Follow Me @lisna_dwi

December 13, 2017

Aplikasi Kehamilan Teman Bumil Bikin Bebas Drama Saat Hamil



Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Dulu waktu pertama kali tau hamil, sempat bingung harus ngapain dan mau nyiapin apa aja. Alhamdulillah dikasih rezeki hamil cepet, jadi belum prepare apa-apa tau-tau udah tekdung syalala, hahaha. Akhirnya sibuk tanya mamih, kakak, teman hingga browsing berbagai info di internet. Kadang karena kebanyakan info saya malah suka keblenger sih, maklum deh namanya calon ibu baru ya kadang suka hilang arah. Yang ada kalo nemu info beda-beda jadi baper, galau dan emosional ngga puguh, hahaha. Hormones rule! Kamu gitu juga ngga sih? *nyari temen, LOL*

Kalo udah bingung dan galau pas hamil, rasanya pingin ada teman yang terus-terusan mendampingi, teman yang well informed soal serba-serbi kehamilan. Suami menenangkan sih, tapi dia sama ZONK-nya kayak saya soal kehamilan. Paling ujung-ujungnya saya nangis bombay, hahahaha. Padahal kondisi stabil bebas stres dan galau itu wajib hukumnya untuk para bumil (ibu hamil). Jadilah saya unggah aplikasi untuk ibu hamil yang saat itu kebanyakan pakai bahasa enggres kaaak. Yah walaupun saya anak Sastra Inggris tapi kalo ada aplikasi yang menggunakan bahasa ibu mah, ya lebih pilih itu kali aahhh, hahaha.

Saat hamil anak pertama, saya dan suami sama-sama ZONK soal kehamilan, hahaha

Kebetulan sekarang saat saya sudah siap hamil anak kedua, biar ngga hilang arah kayak kehamilan pertama ya mesti prepare macam-macam hal soal kehamilan. Apalagi udah lupalah dulu rasanya hamil gimana, hahaha. Untungnya sekarang ada aplikasi kehamilan yang bikin tenang bumil, yaitu Teman Bumil. Aplikasi untuk ibu hamil yang diluncurkan oleh GueSehat.com ini merupakan bentuk dukungan bagi ibu hamil Indonesia. Jadi selain dari inner circle bumil yaitu suami atau keluarga terdekat, dengan semakin majunya teknologi, aplikasi kehamilan juga mengambil peran penting dalam mendukung para ibu hamil ini. Bentuknya dalam hal apa? Salah satunya dengan menyediakan informasi-informasi terpercaya bebas dari mitos. Last but not least, tersedia dalam Bahasa Indonesia! Yeaaaay..

Aplikasi Teman Bumil
Aplikasi Teman Bumil

Kalo yang ini teman bumil alias teman sesama ibu hamil, hahaha


Terus kenapa harus pilih Teman Bumil sebagai aplikasi kehamilan? Kenapa, kenapa, kenapa coba kenapaaaa.. *drama bumil* Ada setidaknya 6 fitur aplikasi Teman Bumil yang bakalan bikin tenang para ibu hamil di luar sana.

Video : Berkenalan dengan Aplikasi Teman Bumil



1. Perkembangan Janin dan Perubahan Pada Bumil

Lah ini yang paling bikin penasaran, bagaimana itu si janin ucul berkembang. Dari yang segede titik, sampai akhirnya jadi berbentuk orok beneran. Kalo trimester pertama si janin itu bentuknya bagaimana, sudah berkembang sampai mana, bisa ngapain aja. *menurut ngana janin bisa ngapain, hahaha* Selain itu, pasti banyak pertanyaan soal kenapa kok saat hamil saya berubah, saya bukan saya yang dulu. Saya jerawatan, saya dakian, saya males dandan, saya mual, saya gendutan, ahhhh.. *mewek di pojokan* Siapa yang ngalamin hayoooooo, hahahaha.

Jangan sekali-sekali anggap sepele, karena bisa bikin drama. Drama itu bikin stres dan ibu hamil ngga boleh stres, nyahahaha. Nah dalam aplikasi Teman Bumil, ada nih fitur yang menyediakan info soal perkembangan janin PLUS apa saja perubahan pada si ibu hamil. Kebanyakan kan hanya fokus pada jabang bayi tuh, nah si bumil tetap hilang arah karena ngga ada info soal perubahan pada tubuh maupun psikologis yang dialaminya. Syukurlah aplikasi Teman Bumil ini semacam cenayang yang bisa mendalami perasaan ibu hamil, jadi pengen nyanyi karena ku bumil ingin dimengertiiiii... 

Saat hamil selain butuh info soal janin, juga soal perubahan yang terjadi pada ibu.

