Follow Me @lisna_dwi

April 10, 2019

Kenapa Memilih Serial Animasi Islami NUSSA?



Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Saya termasuk picky soal urusan memberikan tontonan buat anak. Apalagi dengan history anak saya yang bicaranya agak telat, jadi saya ngga mau salah pilih kasih tontonan. Suka pening sendiri kalo nonton acara anak zaman sekarang, bikin istighfar bawaannya, hahaha. Entah karena bajunya yang mini, bahasa dan gerak-geriknya kurang sopan atau minim unsur kebaikan dalam konten acaranya. Beberapa bulan saya dan mungkin banyak orangtua lainnya seperti mendapat angin segar, karena hadir NUSSA, sebuah web series animasi Islami yang menampilkan keseharian Nussa, Rara dan ibu mereka berdua yang disapa Umma. Mulai dari pertama menonton serial NUSSA saya mantap memilih NUSSA sebagai salah satu tayangan hiburan untuk si kecil. Lalu kenapa memilih serial animasi Islami NUSSA?

Saya memilih NUSSA karena banyak pesan kebaikan di dalamnya. Sebagai seorang muslim, saya juga melihat keseharian Nussa, Rara dan Umma (ibunya Nussa) dapat memberikan contoh adab dan akhlak mulia yang sesuai dengan nilai-nilai Islam. Meskipun demikian, pesan kebaikan yang disampaikan bersifat universal dan relevan untuk semua orang kok. Salah satunya adalah episode NUSSA berjudul Tak Bisa Balas yang menceritakan bagaimana Nussa dan Rara membalas kebaikan dan pengorbanan Umma. Atau di episode Nussa Bisa yang menceritakan latar belakang kenapa Nussa digambarkan sebagai anak yang memiliki disabilitas namun bisa tetap ceria dan percaya diri.

NUSSA serial animasi Islami favorit Naya

Selain itu karakter yang ada dalam web series NUSSA dibuat sangat natural dan ngga lebay gitu loh. Saya suka males soalnya liat ada karakter anak tapi dibentuk lebih dewasa dari yang seharusnya, huhuhu. Sejauh ini NUSSA ngga hanya memikat hati anak saya tapi juga hati saya sebagai orang tua. Dan ternyata memang dari insight viewer serial NUSSA, ternyata penontonnya bukan hanya anak-anak, tapi sangat banyak dari kalangan berusia 18-35 tahun. Sudah pasti ada saya juga di jutaan pemirsa NUSSA, hehehe.

Lalu datanglah undangan untuk menghadiri Konferensi Pers Kerjasama Bukalapak dan The Little Giantz, creator serial animasi NUSSA. Apakah saya kuasa menolak? Tentu tidaaaaak, karena saya tersentuh oleh NUSSA dan kebaikan yang diberikan olehnya. Bahkan saya agak sedikit emosionil ketika bilang apresiasi langsung ke Mas Adit soal hadirnya NUSSA dalam hidup keluarga saya, untung ngga nangis sayaaa, hahaha. Duh agak lebay sih, tapi spontan abisnya kaaaak.. :))

Menyampaikan apresiasi langsung pada Mas Adit and I was about to cry, hahahaha

 

Bukalapak dan The Little Giantz Sebarkan Kebaikan NUSSA melalui BukaNonton

Kalo saya tadi sudah cerita kenapa saya memilih serial animasi NUSSA sebagai salah satu tontonan yang aman untuk anak saya, nah dalam konferensi pers tanggal 4 April 2019 di GoWork Menara Rajawali, Mas Fajrin Rasyid selaku Co-Founder dan Presiden Bukalapak mengungkapkan alasan kenapa menggandeng The Little Giantz beserta NUSSA. Bukalapak peduli dengan pendidikan penerus bangsa. Seperti halnya The Little Giantz, Bukalapak juga memiliki komitmen yang sama untuk memajukan Indonesia dengan cara menyebarkan semangat kebaikan yang dimiliki NUSSA kepada anak-anak Indonesia melalui kanal digital.

Fajrin Rasyid dan Aditya Triantoro

Mas Fajrin lebih jauh mengatakan bahwa tayangan edukatif seperti NUSSA bisa bermanfaat bagi anak, orangtua dan keluarga secara umum dalam membangun karakter anak yang positif. Harapannya, Bukalapak membantu peran orang tua untuk mengajarkan kebaikan kepada anak-anak. Melarang munculnya tayangan negatif mungkin bisa jadi salah satu cara. Tapi cara paling baik menangkal konten negatif itu adalah memperbanyak konten edukatif. Kolaborasi Bukalapak dengan NUSSA menjadi salah satu upaya yang dilakukan Bukalapak untuk memperbanyak konten positif yang ada di dunia digital.

