Follow Me @lisna_dwi

January 12, 2016

My Diet Journey : Turun 15 Kg Dalam 3 Bulan

Assalamu'alaikum wr wb,

Selamat tahun baru 2016 semuaaaaa. Apa kabarnya? Semoga di tahun yang baru ini kita semua selalu sehat, makin sukses dan tetap semangat yaaaa.. Setelah beberapa waktu sengaja saya tunda, kali ini saya memantapkan hati untuk sharing soal perjalanan diet saya. Kenapa saya tunda? Karena sebenarnya belum mencapai target yang saya inginkan, masih separuh jalan walaupun hasilnya sudah lumayan kelihatan. Jadi kemarin-kemarin tuh rasanya ngga afdol gitu kalo belum mencapai target tapi udah posting cerita lengkapnya. Tapi akhirnya posting juga buat memotivasi (kembali) diri ini plus ada beberapa pertanyaan juga dari yang kebetulan baca blog saya.

Inilah dia si jali-jali kisah diet saya...

Ketika hamil tahun 2012-2013 lalu, berat badan naik hingga 22 kg. Berat sebelum hamil 58 kg dan sesaat sebelum melahirkan mencapai 80 kg. Luar biasa ya, hahaha. Setelah melahirkan pun hilangnya ngga terlalu banyak, paling hanya 9 kg, sisanya masih nempel di saya. Iya posesif amat itu berat badan sama saya, hahaha. Saat cuti 3 bulan karena masih masa adaptasi sebagai ibu, mengurus bayi dan istirahat malam yang kurang, akhirnya turun berat badan secara alami hingga 15 kg. Jadi saat masuk kantor saat itu, tinggal 7 kg lagi tuh sisanya. Do the math ya, hihihi. :P Kemudian dimulailah hari-hari bekerja kembali seperti biasa dengan status sebagai busui (ibu menyusui). Nah, saya itu tipe stress eater klo istilah saya si, alias kalo lagi stress or banyak kerjaan kompensasinya ke makan, hahaha. Belum lalu excuse saya yang lagi menyusui, jadilah saya pemalu aka perempuan makan melulu, hihihi. Jangan ditiru yaaaaa.. :)) Niat mau diet tapi suami masih bilang ngga usah dulu sampai Naya umur 2 tahun. Yess karena suami ngga protes atau keberatan, jadilah saya semakin santai kayak di pantaiiii.. Yeah right, hahaha.

Saya sebelum diet

Mendekati September 2015, mulailah saya mencari metode diet yang cocok dan aman buat saya. Yang ngga terlalu neko-neko, ngga perlu minum obat diet atau olahraga berlebihan. Kebetulan ada teman kantor yang sudah lebih dahulu melakukan diet dan dari keseharian program diet yang dia lakukan sepertinya cocok buat saya. Keberhasilannya pun cukup bagus, asalkan disiplin mengikuti menu. Kalopun temenku cheating makan atau minum yang ngga boleh, berat badannya pun ngga yo-yo, masih cenderung stabil. Dan Bismillah, akhirnya saya datang ke Dokter Ahli Gizi referensi teman itu, namanya Dr. Joko Siswoyo, MS, SpGK.

Informasi tentang Dr Joko tentu saja saya dapatkan dari teman yang sudah ikut programnya. Dokter Joko praktek di 2 tempat, yaitu RS Permata Cibubur dan Klinik pribadinya di Mall Bellagio Mega Kuningan. Untuk info jadwal prakteknya bisa diintip di website miliknya. Atau bisa telepon di nomor : 0815 10100371 atau 0819 10100371. 

