Follow Me @lisna_dwi

November 13, 2017

Kawasan Haji Lane Singapura Yang Ngangenin



Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Singapura adalah negara tetangga yang menurut saya paling asik buat dikunjungi. Selain karena saya cinta sama sistem transportasinya, juga karena banyaknya tempat-tempat seru yang buat dikunjungi. Saya belum pernah ke Malaysia sih, soale suami ngga pernah mau diajak ke sana, hahaha. -_- Pernah beberapa kali traveling ke Singapura selain sama suami juga sama sahabat saya Jojo dan teman-teman kantor. Di tahun 2015, saya bahkan sempat merasakan jalan-jalan sendiri saja selama seharian karena saya datang saat suami masih ada kerjaan. Saat itulah saya pertama kali menjelajahi kawasan Haji Lane. Niat awalnya sih mau ke Bugis, tapi saya iseng aja jalan kaki ke arah Masjid Sultan (The Sultan Mosque) yang ada di Kampong Glam. Kampong Glam sendiri adalah kawasan wisata sejarah dan budaya yang terletak di kawasan Haji Lane.

I am Haji Lane

Waktu menyusuri jalan Haji Lane ini saya merasa it's a vibrant and warm surrounding. Bangunannya masih bergaya vintage, dindingnya banyak yang dihiasi mural warna-warni, beberapa bagian bangunan jendelanya juga dilukis dengan warna gonjreng dan cerah. Toko-toko di sana rata-rata imut menjual macam-macam mulai dari toko lampu hias, toko baju sampai toko mainan vintage. Restoran, kafe dan kedai makan juga banyak variasinya, dari yang ala western sampai yang halalan toyyiban ada semua. Ada beberapa hal yang saya kangenin dari jalan-jalan di kawasan Haji Lane ini. 


Jalan-jalan di Haji Lane dan toko-tokonya yang semarak

Salah satu sudut di Haji Lane

Restoran Turki dengan jendela berwarna cerah


Sambil menunggu hujan di pinggiran toko Haji Lane

Toko rotan di Haji Lane, seru kaan?!


Toko mainan vintage di Haji Lane

Toko mainan vintage di Haji Lane


Makan Cupcake Terbaeq Buatan Fluff Bakery

Yang mencuri perhatian saya waktu itu di Haji Lane ini adalah antrian panjang di sebuah toko bakery di Jalan Pisang. Yasalam antriannya sampai meluber ke jalan, padahal toko kuenya secimit. Itulah awal mula saya tau Fluff Bakery, toko kue yang punya cupcake paling enak se-Asia Tenggara, hahaha. Lebay yah? Tapi at least dibandingin sama cupcake yang pernah saya makan di Indonesia, cupcake Fluff Bakery tetap yang terbaeq, hahaha. *ala Bobo Boi LOL* . Saya pernah cerita di blog post saya sebelumnya soal si Fluff Bakery ini. Dan saya berhasil "meracuni" teman-teman kantor saya ketika liburan ke Singapura untuk mampir ke Fluff Bakery ini. And well they have agreed on my lebay opinion of their cupcake and cakes, hahahaha. Dan mereka pun sudah memiliki sertifikasi HALAL. Yaassss!

Antrian di Fluff Bakery








Kalo saya bisa mendeskripsikan kue dan cupcake Fluff Bakery, saya akan bilang bahwa cake-nya lembut dan lumer di mulut. Walaupun kuenya misalnya creamy, full of chocolate, asli ngga bikin eneg, ngga maghteh. Kuenya fresh dan dibuat di hari yang sama, ketahuanlah pokoknya rasa kue yang fresh from the oven. Menu kue juga dibuat bervariasi dan selalu ada rasa baru yang dibuat tiap minggunya (hasil dari ngobrol bareng pembeli setianya). Yuuummeh to the max pokoknya, hahaha. *fan garis keras* :)) 










Makan Murah, Enak dan Halal di Rumah Makan Melayu Hjh. Maimunah

Di seberang Fluff Bakery ada rumah makan Melayu Hjh. Maimunah. Yah saya bilang murah karena bisa makan dengan sayur dan lauk lengkap dengan harga 30ribuan. dan menurut saya sih termasuk murah untuk ukuran makan lengkap di Singapura yah. Lauk yang disajikan lengkap, ada menu ikan, ayam, tahu, tempe, sayuran, mulai dari digulai, kari, goreng, bakar, sayur berkuah, tumis, pepes, dan lain sebagainya. Oh ada beberapa jenis sambal juga di sana.



Jenis makanannya adalah makanan yang sudah matang dan tinggal pilih seperti warteg. Rasanya masakannya enak dan saya rasa cukup dekat dengan rasa masakan Indonesia pada umumnya. Belum lagi potongan lauk ayam maupun ikan yang besar-besar. Ngga akan nyesel lah kalo lagi lapar makan ke sini, hahaha. Tapi 4x makan di sana, saya ngga pernah foto makanannya karena saya lemah kalo soal foto makanan saat lapar, bhay pasti lupa, hahahahaha. Selain itu karena yang makan ngantri jadi rasanya ngga enak gitu foto-foto sambil pesan ini itu, entar eyke dijitak pelanggan yang udah lapar lagi, hahaha.

(Nunggu yang) Shalat Sambil Duduk-duduk dan Ngadem di Masjid Sultan

Kenapa saya bilang (nunggu yang) shalat sambil ngadem? Karena tiap saya ke Singapura saya ngga jodoh shalat di sana, huhuhu. Pertama ke sana masjidnya lagi direnovasi, lalu momen-momen berikutnya saya sedang haid, ihiks. Tapi meskipun demikian, saya masih bisa duduk-duduk sambil ngelurusin kaki di halaman masjid. Ada beberapa kursi taman yang disediakan juga di sana, ada spot di bawah pohon yang PW banget buat saya, hahaha.




