Follow Me @lisna_dwi

December 02, 2016

Jalan-Jalan Ke Mana Weekend Ini?



Assalamu'alaikum wr wb,

Saya termasuk ibu bekerja yang selalu cari ide jalan-jalan tiap weekend tiba. Maklumlah ya, selama weekdays sibuk di kantor, pergi pagi pulang malam dan rasanya saat weekend saya dan suami ingin jalan ke tempat yang seru, edukatif, yang bikin refresh dan menghibur. Ngga melulu buat saya dan suami aja, tapi juga buat anak saya, Naya. Beberapa taman bermain, kebun binatang, restoran, hotel, peternakan sudah kami jelajahi. Tapi masih banyak juga yang ingin saya kunjungi bersama keluarga. So, jalan-jalan ke mana weekend ini? Mungkin wishlist saya berikut ini bisa juga jadi inspirasi kegiatan weekend kamu dan keluarga.



1. Petualangan Dinosaurus di Taman Legenda TMII (Taman Mini Indonesia Indah)

Ini masuk dalam top list saya. Kenapa? Karena si ucul suka sama dinosaurus. Gara-garanya saya pernah membelikan buku tentang dinosaurus dan buku itu jadi favorit pengantar tidur. Iya bukan buku tentang princess or buku kisah anak baik budinya, tapi buku tentang dinosaurus, hahaha. Sudah lama dengar soal Petualangan Dinosaurus ini, dan beberapa waktu lalu akhirnya kesampaian ke sini si, hahaha. Cerita lengkapnya menyusul yaaaa..

Link sumber

Petualangan Dinosaurus ini letaknya ada di dalam Taman Legenda, Taman Mini Indonesia Indah. Pasti buibu pabapak udah tau banget ya Taman Mini yang terkenal ini. Ternyata banyak wahana baru yang cukup oke dan edukatif lho, salah satunya yang ada di Taman Legenda ini. Dalam Petualangan Dinosaurus ada display figur beberapa jenis dinosaurus yang ditampilkan dalam size sebenarnya lho. Huuwoooo.. Ini mah saya juga udah excited bacanya juga, hahaha. Selain ada real size tiruan dinosaurus, anak-anak juga dibisa diperkenalkan dengan dunia paleontologi di area Situs Pengalian Fosil Dinosaurus. Seru ya?!



Untuk dapat masuk ke wahana ini, pengunjung diwajibkan menggunakan gelang RFID (Radio Frequency Indentification) dan mengisinya dengan nilai minimal Rp 50.000. Pengunjung dapat top-up saldo jika telah habis, dan dapat di-refund apabila masih terdapat saldo dalam gelang di akhir kunjungan. Harga tiket masuk Taman Legenda antara Rp 15.000-25.000, sedangkan masuk wahana Petualangan Dinosaurus Rp 30.000. Jadi, lebih baik mengisi RFID sesuai dengan kebutuhan di dalam taman ya, termasuk untuk membeli makanan dan minuman. Info lengkapnya bisa dilihat di website Petualangan Dinosaurus Taman Legenda ya.


2. Sea World Taman Impian Jaya Ancol

Sesungguhnya saya pernah mengajak Naya ke sini. Tapi dulu si ucul usianya baru sekitar 1 tahunan dan belum terlalu mengerti atau ngeh sama banyaknya ikan di dalam Sea World dan atraksi di dalamnya. Jadi waktu diajak ke sana, Naya malah lebih suka lihat ikan di aquarium yang kecil-kecil, eaaaa, hahaha. Nah, mumpung Naya sudah agak besar dan mulai lebih mengerti soal banyak hal, mau ajak Naya ke sini lagi deh.



Selain bisa melihat aneka ragam jenis ikan laut, di dalam Sea World Ancol juga ada beberapa atraksi yang bisa dinikmati bersama si kecil. Ada waktu memberi makan ikan di jam tertentu dan juga kolam sentuh. Buat orang dewasa yang ingin mengalami sensasi memberi makan ikan juga bisa lho, dulu saya pernah lihat. Sekarang belum dapat info apakah masih bisa atau tidak. Waktu buka dan harga tiket masuk Seaworld Taman Impian Jaya Ancol adalah sebagai berikut  atau bisa diintip di websitenya ya.