Saya pilih di kliniknya yang berada di Mall Belagio karena lebih dekat dengan rumah saya dan secara waktu, saya bisa datang konsultasi selepas kerja. Sebelum datang, teman saya sudah wanti-wanti klo Dr Joko "agak galak", hihihi. Apa sebab? Karena Dr Joko biasanya ngga akan melayani pertanyaan pasiennya ketika dia sedang membuat planning program diet buat pasien tersebut. Dan Dr Joko juga biasanya akan saklek bilang ngga sama kompromi/toleransi yang sering banget ditanyakan oleh pasiennya. Misalnya, tertulis di menu cuma boleh makan brokoli, jangan tanya bisa diganti apa engga. Atau dalam menu tertulis lauknya ikan, ayam tanpa kulit atau daging, terus kita tanya boleh diganti telur ngga dok, udah pasti jawabannya "di menu apa tertulisnya apa? Ikutin apa yang tertulis di menu saja." Dan seterusnya, hahaha. Jadi, sebaiknya kalo memang konsultasi sama beliau sebaiknya diam dulu waktu dia bikin rencana diet kita. Mungkin sebagian orang ngga bisa terima, tapi kalo saya mah saya iyain dulu aja deh, hahaha.

Saya pertama kali datang tanggal 1 September 2015, sepulang kerja sekitar jam 6 sore. Rasanya deg-degan sebelum masuk, hahaha. Waktu itu memang badan saya udah terasa berat banget, pakai baju juga serba salah karena lebar dimana-mana, huhuhu. Pas masuk ruangan, saya lepas alas kaki, ditimbang dengan alatnya. Dan langsung keluar hasilnya tuh. BB saya waktu itu 76,4 kg kalo ngga salah, hahaha. Lalu kadar lemak dalam tubuh saya jauh melewati batas normal. Normalnya buat wanita kalo ngga salah sekitar 20-30% dari total berat badan. Saya sudah masuk kategori obesitas karena tinggi badan saya hanya 158 cm, hiks.. Diukur juga metabolisme saya umur berapa, dan metabolisme saya waktu itu hampir 2x usia saya, hahahaha. *jleeeeeeeb*  Stress ngga saya dengernya, tapi ke dokter kan memang mau lebih sehat dan turun ya berat badannya, jadi mari kita telan bulat-bulat kenyataan tersebut. Lalu, mulailah si dokter ketak-ketik merumuskan menu buat saya. Saya menunggu dalam diam. Soalnya udah dapat bocoran kan dari teman kalo doski gimana orangnya, hahaha. Pas dia kasih menunya barulah saya baca dengan seksama. Karena saya masih menyusui, saya cuma tanya suplemennya ngaruh ngga sama ASI saya. Dan dia bilang ngga masalah, fiuuuh... Jadi apa menunya sih? Here it is...

Jadwal makan 1 : 08.00
Roti gandum 2 lembar. Polos tanpa isi.
Suplemen pagi.

Jadwal makan 2 : 10.00
Apel 1 buah. Ukuran dan jenis bebas. (Saya pilih apel karena supply di Giant dekat rumah lebih konsisten apel daripada pear, hahaha)

Jadwal makan 3 : 12.30
Nasi 6 sdm
Ikan/ayam tanpa kulit/daging 65 gram. Ditimbang mentah, tanpa tulang.
Tahu 40 gram. Ditimbang mentah.
Sayuran hijau 2 sdm. Setelah matang, kuahnya bebas.
Suplemen siang
Minyak goreng/santan/mentega 0 ml. (Dengan kata lain NO minyak goreng/santan/mentega)

Jadwal makan 4 : 16.00
Roti gandum 1 lembar. Polos tanpa isi.

Jadwal makan 5 : 19.00
Nasi 5 sdm
Ikan/ayam tanpa kulit/daging 65 gram. Ditimbang mentah, tanpa tulang.
Tahu 40 gram. Ditimbang mentah.
Minyak goreng/santan/mentega 0 ml. (Dengan kata lain NO minyak goreng/santan/mentega)

Jadwal makan 6 : 21.00
Apel 1 buah. Ukuran dan jenis bebas.


