August 28, 2016

5 Alasan Menginap Di Hotel Alila Solo



Assalamu'alaikum wr wb,

Ada yang berencana ke Solo? Entah karena pekerjaan atau memang ingin plesiran? Kalo saya maunya si karena liburan, hehehe. Beberapa kali singgah ke Solo, seperti halnya Yogyakarta, hanyalah untuk agenda kantor saja. Belum pernah sengaja datang ke kotanya hanya untuk wisata. Yah walaupun belum ada rencana kapan mau ke Solo, saya suka iseng browsing mau menginap dimana, hihihi. Terus kumpulin informasinya buat suatu waktu nanti ada kesempatan mampir, sudah tinggal booking deh.

Dari sekian banyak hotel di Solo, ada yang saya taksir nih, namanya Alila Solo. Kalo saya cek di berbagai review, nilainya 9 dari 10. Bagus banget berarti kan. Jadi saya penasaran deh cari tau, kenapa si orang-orang sampai kasih nilai segitu bagusnya buat hotel ini?!


1. Pelayanan yang ramah dan membuat tamu nyaman

Setelah saya baca review yang ada dengan seksama, sebagian besar setuju bahwa Alila Solo memberikan pelayanan yang sangat ramah dan mengedepankan kenyamanan selama tamu menginap. Buat saya yang memang menjunjung tinggi yang namanya pelayanan, kalo mendengar servicenya bagus dan ramah, inshaa Allah pasti balik lagi. Kadang walaupun ada kekurangan di suatu hotel yang saya tinggali, tapi karena misalnya staffnya begitu baik dan responsif, kekurangan itu jadi saya maklumi, hehehe. Di beberapa spot di hotel bahkan kamar diberikan wewangian herbal yang relaks dan membuat nyaman penggunanya.

Salah satu staf yang sedang bekerja


2. Letak yang cukup strategis 

Lokasinya berada di Jalan Slamet Riyadi No 562, Solo, Indonesia, 57144. (Link Peta). Kalo dilihat si cukup dekat kemana-mana. Dari Bandara Adi Soemarmo jarak tempuh ke hotel kurang dari 6 Km saja. Hanya 2,9 Km ke Solo Paragon Lifestyle Mall. Kalo buat saya bukan ke mallnya si tujuan utamanya, tapi kalo ada butuh beli sesuatu dekat dengan mall itu menjadikan perasaan ini lebih aman, hahaha. Lalu, hanya 4 km untuk ke Istana Mangkunegaran dan Perpustakaan Museum Radya. Dua tempat yang saya sebut barusan kayaknya wajib banget deh dikunjungi kalo ke Solo, terutama buat kamu yang suka wisata seni, budaya dan sejarah. Selain itu, 5 km saja ke Pasar Klewer buat berburu batik. Asik kan?! Meskipun letaknya cukup strategis, dari beberapa review mengeluhkan susah mencari taksi. Jadi mungkin soal transportasi ini bisa diantisipasi teman-teman yang akan menginap ya.

Bagian Istana Mangkunegaran
Wisata batik Solo


3. Fasilitas hotel lengkap dan mewah

Buat pasangan yang mau romantis-romantisan, Alila Solo cucok. Buat yang mau bawa keluarga, juga oke. Buat yang mau ada acara kantor juga bisa. Setidaknya 3 kebutuhan tersebut dari berbagai ulasan yang ada matching si. Ada beberapa fasilitas yang menarik perhatian buat saya :
- Kolam renangnya bagus dan luas.
- Fitness center lengkap dan viewnya langsung ke kolam renang.
- Spa di sini katanya si numero uno, harga dan kualitasnya sepadan.
- Ruang pertemuan yang cukup banyak dan besaaaar, langsung kepikiran kalo ada acara kantor dengan customer di Solo bisa banget nih dipakai.
- Ada salon kecantikannya booo.. Jadi ngga perlu repot-repot ni nyari salon kalo ada acara atau sekedar perawatan kecantikan.
- Ada Jacuzzi untuk yang menginap di kelas executive.
- Restorannya bermenu lengkap, ada menu khusus untuk orang yang butuh makanan bebas glutamat  dan vegetarian.
- Ada money changer.
- Fasilitas high tea dengan dessert enak, ngopi ngeteh cantik gitu maksudnya.
- Wifi di seluruh area hotel.









4. Children & disability friendly 

Nah ini menurut saya harus masuk point tersendiri. Karena saya ibu dengan 1 anak balita. Dan mungkin ada juga penyandang disabilitas yang butuh fasilitas khusus selama menginap. Kenapa children friendly? Karena ada beberapa fasilitas yang memang disediakan untuk anak, seperti klub anak, penitipan anak (baik yang free atau kena charge), acara hiburan anak, kolam renang khusus anak dan selalu tersedia high chair untuk bayi. Sip, ngga akan bosan deh si kecil kalo ikut.

