Follow Me @lisna_dwi

October 24, 2017

Manfaat Rebusan Daun Sirih dalam Praktisnya Resik-V Godokan Sirih



Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Area kewanitaan sangatlah penting buat perempuan. Karena bukan saja buat diri sendiri, area kewanitaan ini juga persembahan terindah buat pasangan halal alias suami, uhuk. Ada kalanya area private ini mengalami gangguan. Bukan gangguan sinyal, tapi gangguan berupa keputihan. Kalo kulit yang keputihan mungkin masih kece semacam artis. Tapi kalo miss V yang keputihan, alamaaak kasian si wanitanya juga kasian suaminya, eaaaa, hahaha.

Pengalaman Keputihan

Kamu (atau istri kamu) pernah keputihan? Saya pernah. Ketika masih gadis dulu saya hampir ngga ingat pernah apa engga keputihan. Mungkin pernah ya, tapi karena jarang sekali sampai ngga membekas di ingatan. Lain halnya ketika sudah berkeluarga, lalu hamil, dan pakai alat kontrasepsi. Entah kenapa saya jadi rentan keputihan, huhuhu. Paling parah sih waktu hamil dulu, huhuhu. Akibatnya ngga main-main lho, keputihan yang banyak ini bisa bikin kontraksi kakaaaak.. Ihiks.

Alhasil saya yang tadinya ogah menggunakan sabun antiseptik khusus area kewanitaan mau ngga mau harus pakai. Lalu harus sering ganti celana dalam. Kalo habis buang air harus dikeringkan dengan benar. Kalaupun pakai panty liner harus diganti tiap 3-4 jam sekali. Rempong? Iya sih, tapi kebiasaan tadi harus selalu dilakukan demi si keputihan ngga balik lagi. Mamih menyarankan untuk cebok dengan air rebusan daun sirih. Sekali dua kali masih saya lakukan, selanjutnya ngga sempat kakaaak.. Belum lagi cari daun sirih di Jakarta itu ngga gampang lho. Belum tentu di pasar tiap hari ada. Apalagi di Carrefour, hahaha.

Selepas hamil, keputihan kadang hadir tapi masih dalam tahap normal. Lalu ketika saya mudik ke kampung halaman suami di Sumatera Barat dan kemudian harus melalui perjalanan berjam-jam, keputihannya mulai ngga wajar. Jadi balik dari mudik harus ke obgyn buat periksa dan menyembuhkan keputihannya. Saat itu memang dokter bilang karena saya duduk berjam-jam, pakai celana legging, jarang-jarang ganti celana jadilah menyebabkan kelembaban kemudian bersemayamlah itu jamur-jamur nakal. Teori untuk berhenti dan ganti celana 3-4 jam sekali mungkin mudah diucapkan ya. Tapi kalo dalam 28 jam harus berhenti tiap 3 jam lalu ganti ina ini itu, rempong kakaaaak..

Arisan Resik Bersama Resik-V

Udahlah ya pengalaman keputihan dengan segala lika-likunya saya simpan dalam relung hati terdalam. Tsaaah... Hingga suatu hari ada undangan Arisan Resik dari Resik-V dan Indonesia Hijab Blogger di Harlequin Bistro Kemang, dengan cepat saya mengiyakan. Temanya resik banget deh, "Wanita Shalehah: Cantik Resik, Pandai Merawat Diri". Langsung semangat datang karena topiknya menarik buat saya, apalagi saya pernah mengalami keputihan yang bikin ngga nyaman itu, huhuhu. Narasumber yang hadir antara lain dr. Rino Bonti Tri H. Shanti, Sp.OG (Obgyn di RS Hermina Jatinegara), Nadiah Faatimah (Influencer) dan Yuna Eka Kristina (Senior PR Manager PT Kino Indonesia Tbk).


Serba-serbi keputihan

Keputihan sebenarnya umum dialami wanita. Menurut Dr. Rino Bonti, penyebab keputihan bisa karena infeksi ataupun non-infeksi. Leher rahim secara normal mengeluarkan cairan berwarna bening, bersih, tidak berlebihan serta tidak menimbulkan keluhan. Jika warnanya bening, tidak berbau, tidak membuat gatal dan jumlahnya tidak berlebihan masih bisa dikatakan wajar. Seringnya sih keputihan itu datang menjelang masa subur.



