Follow Me @lisna_dwi

November 06, 2017

Serunya Dongeng Digital Augmented Reality dalam Aplikasi So Good CERDIK



Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Naya anak saya sempat punya kendala dalam komunikasi atau kemampuan berbahasa. Sempat kelimpungan lah dulu karena si ucul Naya sempat "ditolak" untuk masuk PAUD karena belum lancar bicara dan mengkomunikasikan yang ia rasakan. Sempat patah hati dan merasa bersalah karena setelah konsultasi ke dokter tumbuh kembang anak salah satu penyebabnya adalah karena si ucul terlalu banyak menonton baik itu dari televisi maupun smartphone. Padahal saya dan suami merasa ngga membiarkan Naya sampai addicted dengan gadget atau tontonan. Kalo anak lain mungkin bisa baik-baik aja walau diberi tontonan atau gadget, tapi tidak dengan Naya. Fiuuuh, pernyataan tiap anak itu beda ya begitulah yang kami alami.

Naya selalu serius saat nonton lagu atau film anak-anak dari smartphone.

Manfaat Membacakan Cerita Bagi Anak

Saat itu Naya puasa nonton dari TV, DVD atau gadget kurang lebih selama 3 bulan. Salah satu cara menstimulasi yang baik untuk kemampuan komunikasinya adalah dengan sering mengajaknya bercerita dan membacakan dongeng. 

Manfaat membacakan cerita atau dongeng ada banyak lho, beberapa di antaranya adalah :
- Menambah kosa kata, pelafalan kata serta intonasinya.
- Memberikan pesan moral yang positif dari para pelaku dalam cerita.
- Mengenalkan berbagai macam emosi yang bisa dirasakan seseorang, seperti misalnya bahagia, sedih, marah, empati, simpati dan lain sebagainya.
- Memberikan pengetahuan baru dari berbagai macam benda, tempat, makanan yang bahkan belum pernah anak lihat, rasakan atau kunjungi sebelumnya. Sehingga anak bisa melatih imajinasi dan pola pikirnya.
- Memaksimalkan kecerdasan anak karena saat membaca otak anak akan bekerja lebih aktif untuk memproses informasi yang ia terima melalui cerita tersebut. Simpul-simpul saraf di otak pun kian banyak tersambung. Alhasil, anak akan semakin cerdas.
- Last but not least, meningkatkan bonding atau kedekatan antara ibu dan anak.

Naya suka cerita bergambar dengan warna-warni yang cerah. 

Kala itu sih, Naya hanya saya ajak berinteraksi dengan membacakan dongeng dari buku cerita konvensional. Yah namanya juga kudu jaga jarak dulu sama gadget yaaa, mama pasraaaah, hahaha. Sekitar setahun yang lalu buku cerita dalam bentuk digital augmented reality rasanya kok ya masih mahal. Padahal naksir berat tuh karena bisa memanfaatkan smartphone atau tablet, gambarnya seperti muncul keluar dan pasti bikin anak tertarik kan karena jadi seperti lihat film 4D, hohoho.

Baca juga Lagu Pertama Naya.

Thanks to So Good deh buibuuuuu. Sekarang kita semua bisa mendongeng buat anak menggunakan buku cerita digital augmented reality bernama So Good CERDIK dengan lebih mudah ngga pakai mahal. Aplikasi So Good CERDIK ini bisa diunduh secara gratis di Google Play Store dan kartu untuk bermainnya bisa didapat tiap pembelian produk So Good Siap Masak (Bakso, Nugget, Stick, Seafood, Shaped Nugget, Whole Muscle, Sausage) kemasan 400 gram. Kartu berbingkai yang ada di dalam kemasan So Good Siap Masak ini berisi 3 dongeng pilihan. Kece banget kan?! 

