July 14, 2015

Berwisata dan Belajar di Kuntum Farm Field, Bogor

Assalamu'alaikum wr wb.

Bagaimana puasanyaaa? Semoga lancar ya sampai nanti hari Idul Fitri tiba. Beberapa waktu lalu, saya sekeluarga pergi ke Kuntum Farm Field di daerah Tajur, Bogor. Konsep Kuntum Farm Field ini adalah kebun bibit, edukasi dan rekreasi. Pas banget buat orangtua yang mau mengajak anaknya ke tempat wisata yang mendidik dan mendekatkan diri pada alam. Sudah lama sebenarnya berniat ke sana karena si ucul suka binatang. Tapi ya seperti biasa ya ada aja halangannya, sibuklah, arisanlah, dll dll dll, hehehe. Setelah makin mupeng melihat postingan teman yang baru dari sana, akhirnya Minggu, 24 Mei 2015 lalu kami mewujudkannya. Yuhuuuuu, hohoho. Sebenarnya Kuntum Farm Field ini ngga terlalu jauh dari Jakarta, hanya 57 km saja ko *asal ngga macet yes :))*. Alamat lengkapnya di Jln. Raya Tajur No. 291.  Kemarin kami ke sana hanya makan waktu kurang dari1,5 jam. Lumayan macet si di antrian pintu tol Jagorawi, tapi selepas itu sampai Tajur lancar jaya. Tapi karena kami berangkat agak siang, jadilah sampai sana sudah menjelang tengah hari. Dan sudah bisa dipastikan ya panasnya membaraaa, hahaha. *lap keringet* Saran saya, sebaiknya pergi ke sana dari pagi. Jadi sampai di sana pas jam buka, yaitu mulai pukul 08.00 pagi. Selain udara masih segar, jalanan pun belum macet. Ya kalaupun terpaksa agak siang seperti saya no worry si, karena Kuntum buka hingga pukul 18.00 WIB.

Welcome to Kuntum Farm Field
Oh ya, sesampainya di jalan menuju Kuntum, jangan terkecoh dengan banyaknya bis dan mobil yang parkir tak jauh dari jalan masuk ya. Mobil dan bis-bis itu adalah tamu restoran Teras Air. Lebih masuk ke dalam tersedia area parkir yang cukup luas. Lumayanlah ya kami harus jalan lagi ke dalam, hitung-hitung olahraga yess. :)) *alesan*  Saat itu mungkin yang lebih excited mama papanya si, anaknya masih kalem karena belum tau akan bertemu dengan apa di dalam, hihihi. Sebelum masuk, jangan lupa untuk membeli tiket dulu. Harganya ngga mahal ko, hanya Rp 30.000/orang. Sedangkan naya masih free karena masih di bawah usia 2 tahun. Yeaaay, we're coming in! *dancing* Di arena luar ada kolam ikan dan anak-anak bisa memberi makan ikan yang ada di kolam itu. Cukup membeli makanan ikan seharga Rp 5.000 saja. Tapi kami memilih skip karena ikan dalam kolam juga banyak di Jakarta, hahaha. Cuusss.. masuklah kami ke dalam. Saat pemeriksaan tiket, kami juga dipinjamkan topi caping. Serasa Pak Tani dan Bu Tani, hehehe. Lagipula lumayanlah, buat menangkis terik sinar matahari siang itu. :D

Bu tani cilik
Ada apa saja sih di Kuntum Farm Field ini? Pengunjung bisa menikmati dan belajar di berbagai fasilitas yang tersedia : Sentra Tanaman, toko sarana & hasil pertanian, wisata kebun, wisata ikan, wisata ternak dan art gallery. Karena ada area kebun dan sentra tanaman yang luas, Kuntum terbilang sejuk dan menyegarkan pandangan mata. Hijauuu di mana-mana. Pertama masuk, kami langsung menuju kandang kambing dan membeli rerumputan untuk pakannya seharga Rp 5.000. Ada juga susu dalam botol kecil seharga Rp 5.000, botol besar untuk anak sapi Rp 10.000, makanan kelinci Rp 5.000. Seperti yang sudah kami duga naya girang bangeeet. She was so happy. Ngga ada tuh rasa takut, yang ada malah saya yang khawatir dia digigit atau diseruduk, hahaha. Dengan berani naya memberi makan dan membelai si embek. Ada yang sudah agak dewasa dan masih bayi juga ada.

Rimbuuuun..


kebun bibit sayuran organik
Mbeeek..
Kenalan dulu sama kambing & dombanya
Nah udah akrab ni, cuek aja gitu dia jarinya mau diemut si mbeek :')
Nah makin ikrib deh nih..hahaha
Naya dan mbeek

Lalu, kami beralih ke kandang kelinci. Lagi-lagi naya super duper excited. Naya dengan pintarnya membelai si kelinci dan ngejar-ngejar yang kabur :)). Kelinci-kelincinya gendut-gendut dan nggemesiiiin. Naya sendiri gemes banget sama si kelinci, hahaha. Saking gemesnya si kelinci dicubitin sama anak ucul itu. :))  Nah, karena kami datangnya siang kawanan kelinci ini sudah kekenyangan karena diberi makanan tiada henti sama pengunjung. Jadi pas kami masuk, sebagian besar kelincinya lagi leyeh-leyeh dan bobo siang, hahahaha. Pantesan gendut ya, makannya banyak, abis kenyang doi bobo ciang. :)) Di dekat kandang kelinci ada juga hamster dan marmut. Ada bayi marmut yang baru aja brojol, masih merah gitu.