Dalam fitur ini dikasih gambaran tuh tiap bulannya si janin sudah sebesar apa, beratnya, panjangnya hingga detak jantung per menitnya berapa. Supaya mudah membayangkan, ada ilustrasi yang menggambarkan ukuran janin. Misalnya waktu umur 8 minggu bayi buibu sudah sebesar buah raspberry. Unyu kaaaaan, hihihi. Ngga cuma soal janin, tapi juga soal perubahan bentuk fisik dan psikologis sang calon ibu. Misalnya bagaimana tubuh bumil dikondisikan karena kehamilannya. Kenapa si ibu mual-mual, kenapa mudah emosionil, kenapa dan kenapa lainnya, hehehe. Kece kan?!

Aplikasi Teman Bumil : perkembangan janin dan perubahan ibu di usia 8 minggu
Aplikasi Teman Bumil : perkembangan janin dan perubahan ibu di usia 8 minggu

Aplikasi Teman Bumil : perkembangan janin dan perubahan ibu di usia 8 minggu

Aplikasi Teman Bumil : perkembangan janin dan perubahan ibu di usia 8 minggu


2. Checklist 

Nah ini, super duper penting. Seperti yang saya bilang di depan, apalagi buat ibu baru ya yang namanya kehamilan itu bikin bingung. Bingung mau ngapain, bingung harus nyiapin apa, bingung kudu melakukan apa, bawaannya pengen pegangan aja karena bingung. *krik krik krik krik* Dulu saking bingungnya, saya selalu siapkan puluhan pertanyaan tiap kontrol ke dokter, hahaha. Tapi kan ke dokter sebulan sekali ya kaaak. Terus walaupun dokternya baik kan ngga enak juga kalo kudu nanya tiap jam, hahahaha.

Dengan download aplikasi Teman Bumil, ngga perlu tuh apa-apa nanya dokter atau mamih soal apa yang dilakukan selama hamil. Ternyata dalam fitur Checklist ini, Teman Bumil sudah memberikan daftarnya. Daftarnya sudah dicek dan ricek pula oleh time medis Teman Bumil. Idiihhh baik amaaat, hihihi.

Aplikasi Teman Bumi : Checklist saat usia janin 8 minggu.

Aplikasi Teman Bumi : Checklist saat usia janin 8 minggu.
Aplikasi Teman Bumi : Checklist saat usia janin 8 minggu.
Dengan fitur Checklist, akan tau kapan harus mulai senam hamil.
Baca juga apa yang mesti diketahui menjelang kelahiran di Closer to the Day when we meet our baby

3. Agenda Harian 

Teruuuuus pernah ngga ngalamin kalo lagi hamil itu asli jadi lebih pelupa? Walaupun sudah minum asam folat, tapi kan itu buat janinnya yah, hahaha. Namanya ternyata pregnancy brain. Dari beberapa sumber dikatakan bahwa perubahan hormonlah yang jadi penyebab para bumil ini mendadak menjadi pelupa.

Fitur Agenda ini jadi solusi buat para bumil yang punya jadwal yang ngga boleh terlewatkan, misal jadwal antar-jemput anak, jadwal minum vitamin, jadwal suami pulang, jadwal macam-macam bisa kamu masukan sesuai dnegan aktivitas harian kamu. Semacam punya asisten pribadi yang akan mengirimkan reminder untuk para buibu. Beuuh kapan lagi kan punya aspri macam ertong-ertong, hahaha.

Aplikasi Teman Bumil : Agenda
Tetap aktif bekerja saat hamil tanpa ada agenda yang terlupa.

4. Janin 360

Seringnya, bumil maupun suami ngga paham si kecil di dalam perut udah bagaimana perkembangan organnya. Termasuk saya dan suami dulu. Kapan janin mulai bergerak, kapan kelaminnya bisa terlihat, kapan dia bisa menendang, rasanya kalo bisa 4D tiap bulan, saya mau deh, hahaha. Nah dalam fitur Janin 360 ini buibu diajak untuk semakin dekat dengan sang buah hati. Caranya dengan melihat lebih detail perkembangan janin. Caranya gampang, tinggal klik pada tanda + (pin point), lalu akan muncul informasi terkait perkembangan organ tersebut. Wooooww...

Aplikasi Teman Bumil : Janin 360, klik pada icon + ya
Lewat janin 360 lumayanlah ya bisa membayangkan bentuk si jabang bayi sebelum waktu USG tiba, hehehe. 