Cara Menggunakan Aplikasi So Good CERDIK untuk Bermain dan Mendongeng

Setelah kamu berhasil download aplikasinya di Google Play Store, jangan lupa lengkapi dulu kartu berbingkainya ya. Smartphone atau tablet kamu harus yang sudah mempunyai kamera yaaa.. Cara memainkannya cukup mudah, arahkan kamera dari dari aplikasi So Good CERDI ke kartu So Good CERDIK. Voila! Akan muncul berbagai pilihan dongeng anak. Cerita yang bisa dipilih adalah yang sesuai dengan judul pada kartu ya buibuuu.. Si kecil bisa bermain bareng adik dan kakak serta teman-temannya. Tentu saja kita para buibu atau pakbapaknya bisa mendongeng dari cerita yang menggunakan teknologi digital kekinian Augmented Reality (AR), hihihi.

Tampilan aplikasi So Good CERDIK

Menu pada aplikasi So Good CERDIK

Pilihan Dongeng Digital Interaktif dalam So Good CERDIK

Arahkan kamera dari dari aplikasi So Good CERDIK ke kartu So Good CERDIK.

Arahkan sesuai dengan judul pada kartu So Good CERDIK ya.

Kartu So Good CERDIK

Selain bermanfaat untuk anak-anak, aplikasi So Good CERDIK ini berfaedah juga buat ibunya. Really? Tralala Treally ly ly deh mak, hahaha. *eaaaaa krik krik* Faedahnya adalah ibunya bisa nyontek berbagai resep endeus surendeus yang ada dalam menu Resep. Ada 3 macam kategori menu yang bisa buibu praktekkan; bekal sekolah, enjoy snack dan family party.

Aneka resep dalam So Good CERDIK

Resep dalam So Good CERDIK

Resep dalam So Good CERDIK

Resep dalam So Good CERDIK juga bisa di-share ke sosial media lho.

Masih bingung cara pakainya? Nanti kalo kartu berbingkainya sudah ada di tangan buibu sekalian juga ngga akan bingung kok, karena petunjuk penggunaan ada di bagian belakang kartu. Biasakan membaca yaaaa.. Uhuk. Tapi kalo kamu anaknya lebih suka petunjuk dalam audio visual bisa langsung klik link Youtube berikut ini ya :

So Good CERDIK - Cerita Digital Interaktif 

Kalo buibu merasa smartphone atau tabletnya sudah kepenuhan berbagai macam aplikasi. Iihhh coba itu digeser-geser ruangan di memory gadgetnya supaya memuat aplikasi So Good CERDIK, hihihi.

Ada banyak manfaat menggunakan So Good CERDIK ini lho :
1. Sebagai aplikasi alternatif yang mendidik bagi anak saat mendapat jatah pegang gadget.
2. Seperti yang saya paparkan sebelumnya, dongeng berfungsi sebagai salah satu yang bisa mempererat bonding antara anak dan orangtua. Ibu praktek resep enak-enak yang ada di dalamnya juga disinyalir bisa membuat suami dan anak-anak makin happy.
3. Manfaat membacakan cerita banyak sekali. Salah satunya melatih imajinasi anak. Tiga pilihan dongeng yang terbagi dalam 4 seri bersambung ini bisa jadi pilihan untuk teman mendongeng anak.
4. Berfaedah tidak hanya untuk anak, tapi juga untuk ibunya dong yaaa..
5. Resep yang ada di So Good Cerdik praktis dan bervariasi. Cucok meong buat menu sehari-hari, hihihi.
6. Kartu So Good CERDIK dikemas dalam bingkai menarik yang bisa difungsikan sebagai bingkai foto lho. Warna-warninya bagus pula.
7. Buat orangtua yang technology savy alias lebih suka apa-apa pakai sesuatu dari dunia digital, nah pas banget deh So Good CERDIK ini akan jadi investasi manis dalam gadget kesayangan buibu dan pabapak sekalian. Ngga makan tempat pula karena ringkas kan ya bentuknya aplikasi. Cuma butuh sedikiiiit aja memori. Relakanlah buuuu, relakaaaan.. *hapus foto-foto*

Bagikan Kisah Seru Saat Bermain So Good CERDIK dan Menangkan Kamera Mirrorless!

