Follow Me @lisna_dwi

December 08, 2018

6 Tips Membeli Handphone Secara Online



Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Saat ini, smartphone bagaikan kebutuhan pokok bagi tiap manusia. Bagi pekerja, termasuk saya tentunya ehemm, mereka butuh handphone untuk berkomunikasi dengan boss dan berkoordinasi dengan rekan kerja. Bagi pelajar, handphone dibutuhkan untuk browsing dan menambah pengetahuan baru lewat internet. Saya lihat sendiri sih keponakan atau anak-anaknya teman udah mulai tuh buat PR atau cari materi diskusi via internet. Sungguh berbeda dengan zaman saya, hahaha. Sedangkan ibu rumah tangga juga butuh smartphone, buibu zaman sekarang juga mobilitas tinggi lho, buat cari resep juga smartphone berfaedah bangeeet, hihihi. Biasanya sih cari yang diskon-diskon gitu deh, pas banget sama momen Harbolnas terus bisa tuh cari handphone baru saat Harbolnas Bukalapak. Berhubung saya juga ibu rumahtangga, saya bisa banget nih ya ikutan, hahaha.


6 Tips Membeli Handphone Secara Online 

Ada banyak macam handphone dengan berbagai spesifikasi dan juga harga. Jika kita hanya butuh handphone untuk mengirim pesan WA dan juga browsing, bisa membeli smartphone 3G yang harganya masih terjangkau. Tipe HP ini biasanya yang dibutuhkan mama saya nih. HPnya belum terlalu canggih aja beliau belanja online mulu, hahaha. Namun jika kamu butuh akses internet setiap saat untuk mendukung pekerjaan, carilah handphone yang spesifikasinya lengkap dan sudah 4G.

Di mana kita bisa membeli handphone? Jika kita tinggal di kota kecil dan susah untuk mencari smartphone idaman, kita bisa membeli di toko online dan jeli memanfaatkan saat diskon besar-besaran misalnya saat harbolnas atau hari belanja online nasional. Tapi membeli barang elektronik via online juga ada beberapa resikonya. Tapi jangan khawatir pemirsaaa..


Tips Aman Membeli Handphone Secara Online

1. Spesifikasi

Saat ada toko online yang memajang dagangan smartphone, baca spesifikasinya dengan detail. Biasanya kerjaan baca dan membandingkan spesifikasi kek gini mah urusan suami nih, hahaha. Lihat dulu, apakah handphone itu sudah 4G, barangnya baru atau bekas, apa ada garansi toko, dan lain lain. Smartphone yang bekas memang terjangkau harganya. Tapi pastikan penjualnya memberi keterangan lengkap, di bagian mana yang sudah kurang berfungsi. Sehingga kita tidak akan tertipu saat barangnya sampai.

2. Garansi

Apakah toko online itu memberikan garansi? Pastikan ia memberi garansi resmi, bukan garansi toko. Sehingga saat ada kerusakan, kita bisa menserviskannya di service center resmi di kota kita. Agak males kan ya kalo beli handphone tapi harus garansi toko aja dan kebanyakan dikibulin gitu, jadi aja tuh bolak-balik service mulu.

3. Foto

Pastikan penjual memasang foto handphone yang asli. Bukan foto dari internet. Jika ia bukan pedagang besar atau hanya seorang marketer, mintalah agar ia mendapat foto handphone yang asli dari supplier. Agar kita makin yakin saat akan membelinya. Biar ngga beli kucing dalam karung kakaaak. Kalo memang sellernya terpercaya, bahkan ia akan berani kirim info dan foto via whatsapp misalnya. Jadi lebih kredibel.

Pastikan fotonya asli yes, seasli persahabatan kami, eaaa.. 

4. Bandingkan Harga 

Jangan terburu-buru membeli smartphone. Bandingkan dulu harga dari satu toko ke toko yang lain. Siapa tahu ada harga yang lebih murah, dan sisa uangnya bisa kita belikan earphone atau aksesoris handphone yang lain. Prinsip buibu mah biasanya begini sih emang, baik offline atau online istiqamah cari yang lebih murah, hahaha. Kita juga bisa mendapat smartphone dengan harga murah di momen-momen tertentu, misalnya saat hari libur anak sekolah, menjelang Lebaran atau saat harbolnas Bukalapak.

Jangan lupa bandingkan harga saat membeli smartphone secara online

5. Packing Kayu

Karena smartphone adalah barang elektronik, kita bisa meminta packing kayu demi alasan keamanan. Tentu kamu ngga ingin handphone pesanan kamu layarnya retak di perjalanan, kan? Walaupun smartphone beserta dusnya sudah dilapisi bubble wrap, tapi packing kayu mengurangi resiko guncangan dan lebih aman. Ngga apa apa kalo harus mengeluarkan dana lebih untuk lapisan packing kayu, yang penting barang pesanan kita aman. Inget dong poin sebelumnya, kan udah cari yang paling murah kakaaak, hihihihi.

6. Toko Online Terpercaya

Sebenarnya mencari toko online yang terpercaya cukup mudah. Tinggal buka internet dan browsing, nanti akan terlihat toko mana yang servisnya bagus dan penjual mana yang diduga sering melakukan modus penipuan. Biasanya kalo di e-commerce yang sudah terpercaya, akan ada tuh rating dan review untuk seller yang reputasinya bagus.

***

Jika kamu masih bingung, mungkin bisa juga buka Bukalapak. Karena sebagai e-commerce terpercaya, Bukalapak memberi garansi pada kita para pembeli. Kredibel dan no tipu-tipu, karena kita mentransfer uang pembayaran smartphone melalui rekening bersama. Penjual baru akan menerima uangnya ketika kita sudah klik konfirmasi penerimaan handphone. Nah ini pentiiiing banget.

Karena harganya dijamin terjangkau dan di Bukalapak bisa nego lho kakaaaak... Apalagi saat kita belanja di harbolnas Bukalapak. Harga barang didiskon besar-besaran dan bisa dinego sampai kita puas menawarnya. Ditambah lagi, kita ngga usah mengeluarkan dana tambahan untuk biaya ongkos kirim. Karena biaya kirimnya dijamin gratis. Dan di videonya mba Dian Sastro yang After 11 jadi beneran bikin mupeng kan kakaaak. Sampe melongo video 6 menitan ditonton sampai habis, hahaha.

Jika ingin belanja dengan mudah dan murah? Coba buka aja Bukalapak, diskonnya beneran kakaaak..

Love you life. :D

Wassalamu'alaikum wr wb.

No comments:

Post a Comment