Hal lainnya yang perlu diperhatikan sbb :
- Tiap orang mungkin akan mendapatkan menu yang berbeda sesuai dengan kondisi tubuh saat mulai diet. Tapi dari 2 teman saya yang lain, menunya ngga terlalu beda jauh.
- Untuk hasil maksimal harus disertai olahraga jalan kaki minimal 30 menit tiap hari, tanpa berhenti ya jalannya. Ngga disarankan olahraga terlalu berat sama dokternya. Temenku yang ikut zumba pun disuruh berhenti dulu selama diet.
- Boleh menggunakan segala macam jenis bumbu, garam sesuai selera, kecap, saos dan sejenisnya. Jadi kalo mau pakai saos tiram, saos tomat, boleh asalkan sebagai bumbu atau buat pendamping makan.
- Boleh minum teh atau kopi, asal ngga pakai gula. Pemanis bisa diganti dengan gula diet. Minuman yang diperbolehkan hanya air putih.
- Makanan atau minuman di luar menu ngga boleh juga. Tapi klo penasaran bisa SMS ke dokternya supaya afdol, hehehe.
- Cara masak juga bebas, asal ngga menggunakan 3 minyak goreng/santan/mentega itu tadi. Kalo saya prefer panggang atau tumis tapi tanpa minyak goreng. Jadi masih bisa lho makan sayur asem sm sambel terasi, hahaha.
- Kalo jadwalnya sering telat atau ngga tepat, dokter bilang si akan memperlambat pembakarannya. Jadiii, sebaiknya disiplin ya teman-teman.

Setelah diet

Target bersama dokter waktu itu adalah 20 kg hingga akhir November 2015. Asalkan saya disiplin ya. Di 2 minggu pertama dokter menjamin kalo saya disiplin dengan schedule yang dia buat, turun minimal 4 kg. Saya kemarin turun 5 kg di 2 minggu pertama. Idealnya si 2 minggu sekali datang ke dokter untuk konsultasi dan cek progress.Kalo saya ni, saya hanya datang di 1 September itu, terus menunya saya ulang sampai bulan November. Biar irit juga, per konsultasi plus suplemen habis sekitar 975ribu soalnya, hihihi. *emak2irit* Di 2 bulan pertama turunnya lumayan tuh, sampai 12 kg. Saya disiplin juga olahraga soalnya tiap pulang kantor. Jalan santai aja 30 menit tanpa berhenti. Pas suami pindah kantor dan ngga bisa pulang jam 6, jadilah saya agak jarang jalan. Ngga ada yang nemenin jalan soalnya, huhu. Nah bulan November mulai agak melambat tuh. Sampai akhirnya turunnya hanya nambah 2 kg saja sampai Desember. Nah, 1 Desember 2015 saya ke dokter lagi. Dan sampai sekarang mentok di 15 kg turun totalnya, hahaha. Separuh November saya mulai cheating karena sering meeting dan kerja dari luar, belum lagi shooting sampai tengah malam. Desember lebih berantakan lagi, hahaha. Fiuuuuh.. Anyway, pada pertemuan kedua kadar lemak dalam tubuh saya turun cukup jauh, tapi saya lupa pastinya.

Menu untuk konsultasi kedua saya sbb :

Jadwal makan 1 : 08.00
Roti gandum 1 lembar. Polos tanpa isi.
Telor putih rebus 1 butir.
Suplemen pagi.

Jadwal makan 2 : 10.00
Apel 1 buah. Ukuran dan jenis bebas.

Jadwal makan 3 : 12.30
Nasi 5 sdm
Ikan/ayam tanpa kulit/daging 65 gram. Ditimbang mentah, tanpa tulang.
Brokoli 3 kuntum.
Suplemen siang di tengah waktu makan.
Minyak goreng/santan/mentega 0 ml. (Dengan kata lain NO minyak goreng/santan/mentega)

Jadwal makan 4 : 16.00
Apel 1 buah. Ukuran dan jenis bebas.

