Follow Me @lisna_dwi

August 14, 2017

Kopimana 27, Tempat Ngopi Favorit Di Tebet



Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Belakangan tempat ngopi atau coffee shop makin menjamur. Dari yang berbau internasional sampai yang membawa konsep warung kopi tradisional. Kalo saya sih happy banget karena ternyata membuat saya bisa mengurangi frekuensi pergi ke warkop berlogo putri duyung. Coffee shop lokal ngga kalah ko kualitasnya, bahkan menurut saya lebih enak daripada si warkop putri duyung tadi. Yang sekarang jadi favorit saya saat ini adalah Kopimana 27. 


Awalnya saya menemukan kedai kopi ini ngga sengaja karena mau ngumpul sama teman-teman blogger kesayangan, sebut saja namanya Nia, Aie, Ifa dan Ingga. Kebetulan waktu itu Ingga pas lagi di Jakarta. Isenglah browsing cari kedai kopi di seputaran Tebet dan yang nilainya relatif bagus di berbagai situs review resto dan kafe. Saya pilihlah Kopimana 27 ini dan kebetulan teman Nia ternyata pernah singgah ke sana juga. Dan katanya memang kopinya enak. Klop kalo gitu.

Pertemuan pertama dengan Kopimana 27 sama mereka ini :*

Pas pertama ke Kopimana 27, tempatnya masih kecil sekali. Paling hanya muat maksimal 20 orang kali ya. Kalo sekarang sih sudah lebih luas, ada ruang merokok juga di bagian terasnya. Kunjungan pertama dulu langsung ngikik sendiri waktu baca tagline segeda gaban yang ada di dinding Kopimana 27, "Selayaknya istri, kopi adalah titipan". Eaaaaa, saya sih mau ya dititipin di coffee shop ini lama-lama, hahahaha. Beberapa kopi andalannya pun dinamai unik dan bikin cengar-cengir sendiri. Sebut saja Kopi Dangdut dan Kopi Buatan Istri, hahaha. Untunglah bukan namanya aja yang rada ajaib, rasanya alhamdulillah enak. Maklum sekarang nama menu suka dibikin aneh-aneh padahal mah rasanya biasa aja, hahaha.


Pertama saya datang di April, hanya secuplik ini ruangannya

Menu di Kopimana 27

Buat penikmat kopi hitam asli maupun variasi kopi susu menurut saya akan dipuaskan oleh kopi racikan Kopimana 27. Menu kopinya ada kopi hitam atau mereka sebut Kopi Golongan Asal yang asalnya dari dalam negeri maupun luar negeri. Beberapa daerah asal kopi misalnya Kerinci, Gayo, Toraja dan Gayo Black Honey. Penyuka kopi dan susu pun juga kebagian menu kopi yang enak. Mau kopi ala Vietnam, cappucino atau latte pun ada. Nah favorit saya dan juga jadi andalan Kopimana 27 adalah Kopi Dangdut dan Kopi Buatan Istri. 





Kopi Buatan Istri pada dasarnya seperti kopi susu yang entah dicampur dengan apalagi tapi yang jelas enak, hahaha. Kalo kamu doyan kopi susu tapi dengan rasa kopi yang terasa, Kopi Buatan Istri ini bisa jadi pilihan. Mau yang lebih creamy? Kamu bisa cobain Kopi Dangdut. Menurut saya kopi ini creamy tapi kopinya tetep berasa, ngga cuma creamy dan manis doang ya. Suami saya langsung jatuh cinta waktu saya ajak ke sini dan kemudian minum Kopi Dangdut. Sejak saat itu entah sudah berapa kali kami berdua atau sendiri ke sana untuk beli Kopi Dangdut Kopimana 27 favorit kami ini, hahaha. Kadang kalo lagi mager ya pesan via Go-Food aja. Sekali pesan sekalian buat stok, hahaha.

Kopi Buatan Istri dan Kopi Dangdut

Misalnya kamu kumpul bareng teman atau keluarga yang ngga bisa ngopi, ngga perlu khawatir karena ada berbagai jenis minuman lain yang ngga kalah enak. Kamu bahkan bisa sruput Taylor Swift lho di sana, hahaha. Taylor Swift salah satu jenis minuman non kopi, tapi saya lupa itu apa tepatnya, hahaha.

Makanannya gimana? Menurut saya memang variasi makanannya tidak terlalu banyak. Tapi cukup okelah karena ada berbagai jenis pasta, burger, fish and chips dan juga kentang goreng. Camilan yang menurut saya patut dicoba adalah donat dan apple pie-nya. Enyaaaaak.. Donatnya diberi lapisan gula halus gitu lho, semacam jajanan donat jaman SD, hahaha. Namanya juga donat mamak. Mungkin yang buat mamak-mamak, hahahaha. Range harga minuman dari kopi, cemilan hingga makanan utamanya juga masih terjangkau banget ko. Donat Mamak cuma Rp 6.000 aja. Kopi Buatan Istri Rp 20.000 aja. Bisalah bawa Rp 50.000 buat nongkrong di sana, hahaha.

