Follow Me @lisna_dwi

October 11, 2016

5 Tips Supaya Tetap Fit Saat Travelling



Assalamu'alaikum wr wb,

Menjelang akhir tahun begini pekerjaan biasanya makin hectic dan sibuk. Lagi lucu-lucunya gitu, hehehe. Eh atau malah udah ada yang merencanakan liburan akhir tahun? Naaaah, buat yang baru mau travelling harus siap dengan berbagai macam amunisi nih. Masalahnya, musim hujan yang akhirnya tiba menyebabkan banjir dimana-mana. Belum lagi issue penyebaran penyakit di negara tetangga, seperti virus Zika yang sempat ditemukan di Singapura. Fit saat travelling itu wajib hukumnya. Jadi, kudu pinter-pinter jaga kesehatan yah teman-teman. Buat yang mau travelling, biasanya saya menerapkan 5 tips ini supaya tetap fit dan tetap enjoy saat menjalani agenda jalan-jalan saya.

Tetap Jaga Pola Makan

Tips pertama dari 5 tips agar tetap fit saat travelling adalah tetap menjaga pola makan. Sebelum bepergian biasakan sarapan. Lalu pas di tengah schedule kadang ni yaaaa karena keasikan jalan atau explore suatu tempat seru, kita suka lupa diri, lupa waktu sampai lupa makan. Apalagi kalo travelling ke negara yang beda waktu, suka blaass deh karena keasikan sendiri. Tapi terus pertanyaannya, kan kadang susah cari restoran yang halal, atau jarak restoran jauh ah, lha gimana dong? Nah, caranya bisa dengan membawa cemilan atau bekal sehat. Jangan bayangkan bekal seperti bekal lengkap saat situasi normal ya, hehehe. Cukup membawa sereal, roti isi, susu atau atau cracker/biskuit gandum misalnya.

Sarapan sebelum memulai jadwal travelling.

Jadi walaupun makan utamanya agak tertunda, tapi perut kamu ngga kosong. Waktu ketemu restoran yang kita suka, langsung deh isi perut dengan makan. Tapi jangan berlebihan juga yah. Jangan jadi ajang balas dendam karena ketunda waktu makannya, hahaha. Selain soal makanan pengganjal perut, kalo sedang travelling jangan sampai lupa minum air putih. Sebaiknya hindari minuman bersoda, berkafein ataupun beralkohol. Yang ada bukan menghindari dehidrasi, malah jadi pingin pipis mulu. Kenapa? Karena sifat minuman tersebut berefek meningkatkan diuretik sehingga membuat kita sering buang air kecil. Emang enak si ya kayaknya minum manis-manis, tapi kan ngga enak kalo jadi bikin beseeerr.. :))


Cuci Tangan atau Sedia Hand Sanitizer

Ini tips travelling yang menurut saya penting. Apa sebab? Namanya jalan-jalan yaaa, eksplor sana-sini, pegang ini itu, trus suka lupa deh pas makan kita ngga bersihin tangan dulu, huhuhu. Selain itu kalo kita bersin atau batuk kita juga suka lupa membersihkan tangan. Seringnya kita anggap sepele soal ini, tapi percaya deh lebih baik mencegah daripada mengobati. kata saya korban diare akut

Link Sumber

Idealnya sebelum makan ya cuci tangan dulu dengan sabun. Kalo emang ngga ada sabun atau bahkan air, sedia aja hand sanitizer dalam bentuk cairan atau yang dalam bentuk seperti tissue basah. Kemasannya juga kecil dan ngga makan tempat ko di tas. Lagipula, selain mengamankan diri sendiri dari kuman penyakit influenza, diare, cacingan, bahkan flu burung, dengan membersihkan tangan pakai sabun atau hand sanitizer kita bisa mengurangi/mencegah transfer penyakit ke orang lain. Kan kasian kalo orang lain sakit gara-gara kitaaa. >_<


Istirahat Yang Cukup

Travelling tips yang ketiga adalah istirahat yang cukup. Sedang berada jauh dari rumah dengan padatnya jadwal plesiran bukan berarti jadi mengesampingkan waktu istirahat. Kalo kita banyak jalan, bergerak kemana-mana harus tetap diimbangi dengan istirahat yang cukup.

Istirahatkan tubuh kapanpun butuh.