Jadwal makan 5 : 19.00
Nasi 5 sdm
Ikan/ayam tanpa kulit/daging 65 gram. Ditimbang mentah, tanpa tulang.
Brokoli 3 kuntum.
Minyak goreng/santan/mentega 0 ml. (Dengan kata lain NO minyak goreng/santan/mentega)

Jadwal makan 6 : 21.00
Roti gandum 1 lembar. Polos tanpa isi.

Dan untuk periode setelah konsultasi kedua ini masih belum istiqamah karena alasan yang saya sebutkan di atas. Sejauh ini sudah turun 15 kg alhamdulillah, sempat naik sedikit tapi turun lagi kalo saya kembalikan pola makan saya. Jalannya kadang cuma di weekend atau di mall, hahahaha. Setelah mengikuti program diet ini keuntungan lainnya adalah saya jadi lebih fit. Memang benar makanan dan minuman yang kita konsumsi itu sangat berpengaruh ke kesehatan tubuh. Sebelum melakukan diet, saya sering banget pakai koyo. Selama diet bahkan hingga kini, alhamdulillah lebih fit dan bebas koyo. Plus ngga gampang capek walaupun harus shooting sampai dini hari. Yeaaaay.. *jogethula2* Salah satu penjahatnya kayaknya si minyak goreng, santan dan mentega itu si. Keuntungan lainnya adalah tentu saja bisa pakai baju macam-macam model, hohoho. Beberapa baju lama yang tadinya kesempitan sudah bisa dipakai lagi.

Nextnya saya mau nurunin 5-6 kg lagi nih. Setidaknya balik lagi ke berat badan sebelum nikah. Saya dari dulu emang ngga pernah kurus-kurus amat si, hehehe. Doakan ya semoga saya istiqamah.

Love you, life. :D

Wassalamu'alaikum wr wb.

73 comments:

  1. Cara gemukkin badan gimana mak?? Ga gemuk2 nih eikeee hikkss...
    Congrast yaaa dietnya berhasil turun 15kg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serius mbaa...? Konsultasi GRATIS aja via WA Link : http://bit.ly/AmirDietSehatKAC

      Delete
  2. Waaahhh.. Menarik nih.. Boleh juga nih diajukan ke suami. Soalnya dia udah kepengen nurunin berat badan. Udah ngerasa gak enak soalnya.

    Btw, pas awal mulai diet, berasa lemes banget gak?

    TFS yaaa.. Semoga sukses mencapai target yang diinginkan. Semangaattt.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Solusi Diet Sehat tanpa Lemas.
      Konsultasi GRATIS VIA WA link : http://bit.ly/AmirDietSehatKAC

      Delete
  3. Dulu dia praktik di pondok indah mbak bberapa temen ku ke dia aku sih ikutin dietnya aja kl obatnya ngak heheheh

    ReplyDelete
  4. Uwoww 15 kg. Mantep. Aku jg pgn nurunjn 5kg aja nih. Syukur2 bs 7kg. Hihi.. cobain ga yaa dietnya.. haha..

    ReplyDelete
  5. Temenku ada yg mati2 an diet ampe suntik apaaa gitu.katanya meluruhkan lemak. Skali pertemuan plus 60x suntik abis 5 jt. Dan itu bbrp bulan.. Hasilnya? Aku liat sama aja bdnnya :D mnding dia aku ksh tau cara yg gini yaaa... Lbh aman dan ada hasil

    ReplyDelete
  6. ish,hebat euy bisa disiplin dan nurut sama aturan dokter. Godaan terbesar pas diet itu kan cheatingnyaga nahn hehehe. Selamat ya, Mak.Aku sendiri lagi diet (bukan buat nurunin berat badan sih tapi diet jaga pola makan karena alergi) belum bisa total. Diet itu kayak cinta, butuh komitmen dan pembuktian *tsaaaah*

    ReplyDelete
  7. ih hebat euy, memang harus konsisten dg menu yg diberikan dokter ya jangan sembarangan