Donat Mamak

Apple Pie






Coffee Shop Yang Terang dengan Musholla di Dalam 

Kenapa saya highlight bagian ini? Karena menurut saya 2 hal tersebut sangat penting supaya saya bisa berlama-lama di suatu coffee shop. Selain nyaman Kopimana 27 bersih dan memiliki suasana yang menurut saya cukup terang karena ngga menggunakan pencahayaan yang terlalu kuning. Entah kenapa saya kurang suka dengan suasana kedai kopi atau bahkan restoran yang lighting-nya kuning, hahaha. Kalo buat kerja suasana di Kopimana 27 mendukung banget. Buat ngopi cantik sama teman-teman juga oke, plus hasil foto ngga temaram lah ya, penting itu kakaaak, hahahaha.






Lalu ada musholla. Ini juga penting banget karena ibadah kan ngga mungkin ditinggal ya kak. Masih banyak lho restoran atau kedai kopi yang bukan di mall tapi ngga menyediakan musholla, huhuhu. Jadilah harus jalan jauh dulu untuk dapat shalat. Nah karena di dalam Kopimana 27 sudah ada musholla, jadi ngga perlu khawatir untuk menunda shalat. Di dalam musholla juga sudah ada sarung dan mukena, jadi kalo ngga bawa mukena no worry. Atau kamu pakai celana pendek dan ngga bawa sarung, nonce problemo. Anak sholeh dan sholehah doyan ngopi bisa tetap shalat dengan nyaman, hahaha.



Pasti kalo ke coffee shop nanyain wifi-nya deh, ngakuuuu, hahaha. Wifi-nya cukup lancar ko. Sayangnya saya ngga bisa bilang lancar banget sih, hahaha. Namanya juga Indonesia Raya yess, jadi yang namanya internet ngebut was wes wos di kafe atau resto agak susye deh.

Bagaimana soal parkiran? Hmm, ngga luas sih ya. Parkiran mobil terbatas. Mungkin bisa muat sekitar 5-8 mobil. Tapi menurut saya ngga masalah karena untunglah area jalan rayanya luas kan. Ngga seperti di daerah Senopati atau Kemang yang jalanannya cenderung sempit.




**

Kalo kamu suka kopi juga, bisa langsung ke Kopimana 27 sejak jam 8 pagi. Atau bisa follow Instagram Kopimana 27 dulu untuk tau update soal kedai kopi ini. Selamat mencoba!



Kopimana 27
Alamat : Jl. Prof. DR. Supomo No. 45 BZ, RT.14/RW.6, Tebet Barat, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810
Jam buka : 08.00-23.00
Telepon :  (021) 22983744

Love you life. :D

Wa'alaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

18 comments:

  1. Wah, kayaknya kalo nongkrong di Tebet wajib mampir ke Kopimana nih. Maaciw rekomendasinya yaaa kak Lisnaa!

    ReplyDelete
  2. Enak nih ada musholanya, ngga perlu ribet2 nyari tempat sholat kalau lagi asik nongkrong disini. Btw aku kenapa salfok ke donat mamak hahahahha kayaknya endeus, donat kampung yg enak banget kl dicelupin ke kopi... aaaah ngileeer :D

    ReplyDelete
  3. Kalo jadi entar sore aku ke sono :D

    ReplyDelete
  4. tuukan mba lisna bikin aku mupeng...hihih.ngiler nih..
    apa lg ada tempat sholatnya..harus dicoba nih.

    ReplyDelete
  5. Ya ampun mbaaa.. hangout cantik di caffe nya jadi mupeeeng.. boleh ikut nimbrung gak??
    Impian suami banget bisa buka ala-ala coffe begini..

    www.sistersdyne.com

    ReplyDelete
  6. bagus ya tempatnya
    nyamaaan sekali
    apalagi ada wifi terlatih patah hati pula
    hehehehe

    ReplyDelete
  7. Aku ngikik baca nama-nama kopi nya... XD Nama yg unik,rasa enak, tempat yg nyaman, kemasannya menarik pake botol gitu. Jelas bikin betah ya.

    ReplyDelete
  8. Keren..kereen..kereen ini tempatnya. Kopi lokal yang layak bersaing dengan kedai kopi merek luar ya. Ada Musholahnya lagi.

    ReplyDelete
  9. gaul parah lah ini tempatnya, sayangnya jauh

    ReplyDelete
  10. kopinya terlihat enak tuh, ntar klo sempat mampir kesitu dah buat beli

    ReplyDelete
  11. Oke, karena kalian sering meracuni si kopimana 27 ini kayaknya mamtir perlu turun gunung ke tebet 😂

    ReplyDelete
  12. Wow, Tebet makin berkembang dan hits! Ada cafe cozy begini. Thanks for sharing, mbak Lisna.

    ReplyDelete
  13. MUPENG... tempatnya deket disekitaran tebet... noted.. kapan ada waktu mau jajal juga :

    ReplyDelete
  14. Kopi adalah titipan
    subhanallah

    ReplyDelete
  15. wah cocok banget buat penyuka kopi ya

    ReplyDelete
  16. Karena baca blog ini, akhirnya pesen via GoFood
    Baru cobain yg dangdut. Kopinya gak terlalu berasa, manis aren nya khas.

    Yg kopi istri blm diminum, jd penghuni kulkas dulu
    ��

    ReplyDelete
  17. Pernah ke sini! Tempatnya cukup nyaman untuk ngopi-ngopi cantik

    ReplyDelete