Follow Me @lisna_dwi

January 04, 2019

Review Diffuser InnoGear Untuk Essential Oil



Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Tahun lalu saya mendapat Young Living Essential Oil (YLEO) dari seorang teman yang punya olshop. Karena saya belum terlalu tau manfaat essential oil itu, akhirnya saya hanya pakai essential oil yang tipe RC blended aja. Saat itu belum ngeh juga fungsi diffuser untuk essential oil ini. Saya taunya aromatherapy diffuser yang ada di spa aja, hahaha. Diffuser yang bagus seperti apa aja saya belum tau, eh taunya belakangan Young Living juga punya diffuser sendiri. Harga diffuser juga ternyata macam-macam, blank dulu mah soal diffuser yang bagus itu kek gimana, hahaha.

Belakangan saya mengetahui bahwa anak saya memiliki alergi yang cukup parah. Pencetusnya ngga cuma satu, tapi ada beberapa. Sebut saja kacang mede, debu, bulu, asap, dan bunga. Yak kamu ngga salah baca, anak saya alergi bunga juga, hahaha. Beberapa bulan ini saya dan suami struggling banget buat menghadapi kondisi alergi ini. Karena efek ke si ucul adalah ke pernafasan, dia jadi batuk-batuk kalo kena pencetus alerginya. Kemudian batuk-batuknya akan lama sembuh dan kalo kena flu, bisa makin lama deh berhentinya, huhuhu. Jadi most of the time batuk-batuk si ucul bukan karena sakit, tapi karena ada pencetus alergi yang terpapar ke dirinya. Nah kalo udah kena nih pencetusnya biasanya dokter akan melarang si ucul bermain atau berada dalam keramaian. Padahal si ucul suka banget sama playground, huhuhu.

Baca juga Puas Bermain Seharian di Fanpekka Playground AEON Cakung Jakarta Timur

Review Diffuser InnoGear Untuk Essential Oil - Diffuser Untuk Si Ucul

Sebisa mungkin saya ngga memberikan obat. Jadi andalan saya biasanya balsem Vicks aja kalo dia flu. Tapiii saya baru tau kalo balsem itu bahan dasarnya kamper, yang mana jadi salah satu pencetus alergi juga. Mamak bingung dah, hahaha. Akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan essential oil aja. Harganya memang ngga murah, tapi harapan saya berbanding lurus dengan efeknya. Awalnya hanya untuk oles-oles. Menurut saya cukup membawa pengaruh ke si ucul ya. Saya pakai Young Living Essential Oil (YLEO) blended RC dan Peppermint yang dicampur dengan VCO. Lalu saya merasa butuh juga untuk beli diffuser aromaterapi, jadi kombo dioles ke badan dan dihirup juga. Pencarian diffuser kemudian dimulai.

Diffuser yang sepaket dengan YLEO itu harganya lumayan mahal kak, jadi mama ina cari alternatif yang secara kualitas bagus tapi harga lebih miring, hahaha. Kebetulan adik ipar sudah beli diffuser dari ACE. Tapi kok ya saya kurang sreg karena kecil kapasitasnya, paling sekitar 100-200 ml saja. Sedangkan makin besar kapasitas ya makin mahal ya cyiiin sudah pasti, hahaha. Setelah browsing dan mencari dengan seksama akhirnya saya menemukan satu merk diffuser asal USA Amerika sana, yaitu InnoGear. Setelah banding sana banding sini, dapatlah satu toko penjual diffuser di Tokopedia bernama Healing Solutions. Klik aja namanya buat buka link produknya yah. Harganya pun lebih terjangkau. Harga diffuser InnoGear untuk essential oil kapasitas 500 ml dibanderol Rp 614.000. Harga diffuser InnoGear 500 ml segitu ya lumayan murah kak setelah saya cari-cari di toko lainnya. Makin mantap beli diffuser InnoGear ini karena review dari Amerika sana juga bagus-bagus, yah antara 4,5-5 bintang deh kalo di Amazon.


Spesifikasi Diffuser InnoGear 500 ml Untuk Essential Oil

InnoGear 500 ml Aromatherapy Essential Oil Diffuser Humidifier memiliki kode model AD501. Siapa tau ada yang mau beli langsung di Amerika kan ya kak, hehehe. Ada dua macam varian ya, putih polos atau dengan bagian bawah seperti motif kayu. Nah saya beli yang bagian bawah seperti motif kayu. Fungsinya saya kutip langsung dari penjualnya adalah sebagai berikut:

InnoGear 5 in 1 multifunctional aromatherapy diffuser, humidifier, air purifier, ionizer, night light. It helps you discover the transformative, aromatic power of essential oils, improves air quality and prevents damage from second hand smoke and stale air, works as a humidifier to improve the quality of air and makes breathing easy, functions as an ionizer by releasing negative ions into the air, helps to lift your mood and relieve stress.

InnoGear Aromatherapy Difusser

Kapasitas air InnoGear Diffuser ini adalah 500 ml sehingga untuk mode high mist bisa bekerja sampai 6 jam sedangkan jika disetel dengan  mode low mist ya kira-kira bisa 6 jam deh maksimal. Diffuser InnoGear ini juga punya timer. Jadi kita bisa atur timernya 1 jam, 2 jam, 3 jam atau on terus sampai air habis. Mesin diffuser akan mati atau off sendiri jika timer atau air sudah habis, jadi otomatis gitu. Makanya bisa dipakai waktu malam hari saat tidur.

Fitur InnoGear Aromatherapy Difusser

Detail spefisikasi InnoGear Aromatherapy Difusser adalah sebagai berikut ya:

Water Capacity: About 500ML
Timer: 60 / 120 / 180 minutes / On
Size: 168*121mm
Main Material: PP, ABS
Weight: 520g
Input: AC 100-240V 50/60Hz
Output: DC24V 650mA
Length of power line: 170cm
LED Light: 7 Colors - Specific color / Rotating Through Color / Dim and Bright
Working Time: 6 hours in high mist mode and 10 hours in low mist mode. When time is up or there is no water, it will turn off automatically.

Review Diffuser InnoGear Untuk Essential Oil

Review Diffuser InnoGear Untuk Essential Oil

Review Diffuser InnoGear Untuk Essential Oil

Garansi, manual book dan kupon diskon InnoGear Aromatherapy Difusser

Cara pakai Diffuser InnoGear 500 ml Untuk Essential Oil



Review Diffuser InnoGear Untuk Essential Oil Setelah 2 Minggu Pemakaian

Ketika pertama kali sampai dan membuka boksnya, saya langsung suka dan alhamdulillah sesuai harapan dan penjelasan si penjual. Saya cek kelengkapannya, dan benar lho dilengkapi juga dengan garansi produsen. Jadi inshaaAllah ORI ni ya. Hanya saja kan claimnya made in USA ya, tapi tetep lho colokannya made in China, hahaha. Dalam satu set InnoGear 500 ml Aromatherapy Essential Oil Diffuser Humidifier terdiri dari alat diffusernya, lalu colokan, gelas ukur, kartu garansi dan manual penggunaan diffuser InnoGear ini. Petunjuknya saya rasa sudah jelas dan mudah dimengerti. Secara tampilan diffuser InnoGear ini lumayan keren lho. Kalo kata temen saya seperti gayanya MUJI, sebuah brand dari Jepang. Yang harus diperhatikan adalah karena ini model USA, jadi colokannya ya colokan sana yang model gepeng dua itu lhooo. Jadi harus beli penyambungnya terpisah ya. Murah kok, cuma 1500 atau 2000 perak.


Review Diffuser InnoGear Untuk Essential Oil - Look diffuser InnoGear

Colokan InnoGear Aromatherapy Difusser
Gelas ukur InnoGear Aromatherapy Difusser

Pemasangan ikut aja step by step pada manual penggunaan ya, secara detail dijelaskan dalam Bahasa Inggris. Untuk permulaan saya sih hanya menuangkan 150 ml air saja. Videonya bisa dilihat di highlight story Instagram saya @lisna_dwi ya. Lalu saya coba timernya dan berjalan dengan baik. Cuma saya ngga bisa membedakan mana low mist dan mana mode high mist, hahaha. Tapi buat saya ngga masalah sama sekali. Warna lampu yang bisa berubah-ubah jadi hiburan tersendiri buat si ucul, tapi saat tidur saya ngga pakai. Si lampu hanya buat lucu-lucuan aja buat saya mah, hahaha.

Semburan mist InnoGear Aromatherapy Difusser
Review Diffuser InnoGear Untuk Essential Oil

Review Diffuser InnoGear Untuk Essential Oil

Review Diffuser InnoGear Untuk Essential Oil

Karena saya pakai AC dan jarak diffuser ke posisi tidur si kecil ngga deket-deket amat, saya selalu pakai mode high mist. Semburannya lebih kenceng gitu lho, hahaha. Ngomong semburan tuh saya otomatis mau nyanyi jingle iklan pompa air tau ngga siiiih, hahahaha. Kadang si mist atau udara yang dihembuskan diffuser itu dijadikan mainan oleh si ucul ya, namanya juga bocah yaaaaa.. Dan dia suka-suka aja sih, ruangan juga jadi harum menyegarkan. Walau kalo suami si prefer ngga pakai yaaa, tapi kan demi kesehatan anak yesss, hahaha.

Baca juga 9 Menit Sehari Untuk Menjalin Komunikasi Berkualitas Dengan Anak


Demi kesehatan anak akhirnya pakai diffuser juga. 

Untuk penggunaan di ruangan kamar, saya biasanya setting timer 3 jam. At least buat pengantar tidur. Kadang waktu terbangun saat dini hari suka saya nyalakan kembali. Si diffuser memang terbukti secara otomatis akan mati sendiri ketika air habis atau timer habis. Waktu si ucul main pun, saya akan pindahkan ke lantai bawah dekat area dia bermain. Soal campurannya gimana? Nah kalo ini tergantung essential oil yang kamu pakai. Kalo saya biasanya ni 100 ml air saya campur dengan 2-4 ml. Kalo sampai 500 ml ya kalikan aja kali ya kakaaak, hehehe. Essential oil yang saya gunakan saat ini YLEO (RC & Peppermint) dan Sipopo Essential Oil. Ada efeknya ngga ke si kecil? Alhamdulillah ada, walau ngga lantas menghilangkan alerginya. Saya mencoba nrimo aja soal alerginya mah, hahaha. Soal alergi ini saya cerita di blog post terpisah aja yaaa..

Okeh kalo ada pertanyaan atau mau sharing tips soal pemakaian essential oil dan diffuser silakan banget ya kakaaak. Saya pemula soalnya dalam menggunakan essential oil ini. 

Love you life. :D

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

31 comments:

  1. haduh kenapa sik difuser tu mahal2 yak, soalnya aku juga butuh nih kalau musim bapil :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dibandingkan diffuser YLEO ini jauh lebih murah ciii. Plus kapasitasnya 500 ml, kalo cuma low mist aja bisa sampai 10 jam.

      Delete
  2. aku punya diffuser beli di tokped, cuma 150ribuan.
    tp bingung juga sih kak, bedanya sama yg lebih mahal apa. ngaruh ga ya?

    nyoba pake essential oil yg mirip young living itu, wanginya ga berasa. apa kurang banyak ya?
    jadinya aku pake aromatheraphy lain gitu yg lebih murah dan lebih wangi...

    masih ga ngerti aku, seberapa ngaruh sih uap2an oil ini?
    maap ya kak banyak nanya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asal diffusernya bukan menghasilkan hawa panas sepertinys sama neng. Cuma aku memang cari kapasitas besar. Sementara ruangan di rumah loss dan deket jalan, hehehe. Seberapa ngaruh, tergantung si. Aku pk YLEO yg memang buat pemulihan anakku, so far ngaruh buat dia yg RC dan peppermint. Oh sama lemongrass buat ngusir nyamuk, hahaha.

      Delete
  3. aku baru tahu nih ada alergi bunga,, kalau pakai diffuser lebih enak ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya karena ada serbuk sari yg bis kehirup mba. Lebih efektif inshaaAllah.

      Delete
  4. Kirain tempat apa gitu, ternyata essential oil. Lucu ya, sekarang sudah ada yang praktis gini. Kemarin baca di blog mbak Insav ada tu campuran2 essential oil yang bisa dicoba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya, banyak lebih lucu sih tapi rata-rata kapasitas kecil. Ahaa nanti aku belajar ke mbak insav deh, hihi.

      Delete
  5. Aku juga di rumah pakai diffuser tapi yang ala-ala aja, kabarnya musti yang bagus biar pemanasannya oilnya maksimal. Keknya harus ganti neh pakai Innogear, bentuknya juga ngak makan tempat ya, krn punyaku yang sekarang gede banget jadi ribet dan agak berat euy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Justru katanya yang efektif minyaknya bukan dipanasin mba, karena klo dipanasin malah merusak oilnya, hehehe.

      Delete
  6. Jaman dulu mah disfuser nya make lilin itoh, yang gucinya dari gerabah (bener kaga) biasanya ditetesin minyak melati sama emak atau lavender wkwkwkwkwk....melihat harga disfuser beserta oilnya, daku sementara hanya melihat aja deh, wkwkwkwk bikin menghela nafas dalam *eaaa


    ANW makasih informasinya mama Ina, jadi lebih "ngeh" soal beginian :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya ada di spa-spa kalo aku liaaat, hahaha. Buat wangi dan menenangkan okelah, tapibuat pencegahan dan pemulihan alergi pd anak kurang cucok ya neng, hihi.masamaĆ ..

      Delete
  7. Baru beberapa hari yang lalu aku dan suami intens nyari info tentang essensial oil dan diffuser nya. Kemudian kami terkejhut melihat harganya hahaha. Iya nih, kayaknya butuh banget pakai essensial oil soalnya kalo pada sakit, gak kelar2 gitu, pindah2 dari satu anak ke anak lain. *derita banyak anak* �� ini kubookmark review diffusernya utk perbandingan yak. tengkiu ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya maaak, jangan mak sary yg anaknya lebih dari satu. Ini anak satu pingpongnya sama mama papanya, hahaha. Iyes mak, klo di anakku alhamdulillah ngaruh ni essential oil. Ngaruh juga sih di dompet, tapi demi kesehatan relain dah, hahahaha.

      Delete
  8. Wah kasihan juga kalo anak alergi yah mbak, semoga sehat terus.

    Tapi diffuser zaman aku dulu emang yang pake lilin wangi, terus atasnya dikasih semacam piring kecil dari tanah liat dan ditetes minyak aromateraphy hehehe. Murah meriah. Ternyata diffuser zaman sekarang pada canggih dan keren yak :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, makasih mba. Iya aku juga dulu kenalnya yang begitu modelnya, sering aku lihat kalo nyalon atau ke spa, hahaha.

      Delete
  9. Saya sama sekali belum pernah coba essensial oil. Katanya sih alternatif daripada dikit2 minum obat, terutama untuk flu, alergi dan pusing2. Tertarik Punya InnoGear Aromatherapy Difusser secara muat sampe setengah liter. Eh apa kalo dipake ngejos terus, gak cepet abis? Walau pakai timer sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang ada ukurannya mak. 500ml akan habis dalam waktu 6-10 jam,heehhe. Oilnya yg akan cepet abis kalo digeber terus, haha. Iya mak daripada minum obat, lebihbaik mencegah deh.

      Delete
  10. Diffusernya lucu banget, aku belom pernah pake essensial oil nih di rumah. Tapi jadi keingetan si Ucul yang alergi termasuk kena bunga, debu dll jadi inget anakku dulu alergi debu hihiii, jadul banget ya obatnya resep ortu. Sekarang mah keren deh bisa pake essential oil nih..

    ReplyDelete
  11. Wah kayak si bungsu nih, gampang alergi tapi nggak sebanyak itu juga sih :). Cuma jadinya rumah tertutup terus agar nggak banyak debu masuk & capek vacuum juga biar bersih terus. Mungkin dg aromaterapi suasananya bisa lebih nyaman ya, nggak terlalu gimana gitu krn ac terus.

    ReplyDelete
  12. Sulungku alerginya juga macem-macem Mbak..sedih akutuuu...dulu. Sekarang sudah kelas 8 jadi Alhamdulillah jarang banget kambuh. Aktif renang dan jaga pola makan, misal makan sayuan segar/raw food. Insya Allah sih makin besar makin bagus kekebalannya.
    Pernah pakai kek begini jaman kecil dia dulu, lupa merknya apa. Tapi enggak telaten juga. Sepertinya ngefek sih karena bikin rileks juga waktu dihirup.
    Semoga sehat selalu dan makin menghilang alerginya nanti yaaa

    ReplyDelete
  13. Baru tahu kalau ada alergi bunga, mbak. Duh sedih ya, apalagi kan anak-anak sukannya main-main di luar, kadang petik-petik bunga juga. Semoga dengan adanya difuser ini jadi bisa membantu. Kalau andalanku saat kondisi orang serumah apa bocah mulai ngedrop, iris bawang merah kemudian tarus di dekat tempat tidur saat malam. Aromanya jadi kaya sate ahahahaha. Karena katanya bawang merah juga bisa menyerap racun di udara.

    ReplyDelete
  14. Wah, ini nih salah satu alat yang kepengen aku punya. Aku pernah nginep di sodara yang pake diffuser. Dan nyaman banget. Anak-anak juga suka. Nabung dulu ah buat beli diffuser innogear ini

    ReplyDelete
  15. yeaayy dapat tambahan ilmu parenting lagi nih hahaha, kali aja keturunan gue nanti sama kayak gue yang gak suka minum obat haha, thanks sharingnya kak

    ReplyDelete
  16. Mama Ina kayaknya aku butuh deh diffuser ini, secara ahensi life ini serangan penyakitnya lahir dan batin yha hahaha..
    Ku nabung dulu deh demi diffuser ini. Maacih Mama Ina udah kasih rekomendasi :D

    ReplyDelete
  17. Anak-anak kalo sakit emang jadi fokus perhatian orang tua. Apalagi batpil karena alergi, bisa kambuh ya kalo kontak dengan pencetusnya. Anakku so far enggak ada yang butuh diffuser. Sehat2 ya buat ananda, lucu ih anaknya

    ReplyDelete
  18. Wainiii, penting punya kayaknya. Toss ya cantikku, onty jg alergi dingin, udang, debu, dan serbuk bunga. Semangat sehat yaaaaa, kemana2 bawa masker di tas. ^_^

    ReplyDelete
  19. Malah belum pernah pakai ini Mbak, dan baru tahu juga dari ulasan Mbak ini. ��

    ReplyDelete
  20. Aku pakai young living dari 2015,zaman belinya mesti dari teman yang jadi member YL dulu :)
    Suka yang peppermint, kalau dipakaikan itu, tidur nyenyak.

    ReplyDelete
  21. Jadi pensaran banget dan kebetulan butuh difuser. Apalagi kayak saya yang alergi obat ini jadi alternatif untuk menyebuhkan sakit ringan dan alergi, nih ^^

    ReplyDelete
  22. Memang lagi lagi cari diffuser buat anak.. Anakku baru 1 bulan dan dia punya alergi dingin.. Jadi tiap jam 2 mlem sampai pagi kambuh alergi nya, selama ini hanya di uap manual saja pakai air panas dn minyak telon dia setelah itu dia nya tidur.. Kebetulan ingin beli yleo tapi aduuuh gusti mahal selikaaaa.. Nyari yang bagus dn aman di dompet hihihi thanks mba lisna sudah recomendasikan ini, sehat2 buat ucul nya yaaah

    ReplyDelete