Infeksi vagina dapat disebabkan oleh jamur (kandida), bakteri yang berbahaya, atau parasit trikomoniasis. Infeksi di vagina bahkan mungkin saja berlanjut sampai ke saluran indung telur dan menyebabkan terjadinya penyumbatan. Sedangkan penyebab timbulnya keputihan non infeksi, antara lain karena adanya benda asing di vagina, polip serviks, reaksi alergi atau persoalan hygiene yang ngga baik di area miss V.

Lalu kapan sih area organ kewanitaan ini harus diberi perhatian? Setiap saat, setiap hari sesungguhnya sih ya. Hanya saja ketika haid, kebersihan area kewanitaan ini harus mendapat perhatian ekstra dan perawatan sebaiknya dilakukan lebih intensif. Kenapa saat haid harus demikian? Karena biasanya saat haid area miss V cenderung lebih lembab, ya namanya ada cairan keluar ya kaaak. Lalu lembab di area intim seringkali menjadi media subur bagi jamur untuk berkembang biak. Hasilnya keputihan deh.

Dr. Bonti lebih jauh mengingatkan supaya para wanita membersihkan area intim sebaiknya tidak menggunakan sabun karena sifatnya basa. Lebih baik membersihkannya dengan air biasa atau pakai cairan khusus pembersih vagina dengan pH yang sesuai. Selain itu kalo infeksinya ngga berat, sebaiknya ngga usah deh melakukan douching, yaitu menyemprotkan cairan khusus ke dalam vagina. Nulisnya aja bikin ngilu sisss, hahahaha.

Selain itu ada reminder juga dari Dr Bonti soal masih ignorance-nya anak, adik atau saudara perempuan kita yang masih usia sekolah. Karena kebanyakan masih pada cuek, seringnya mereka ngga mengeringkan air yang tersisa setelah membilas area kewanitaan. Padahal yang namanya lembab, apalagi anak sekolahan kan keringetan mulu yak, jadi jamur gampang banget tuh bersemayam. Makanya sedini mungkin anak, adik atau saudara perempuan yang masih pada sekolah diajarkan, diingatkan dan dicontohkan bagaimana cara menjaga kebersihan area kewanitaan.

Membersihkan diri bagi wanita muslim

Pemaparan menarik disampaikan oleh Nadiah Faatimah. Influencer yang juga aktif sebagai penggerak dan motivator organisasi pengidap lupus, pengurus majelis taklim bahkan guru TPA. Nadiah menyampaikan bahwa dalam ilmu fiqih Islam, bagian bersuci atau thaharah merupakan bahasan yang harus dipelajari oleh wanita. Minimal sekali dalam 40 hari, sebaiknya para istri sebaiknya mencukur rambut kemaluan supaya terjaga kebersihannya. Kan area intim ini juga yang bakalan menyenangkan suami, uhuk. Kalo suami istri bahagia, rumah tangga harmonis penuh cinta, tercapailah yang namanya sakinah, mawadah dan warahmah. Ciyeeee, suami mana suamiiii.. hahahaha.

Nadiah Faatimah



Air rebusan daun sirih alami dalam Resik-V Godokan Sirih

Saya sudah tau sejak lama kalo rebusan daun sirih itu bagus buat daerah kewanitaan. Ternyata memang karena salah satu khasiat daun sirih adalah sebagai antiseptik alami. Selain itu juga sebagai anti oksidan dan anti bakteri. Seperti saya bilang di awal, mamih saya menyarankan saya membilas area miss V dengan rebusan daun sirih. Tapi ya itu tadi, ngga praktis, daun sirih sulit didapat dan belum tentu airnya higienis. Lalu Resik-V hadir sebagai solusi bagi para wanita yang ingin merawat dengan resik area organ intimnya.



Yuna Eka Kristina, Senior PR Manager PT Kino Indonesia Tbk lalu menjelaskan bahwa Resik-V Godokan Sirih terbuat dari daun sirih pilihan yang direbus dengan proses produksi yang terstandarisasi dan higienis. Hal ini membuat rebusan daun sirihnya aman digunakan dan tetap terjaga kealamiannya. Dan yang ngga kalah penting, Resik-V Godokan Sirih sudah mendapatkan sertifikasi halal lho. Alhamdulillah, makin pede deh pakai buat miss V.