Mas Aditya Triantoro, Chief Executive Officer The Little Giantz, menganggap kerjasama dengan Bukalapak memberikan energi dan semangat baru dalam berkarya. Ngga jarang ada masa semangat agak menurun dan adanya dukungan dari Bukalapak memberikan semangat baru lagi dalam membuat kreativitas sehingga semangat kebaikan bisa terus disebarkan melalui NUSSA. NUSSA juga menunjukkan bahwa berbuat baik itu mudah kok, bukan sesuatu yang sulit asalkan sudah dibiasakan sejak dini.


Bersama Nia dan Mas Adit

Semangat kebaikan yang diajarkan melalui serial animasi NUSSA mulai ditayangkan pada 5 April 2019 pada pukul 04.30 melalui kanal digital BukaNonton yang ada di dalam aplikasi Bukalapak. Akan ada 6 serial NUSSA yang akan tayang di BukaNonton Bukalapak, dan salah satu episode spesial akan tayang di bulan Ramadhan pada tanggal 24 Mei 2019. BukaNonton adalah fitur layanan Live-Streaming dan Video on Demand yang dapat diakses secara gratis oleh semua user Bukalapak yang telah terverifikasi. Jadi kalo kamu belum download aplikasi Bukalapak, karena kita bisa nonton NUSSA di BukaNonton Bukalapak tanpa bayar alias gratis! Caranya gimana? Simak langkah-langkah berikut ini ya!

1. Setelah akun Bukalapak kamu terverifikasi, masuk ke bagian Home aplikasi Bukalapak dan pilih Menu Favorit.



2. Lalu cari menu Streaming dan pilih fitur BukaNonton.



3. Pilih deh tayangan NUSSA yang juga ada di banner pada page BukaNonton.



4. Dan selamat menonton NUSSA di BukaNonton Bukalapak!



Selain bisa nonton NUSSA di BukaNonton Bukalapak, penggemar NUSSA juga bisa memperoleh merchandise Nussa dan Rara hanya di Bukalapak. Last but not least, Bukalapak dan The Little Giants berharap semoga dengan makin banyaknya tayangan-tayangan yang positif dapat mendukung kreativitas anak bangsa. Jadi bukan tidak mungkin di waktu yang akan datang, akan ada banyak NUSSA-NUSSA lain yang siap menebarkan konten kebaikan ke seluruh penjuru dunia. InsyaaAllah.

**

Baca juga tulisan sobi blogger aku juga yuk!

Sandra di SERIAL NUSSA SEBARKAN KEBAIKAN BARENG BUKALAPAK MELALUI BUKANONTON
Nia di Menyebarkan Kebaikan dengan Nonton Nussa di Aplikasi Bukalapak





Love you life. :D

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

32 comments:

  1. aku menunggu merchandisenya dijual di Bukalapak ahahhaha pengen banget beliin Raya & Shasa boneka Nusa & Rara. Biar bonekanya bisa dijadiin role play kalau nasehatin anak2 :D

    ReplyDelete
  2. Iya baner natural banget kekanak-kanakkannya, huhu bikin haru mulu dah kisah menyentuhnya. Aku jadi belajar banyak buat jadi orang tua dari Nussa dan Rara :)

    ReplyDelete
  3. Nussa ini serial yang ditunggu-tunggu setiap Jumat pagi. Gak cuma anaknya yang nungguin, emaknya juga. Alhamdulillah sejak ada Nussa, Darell pelan-pelan paham tentang syariat islam. Masyaallah Tabarakallah

    ReplyDelete
  4. Aku belum pernah nonton Nussa, tapi kayanya gemash yaaaa

    ReplyDelete
  5. Ini niiih yg dibutuhkan mamah muda jaman now.
    Aku bakal rekomen ke sodara2ku yg punya anak balita
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  6. Aku juga suka kasih lihat Nussa bahkan nanti di acara perpisahan wisuda TK anakku mau pentas cerita nussa :D
    dan iya yang episode tak bisa balas sedih aku jadi inget mendiang mamah deh tontonan berguna buat anak y mba

    pengen beli merchandisenya di bukalapak nih biar tambah semangat juga belajar kebaikan lewat nussa

    ReplyDelete
  7. aku baru tahu serial nussa. duh ketinggalan inpoh pisan. cuzz segera nonton di bukanonton

    ReplyDelete
  8. Yay bisa nonton Nussa dan Rara di Bukalapak. Saya biasanya streaminf di YT. Tapi bahayanya malah muter ke tayangan lain setelahnya. Kalau masih serial Nussa sih tak masalah, lah ini malah ke gosip dan bikin anak bingung. Kalau streaming di bukalapak kan lebih aman