Istirahat menurut saya termasuk juga ngasoh di tengah-tengah rangkaian jalan-jalan kita lho yah, hehehe. Kalo memang misalnya kaki butuh diselonjorin setelah menaiki Tembok Cina atau tangga di Candi Borobudur, ya selonjorin ajaaah. Daripada malah jadi sakit kan malah ngga bisa nikmatin tripnya. Sesampainya di penginapan pun usahakan langsung beristirahat dan bukan malah tidur terlalu larut. Memang si ngga bisa fix tuh waktu tidur 6 jam atau bahkan 8 jam, tapi sebisa mungkin tidur minimal 4 jam.


Konsumsi Suplemen dan Vitamin

Nah ini menurut saya bisa jadi penunjang dalam lancarnya kegiatan travelling. Kenapa? Karena ngaku deh kalo lagi travelling makan suka ngga teratur, begitupun dengan asupan nutrisi yang seimbang. Belum tentu dalam sehari bisa makan buah misalnya. Kalo saya, biasanya sedia Stimuno Forte. Ada yang belum tau? Jadi Stimuno Forte adalah Fitofarmaka yang terbukti klinis, berkhasiat dan aman untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah sakit dan mempercepat penyembuhan. Bahannya gimana? Tenaaang, aman ko karena Stimuno terbuat dari bahan herbal yaitu meniran asli Indonesia. Jadi walaupun schedule travelling padat merayap, tapi teteeep bisa aktif dan eksis terus. Worth to try? Worth it banget! Lagian lagi asik travelling gitu mana boleh sakit, ya ngga?!





Sedia Obat-obatan Pribadi

Ini satu lagi yang sangat penting. Kalo kamu ngerasa punya sakit kambuhan macam maag, asma, atau alergi makanan atau udara, jangan lupa bawa obat andalan kamu dan sedia Stimuno selalu ya. Daripada sibuk cari-cari obat di saat kita sakit, selain ngga bisa langsung teratasi jadi ngerepotin orang lain juga cyiiin, hahaha. Selain itu, saya biasanya sedia obat maag, koyo, balsem, obat masuk angin, betadine dan parasetamol. Yang paling basic si, tapi itulah yang paling relevant sama riwayat penyakit saya, hahaha. Oya dan ngga ada salahnya juga menyimpan alamat dan no telepon sarana kesehatan terdekat dari lokasi tujuan kamu, bahkan mungkin lokasi apotik. Jadi dalam keadaaan darurat bisa langsung menuju lokasi RS atau klinik terdekat.



Nah, demikian deh 5 hal yang biasa saya terapkan saat saya travelling. Enjoy aja yaaa, pastikan planning jalan-jalan yang kamu buat bukan bikin kamu stress. Wokeh?! Happy travelling yaaaa...

Love you, life. :D

Wassalamu'alaikum wr wb.

81 comments:

  1. Anonymous9:06 AM

    Stimuno emang kece banget sih ya dari dulu, aku dan darell pun konsumsi itu buat daya tahan tubuh yang maksimal. Thanks sharingnya lisna :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyess udah cobain langsung dan alhamdulillah cocok di akooh.. masamaaa.. :*

      Delete
  2. Kalau liburan, paling ngga bisa istirahat karena banyak hal hahaha. Salah satunya tentu si bocil piyik yang minta gendong jadi konsumsi suplemen & vitamin tambahan penting dibawa & dikonsumsi kalau liburan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul skaliiii, klo bawa anak double rempong. Dan harus extra fit yes.

      Delete
  3. Aku suka stres nih kalau mau jalan jauh, takut ada yg ketinggalan hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaa, makanya biasanya aku bikin list maak,hehehe.

      Delete
  4. Sehat sehat selalu minum stimuno juga supaya makin sehat ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes mba witj, supaya sehat dan fit slalu.

      Delete
  5. Terimakasih sharenya Mbak Lisna..
    kalo aku biasanya sedia koyo juga, jaga2 kalo pegel kebanyakan jalan wkwk

    ReplyDelete
  6. ooo gitu ya kak lisna , selalu sedia stimuno kapan dan dimana saja, pantes cantik :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kak cantiiik. Iya liburan harus tetap dibawa yes. :*

      Delete
  7. Duh..ga kebayang ya mba..lagi asyiknya travelling malah drop

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi ga asik kan ya mba klo drop. Makanya kudu sehat teruuus..hehehe

      Delete
  8. Suka lupa bawa vitamin. Karena yang mo dibawa banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti klo bikin list vitamin kudu masuk juga biar keangkut,hoho.