5. Album

Waktu hamil Naya, saya terbilang agak berantakan soal dokumentasi, hahaha. Dasar tadi bumil pelupa ya, waktu 4D saya ngga minta CD videonya! SAD, huhuhu. Jadinya yang saya simpan hanya foto-foto USGnya saja. Terus saya ngga pernah dapat momen perut saya menonjol karena ada gerakan di dalam, kan lucu ya padahal, hahaha. Terus ngga ada juga tuh maternity shoot, adanya foto-foto alakadarnya aja, huhuhu. Pokoknya hamil anak kedua nanti kudu lebih rapi dan niat, hahaha.

Nah dengan fitur Album pada aplikasi Teman Bumil, kita bisa menyimpan semua foto USG dan kenangan soal si janin dan apapun selama kehamilan. Nantinya bisa jadi semacam album kenangan yang bisa ditunjukan ke si kecil. Yang paling penting, dokumentasi ngga tercecer atau tersimpan dalam folder terpisah. Ada runutan dan timelinenya gitu lho, jadi lebih enak liatnya. So thoughtful deh.

Aplikasi Teman Bumil : Album
Momen-momen saat hamil bisa disimpan dalam fitur Album.

Momen-momen saat hamil bisa disimpan dalam fitur Album.

6. Artikel dan Tips

Selama hamil, seringkali fakta berbaur dengan mitos yang kalo ngga jeli dan selektif, jadi saru tuh di mata bumil. Misal mitos bahwa ibu hamil harus makan 2x lipat porsi makan saat kondisi normal karena ada baby di dalam. Tetoooot, padahal mah ngga segitunya juga kali ah kudu makan 2x lipat, hehehe. Lalu lain lagi mitos soal ngga boleh makan durian saat hamil, katanya panas nanti. Lah, kalo makannya di depan kompor yang nyala mah iya panas, kalo makannya di dalam ruangan ber AC mah ya aman-aman aja, hahahaha.

Jadi dalam Artikel dan Tips ini sudah dipilihin artikel dan tips yang terpercaya dan bukan mitos semata. Ngga cuma terpercaya, artikelnya juga bisa membuka pikiran karena konten yang menarik. Lumayan kan lagi duduk santai, bisa sambil baca-baca artikel dan tips yang oke punya.

Aplikasi Teman Bumil : Artikel dan Tips
Aplikasi Teman Bumil : Artikel dan Tips
Si kecil lahir dengan rambut lebat, apa tipsnya? Nah coba bisa dicari di artikel dan tips ya buibuuu..
Baca juga cerita traveling saat hamil di Honeymoon at Gili

**

Gimana, sudah siap hamil? Yah kalo belum hamil, download aja dulu aplikasinya, siapa tau abis itu bisa hamil. AMINKAN PLZ. *ngga santai, hahaha* Buat download aplikasi Teman Bumil silakan ke Google Playstore untuk Android dan Apple Store buat IOS. Cari aja dengan keyword Teman Bumil yaaaa. Share yuk cerita manteman waktu hamil atau saat promil!


Love you life. :D

Wa'alaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

9 comments:

  1. Zaman sekarang serba canggih, ada aplikasi khusus kehamilan yang sangat berguna banget bjat para ibu hamil. Kayaknya fiturnya lengkap banget....

    ReplyDelete
  2. Ahh aku gagal pokus lihat poto BuMil pake topi petani plus bawa tolombong,lucuuu.
    Teman Bumil canggih banget ya, bisa jadi sahabat buat Bumil yang kekinian, komplit semuanya. Hmm..aku ga mau hamil lagi udah sepuh, atut..

    Sehat selalu ya buat BuMil semoga dilancarkan semuanyaa

    ReplyDelete
  3. aku langsung download lho mbak heheheee.....senag ketemu dengan aplikasinya

    ReplyDelete
  4. Iyaah bebas dari drama ya mba. Aku juga happy pas tau ada aplikasi ini. Meski lagi nggak hamil �� fiturnya bermanfaat

    ReplyDelete
  5. asik banget ya aplikasinya, berasa punya sahabat yang ngertiin banget bumil. sayang saat hamil belum tau aplikasi ini..

    ReplyDelete
  6. Saya suka Aplikasi Teman Bumil karena fiturnya lengkap

    ReplyDelete
  7. Waaah, pas hamil anak kedua, belum ada aplikasi ini, jadi ngedokumeninnya ya amburadul juga. Asyik banget ya, bisa ngelihat seperti apa janin kita week per week, ada albumnya pula, sukaaa yuuk yang sedang hamil download atuh aplikasinya, seru kaaan?

    ReplyDelete
  8. Siap hamiiiiil! Tapi ditemenin sama Teman Bumil yaaa :D

    ReplyDelete
  9. Aplikasinya keren banget yaa.. Meskipun masih singel tp bermanfaat bgt

    ReplyDelete