    ReplyDelete
  8. Diet itu perjuangan ya, Mak. Seingetku selama jadi busui itu badan akan cepet singsetnya. Nah, kalau sudah ga jadi busui ini yang harus diet

    ReplyDelete
  9. kalo saya malah ingin gemukin badan Mbak :(

    btw selamat yah, berhasil menurunkan BB 15 kg itu bukan perkara gampang loh *jempol*

    ReplyDelete
  10. Tuty : temen eyke bilang ngikutin cara diet nabi dengan sarapan ketimun sama kurma mak. Coba baca di blognya nita http://jnynita.com/2015/12/26/eat-kurma-dan-mentimun-untuk-sarapan-pagi/ Thanks maak, doakan semoga eyke istiqamah buat ngelanjutin yaaa, hahaha.

    Mio : Boleh tuh mba diajukan ke suami, ga menderita ko dietnya, hihihi. Awal2 pasti tubuh akan adaptasi, jadi pusing atau lemes pasti ada. Temen beda lagi adaptasinya, jd banjir keringet gitu. Sama-sama, senang bisa sharing juga.

    Turis cantik : Oow sekarang udah ga di pondok indah ya dia. Akupun minum suplemennya cuma 2 minggu, selebihnya ngga minum, hahaha.

    Jade ayu : mba ayu udah langsing imut2 gituuuu..>_<

    Fanny : duh serem banget sampe suntik2, huhuhu. Aku ngga percaya juga si sama hasil diet instan, pasti kalo mau tetep sehat dan hasilnya bagus harus ada proses dan pengorbanan.. *tsaaaah* Monggo dishare mba..

    Efi : Makasih maaak.. Betul skali mak, emang godaan cheating besar skaliii.. Bisa aja si emak analoginya sm cinta, hahahaha..

    Tira : hooh, kalo mau disiplin inshaa Allah ada hasilnya bagus ko.

    Ahliah : aku pas kerja aja jadi naik terus mak, excuse busui harus banyak makan supaya asi lancar, hahaha.

    Irawati : kalo gitu tinggal makan enak aja itu mba, hihihi. Thanks ya mba. :D

    ReplyDelete
  11. Selamat ya Mba :D keren bisa disiplin :D keep up the good work mba :D

    ReplyDelete
  12. Hana : aww thanks neng. Aamiin doakan yaaa.. :D

    ReplyDelete
  13. Wah, saya sanggup nggak ya..pengin nurunin berat badan karena naik terus ini. Selama ini kalau diet biasanya gagal.

    ReplyDelete
  14. Ety : asal bulatkan tekad mbaa.. :D

    ReplyDelete
  15. ternyata diet dalam waktu tiga bulan itu, benar-benar work it ya. saya pikir itu cuma di drama (oh my venus). aaa... senang dengarnya. selamat mbak...

    ReplyDelete
  16. Oka : beneran mbaaa, bukan mitos ko, hehehe. Thanks yaa.. :D

    ReplyDelete
  17. hai Mba Lisna. wah keren yaaa penurunannya puluhan kilo gitu :'D
    Dr. Joko Siswoyo jadwal prakteknya kapan aja yah Mba?
    Apakah ada hari cheating gitu Mba? misal seminggu sekali atau sebulan sekali.
    Thanks before Mba Lisna :)

    ReplyDelete
  18. Oh ya, boleh minta nomor kontak dr. Joko Siswoyo nya? mau buat appointment bisa melalui telp, Mba?

    ReplyDelete
  19. Firra : Tergantung lokasi mba. Jadwalnya lengkap di websitenya, ada dalam postinganku. Kalo di mall belagio si selasa kamis sore mba. Di RS Permata cibubur ada sabtu pagi. Cheating day ga ada sayangnya, hihihi. Buat appoinment bisa lewat tlp ko 0815 10100371, tapi emang mesti ngantri lumayan lama. Kemarin aku sampai sebulan.