Lalu Alila Solo juga bisa dibilang memiliki akses yang bagus buat disabilitas. Untuk disabilitas juga disediakan beberapa fasilitas khusus seperti : jalan bagi penyandang disabilitas, parkir khusus, dan peralatan tertentu yang dibutuhkan. Mungkin untuk yang saya sebut terakhir harus dikonfirmasi ulang ke pihak hotel yaa..

Hotel dengan akses bagus bagi disabilitas

5. Value for money

Buat saya ini salah satu alasan penting juga. Kadang ada aja tuh yang labelnya bintang 4, tapi standarnya sama kayak kelas melati, jadi merasa rugi dong udah mengeluarkan uang untuk hotel macam itu. Tapi lagi-lagi dari testimonial orang banyak, semua setuju kalo menginap di Alila Solo worth the money. Kalo intip harganya si, dimulai dari 900ribuan per kamar, mendapat fasilitas segambreng, makanan enak dan pelayanan sangat baik. Value for money menurut saya.


Menurut kamu gimana? Kalo ada yang mau pergi dalam waktu dekat si bisa langsung Pesan Sekarang si, hohoho. Biasanya suka ada aja lho promo-promo yang lumayan oke. Doakan saya bisa menyusul ke Solo juga yaaaa, hihihi. Aamiin ya rabbal alamin.

Love you life. :D

Wassalamu'alaikum wr wb.

26 comments:

  1. Waaah bisa nih jadi rekomendasi buat nanti jalan-jalan ke Solo, dah lama suami pengen ke Solo tapi rodo bingun nginep dimana, ntar coba Alila deh.. cus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cusss, dicobain. Tapi katanya taksi rada susah san, jadi pertimbangkan soal menyewa mobil atau resrve taksi bbrp jam sebelum brangkat.

      Delete
  2. Rekomendasi hotelnya bagus Lisna, masukin dalam list di save kali aja soon bakal jalan2 ke solo ye kan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes akupun naksir aiiii. Aamiin ya, semoga bisa ke solo trus nginep deh di sanaa..

      Delete
  3. Wahh cakep hotelnya yaa :) butuh liburan sangaaattt :")

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga butuh liburan mamih witha :') *siapaelo*

      Delete
    2. Cusss, sekalian ke jogja mba withaa. Road trip seru loh. :D

      Delete
  4. Wah menarik banget bagian akses khusu disabilitas dan makanan khusu vegetariannya. Cool!

    maaci infonya sis ku jadi dapet ilmu baru *asik*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masama sis bayiiii. Kamu butuh liburan juga ya?! Nanti kita liburan basamo yesss, aamiiin, hohoho.

      Delete
  5. Wallpaper kamarnya keren bangeeet ya pake sentuhan budaya gitu, wayang-wayang. Bisa jd rekomendasi kalau suatu saat ke Solo. Thanks sharingnya mba Lisnaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes kereen banget, akupun mupeng. Reviewnya bagus2 pula. Sama2 neng retno.

      Delete
  6. Kamarnya keren-keren banget yaa, wajib coba nih tampaknya klo ke Solo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya anin, keren2. Betuuul kudu dicobain kalo ke solo.

      Delete
  7. wuiihh hotelnya bagus ya.. udah gitu kids friendly lagi.. paling seneng deh klo ada hotel yg menyediakan fasilitas buat anak.. mudah2an bisa nyobain menginap disitu nanti..

    btw salam kenal ya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener bangeeet. Akupun jd pertimbangan tuh soal kids friendly itu. Salam kenal mba nikeee..

      Delete
  8. Paling kece di solo nih menurut aku :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh aku harus nginep di sini berarti, valid plg kece ni hotel. Recommended by nia,hihi.

      Delete
  9. Kalo udah masuk hotel mah ini jadi mager kemana-mana hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya juga si, fasilitasnya lengkap soale,hahaha.

      Delete
  10. Bisa jadi referensi pas mudik ke karanganyar nih. Iya di solo memang agak sulit mendapatkan taksi yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah cusss biar ada suasana baru pas mudik. Nah soal taksi aku jg baca review2 yg lain gitu, agak syulit.

      Delete
  11. catettt :) selama ke solo baru nyobain Ibis sama Novotel. Alila menggoda sekaliii. thank you reviewnya lisnaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beneer kudu dicateeet,hehehe. Nah pas kan blum cobain, sila dicoba,hehehe. Sama2 listia.

      Delete
  12. sering kesini, lha saya orang Solo :D

    ReplyDelete