Weekday : 09.00 - 18.00 WIB
Weekend : 09.00 - 18.00 WIB
Note: Loket Penjualan Tiket ditutup 1 jam sebelum jam operasional berakhir

Tiket Reguler
Weekdays: Rp. 80.000,-
Weekend: Rp. 90.000,-

Tiket Bundling Seaworld dan Ocean Dream Samudra
Weekdays: Rp. 160.000
Weekend: Rp. 200.000


3. Pantai di Ancol Beach City Mall

Nah kalo mau ke Sea World Ancol, pagi harinya bisa main di pantai yang masih ada di dalam kawasan Ancol ini. Saya udah request lama sama suami ajak si ucul ke pantai Ancol, tapi alasannya selalu, kotor tau yang, grr, hahaha.. Nah pas nemu artikel tentang pantai di area Ancol Beach City Mall langsung mencanangkan kudu main pantai ke sana. Dari beberapa tulisan yang saya baca, saudara atau teman bercerita dan lihat fotonya memang pantai di kawasan ini bisa dibilang cukup bersih. Biaya masuknya pun biaya masuk Ancol aja. Cuma memang letaknya agak lebih mojok kalo ngga salah ya, jadi makanya banyak yang ngga tau. Buktinya si mall-nya aja kurang femes, ya ngga sih?! hehehe.

Link sumber

Pasirnya lumayan putih kaaan?! (Link Sumber)

4. Scientia Square Park, Tangerang

Scientia Square Park ini lokasinya ada di Jl. Scientia Boulevard Gading Serpong, Tangerang. Taman ini adalah salah satu taman yang kece banget tapi jauuuuh dari rumah, hahaha. Ada banyak banget area taman yang bisa dieksplor. Beberapa yang diperuntukkan bagi anak balita seperti Naya antara lain : Kids Playground, Serenity Koi Farm, Universe Amphitheater, The Bars, Paddy Field (alias main di sawah, hehehe), Water Features yang menyemburkan air, Kandang Kupu-Kupu di The Metamorphosis, main layang-layang di Universe Amphitheatre, menggambar windsock (semacam penangkap angin berbentuk koi itu loh) atau hanya sekedar jalan santai menikmati waktu bersama keluarga.

Link Sumber : Website Scientia Square Park

Oiya, jam operasionalnya sebagai berikut :
Weekday : 06:00 - 21:00
Weekend : 06:00 - 23:00
Reservation Area:
Ms. Yuri
+622129171222 (ext 406) SQP_Party@summarecon.com

Atau bisa cek ke websitenya terlebih dahulu untuk melihat detail tiap kegiatan ya.


5. Perpustakaan Anak, Cikini

Nah, saya sebenarnya sudah tau beberapa bulan yang lalu tapi belum sempat ke sana juga nih. Jarang perpustakaan yang memang didedikasikan untuk anak. Salah satu yang lengkap, dan tempatnya juga luas dilengkapi pula dengan playground ya perpustakaan anak di Cikini ini. Letaknya bersebelahan dengan Planetarium Jakarta dan Galeri Cipta II. Mungkin patokannya yang lebih mudah adalah Taman Ismail Marzuki yaaa..

Link Sumber

Biaya masuknya gratis dan kalo mau jadi anggota perpustakaan juga cukup mudah. Cuma bermodal fotokopi KTP dan foto ukuran 2x3. Di dalam perpustakaan anak, selain buku-buku untuk anak ada juga permainan edukatif yang bisa melatih sensorik dan motorik anak. Selain itu, playgroundnya dilengkapi dengan perosotan, ayunan, tiang panjat hingga mobil-mobilan. Keren yaaaa..


6. Bermain di Bumi Perkemahan Cibubur

Ini wishlist dari lama juga yang belum kesampaian. Karena Naya suka banget lari dan ngga bisa diam, saya dan suami ingin sekali melepas si ucul lari bebas di lapangan rumput Buperta Cibubur, hahaha. Selain tersedia area berumput yang luas *namanya juga bumi perkemahan,hahaha* ternyatadi dalamnya juga ada yang namanya Kampung Maen. Dari sedikit artikel yang saya baca, ada berbagai macam permainan anak seru lho, baik untuk perorangan atau untuk rombongan. Letaknya masih di daerah Jakarta Timur, tepatnya di pinggir tol Jagorawi km 13, pintu keluar tol Cibubur Jakarta Timur, hanya 8 km dari Terminal Kampung Rambutan dan dari TMII. Relatif dekat dari rumah saya. Selain itu harga tiket masuk ke Bumi Perkemahan Cibubur juga murah meriah lho.

