Follow Me @lisna_dwi

February 01, 2017

Menginap di Kawasan Geylang, Singapore



Assalamu'alaikum wr wb,

Ke Singapura orang biasanya cari penginapan baik hotel, motel atau apartment di area pusat kota semacam Orchard atau Bugis. Jarang yang merekomendasikan untuk menginap di Geylang karena katanya Geylang adalah red district. Apaan tuh red district? Jadi di area ini memang prostitusi itu dilegalkan, jadi ya jangan heran di sana akan bertebaran toko khusus orang dewasa dan mbak-mbak dan mas-mas yang melakukan transaksi. *if you know what I mean LOL* Tapiiii, menurut saya menginap di kawasan Geylang itu menguntungkan dan oke-oke saja ko. Kenapa? Simak pengalaman saya berikut ini yess..

Lingkungan apartment tempat saya tinggal kemarin (Sumber : Air BnB)

1. Harga penginapan yang relatif lebih murah

Saya sudah 2x menginap di kawasan Geylang. Pertama di tahun 2012 bersama sahabat saya Jojo dan kedua tahun 2016 bersama teman-teman kantor. Pada trip pertama di tahun 2012 dulu, saya dan Jojo sama sekali ngga tau soal Geylang itu kawasan red district. Yang kami tau adalah, kami dapat penawaran sangat bagus dengan menggunakan Asia Go. Kami menginap di salah satu Fragrance Hotel Sunflower di 10 Lorong 10 Geylang dengan biaya Rp 300ribuan/malam. Cukup okelah kalo dibagi berdua. Saat itu tujuan kami adalah Little India, Bugis, Orchard, Merlion Park, dan Sentosa. Kayaknya kalo dilihat di peta si semua dekat-dekat ya, hahaha.



Baca juga Ke Marina Bay Sands, Jangan Lupa Ke Art Science Museum Singapore

Sampai di kawasan Geylang sudah tengah malam lho padahal. Tapi memang ada benarnya ungkapan, "Ignorance is a bliss," Karena saat itu ngga tau apa-apa soal kawasan itu, jadi kami cuek bebek geret-geret koper di tengah malam, di area red district pula, hahahaha. Kami baru sadar itu waktu pagi harinya kami bangun dan mengintip keluar jendela. Ada beberapa mbak dengan pakaian aduhai masih "jualan" boooo, hahaha. Sebenernya pas malam bapak resepsionisnya udah menatap aneh kami berdua sih, karena mungkin dia pikir ngapain pula dua anak gadis di tempat begini, hahahaha. Yah tapi kan cuma numpang bobo aja kan, jadi ya kami EGP ajalah (Emang Gw Pikirin-red). :))

Link Lokasi

Lalu di tahun 2016, saya ada acara tahunan bersama teman-teman kantor dan akhirnya memutuskan untuk kembali menginap di Geylang. Karena kemarin ber-8, kami memesan apartment di area Geylang. Nama apartmentnya Central Imperial di 3 Geylang lor 14, Singapore. Harganya kemarin karena sedang peak season jadi agak mahal si walaupun masih cenderung murah jika dibandingkan dengan apartment lain di daerah Orchard atau Bugis. Harganya barusan saya cek sekitar Rp 1,9 juta/malam. Fasilitasnya adalah 3 kamar yang bisa menampung sampai 10 orang, plus 1 kasur di ruang tengah yang bisa buat tidur 2 orang. Kalo ditotal bisa buat 12 orang. Hemat kan?! Selain itu di apartment yang kami sewa itu juga ada kompor, mesin cuci, 2 kamar mandi, sabun cuci baju dan piring, TV kabel, meja makan, setrika, AC dan wifi yang ngebut. Di gedungnya ada roof top kolam renang dan juga fitness center. Jarak dengan stasiun MRT terdekat sekitar 7-10 menit jalan kaki. Cukup okelah menurut saya.

Baca juga Singapore Trip, February 5-7, 2015

Foto-foto apartment dari Air bnb











Jadi, catatan dari saya sih kalo memang ke Singapura akan lebih banyak menjelajah daripada leyeh-leyeh di penginapan, menginap di daerah Geylang ini oke banget buat pengiritan, hehehe. Buat bawa anak sih menurut saya masih ngga apa-apa ya, toh juga di daerah itu cuma lewat aja dan sebagian besar waktunya dihabiskan di luar kawasan Geylang tersebut. Nah, apartment saya di Geylang kemarin tuh wilayah residensial, jadi ketika buka jendela ngga ada tuh pemandangan mbak-mbak lagi "jualan" seperti pengalaman saya dulu, hahahaha.

Salah satu rumah makan halal, 5 menit saja dari apartment

2. Mudah menemukan restoran halal


Jangan salah, di Geylang malah banyak ditemukan kedai yang menyediakan makanan halal. Setidaknya dari apartment terakhir saya tinggal ada lebih dari 3 kedai yang bisa dijangkau dengan 5 menit jalan kaki. Asik kan?! Makanannya pun relatih murah loh dibandingkan harus makan di mall. Sekali makan versi irit masih bisalah dengan uang Rp 40.000, hahaha. Kedai makanan halal yang ada di seputaran Geylang biasanya adalah masakan Timur Tengah, India dan beberapa kedai juga menyediakan masakan ala Thai dan Indonesia lho.

Plus minum sekitar Rp 75.000
Sekitar Rp 30.000



Kopi tarik enaaaak

Kalo yang bisa makan makanan non halal sih pilihannya akan lebih banyak lagi. Sepanjang jalan pasti ada rumah makan kaki lima yang menyediakan masakan chinese food dan menurut teman-teman saya enak-enak. Harganya juga terbilang murah ko untuk ukuran Singapura. Oh jangan lupa untuk minum teh tarik atau kopi tarik ya selama di sana, entah kenapa ko enak-enak ya rasanya, hahaha.

Baca juga Preparation Singapore Trip, February 5-7 2015


3. Terdapat toko kebutuhan pokok buah dan sayur 

Ini penting juga ni menurut saya, apalagi kalo kamu memang tinggal di apartment kayak saya kemarin dan punya privilige masak-masak, hahaha. Ya minimal buat beli buah deh. Dan harganya relatih miring lho. Jadi kaloupun buat anak-anak bisa juga tuh beli buah segar dan diolah sendiri, hehehe. Banyak juga toko kelontong yang menjual berbagai macam kebutuhan pokok dan harganya murah meriah. Misalnya daripada beli minum di convenient store, mending beli di toko biasa. Harganya 1 SGD bisa dapat 3 botol ukuran 600 ml. Atau SGD untuk 3 botol ukuran 1,5 ltr. Lumayan banget kaan?!

Salah satu sudut Geylang dan toko kelontong di depan, hihihi


Buah-buahan juga ada beberapa jenis yang masih bisa dibilang murah, misalnya plum atau pisang. Buat kamu yang bawa bayi dan MPASI-nya masih buah-buahan, menurut saya cucok banget sih karena buah segar bisa gampang didapat dan ngga bikin kantong jebol. Maklum SGD mahal, hahahaha. Selain buah dan sayur standar, di kawasan Geylang banyak juga tempat jual durian. Beuuh siapa tau ada yang tertarik mau makan durian di Singapore, walaupun duriannya saya rasa juga dari Sumatera si, hahaha. Tapi mungkin bisa menemukan durian musang king yang tersohor itu di sana.


Masjid Sultan Kampong Glam (Credit to Gregorius KW)

4. Tidak jauh dari kawasan Bugis dan Little India

Buat kamu yang suka belanja di area Bugis dan Little India, wilayah Geylang juga terbilang dekat lho dengan 2 area tersebut. Kalo mau ke area Bugis, jalan-jalan ke kawasan Haji Lane atau mau cari oleh-oleh di Mustafa Center, ngga akan makan waktu banyak. Ke Bugis hanya 3 stops. Ke Little India 5 stops, 3 di MRT jalur hijau, turun di Bugis lalu ganti jalur biru dan turun di Little India atau Ferrer Park. Sebenarnya selain ke Bugis atau Little India, buat ke area Merlion Park sejalur aja tuh sama MRT jalur hijau dari Geylang. Sukalah saya mah ke area-area itu, hahahaha. Apalagi kalo ke daerah Haji Lane, bisa betah berlama-lama deh di sana. Tentang ini akan saya tulis di lain blog post deh, hehehe. Selain naik MRT, di Geylang halte bis lumayan banyak dan cukup dekat. Beda sama di daerah MacPherson tempat saya menginap di Singapore beberapa waktu lalu, kudu jalan lumayan jauh, hahaha.