Apa saja sih yang membuat Resik-V Godokan Sirih ini patut jadi pilihan para wanita? Salah satunya karena praktis kakaaak. Ngga perlu lagi tuh acara merebus air daun sirih. Selain itu aman dan alami karena terbuat dari rebusan air daun sirih asli, bukan KW, hehehe. Proses produksinya higienis menggunakan teknologi yang sudah canggih. Ngga main-main lho, Resik-V Godokan Sirih telah teruji secara klinis dan menunjukkan bahwa daun sirih menghambat bakteri  jahat. Hasil uji mikrobiologinya menyatakan 100% menghambat jamur penyebab keputihan. Selain itu, Resik V Godokan Sirih juga menjaga keseimbangan flora dan PH normal area kewanitaan yaitu antara 3-4. Last but not least, sudah HALAL.

Yuna Eka Kristina, Senior PR Manager PT Kino Indonesia Tbk 

Cara pemakaian Resik-V Godokan Sirih

Cara pemakaian Resik-V Godokan Sirih ini ngga bikin ribet ko. Cukup tuangkan Resik-V Godokan Sirih secukupnya di telapak tangan, basuhkan ke area miss V lalu bilas dengan air, lakukan dengan lembut. Gunakan setiap mandi atau tiap saat dibutuhkan untuk membersihkan area kewanitaan. Buat ibu hamil juga boleh lho karena bahan Resik-V Godokan sirih yang alami dan proses pembuatannya juga higienis. 

Setelah pakai memang enakeuuuun, nyaman dan ngga bikin perih. Ini penting nih yah, karena kalo perih ya berarti ngga cocok dong kakaaaak. Wanginya khas daun sirih, jadi nostalgia masa pas nyium wanginya, hahaha.

Resik-V Godokan Sirih
Cairan Resik-V Godokan Sirih

Serunya Silaturahim sambil Arisan

Nah ini dia yang ngga kalah seru, silaturahim sama teman-teman anggota Indonesia Hijab Blogger lainnya. Dresscode dan nuansa dekor serba hijau bikin segeerr, berasa di Puncak sis, hahaha. Selain dapat ilmu bermanfaat seputar kesehatan area kewanitaan, dapat juga rezeki silaturahimnya. Beberapa sudah saya kenal sebelumnya, beberapa baru kenalan di hari itu, hihihi.










Ternyata ada kejutan lho buat yang outfit terresik, lalu pertanyaan terresik dan yang dapat arisan tentunya. Masing-masing mendapat hadiah dalam amplop. Apa sih isinyaaa? Coba bisikin sini kaaak, hahaha. Tiada afdol kalo lagi kumpul gini trus ngga foto-foto. Stok fotonya pasti banyak sis. :))




Pulangnya dapat hampers cantik yang isinya produk Resik-V Godokan Sirih dan merchandise. Yeaaay, so happy. Thank youuu..

Hampers Resik-V Godokan Sirih


Resik-V Godokan Sirih

Love you life. :D

Wa'alaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

27 comments:

  1. malah keblasuk ke produk untuk perempuan

    ReplyDelete
  2. Mba Lisna.. akhirnya aku bisa real tatap muka di dunia nyata dengan mba lisna.. hihihihihi.. semoga dilain kesempatan bisa bertemu kembali yaa..

    Alhamdulillah aku cocok pakai Resik V Godokan Sirih, wanginya itu lhooo daun sirih banget.. smriiiiwing..

    www.sistersdyne.com

    ReplyDelete
  3. Sebagai calon mante *eaa #arisanresik ini kece banget sih. Jaman gie di smp dulu sering banget di cerewetin buat ceb*k pakai air rebusan sirih. Apalagi para tante yang mau pada nikah, cuma dasar gie males rebus nya ya jadi ga rutin dan akhirnya dilupakan.

    #arisanresik bikin gie makin sadar kalau kita harus aware dan ga boleh males merawat diri apalagi organ intim.

    ReplyDelete
  4. Seru sekali acaranyaa dan lu nampak glowing gituuuu xixixixi

    ehhh ini blm pernah coba, pengen coba ahhhh

    ReplyDelete
  5. ku salfok liat baju2 yg dtg seger2 anet hahahah.. dulu paling repot kl ngurusin organ kewanitaan musti rebus2 dauun sirih, untung lah sekarang udah ada yg praktis tinggal pake & aman :D

    ReplyDelete
  6. Tim ijo kepagian kece bangets ya :D wah iya itu repot nya kalau kudu kepasar beli daun sirih, untung sekarang ada resikV :)

    ReplyDelete
  7. wah, dirimu pake alat kontrasepsi malah keputihan ya. emang cocok2an ya brarti. tp skrg udh hepi dong ya ada resik v. praktis bgt ya kan

    ReplyDelete
  8. Duh ileeh mba Lisna abis arisan Resik V langsung nyariin Misua deh haha .. tapi aku juga suka sih rasanya lebih seger dan bersih ya..