Umum :
Weekday : Rp 6.000
Weekend : Rp 7.000

Mobil/Motor :
Weekday : Rp 7.000/5.000
Weekend : Rp 9.000/6.000

Link Sumber


***

Gimana, udah memutuskan mau jalan-jalan kemana sama si kecil? hehehe. Jangan lupa memakai pakaian dan sepatu yang nyaman ya. Kalo saya prefer pakai sepatu sneakers atau sport supaya lebih mudah dalam pergerakan mengejar si ucul, hahaha. Kalo ngga punya sneakers atau sepatu sporty, atau punya tapi udah jelek, beli dulu bisa kaliiiii, hihihi. Banyak diskon nih di Harbolnas Zalora. Jangankan sepatu, bisa-bisa kalap beli yang lain juga, hahaha. *lah ngapa jadi ngeracunin buat belanja, hahaha*  Kalo kamu pingin jalan-jalan ke mana? Share yuuuk!

Love you life. :D

Wassalamu'alaikum wr wb.

30 comments:

  1. Nayaaa cantik banget siiihh... Rambutnya kece! ^^ Aku pengennya weekend ini makan sushi, Mbak, atau seafood, hehe :p Btw, ini list aku juga kalau anakku sudah bisa diajak jalan-jalan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mamacin tante dini cantiiik.. Aku mau juga makan sushi mah, hahaha. Iyess nanti main bareng apa ya sama naya, hohoho.

      Delete
  2. Mba lisnaa ratjuuun😂 kebetulan aku juga lagi cari sneakers haha boleh deh ditengok nanti tanggal 12 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuussss nanti dilihat2 yes, hahaha. Akupun sudah ready, hahaha..

      Delete
  3. Wahh bisa jadi referensi aku jalan2 minggu ini nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbaaa, pasti narend seneng deh, hohoho.

      Delete
  4. TMII makin bagus ya? Terakhir ke sana dua tahun lalu, jd pengen ke sana TFS :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbaa, makin bagus ko. Dan ada beberapa wahana baru yang cukup oke. Sama2 mbaa..

      Delete
  5. perpustakaan cikini, aduh coba kalau di temapt akua da ya spt itu, jadi berlibur ke perpustakaan ok juga tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbaa, dan gratis pula, hihihi.

      Delete
  6. pergi kesini enaknya pas waktu bener bener longgar..dari jam buka sampai jam tutup bawa semua perlengkapan dan nyobain semua wahana pasti puas..
    lumayan mahal jg bayarnya..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, iya biar puas ya dari pagi sampe tutup yess..

      Delete
  7. Iya kalau jalan-jalan apalagi harus jaga anak-anaknya harus pakai sneakers yang ringan di kaki ya Mbak. Soalnya satu atau dua kali Harus adu lari dengan anak, minimal menjangkau tangan mereka agar jalannya tidak terlalu jauh dari kita :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes sepatu yang ringan di kaki wajib banget buat emak2 yang harus kejar2an sama anaknya, hahaha.

      Delete
  8. Pengen ke Sea World ajak anak-anak deh. Apalagi ada diskon promo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooh maak, cuss ke sana. Beli bundling promo sama nonton si lumba-lumba tuh, hehehe.

      Delete
  9. Taman dino menggoda, berhubung belum ada bocah yang diajak....kayaknya ngajak Koko Jong Ki aja ini mah #modus ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh lah sama si koko crunch juga boleh ko, ahahaha..

      Delete
  10. Sea world sekarang cakep banget ya maak..ntar bawa ponakan kesini...secara dia suka banget binatang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makin oke sekarang seaworld-nya. Cuss mba bawa ponakannya ke sana.

      Delete
  11. foto pertama gayanya kayak ank gede banget, ketahuan mamanya jagooo ngarahin hiihi. inikah kecilnya Ariel Tatum?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, kebetulan kalo itu ga diarahin tanteeee.. Rambutnya ketiup angin nutupin muka aslinyaaa, hahahahha.

      Delete
  12. Seru2 euy referensinya, sayange belum punya anak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kita2 juga bolehlah niaaaa, hahahaha..

      Delete
  13. Eh gw baru tau ada perpustakaan anak di cikini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada om, deket planetarium. Cuss bawa anaknya ke sana. *anak sapaaaa*

      Delete
  14. Saya kepengin banget ke sea word :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mas pankapan ke seaworld.

      Delete
  15. Aku wiken ini ke BKT aja kaaak hahahah naek delma istimewa 5rb satu orang XD Semua diatas udah pernah kecuali TMII & Cibubur, next time lah kesana kl mamih ngga malas *mamih pemalas* hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ke BKT pst dipalak naya berbi, hahaha. Mamih ayo ajak doong ke cibubur. Pulangnya makan di gubuk udang yummy..

      Delete