Memberi makan kelinci
Sayang-sayang kelinci
Tuh kelincinya pasrah karena udah kekenyangan :))
Terpojok! hahaha..
gemessssh..
belai-belai trus jadi gemes, hahaha..
Setelah puas main sama kelinci, kami pindah ke kandang sapi. Mama sapinya besaaar sekali. Naya pun ngga ada takut-takutnya sama si mama sapi. Malah ada kejadian di mana kepala naya sudah dekat sekali sama mulut sapi, seperti mau masuk ke dalamnya. Anaknya cuek, mamanya yang teriak, hahaha. :'D Waktu di bagian anak sapi naya masih excited tuh. Nah, pas lagi asik usap-usap kepala sapi, sekonyong-konyong ada suara melenguh dengan volume stereo. Naya kaget dan mukanya yang lucu bikin kami ketawa ngakak, daaan ternyata bikin naya kaget dan pengaruh ke moodnya, hahaha. Maafkan mama papa ya nak, abisan mimik kaget kamu lucu amataaan. :)) Kalo teman-teman bertanya-tanya soal kebersihan kandang, jangan khawatir karena kandangnya cukup bersih, dan hewannya pun bersih terawat. Jadi ngga ada tuh kandang yang kotor dengan pup hewan berantakan di mana-mana. Kalo bau kambing dan sapinya si wajar ya, masa mau bau bunga, hahaha. *yakaleee*

si gembala sapi :))

Selanjutnya kami melewati kandang bebek, angsa, burung merpati, ayam, kolam pancing, perkebunan, area berkuda dan area lesehan yang bisa disewa oleh rombongan. Oya di area wisata ikan, ada kolam pancing yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk mencoba peruntungan memancing ikan. Dan ada kolam yang disediakan untuk anak-anak yang ingin main air, nyebur dan menangkap ikan kecil. Area berkuda juga menarik. Cukup membayar Rp 35.000 (kalo tidak salah). Karena naya masih terlalu kecil, kami skip dulu mencoba area ini. Walaupun kami skip beberapa area, Naya tetep happy karena bebas berlarian di lahan Kuntum yang luas. Alhamdulillah juga akhirnya kami bisa mengajak Naya ke tempat di mana dia bisa belajar mencintai alam dan menyayangi binatang.

kandang merpati
kolam angsa dan bebek
area berkuda
mama nyanyi, naya nontonin aja yes, hahaha
Dan kemudian anaknya ngeloyor pergi, mama dicuekin, hahaha
Siplah, makin siang rasanya cuaca makin panas. Kami pun sudah cukup puas berkeliling. Selepas shalat zuhur, sekitar jam 2 siang kami pun kembali ke Jakarta. Kami memilih tidak makan siang di sana karena ingin cepat pulang ke Jakarta. Ada beberapa pilihan rumah makan lesehan dan yang paling terkenal adalah restoran Teras Air. Oya, kami sempat membeli puding yang bahannya dibuat dari susu dari sapi perah yang ada di Kuntum Farm Field. Rasanya? Enaaaak. Sayang, seperti biasa kalo soal makanan suka khilaf ngga foto karena sudah habis duluan. :))

Mama OOTD dulu yess :P
Untuk info mengenai Kuntum Farm Field bisa klik ke link ini ya. Bisa buat rombongan juga lho kunjungannya. Waktu kami ke sana, sudah banyak sekali jadwal dari sekolah atau perusahaan yang reserve untuk kunjungan ke sana.

Happy Farming!


Love you, life. :D

Wassalamu'alaikum wr wb.

13 comments:

  1. anak-anak pasti suka ya maen ke sini :)

    ReplyDelete
  2. Gusti Indah : iya mbaa, suka banget anakku kemarin ke sini. :D

    ReplyDelete
  3. Wah bisa jadi referensi nih kebelutan lebaran gk plg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Farichatul jannah: iya maak, deket dr jakarta nih.

      Delete
  4. Wah bisa jadi referensi nih kebelutan lebaran gk plg

    ReplyDelete
  5. wuahhhh, anakku jg pasti seneng nih ^o^...hobi bgt dia ama binatang2 gitu mba..apalagi yg bs dipegang segala... ntr ah, ajakin fylly kesana jg ^o^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuuss maaak..pasti fylly seneng bgt deh. Bersih ko binatang dan kandangnya. :D

      Delete
  6. lho lho aku yg tinggal di bogor kok belum ke sini :D

    ReplyDelete
  7. Riana : Cuss kalo gitu meluncur ke Kuntuuum. :D

    ReplyDelete
  8. Naya lucu banget pake topi petaninya.. Seru banget ya Mbak lihat anak-anak interaksi sama binatang-binatang di Kuntum.. Jadi kepingin kesana terus.. Hehe..

    ReplyDelete
  9. Sarah : itu bertahan cuma beberapa menit mba, abis itu bhaaay..dilempar sama dia, hahaha. Iyaaa, emang ngga cukup sekali ke sana, pingin ke sana lagi tapi lebih pagian. :D

    ReplyDelete
  10. Wahhh aku belom pnh kesini. Pengen deh nyobain berkuda

    ReplyDelete
  11. eh lumyayan deket, mau ah ajak anak2 ke sana, si bungsu pasti seneng banget.. Makasih yaa artikelnya mba Lisss..

    ReplyDelete