Warung kopi favorit saya di Haji Lane

Deretan cokelat di Mustafa Center



Baca juga Jalan-Jalan Gratis Ke Singapura Berkat Bassura

**

Nah gimana, masih ragu menginap di Geylang? Ngga usah raguuu, hihihi. Ya kadang kalo pulang agak larut nanti jangan kaget ya ada semacam pasar malam yang tumpah ke trotoar, hahaha. Tapi ngga sepadat di Jakarta ko, hanya di beberapa titik aja. Lumayan kan biaya yang harusnya buat penginapan bisa disubsidi ke bentuk lain, seperti coba masuk ke  Art Science Museum Singapore, hihihi.

Love you life. :D

Wassalamu'alaikum wr wb.

45 comments:

  1. Klo sendirian kira2 rekomen nggak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo perempuan pemberani macam kita mah rekomen menurutku, hahaha. Banyak muslimnya ko di sana.

      Delete
  2. Mbak, bener banget hotel sekitar Geylang rate-nya di bawah kawasan Little India, Bugis, dan Chinatown. Tapi ya karena red district itu saya selalu milih nginep di kawasan "aman" seperti Little India dan Bugis. Setelah baca ulasan mbak, saya jadi yakin nih coba nginep di Geylang kalo ke SG lagi. Thanks for sharing :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes mbaaa, aman sentosa kooo.. Apa-apa malah saya bilang lebih murah di banding kawasan lain, hehehe. sama-sama mba, semoga bermanfaat..

      Delete
  3. Bisa jadi referensi nih kalau ke Sngpore, makasih sharing ya mbak

    ReplyDelete
  4. APartemennya luas dan bersih ya?
    Makasih mbak bisa jd referensi andai suatu saat ke SIN :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cukup luas dan bersih. Sama-sama, semoga bermanfaat.

      Delete
  5. Bagus san bersih juga apt nya ya Lis, kalo jaman dulu Geylang pasti dikonotasikan ngga bener ya seperti kali jodoh hehe tp sekarang nggak sepertinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bersih dan cukup bagus ko. Bener banyak yang takut menginap di sana karena konotasinya yang cenderung buruk, padahal sih baik-baik aja ko, hehehe.

      Delete
  6. Malem malem geret koper di geylang untung berhijab yah jadi aamaan ^^ apartment nya terlihat bagus dan bersih ya..lumayan. tfs Lisna

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya alhamdulillah jadi amaaan.. Apartmentnya memang cukup bagus dan bersih mbaaa.. Sama-sama.

      Delete
  7. Apartemennya keren banget tuh untuk liburan bareng keluarga.. makasih referensinya mba :D

    ReplyDelete
  8. Tosss dongg, kemarin pas ke Singapore sama anak-anak pun nginepnya di Geylang. Agak was was juga awalnya. Tapi trnyata ngga papa sih. Enak deket kemana-mana. Cuma satu langkah aja ke halte bus geylang trus Ke stasiun MRT AlJunied pun deket. Dan bener kata lisna, harga hotelnya murahh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tosss uchiiii and the kids, hihihi. Iya ngga papa ko, apalagi emang cuma buat bobo, shantaiiii, hehehe.

      Delete
  9. eeeeh tapi tempat penginapannya oke dan bersih ya mom?? cuma agak gimana gitu kalo bawa baby dan anak balita ke tempat kawasan yang agak eng ing eng.. kikikikikik..
    nice sharing mom..
    www.sistersdyne.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus dan bersih kooo. Kalo cuma lewat mah ngga apa-apa kooo, hihihi.

      Delete
  10. Yg dikuatirkan kalau si kecil malah bertanya ttg si mbak yg jualan hahhaaa maaci rekomennya Lisna

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, eh tp si mbak2nya kemarin berdiri2 ajaaa. Terus transaksinya juga kayak ngobrol biasaaaa.. hahaha. Masama cicii..

      Delete
  11. Makin pengen nyoba booking penginapan pake air bnb.. tapi kudu pake CC, hikz

    Itu makanan murahnya masih lumayan mahal ya kalo dibanding Indo, hehe, tapi kayaknya porsi gede ya mbak? Bisa lah dibagi 2 biar ngirits, wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya harus pake CC sayangnyaa. Iya kalo dibandingin di sini mah masih mahal. Eh nasi briyaninya itu bisa dibagi 3 malahan, banyak banget, hahaha.

      Delete
  12. Lumayan bgt ituuuu 2 jt buat 12 org mah yaaa.. Aku belum peenah malah ke Geylang ini mba. Kalo masih aman buat bawa anak pinginnya nginep di daerah situ aja d ya jd bisa lbh hemat kan.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan banget kalo buat ramean bisa iriiit. Iya masih aman ko bawa anaak..