Kalo suami saya bilang di dalam masjid terasa lega meski interior dan dekornya ngga mewah banget. Malah di Indonesia banyak masjid yang interior dan dekornya lebih mewah. Tapi mungkin yang namanya masjid ya, hawanya entah kenapa adem aja meski udara Singapura itu sumuk, panas dan bikin gerah selalu, hehehe.



Ngopi sambil Ngemil Murah Meriah di Warkop Pojokan 

Isinya penjelajahan eyke emang mostly makan-makan sih, hahahaha. Salah satunya adalah kedai kopi atau saya bilangnya si warkop pojokan ini, hehehe. Karena memang kedainya kecil, sederhana dan mojok. Penandanya adalah Kampong Glam Cafe yang ada di seberang bangunan di mana warkop ini berada. Biasanya saya akan pesan teh tarik, kopi tarik atau milo. Ada berbagai cemilan ala Melayu, India maupun Arab. Endeus banget minum di situ menjelang senja, apalagi pas hujan-hujan. Seperti menikmati sisi lain dari Singapura yang modern dan gemerlap.





Kalo kamu mau jajan di kedai kopi pojokan ini sebaiknya kamu siapkan receh-receh Singapore Dollar (SGD) yang kamu punya. Karena minum, makanannya harganya masih beberapa sen gitu deh. Jadi kalo mau lebih irit lagi, lumayanlah makan cemilan dan ngopi/ngeteh di sini aja, hahaha. Selain itu kadang-kadang suka ada kegiatan juga di jalan dekat warung kopi ini. Terakhir saya ke sana ada kegiatan orang tua dan anak kecil yang diadakan oleh komunitas parenting di sana. Kegiatannya main hujan-hujanan sambil mengenal benda dengan berbagai bentuk dan tekstur. Fun banget kelihatannya.






OOTD dan Foto-Foto di Kawasan Haji Lane yang Instagramable 

Nah ini dia kalo kamu ngga mau makan kayak saya, ya foto-foto aja karena banyak banget spot foto kece, hohoho. Saya belum pernah belanja di kawasan Haji Lane sih sebenernya karena yang saya taksir tipe benda yang susah dibawa pulang semacam lampu hias warna-warni di toko yang pemiliknya keturunan India atau Timur Tengah. Seriusan lampunya cakep-cakep. Atau ada juga banyak butik kece yang menjual baju-baju cantik, tapi ya sayangnya bukan selera saya dan banyak yang saya pikir bisa lebih murah kalo beli di Indonesia, hahaha. *bilang aja irit woiiii, hahaha*






Berbagai dinding di kawasan Haji Lane ini dihias oleh mural dan jadi spot kece yang instagramable buat foto-foto. Beberapa bulan sekali mural ini akan diganti, jadi refresh juga yang lihat. Yah sabar aja buat foto secara bergantian ya, karena kalo weekend biasanya ramai pada mau foto, hahaha. Lalu menjelang malam saat lampu sudah mulai menyala, coba deh kamu foto di dekat Macdoner Lebanese Restaurant.









Ada beberapa kafe yang lucu-lucu dan tempatnya keren buat foto-foto, tapi sepertinya harga makanan dan minumannya mahal jadi saya skip ngga pernah masuk, hahaha. Tapiiii bisalah sambil lewat foto di depan toko lampu, karpet atau pernak-pernik Timur Tengah. Teruuus kalo kamu agak punya nyali dan PDnya 2 juta, kamu masuk deh ke salah satu toko lampu hias terus lihat-lihat, kalo bisa sekalian nawar harga semacam mau beli or lebih bagus lagi kalo beli beneran si, hihihi. Nah apalagi kalo kamera kamu udah DSLR atau mirrorless, dijamin hasilnya pasti kece. Saya belum pernah coba karena pas ke sana belum ada yang PDnya sama jumlahnya kayak sayaaaaa, hahahahaha.






**

Jadi kalo kamu belum pernah ke Haji Lane berarti kamu kudu ke sana dan menikmati kawasan Haji Lane yang ngangenin. Kalo kamu yang pernah ke Haji Lane, share dong di kolom komen apalagi yang asik buat disinggahi? Thank youuuu..

Love you life. :D

Wa'alaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

4 comments:

  1. Aku blm pernah nyoba yg Hj. Maimunah, itu masakan Indonesia Mba? Fluff bakery juha belom, yg ini menggiurkan sepertinya. Mba Lisna ngga masuk kampung glamnya? Apa aku yg ke skip baca ya.Hihi. Pas aku ke sono kampung glam lagi direnovasi, huhu

    ReplyDelete
  2. Aku kangen sholat di mesjid sultan.. hiks3.. next bakalan aku explore kembali Haji lane singapore.. hehehe..

    www.sistersdyne.com

    ReplyDelete
  3. Kmaren pas ke Singapore, gw nginep di Village hotel. Jalan kaki doang ke situ. Tapi malah gak liat2 daerah situ. Cuma ke fluff bakery doang trus makan di RM Padang situ yg rasanya ok dan harganya jyga reasonable. Tandanya harus kesana lagi nih. Hahahahah..

    ReplyDelete
  4. Fluff bakery nya musti dicoba ni, kalo sampe antri gitu...

    ReplyDelete