    ReplyDelete
  9. liat fotonya aku suka banget seger banget hijaunya mb ucul syantiek 😍 keputihan emg ganggu kupun sempat keputihan n skrg ga perlu repot lg emang mb pake yg macam resik V dlu jg prnh rasain godok sirih soalnya 🤣😂

    ReplyDelete
  10. Keputihan emang kadang bikin ga nyaman ya, tapi untung skrg ada resik V jd praktis ga usah rebus2 daun sirih lg hehe.. btw seger bgt yaa dresscode kmrn di liatnya.. sesegar miss V kalau habis pake resik V :D

    ReplyDelete
  11. Enaknya skrg udah ada Resik-V Godokan Sirih yaa, jadi ga repot2 ke pasar lagi buat nyari daun sirihnya..

    ReplyDelete
  12. praktis, aku inget lagi mulai mens, ibuku selalu rajin godok daun sirih buat aku

    ReplyDelete
  13. hamil itu ya, sering banget keputihan. etapi ini Resik-V Godokan Sirih aman kan buat ibu hamil?

    ReplyDelete
  14. aku suka sekali ya acaranyaaa seger ijo2

    ReplyDelete
  15. saya juga kadang2 suka pakai ini nih kalau pas dan sesudah datang bulan.
    biar terasa lebih fresh dan gak gatal.

    ReplyDelete
  16. Hay bebih Lisna, ini pertama kalinya aku ikutan acara IHB, ternyata seru dan berfaedah yah. Bloggernya kece-kece. Hahaha. Semenjak dari acara Resik V, gata-gatal daerah V jadi jauh berkurang. Sungguh resik V ngebantu banget hidup eke yang lagi hamil 😂

    ReplyDelete
  17. Mba Lisna cakep banget potonya. Lengkap kuga nih sharing pengalaman dan ilmu dari arisannya, hihi. Pagi ini jan lupa ce**k pake resik v godokan sirih Kakaa :p

    ReplyDelete
  18. Wah iya, alhamdulillah pake Resik V ga perih yaaaa... Soalnya jaman muda dulu pernah nekat pake busa sabun mandi, dan itu periiihhh maaakkk... Urusan keputihan ini udah jadi problem bulananku sejak jaman single, dan makin parah ketika hamil. Yg penting kalau udah parah emang harus ke obgyn ya... Kalau masih ringan bisa pake Resik V aja :D

    ReplyDelete
  19. Cantik dari dalam juga cantik dari luar ya ka, apalagi seorang muslimah harus pandai merawat diri khususnya area kewanitaan, InsyaAllah resik dan cantik

    ReplyDelete
  20. Dulu pas gadis sering keputihan juga sih. Biasanya karena kecapekan. Untung aja masih aman terkendali. Dan pas lagi hamil, sempet juga keputihan. Untungnya cepet lapor ke dokter jadi bisa langsung ditangani.

    ReplyDelete
  21. Wah iya ini masalah kewanitaan yang sering banget dialami kaum perempuan. Makasih sharingnya mbak

    ReplyDelete
  22. MANTAB PRODUKNYA,,,,BARU NYOBA DH BERASA KHASIATNYA.

    ReplyDelete
  23. Alhamdulillah sekarang apa2 jadi makin simple ya mba.. ada resik v godokan sirih ini bener2 ngebantu kita2 para perempuan utk bisa lebih hidup sehat lagi. nice sharing mbaa

    ReplyDelete
  24. Terpesona sama kecantikan kakak-kakak.Keputihan emang ga nyaman bgt dulu suka keputihan tp sekarang ga begitu paling mau dpt aja.

    ReplyDelete
  25. klo lagi keputihan parah emang gak enak banget yaaa. risih banget rasanya. alhamdulillah dari acara resik v ini banyak dpt ilmu baru yaaa

    ReplyDelete
  26. Kamoh cantik anet kakaa:)))

    btw iya nih kalo lg keputihan gengges bangeet ya untungnya ada resik v sabun sirih #tsah

    ReplyDelete