      Delete
  9. Oke banget tipsnya kak 😉

    ReplyDelete
  10. Oke banget tipsnya kak 😉

    ReplyDelete
  11. Tipsnya ok mb, sayang saya telat bacanya karena ini lagi drop gara2 traveling, hiks

    ReplyDelete
  12. Tipsnya ok mb, sayang saya telat bacanya karena ini lagi drop gara2 traveling, hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Stimuno forte bisa juga diminum saat sakit, jd pemulihan lebih cepat.

      Delete
  13. Masalah saat travelling bawa bocah : ga mau lepas gendong, padahal bawa stroller.. oh my, pe er yaa ganti2an gendong bocah sama pak suami.. emang kudu setrong bener ini kita yah klo lagi travelling

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuuuul kudu strong beneerr.. Apalagi energi anak kyk ngga pernah habis,hahaha.

      Delete
  14. Klo bocah tidur kita pun sbaiknya istirahat ya kan.. tp prakteknya dorong stroller sambil liat2 yg lucu2. Haha.. jd dobel capek deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ituuu, suka tergoda emang,hahaha. Tapi klo santai jalannya mah ngga papa kali yee,hihi.

      Delete
  15. Wah makasih mba tipsnya. Selama ini nggak pernah bawa obat-obatan apalagi vitamin, paling juga koyo sama minyak angin aja hehe. Nanti kalo traveling wajib bawa stimuno ah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes sama2 neng. Kudu dicoba emang, biar fit terus pas liburan.

      Delete
  16. Iya banget, kalo traveling itu gampang capek. So, jaga Kesehatan dan stamina itu sangat penting.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuuuul mba, biar bisa enjoy liburan dgn maksimal.

      Delete
  17. Tipnya keren mbak....makasih telah berbagi....

    ReplyDelete
  18. Saat ini menjaga kesehatan sangatlah penting, apalagi yang suka jalan2..
    makasih banyak sharing tipsnya mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya biar ga gampang kena penyakit dan bisa menikmati jalan2nya. Sama2 smoga berguna.

      Delete
  19. Kalo liburan bukannya ga sempat istirahat, tapi tidak menyempatkan diri hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Disempetiin,hihi. Biar tetep fit dan kasih hak buat tubuh beristirahat,hihi.

      Delete
  20. kalo saya ikut penerbangan dari palangkaraya ke semarang saja sudah capek dan lemah lesu mba, mungkin saya kurang persiapan ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, pola makan yg benar dan sehat jg perlu sebelum berangkat. Tips saya bisa diterapkan tuh mba,hihi.

      Delete
  21. Benerrr, kalau lagi traveling suka lupa makan, jadwal makan juga ga teratur. Khawatirnya selesai traveling terus sakit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saking asiknya lan jalan kan ya maaak. Makanya sebisa mungkin dijaga maaak, plus vitamin dan suplemen biar ttp setrong.

      Delete
  22. Senjata gue supaya tetep fit cuma madu sama teh manis anget.. Kalo udh tumbang minum pana**l.. Kayaknya butuh minum suplemen tambahan nih biar tetep fit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Stimuno forte jg bisa diminum saat sakit laaaa, jd bisa cepet pulih deh.

      Delete
  23. Vitamin harin emang perlu bgt yaa,gw sih minum vit c tiap hari plus stimuno juga nih alhamdulillah gak gampang tepar.. Secara mamak kudu seteroooong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya jadi mamak kudu setrooong. Apalagi anaknya lagi tiada kenal lelah yaaa..hahaha.

      Delete
  24. memang vitamin ngebantu banget deh apalagi aku sdh mau 40an hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga keliatan mak uliiii, masih muda belia gitu nampaknyaaa, hihihi.

      Delete
  25. Pola makan dijaga.. hehe kalau lagi jalan-jalan malah tidak terjaga pola makannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kadang malah ngga kejaga, makanya konsumsi vitamin dan suplemen juga biar ga gampang frop, hehehe.

