dengan menghadirkan kelas memasak bagi anak-anak. Memasak ini selain bisa jadi kegiatan yang seru untuk mengisi waktu jelang buka puasa, juga bagus untuk menstimulasi motorik anak. Pantesan ya di sekolah Raya ada kelas memasak rutin tiap minggunya, hehehe. Dipandu oleh Chef Nanda, si kecil diajarkan membuat dessert lezat dan cantik dengan bahan dasar Lotte Choco Pie. Lotte Choco Pie yang mereka hias ini bisa banget lho jadi makanan untuk berbuka puasa.








Anak-anak diberikan aneka warna fondan yang bisa dibentuk dengan luwes. Ada juga seperti manik-manik atau hiasan kue yang seperti perhiasan. Semua bahannya bisa dimakan lho, hahaha. Perlengkapan lainnya juga serius, ada celemek dan topi ala chef, ada penggiling adonan, cetakan dan lain sebagainya. Chef cilik beraksi, yeaaay!






Lotte Choco Pie Creative Competition

Kids pastry classes tadi hanya untuk anak-anaknya saja, nah Lotte Choco Pie Creative Competition ini jadi ajang unjuk gigi emak dan anak-anaknya. Tiap tim ditantang untuk berkompetisi menghias Lotte Choco Pie sebagai momen Together, more. Sudah bisa diduga yah ini pastilah heboooh, hahaha. Entah heboh anaknya yang menghias semaunya atau mamaknya yang heboh bikin hiasan cantiknya, hahaha. Dalam lomba ini anak-anak bisa belajar soal kerjasama, teamwork dan berkompetisi secara sportif.





Games dan Booth Seru

Di booth yang saya sempat sebut sebelumnya, ada games seru juga buat para pengunjung yaitu Tebak Tumpukan Lotte Choco Pie dan Trick Art Photobooth di bulan sabit 3D Lotte Choco Pie. SPG yang bertugas juga membagikan sampling bagi warga sekitar yang datang ke masjid untuk bisa mencoba kelezatan Lotte Choco Pie. Yuummmy.






Tausiyah Interaktif Bersama Ustad Wildan dan Kak Muis

Setelah seru-seruan di booth, ada drama boneka dan tausiyah juga lho. Kak Muis bercerita dengan sangat interaktif. Drama boneka yang ia bawakan juga membuat anak-anak yang datang menjadi terhibur. Kak Muis bercerita tentang Perang Badar yang berlangsung saat Ramadhan dan bagaimana Rasululah SAW dan para sahabat tetap tangguh meski sedang berpuasa Ramadhan. Subhanallah. Kak Muis juga pandai menirukan berbagai macam suara lho. Seperti ada sound effect organik, hihihi.

Kak Muis serius banget yah, hihihi


Wajah riang puluhan anak yatim mendengar cerita Kak Muis



Ustad Wildan menyampaikan tentang keutamaan puasa, terutama soal sahur dan berbuka. Sahur dan berbuka merupakan pembeda antara puasa umat Islan dengan yang lainnya. Sahur juga jangan di skip, karena di dalam sahur ada manfaat dan keberkahan bagi tiap orang yang berpuasa. Well noted, Ustad.


Ustad Wildan in action

Lotte Choco Pie juga berbagi kebahagiaan bersama 50 anak yatim dari panti asuhan dengan memberikan paket Lotte Choco Pie, perlengkapan sekolah, uang dan makanan berbuka puasa. Alhamdulillah, bisa juga belajar berbagi dari acara ini yah.



**

Acara berbuka puasa bersama makin seru karena emak-emak berkumpul dan buka puasa bareng di aula masjid. Menyenangkan sekali buka puasa sambil ngobrol tentang serunya acara sepanjang sore kemarin. Sebelum pulang, diumumkan juga ibu-anak pemenang lomba menghias Lotte Choco Pie. Semua pulang dengan hati senang dan penuh kesan.



Rangkaian acara "Ramadan, together" masih ada di Sabtu-Minggu tanggal 17-18 Juni 2017 ini lho. Catat lokasinya ya, Masjid Al Ikhlas BSD. Untuk info lebih lengkap bisa langsung juga kepo-in sosial medianya ya.

Instagram : @lottechocopie.id

Thank you Lotte Choco Pie dan KEB. Kisses!





Love you life. :D

Wassalamu'alaikum wr wb.

16 comments:

  1. Seru yaaa mak,ini acara bikin kangen

    ReplyDelete
  2. haha tingkahnya si ucul ngegemesin banget ya wkwkwk. Namanya juga anak-anak apalagi dia belum punya adek, hayooo cepet bikin biar ada temannya dan tambah heboh deh mamanya wkwkwk. Wahhh ternyata ketika acara Lotte ini daku dicandid lagi hahaha. Soalnya ga sadar sih, jadi ikutan seseruan deh kayak anak-anak sore itu wkwkwk

    ReplyDelete
  3. Tahun depan Naya ikutan puasa kaya kaka una yaaa. Alhamdullah mama naya udh ngajarin apa itu puasa ya, tinggal eksekusinya aja nih tahun depan. Emang ngga boleh dipaksa, khawatir klo dipaksa jadi ngga ikhlas puasanya. Kegiatan jelang buka puasa itu emang obat banget buat ngediemin si kecil klo rewel minta buka puasa. Ajak ngabuburit pasti deh mereka suka. Walau cuma buat beli es :)

    ReplyDelete
  4. hai hai Lisna, ah seneng lihat foto2nya Lisna tapi emang ya acaranya seru banget, pengennya sih bisa ajak anak ke sini, lihat anak2 yang dateng kayaknya happy banget :D

    ReplyDelete
  5. Entah kenapa yg gue pikirin adalah, kalo Naya ikutan sama Darell kaga ada ituh kita bisa mejeng pepotoan2 sok cantik kayak gitu hahahhaha... Yg ada lemes ngejar2 dan ngikutin mrk

    ReplyDelete
  6. Komitmen Lotte Choco Pie untuk selalu mendekatkan ibu dan anak di bulan Ramadhan memang harus didukung mba. Smoga kegiatan ini bisa dilakukan di berbagai daerah ya

    ReplyDelete
  7. Acaranya seruuuu... Gak nyesel dateng jauh-jauh dari Bandung :)

    ReplyDelete
  8. Acaranya bikin nagih anak-anak neh. Eh ada foto aku. Mauuuu

    ReplyDelete
  9. Sayang kemarin anakku ga bisa ikut hiks, padahal dia suka banget ngehias choco pie

    ReplyDelete
  10. Nayaaaa, kamu gemesin amat siih. Ih suka gk bs nahan diri klonliat anak perempuan aku. Haha. Maaf komrn oot

    ReplyDelete
  11. Tersister potonya bagus2 ya..dan LCP sukses buat anak2 hepi

    ReplyDelete
  12. aku fokus ke naya mba.. subbahanalloh cantik banget *kiss kiss dari jauh*
    www.sistersdyne.com

    ReplyDelete
  13. Naya....kangen deh :(
    Seru banget sih mam jadi mahmud, akoh pengen :D semoga tahun depan sudah jadi mahmud ya kak (aamiin) malah numpang doa wkwkwkwk,s iapa tau diaminkan seluruh warga.

    BTW itu lotte chocopie bisa dikreasikan juga yak.

    ReplyDelete
  14. Uww seru banget ini ngabuburit bareng chocopienya

    ReplyDelete
  15. waaah aku juga mau tuh berkreasi dengan lotte choco pie nya

    ReplyDelete