Kawan, kalo merasakan sesuatu yang bermanfaat dan seru, patutlah dibagikan dan disampaikan ke khalayak ramai, hehehe. Setelah mengoleksi dan mengalami sendiri manfaat dongeng dan resep yang ada dalam aplikasi So Good CERDIK, langkah selanjutnya berarti kamu wajib share kisah seru saat bermain So Good CERDIK bersama buah hati. Atau ketika buah hati asik bermain So Good CERDIK bersama teman atau saudara. Dalam bentuk apa? Ceritakan dalam bentuk blog lalu ikutan lomba yang diadakan oleh Kumpulan Emak Blogger dan PT So Good Indonesia.

Bagikan Kisah Seru Saat Bermain So Good CERDIK dan Menangkan Kamera Mirrorless!

Naya pilih cerita di aplikasi So Good CERDIK


Bagaimana cara ikutan Lomba Foto Bercerita So Good CERDIK? Saya kutip langsung dari website Emak2Blogger yaaa.. 


  1. Lomba Foto Bercerita So Good CERDIK berlangsung dari tanggal 28 September hingga 30 November 2017.
  2. Kompetisi terbuka untuk untuk umum, baik member KEB maupun belum menjadi member KEB. Blogger laki-laki maupun perempuan,  terkecuali agency dan dan vendor-vendor yang berhubungan dengan PT So Good Food.
  3. Peserta adalah WNI, berdomisili di Indonesia dan memiliki kartu identitas yang masih berlaku.
  4. Peserta wajib mendaftar pada Form Pendaftaran Peserta di link pendaftaran yang ada di halaman ini. Penyelenggara menyediakan support pembelian produk Rp 50.000/peserta untuk 100 pendaftar pertama yang akan dikonformasi melalui email.
  5. Submit link lomba pada Form Submit Link Lomba di link yang ada di halaman ini.
  6. Peserta wajib like & follow akun media sosial KEB, yaitu Facebook Kumpulan Emak Blogger , Twitter @Emak2Blogger dan Instagram @emak2Blogger .
  7. Peserta wajib like & follow akun media sosial So Good yaitu, Facebook , Twitter dan Instagram .
  8. Kartu So Good CERDIK bisa didapatkan untuk setiap pembelian produk So Good Siap Masak (Bakso, Nugget, Stick, Seafood, Shaped Nugget, Whole Muscle, Sausege) kemasan 400 gram.
  9. Bebas menggunakan platform blog apapun, Blogspot, Self domain, WordPress, Blogdetik dan lain-lain.
  10. Foto Bercerita yang dipost oleh peserta dalam blog harus menunjukan produk So Good CERDIK.
  11. Peserta menyertakan foto (minimal 3 foto bercerita atau dalam bentuk collage), dan cerita kemesraan dan kebersamaan antara anak – ibu atau anak – ibu – teman anak atau anak – ibu – ayah, saat bermain So Good CERDIK bersama.
  12. Peserta wajib posting foto bercerita (yang ada dalam blog post lomba) ke 2 akun media sosial personal masing-masing dan mention akun SO Good dan KEB (baik di Facebook, Twitter atau Instagram). Gunakan hashtag wajib : #SOGOODCERDIK dan #KEBxSOGOOD
  13. Editing foto diperkenankan hanya sebatas warna, kontras, dodging, burning, rotating, cropping, dan texting.
  14. Peserta boleh submit  lebih dari satu karya foto bercerita dengan syarat foto dan cerita yang diunggah adalah kreasi yang berbeda, dan dengan catatan hanya akan berkesempatan memenangkan 1 hadiah saja.
  15. Pemenang wajib memberikan data diri lengkap beserta alamat dalam jangka waktu 2×24 setelah pemenang diumumkan kepada pihak Kumpulan Emak Blogger (KEB).
  16. Penilaian untuk menentukan pemenang akan ditentukan berdasarkan hal-hal berikut ini : 1) Karya cerita mengandung cerita/kisah mengenai manfaat produk terhadap anak dan keluarga dan cerita juga menyiratkan kebersamaan. Akan mendapatkan nilai lebih jika melampirkan pesan moral yang dapat menginspirasi keluarga Indonesia lainnya. 2) Karya foto menampilkan sisi keceriaan anak bersama ibu/ayah/kakak/adik/saudara/teman dalam kebersamaannya menikmati buku dongeng CERDIK keluaran So Good.
  17. Keputusan juri dan/ atau tim PT So Good Food adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. PT So Good Food dilepaskan dari tuntutan dalam bentuk apapun terkait dengan penilaian juri tersebut.
  18. So Good berhak untuk mempergunakan karya foto bercerita peserta yang telah disubmit/ diunggah untuk kebutuhan promosi So Good dan/ atau kebutuhan lainnya.
  19. Hati-hati terhadap penipuan. So Good tidak memungut biaya apapun dari kegiatan ini.
  20. Penyelenggara berhak mengubah dan atau memodifikasi syarat dan ketentuan lomba ini tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
  21. Penyelenggara berhak mendiskualifikasi peserta dan atau pemenang yang dianggap melanggar sebagian maupun keseluruhan syarat dan ketentuan lomba.
  22. Penyelenggara tidak bertanggung jawab jika terjadi kesalahan/ kelalaian yang berada di luar pengawasan penyelenggara seperti jaringan internet, sistem informasi, kesalahan peserta dalam memberikan informasi dan kesalahan/kelalaian pihak lainnya yang melanggar Perundangan atau kesusilaan serta ketertiban umum .
  23. Lomba ini tidak dipungut biaya apapun.
  24. Pemenang akan dihubungi langsung oleh pihak Kumpulan Emak Blogger
  25. Dengan mengikuti kompetisi ini maka peserta dianggap telah mengetahui dan menyetujui seluruh mekanisme serta syarat dan ketentuan tersebut di atas.
  26. Pemenang terpilih akan mendapatkan hadiah menarik dari PT So Good Food, seperti: 1 Juara 1: Camera Fujifilm Mirrorless - 1 Juara 2: Tablet Samsung - 1 Juara 3: Samsung Smartphone - 10 Juara Favorit : masing-masing uang tunai @200 Ribu
  27. Pajak hadiah ditanggung PT So Good Food.

Share keseruannya yaaa, abaikan ekspresi mamaknya, hahaha.

Sambil baca dongeng dari aplikasi So Good CERDIK, bisa sambil bonding sama anak nih. 


Biarkan si kecil bereksplorasi.


Untuk info lebih lengkap, bisa klik link berikut ini yaaaa : www.emak2blogger.com/sogoodcerdik


Yuk tunggu apalagi, buruan download aplikasinya, beli So Good Siap Masak 400 gram dan rasakan keseruan dongeng digital Augmented Reality (AR) hanya di aplikasi So Good CERDIK!

Love you life. :D

Wa'alaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

36 comments:

  1. darell suka banget nih baca cerita dongeng dari So GOOD CERDIK, nagih hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus soalnyaa, ada suara-suara yang bikin ambience cerita makin terasa.

      Delete
  2. Kayaknya Naya seneng banget ya liat dongengnya. Ini multifungsi bgt belanja bahan makanan dpt dongen buat anak dan resep buat ibu. Ntaps :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naya terbawa ke dalam cerita niaa, makanya serius tuh, hahaha. Iya multifungsi, mama papanya juga doyan So Good-nya, hihihi.

      Delete
  3. RAya suka nih nuget so good, dan kmrn pas ada kartunya seneng gitu dimain2in. Nyoba donlod di tab entah kenapa ngga bisa dibuka, mungkin tabnya lelah hahahah ntar nyoba lagi ah biar bisa seru mainin kayak Naya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin tandanya harus beli hape yg android ya biar lancar, hahaha..