      Delete
  26. Kadang pengen lama2 istirahat yaa kan libur, apalagi dapet hotel yang enak, tapi harus ngejar waktu ke spot wisata juga..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu tuh, kadang kejar-kejaran sama waktu ke lokasi wisata yaa.. Yang penting luangkan waktu untuk istirahat dan makan yaa..

      Delete
  27. Aku termasuk yang jarang minum suplemen. Padahal banyak manfaatnya juga ya. Kudu diingetin dulu kalau minum vitamin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uciii ayo minum suplemen. *ceritanya ingetin uci, hihihi*

      Delete
  28. Tips nya sangat bermanfaat, makan teratur , istirahat cukup, olahraga kecil . sederhana tapi bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih, semoga bermanfaat yaa.

      Delete
  29. Kalo duit di dompet banyak, insya allah fits terusss lho ada semangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha, itu bisa juga om cum. Aku mau dong duit banyak di dompeeet.. :))

      Delete
    2. Wakssss jadi kita mau erbagi dompet atau berbagi duit ??? #LaluNgitungReceh

      Delete
    3. Aku bukan kang parkir oom dikasih receeeh, hahaha..

      Delete
  30. Sakit di tempat orang itu nggak enak banget ya, Mbak. Merepotkan orang.


    Biar enak dan nggak ngerepotin pancen kudu care pada diri sendiri dan cuaca sekitar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes neng, yang paling utama harus aware sama kondisi diri adalah kita sendiri. Jadi mencegah lebih baik dari mengobatiiii..

      Delete
  31. istirahat yang cukup bener banget mbak, gara2 kelelahan aku malah ngedrop pas lagi menggunung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes mba ev. Istirahat kudu harus, biar tetep enjoy travellingnya. Saluuuut sama mba ev udah mendaki berbagai macam gunuuung..

      Delete
  32. Sebut merek boleh kali ya...emang stimuno kece kok. Awal mula kenalan beberapa tahun lalu dan emang kece.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh bangeeet, stimuno forte kaaan. Di aku juga alhamdulillah cocok dan manjur gie.

      Delete
  33. Iya bener bgt. jaga kondisi pas traveling tuh penting pake bingiiittt..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes diana, penting pakai bingiiits..

      Delete
  34. noted untuk tips travelingnya mba :) klo lagi overload sambil begadang2,aku biasanya masuk angin dan langsung deh minum teh jahe sambil koyoan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akupun suka minum jahe madu plus koyoan. Hihihi.. Jangan begadang ya mba, kalo tak ada artinya. *kata bang rhoma*

      Delete
  35. Buat traveling siap-siap ya Mbak multivitaminnya untuk menambah stamina tubuh...biar traveling lancar juga..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes mbaa, biar travelling lancar dan asik selalu.

      Delete
  36. Kalau saya tetep,, kunci sukses untuk travelling adalah coklat..
    Menyenangkan dan menahan lapar lebih lama..hehe
    Salam kenal ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenaaal. Iya memang banyak juga yang menyarankan coklat, hehehe. Terimakasih sudah mampir.

      Delete
  37. Waah ini neh tips tetap fit ya, pola makan memang sangat penting banget ya. Apalagi dengan tambahan vitamin, supaya tubuh tetap ssehat dan kuat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyess betul skali mbakyuuu. Biar jalan2 kemanapun tetep enjoy dan asooy, hihihi.

      Delete
  38. kalau cowok boleh gak pakai itu mbak?
    hehe

    ReplyDelete
  39. ok kita samaaaaa sih suplemennyaaaa :D.. aku tiap kali mw traveling nih mbak, sebulan sebelum berangkat, selama dlm perjalanan dan seminggu sesudahnya, rutin minum stimuno ini.. juga anakku... tujuannya ya supaya g gampang sakit menjlang keberangkatan.. dan sampe skr sih ampuh bgt ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbaaak, aku juga cocok dan minum ini jadinya. Tooss, tim ampuh pakai Stimuno yaa..

      Delete
  40. Aku baru baca ini.
    Terima kasih.
    Aku asli malaysia.

    dari: http://biarlembuyangjadilembu.blogspot.com

    ReplyDelete
  41. Aku baru baca ini.
    Terima kasih.
    Aku asli malaysia.

    dari: http://biarlembuyangjadilembu.blogspot.com

    ReplyDelete
  42. wah terima kasih rekomendasinya sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete