Follow Me @lisna_dwi

October 16, 2020

Konsultasi Program Hamil Dan KB Di Dokter Kandungan OMDC Healthcare


Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh.


Belakangan anak saya semata wayang mulai minta adik. Kadang-kadang si ucul suka iseng dengan mengusap perut saya dan panggil-panggil dek, dek, adeeek, hahaha. Sebenarnya sudah sekitar 3,5 tahun saya lepas alat kontrasepsi IUD. Saya dan suami memang berniat memberi jarak pada usia anak-anak kami, ya bisa dibilang kami mengikuti program keluarga berencana.  Tapi memasuki tahun keempat lepas KB saya belum juga hamil. Tadinya masih belum kepikiran melakukan program hamil karena toh sebelumnya si ucul tampaknya belum siap punya adik. Lah tapi akhir-akhir ini hampir tiap hari nanyain mama hamil apa engga, hahaha. 


Mama Ina minta adiiiiiik.. >_<

Dulu setelah sebulan menikah, saya langsung hamil. Keturunan dari keluarga orangtua saya memang begitulah. Ibaratnya nih dicolek aja tekdung, hahaha. Makanya saya pikir langsung pasang IUD. Tapi setelah lepas lumayan lama, kok ngga segampang dulu hamilnya. Lalu jadi mikir ulang, kok abis pasang dan lepas IUD ngga hamil-hamil. Apa ada pengaruhnya ya, pikir saya. Niat ke dokter spesialis kandungan sudah mulai membara sejak beberapa bulan belakangan si ucul minta adik. Tapi jangankan ke RS ya, ke luar rumah aja saya masih deg-degan karena pandemi belum berakhir. Apalagi ke RS umum macam-macam kan tuh ya pasiennya, ngga berani ambil resiko lah saya, huhuhu.

Saat hamil anak pertama.

Lalu dapat info kalo OMDC Dental Clinic di Mampang sekarang menjadi OMDC Healthcare dan memiliki beberapa layanan baru termasuk dokter kandungan. Waahhh kabar baik nih, karena OMDC Group sudah terkenal dan memiliki reputasi yang sangat baik soal service dan fasilitas kesehatan giginya. Jadi kalo akhirnya ada perluasan inovasi layanan OMDC, insyaaAllah standar kualitasnya ngga perlu diragukan lagi. Keuntungan lainnya, klinik OMDC Healthcare bukanlah RS umum yang mana situasinya lebih secured dan menenangkan buat saya. Ngga perlu ketemu aneka pasien dengan berbagai macam penyakit. Jadi bismillah deh saya beranikan diri untuk ikhtiar promil ke fasilitas OMDC obgyn yang ada di OMDC Healthcare. 

Kesan Pertama Mengunjungi Klinik OMDC Healthcare Mampang

Masuk ke dalam klinik OMDC Healthcare bukan seperti masuk ke klinik kesehatan biasa. Ruangannya wangi, terasa nyaman dan dekorasinya unik seperti suasana di Jepang. Jadi kesan klinik atau RS yang kadang nyeremin, bau obat, atau membosankan ngga berlaku tuh di OMDC. Dari awal masuk pun langsung disambut dengan ramah oleh desta dan tistan, sapaan staf OMDC Healthcare. Walau tertutup masker, tetep lho aura senyum manisnya tetap berasa, hihihi. Soal helpful sudah jadi default semua staf OMDC sepertinya ya, jadi terasa menyenangkan.


Layanan OMDC Healthcare melengkapi OMDC Dental Clinic dengan memberikan 7 layanan baru, yaitu spesialis obgyn, spesialis anak, rontgen gigi, instalasi farmasi,OMDC clear aligner, sedasi dental, dan laboratorium. Lumayan lengkap kan tuh, jadi all in one deh. Ke depan, OMDC Healthcare juga akan makin komplit dengan menyempurnakan fasilitas dan layanan kebidanan hingga menghadirkan inseminasi. Waaah, can’t wait! 

Kalo kamu termasuk orang yang masih waspada soal protokol kesehatan saat pandemi begini, toss dulu aaahhhh, hehehe. Kita ngga perlu khawatir ternyata kaaak, karena protokol kesehatan dijalankan dengan ketat kok. OMDC Healthcare menggunakan disinfektan chamber, nametag kondisi kesehatan terkini, rapid test, full APD, hazmat bagi para dokter, hand sanitizer, dan petugas yang selalu standby menyemprotkan disinfektan ke semua titik yang ditempati oleh pasien. Tiap ruangan pun dipastikan steril dan jika ada tindakan diberi jeda minimal 30 menit untuk proses sterilisasi ruangan. Area bermain anak pun dibersihkan tiap 2 jam sekali. 

Suasana ruang tunggu di OMDC Healthcare.

Protokol kesehatan OMDC Healthcare di area resepsionis.

Instalasi farmasi atau apotek di OMDC Healthcare


Fasilitas di klinik juga cukup lengkap. OMDC Healthcare dilengkapi dengan parkir yang luas dan akses lift langsung dari area parkir ke poli ibu dan anak. Atau kalo mau refleksi dulu juga bisa mampir ke ruang refleksi yang ada di lantai 1. Nah yang sangat memanjakan itu adalah bagian poli anaknya. Klinik OMDC dilengkapi dengan playground yang besar dan bahkan terdapat area mandi bola serta banyak mainan anak. Untuk yang masih menyusui atau perlu ganti popok, ada juga private nursery room. Ruangan poli anak juga dibuat sangat kids friendly dengan tema safari adventure. Keren banget! 

Memulai Ikhtiar Program Hamil dan Cek Efek Samping KB 

Ternyata experience journey dari awal masuk ruangan klinik itu berpengaruh buat saya. Biasanya sih saya suka deg-degan kalo lama ngga konsultasi ke obgyn, hahaha. Tapi alhamdulillah kemarin itu saya relaks dan ngga tegang. Saya konsultasi dengan dokter spesialis kandungan yang berpengalaman dan juga praktik di RSIA besar, nama dokternya dr. Jusuf Sidharta, Sp.OG. Dokter Jusuf menurut saya dokter yang informatif, komunikatif, sabar, dan friendly sehingga suasana jadi menyenangkan. Jadi enak deh buat curhat, hahaha. 


Salah satu sudut ruang tunggu di OMDC Healthcare

Pertama saya curhat soal kenapa saya belum hamil lagi. Saya ceritakan bahwa saya langsung pasang KB IUD setelah selesai nifas dan lepas IUD saat anak berusia 3,5 tahun. Dulu sih saya pikir akan mudah juga punya anak kedua, tapi qadarullah ternyata belum hamil juga hingga saat ini, hehehe. Saya pikir ada pengaruhnya dengan alat KB IUD yang saya gunakan. Ternyata menurut dokter Jusuf alat kontrasepsi IUD tidak mempengaruhi soal kehamilan karena IUD tidak berpengaruh pada hormon. Sedangkan alat KB lain seperti suntik, pil atau implan memiliki efek samping ke hormon. Jadi di beberapa perempuan akan berdampak pada meningkatnya nafsu makan atau efek hormonal lainnya. Soal saya belum hamil juga, bisa jadi kondisi tubuh dan alat reproduksi saya dan suami saat ini berbeda dengan dulu awal saya hamil. 

Sesi konsultasi dengan dr. Jusuf Sidharta, Sp.OG di OMDC Healthcare

Untuk memastikan kondisi organ reproduksi saya, kemudian dokter Jusuf menyarankan USG transvaginal. Gimana soal peralatan USG-nya? Yakin steril nih? Soal peralatan kesehatan yang digunakan dipastikan semua steril (sterilisasi standar rumah sakit tingkat tinggi menggunakan autoclave), berkualitas, canggih dan modern. Don’t worry juga ya kalo risih, karena yang memasukan alatnya adalah perawat perempuan dan setelah masuk alatnya pun area pinggang ke bawah langsung ditutupi selimut. Dokternya sama sekali ngga melihat dan hanya mengoperasikan alat dari luar selimut sambil melihat monitor. Ternyata oh ternyata saya punya miom dan kista seukuran kurang lebih 1 cm. Lalu dokter mengambil gambar dan menandakan hasil USG-nya untuk kemudian dicetak. 

Jadwal praktik dr. Jusuf Sidharta, Sp.OG di OMDC Healthcare


Lalu kembali ke meja konsultasi, dokter menenangkan saya yang cukup kaget karena ternyata punya miom dan kista. Padahal ketika medical check up akhir tahun lalu masih bersih. Alhamdulillah siklus haid saya masih normal, dan saya juga ngga merasakan sakit saat haid. Jadi dokter Jusuf bilang saya ngga perlu khawatir karena masih bisa langsung program hamil. Tapi suaminya tetap harus diperiksa juga, karena kan buatnya berdua, eaa eaa eaaaa… hahaha. Dokter juga menginfokan bahwa antara menghilangkan miom/kista dan program hamil treatmentnya akan berbeda. InsyaaAllah akan datang kembali bersama suami dan menjalankan langkah selanjutnya terkait promil. Semoga aja ngga lama kemudian datang lagi untuk periksa kehamilan. Aamiin ya rabbal alamin. Aminkan yang serius juga ya teman-teman, hohoho.

Kontak OMDC Healthcare

Nah kalo kamu mau mencoba sendiri layanan OMDC Healthcare, terutama buat yang mau ke spesialis obgyn, bisa langsung menghubungi kontak di bawah ini ya:

Alamat: Jl. Warung Buncit Raya No.6 RT 4/RW 5, Kalibata, Kec. Pancoran, Jakarta Selatan, DKI Jakarta
Telepon: 021 79196767 dan 021 79196565
Chat via mobile phone: +628111108852

Soal harganya yang terjangkau juga bisa kamu langsung tanyakan ya, ada price listnya juga kok. Untuk info soal layanan ataupun promo, bisa juga follow Instagram-nya di: @omdc_official ya. 

Kwitansi konsultasi saya dengan obgyn di OMDC Healthcare

Atau mau janjian kita? Promil bareng gimana? Hihihi.

Wassalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh.

No comments:

Post a Comment