    Salam manis, artha

    ReplyDelete
  9. Serial islami Nussa mendidik anak-anak ya mbak, aku baru tahu loh. COba nanti aku mau kasih tau anak-anak di rumah kalau ada serial ini. WAh nontonnya gratis ya dari Bukalapak

    ReplyDelete
  10. Aaamiin, semoga makin banyak karya anak muda Indonesia yang memberikan sumbangsih konten yang mengajarkan hal baik sebagai tontonan anak-anak, seperti Nusa dan Rara

    ReplyDelete
  11. Ooo baru tau nih bisa nonton via Bukalapak. Aku udah instal aplikasinya di smartphoneku. Mau juga ah ntar ajak anakku nonton NUSSA. Anak Indonesia butuh tontonan yang mengedukasi gini, bukan tayangan yang lebay2 gitu.

    ReplyDelete
  12. Sama kupun gitu mba suka picky klo urusan untuk anak tapi serialny ini bagus ya blum pernah lihat juga anakku padti seneng ini edukatif lg

    ReplyDelete
  13. saya sependapat denganmu, mak..kita emang harus picky memilih tontotan untuk anak-anak kita.
    karena tontotan itu ngaruh banget...anak-anak tuh cepet banget niru soalnya..jadi harus dipastikan mereka dapat tontonan yang positif dan berguna ya :)

    ReplyDelete
  14. Anak-anak punya tontonan bagus nih sekarang, apalagi nanti ada merchandise nya juga ya

    ReplyDelete
  15. Anak2 sy juga suka nonton nussa. Anak2 nonton nussa mamanya tenang krn edukatif n islami

    ReplyDelete
  16. Lucu nih serialnya. Anak2ku jg suka nonton. Bisa via bukalapak juga ya ternyata.

    ReplyDelete
  17. Makan jangan asal makan...

    Anak-anak saya juga suka banget nonton serial nussa dan rara.

    ReplyDelete
  18. Wah ada lagi referensi untuk nonton bagi anak2 nih 😍 saya keep dulu yah kak. Tayangan sperti ini sngt edukatif bwt anak2, aplg klu ad pesan2 islaminya 😊

    ReplyDelete
  19. Ah makin keren aja Nussa ini. Benar-benar kesukaan anak-anak. Kelihatan membawa manfaatnya ke masyarakat ya sampai-sampai Bukalapak saja mau bekerja sama. Alhamdulillah banget. Semoga makin sering tayang.

    ReplyDelete
  20. Duh, sampai berkaca-kaca ya saking berterimakasihnya pada pembuat nussa :) Alhamdulillah banget ada tayangan mendidik seperti nusa ini ya :)

    ReplyDelete
  21. Wah baru tau ada BukaNonton. Jadi skr di Bukalapak skr bisa nonton film juga ya mbak. Keren ya invasinya si BL ini.

    ReplyDelete
  22. Wah, animasi Nussa sih emang kesukaan anak-anak. Banyak nilai positifnya. Dan seneng banget ya kalo sekarang bisa dilihat di Bukalapak.

    ReplyDelete
  23. Mewek akutuh nonton Nussa episode Jumat kemarin

    ReplyDelete
  24. Nussa...
    Favorit lihat kartun yang baik dan mendidik.
    Secara gak langsung mengajarkan kebaikan pada anak-anak.

    ReplyDelete
  25. Saya baru tau ada serial ini. Makasih infonya Mak. Bisa buat tontonan anak di rumah ya.

    ReplyDelete
  26. Rara, anak bungsu ku juga seneng banget sama Nussa dan Rara ini, tapi nontonnya masih di youtube. Mau cobain nonton di Bukalapak juga, ah

    ReplyDelete
  27. Suka deh kata2nya yg intinya: perlu memang membatasi konten2 negatif tapi yg lebih perlu adalah memperbanyak konten2 positif

    Salut buat mas toro. Semoga dengan adanya nussa bisa menginspirasi tontonan lain yg bagus2 dan kaya manfaat ya biar dedek2 jaman now ga alay

    ReplyDelete
  28. I feel you ceu, aku juga merasa kalau serial ini seperti angin segar di gurun pasir. Semoga The Little Giant istiqomah ya memberikan tontonan yang bermanfaat.

    ReplyDelete
  29. Merchandisenya lucu lucu yah. Jadi pgn koleksi ��

    ReplyDelete
  30. Aku bahagia banget pas ada animasi Nussa ini, Mbak. Duh aman deh, akalu anak-anak minta main hp. Soalnya emang anakku ya nggak steril gadget sih, Mbak. Jadi kitanya aja yang musti cermat. Kuakui, mereka pun banyak belajar dari gadget.

    ReplyDelete
  31. Nussa dan rara itu serial anak favorit anakku banget.sangat inspiratif dan edukatif

    ReplyDelete