    ReplyDelete
  20. Aduuuuh keren bingit uyy setelah langsing..
    Aq blm pnya buntut(anak) uda gede kemana2..itu pake baju apa aja emg ttp kece...😂😂😂
    Pantaslah dpt tbuh indah krn dietny mantaap abis 😓😓
    Aq msh susah bgt lepas sma goreng menggoreng alias minyak.hiks...

    Mantaaaaaaaappp... deh pkoknya 👏👏👏

    ReplyDelete
  21. Ineke : ayuuk semangat, biar lebih enteng badannya, dan lebih sehat juga, hohoho. Ga pake minyak juga enak ko, terutama panggang2. Yummi..

    ReplyDelete
  22. ijin save daftar menunya ya kak, saya mau coba diet kayak kakak...hheheheh....
    biospray

    ReplyDelete
  23. Sri sugiyarti : silakan mbaa.. Semoga berhasil yaa.. :D

    ReplyDelete
  24. Trmakasih sharingnya mbak lisna..saya banyak baca review diet ala dokter joko..1bln saya ikutin alhamdulillah turun 6kg..posisi saya dsmrinda jadi gak bisa datangin dokter..mbak lisna saya mau tnya..kira2nama suplemennya apa? Saya banyak baca review orang2ada yang minum susu nutren optimum..apakah itu membuat gendut mbak?trmakasih mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai salam kenal. Wah lumayan tuh udah turun 6 kg. Aku juga ga tau nama suplemennya mba, heehe. Kalo susu ada memang temenku yang diresepin susu juga, tp kurang paham apa namanya.

      Delete
  25. Halo, boleh tau suplemen pagi dan siangnya namanya apa? Terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayangnya saya juga ga tau mba, eheehehe..

      Delete
  26. salam kenal mba Lisna, aku hesti. aku jg mau cobain ke dokter joko. untuk biaya konsul sama suplemennya masih sama? mba boleh tau total abis berapa yah selama di dokter joko? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang aku kurang tau mba biayanya berapa. Tapi tiap kedatangan kemarin biayanya 1juta.

      Delete
  27. Udah setahun yg lalu ini ya mba lisna .. selamaatt ❤
    Trus kalo sekarang udah bisa makan bakso atau mie ayam ga ? 😁 *serius nanya*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooh udah setahun laluuuu. Engga boleh makan bakso apa mie ayaam, hihihi.

      Delete
  28. Wah ini, mau praktekin ah. MAkasi yaaa:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuss mbaa, gampang ko asal disiplin, hehehe. Masamaa..

      Delete
  29. ah... kayaknya aku mau nurunin sekitar 5 kg... 2 minggu bisa ya...??? kalo makan seuprit gitu.. takutnya maagh kumat.... *emak galau..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget 2 minggu. Malah maag ga akan kumat karena makannya sering mak, hehehe.

      Delete
  30. PEngen deh nurunin berat badan kok gitu. Tapi aku msh belum bisa absen dr gorengan :(
    Kadang menu harian suka ada ayam goreng gitu. Gak boleh ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minyak harus dicoret mbaaa, hehehe.

      Delete
  31. Kereen mba... saya juga lg ke Joko nih. Doakan yaaa!!! *semangat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat yaaaa, jangan cheating biar berhasil.

      Delete
  32. mba lisna, boleh kasih bocoran berapa total biaya yg dikeluarkan sekali konsultasi?

    ReplyDelete
  33. kasih tau donk mba nama suplement nya apa ??? thx ������

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya aku juga ga tau mba, hehehe.

      Delete
  34. wah...keren. Mau nyoba :)

    ReplyDelete
  35. Mbak Lisna, keren deh. Aku kalau diet gitu masih bingung karena ngekos hihi jadi tuh ribet no dapur :(((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya beberapa orang yang nanya ke aku juga mengalami kebingungan yang sama, hehehe. Palingan pesan via catering neng.