      Delete
  13. Kalo ke singapura nanti nginep di geylang lah. Asik-asik aja ko tempatnya :)

    ReplyDelete
  14. Ngga ragu sih mba, tapi aku sdh menemukan tmp nginep fav klo ke spore. :D lbh deket sama masjid sultan hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahh kawasan sana juga kusukaaa.. Aku random si mba, kebetulan beberapa kali ke sana gratisan, hahaha.

      Delete
  15. Kalau cowok yg ga aman memang mba hehe.. klo cewek, berjilbab, geret koper, bawa anak dst memang dipastikan mau tidur murah hihi.. klo cowo.. bahaya.. godaan ^^
    Skalinya ke SG kmrn memang ga direkomen ksana.. apa kata orang2 apalagi bini hihi.. so, emak2 keluarga2 yesss geylang siiip.. klo laki, mikir yaaa kec siap tergoda or siap dibully wlo ngga ngapa2in wkwkwk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha.. kalo cowo2 jadi tergantung niat ya maa, bukan sekedar penginapan murah, hahaha.

      Delete
  16. Menarik banget! Walaupun banyak kontroversi red district selama nyaman, aman dan terjangkau kenapa engga kan ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, masih nyaman, aman dan terjangkau kooo.. Kalo yg seksi2, dalam mall Indonesia juga yang seksoy banyak, hahaha..

      Delete
  17. Baca ini aku jadi inget lagi geylang sipatu geylang hahahha #mintadilemparipon karena sekarang rate SGD mahal, jadi mending nyari hotel murah aja kayak di kawasan ini biar sisa uangnya bisa buat jajan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akupun jd inget lagu ituuu,hahaha. Betoool, jd hemat di hotel dan bisa lebih banyak jajan,hahaha.

      Delete
  18. Kak ... aku kok takut nginep disini, maklum sebagai perawan cakepdan mempesona, maka aku takut di tawar hehehe #SokCantik
    Btw yg gw tau kawasan geylang ini terkenal sama komplek pelacuran hehehehe, apakah masih seperti itu sampai sekarang ????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang red district dan aja PSK gitu om cum. Tapi mereka ngga brutal gitu sih menjajakannya. Lebih ke ngobrol nego biasa ke orang yg mau pakai dehse, tp memang bajunya seksi2,hahaha. Klo kamu mah sholeh ah, mana mungkin ditawar2,hahaha.

      Delete
  19. Di apartemen yg mba sewa, ada yg lbh kecil ga? Saya niat bawa 3dewasa dan 1anak, misal 2 kamar aja. Pesennya lewat apa? Air bnb atau lainnya? Thank you

    ReplyDelete
  20. Di apartemen yg mba sewa, ada yg lbh kecil ga? Saya niat bawa 3dewasa dan 1anak, misal 2 kamar aja. Pesennya lewat apa? Air bnb atau lainnya? Thank you

    ReplyDelete
  21. Mba maaf mau tanya nama apartemenya apa ya? Ko saya gak nemu di tr*veloka

    ReplyDelete
  22. Wiiih ini pertimbangan keren nih kl mau ke singapur, yg jelas mesti gampang nemuin makanan halal.. Hhh

    ReplyDelete
  23. aku dulu pernah nginep di geylang juga, klo dari segi penginapan sih aku ga terlalu banyak milih karena selama tidur enak oke-oke aja, tapi kebetulan hotel tempat nginep aku di geylang klo malem rame banget terus sempet ditawar sama om2. :(

    sekarang klo ke singapore aku carinya penginapan yang paling murah tapi deket MRT soalnya kebetulan yang di geylang ini murah cuma jauh dari MRT. btw, airbnb di singapore bukannya denger2 ilegal ya mbak akhir2 ini? hmm.

    ReplyDelete
  24. Klo pulang sekitar jam stgh10 aman gak ya mbak?

    ReplyDelete
  25. Cus cek Airbnb ah. Makasih infonya

    ReplyDelete
  26. Halloo mba,
    kalau apartement untuk 2 adult dan 1 todler ada rekomendasi ga?
    atau ada rekomendasi apartement yang lain mungkin mba.

    Thanks :)

    ReplyDelete
  27. Assalamualaikum mba..
    mau tanya kalo yg di apartment itu wilayah perumahan ada di lorong berapa?
    terima kasih

    ReplyDelete