      Delete
  4. Anakku blm pernah mb..jadi pengen nyobain ke Alya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, tgl beli So Good siap masak yang 400 gram, hape berkamera, bisa langsung dapat cerita augmented reality deh.

      Delete
  5. Wah inovasi baru lagi yak. Bagus juga nih buat adekku~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya buat adek kamu cucok niiih. Ramean mainnya seruuuu..

      Delete
  6. Pas ngarajin ke camera kok nggak kedetek yaa mbaa 😥

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastikan gambar dalam frame terlihat semua dalam monitor hp ya mba, dan jangan terlalu jauh, atau terlalu dekat sampai 1 layar terisi framenya semua.

      Delete
  7. Waaa bisa dicontek nih buat ponakan, tantenya bagian ngabisin So Goodnya tapi :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asal di momong itu ya ponakannya tanteee, hahaha..

      Delete
  8. Wah.. keren.... mau ah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuss mba beli dan ikutan..

      Delete
  9. minggu kemarin beli so good nugget dino dan ada itu kotak dongeng yg blom aku buka dan apa2in sampe sekarang, mamacih mak lisna infonya super kompliiiit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mainkan maaak, dan ikut lombanya, hihihi. Masama maak.

      Delete
  10. Asik kayaknya cara mengalihkan yang baik ini Soalnya gak mungkin anak gak maen hape ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sekarang agak susah menghindari anak ngga main hape ya mak, nah cara mengalihkan yang baik ya dengan aplikasi bermanfaat begini deh.

      Delete
  11. asyik ya, anak dapet dongeng, emak dapat resep, keluarga makan enak hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooh mak, semua kebagian manfaatnya, hehehe.

      Delete
  12. Aku mau install ini ah.. Anak2 pasti seneng kalo liat cerita model begini :D. Ini berarti ada di setiap produk so good ya mba.. Okelah... Produk so goodnya sendiri sih aku suka. Baru tau tapi skr ada kartu ceritanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di produk So Good siap masak yang 400gram ya mbaa.. Selamat bermaiin. :D

      Delete
  13. oh aku baru tau hadiah kartu itu cara mainnya begitu wkwkwk uda 2x ini beli so good terus dapat kartu gituan mba ucul lah aku ga tau caranya akhirnya rusaklah sama neyna wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mainkan kakaaak. Terus jangan lupa ikutan lombanya, kamu kan jagoan kalo lomba blog kakaaak..

      Delete
  14. Wahhhh kayaknya seru banget yaaa..jadi pengen coba nih.

    ReplyDelete
  15. Mba Lisna.. anaku juga udah 3 tahun masih telat bicara, udah satu tahun lebih ikut terapi wicara dan sensori integrasi tapi masih belum lancar dan jelas juga ngomongnya, kayaknya seru banget yah ini dongeng digital augmented nya.. keren deh ih terobosannya So Good !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba stop gadget dan tontonan sama sekali deh neng. Naya puasa 3 bln tuh kemarin. Iya seru ini dongengnya, kayak hiduuup, hohoho.

      Delete
  16. anak saya juga senang banget dengar cerita lewat gadget. tapi perlu dibatasi juga ya. soalnya takut keterusan main gadget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju kak, tetap harus dibatasi juga sesuai dengan usia dan kebutuhan.

      Delete
  17. seru ya, klo gadget bisa bermanfaat gini. anakku paling main gadget buat nyanyi2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seruuu, cuss selain buat nyanyi tambah bisa buat bercerita ni manfaat gadgetnya, hihihi.

      Delete
  18. lagi nyari so goodnya nggak ada disupermarket di banda aceh biasa belanja mungkin di indomaret ada, nggak sabar ingin nyobain juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kaak, cuba dicari-cari di Indomaret atau Alfamart biasanya ada.

      Delete