      Delete
  36. Hmm... saya masih mau nurunin lemak di perut dan paha nih Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cus mba dicoba, plus olahraga santai sekalian biar sip, hehee.

      Delete
  37. berat badan aku juga sempet naik turun kaya yo-yo nih mba sampe 15kg jg padahal belum pernah melahirkan, karena lumayan tinggi orang-orang gak begitu sadar hehe tapi tetep aja baju-baju jadi banyak yang ketat banget dan pipi makin bulet huhu, bismillah mau diet juga mudah-mudahan berhasil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat yesss.. Asal disiplin psti bisa, hehe.

      Delete
  38. Pengen kurus neh, tapi lihat menunya kok kayak gitu. Saya punya maag akut, apa bisa jalan za... . (ngelus perut) ��

    ReplyDelete
  39. Boleh minta nomor tlp dokter nya kah...

    ReplyDelete
  40. Boleh minta nomor tlp dokter nya kah...

    ReplyDelete
  41. saya malah pengen naikin berat badan dikala semua orang pengen turunin beratnya

    ReplyDelete
  42. aku malah pingin gemuk ni .. gimana ya caranya :)

    ReplyDelete
  43. Mba kl suplemen nya itu suplemen merk apa ya kl boleh tau? bisa beli dimana ya?

    ReplyDelete
  44. referensi nih buat istri saya, kalau dari kisah nyata, ikut-ikutan mudah-mudahan berhasil, kunjungan perdana, salam kenal, keren blognya

    ReplyDelete
  45. Aaaaak IRI banget bacanyaaaa. Aku juga mau kurus, tapi yang paling susah adalah istiqomah dalam berdiet. huuhuuhuhuuhuuu. Semangat terus mak Lisnaaa, doakan aku bisa menyusul kekurusanmu yaaaaaaaaa. AAAMIIIN!

    ReplyDelete
  46. alyssa9:30 PM

    Mbak lisna, ini dokter saya juga dulu waktu SMP (tahun 2002/2003) sempet ikut pola makan dokter joko. masih sama persis programnya dnegan yang mbak tulis, saya masih inget banget pola makannya seperti ini. berhasil banget turun selama ikut programnya, tapi ya namanya dulu anak SMP belum ada niat2 banget buat diet jadi selesai programnya balik lagi deh ke berat asal huhu menyesal sekarang

    ReplyDelete
  47. Mba Lisna justru sy kpingn gemuk,,, haha sudah banget y,,, gemuk saat hilang aja itu jg montok 58kl strsny 45,, aj,,sebulan 5kl turun keren itu mba,. Kalau Istiqomah ya^^

    ReplyDelete
  48. saya pingin gemukin badan

    ReplyDelete
  49. Suplement yg di minum pagi ama siang itu namanya apa?
    Apa asa di jual di apotik ?

    ReplyDelete
  50. Anonymous3:57 PM

    mba kenalkan saya Devin...seneng bgt bacanya, aku mau turun 5kg aja bersa susah bgt. Godaannya itu yg ga nahan. Btw kalo aku baca dietnya harus disiplin bgt yaaa, kalo jamnya bergeser gitu efeknya apa mba? secara saya susah waktunya krn harus mobile kerjanya. tks infonya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Free Konsultasi klik linkWA :
      http://bit.ly/AmirDietSehatKAC

      Delete
  51. Wah bisa dicoba nih cara dietnya hihi

    ReplyDelete
  52. Aku kalo malem, cuma minum jus berbagai macam tanpa gula dengan telor satu rebus sebiji. Mayan kenyang sampai pagi :) tapi ga kurus2 juga, kurang gerak kayakny ni wkkw

    ReplyDelete
  53. Kalo udah niat bgt, yang tdnya di bayangin impossible bisa jadi possible yaa :)

    ReplyDelete
  54. Blh Tau g mba,supplement yg mba mnm waktu diet Dr Joko.namanya apa?hrs bli ama dokter itu?

    ReplyDelete