Follow Me @lisna_dwi

April 04, 2020

Food Preparation Saat Di Rumah Aja Dengan Tupperware Freshia Collection



Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Bagaimana kabarnya #dirumahaja man temaaan? Semangat dan bersabar yaaa, semoga wabah virus corona ini segera angkat kaki dari Indonesia. Aamiin... Pas banget memang setelah saya resign, saya ya memang kebanyakan di rumah, hahaha. Waktu masih kerja kantoran, saya udah terlalu lelah ngurusin beres-beres dapur atau ngerapihin isi kulkas. Saat itu saya mencoba berdamai dengan kulkas yang tidak tertata dan kadang bisa dibilang berantakan, hahaha. Setelah lebih banyak waktu di rumah saya jadi lebih ngurusin dapur, termasuk ngerapihin isi kulkas. Yang tadinya ngga pernah kepikiran untuk melakukan food preparation, sekarang saya mulai rutin melakukan food preparation. Oh wow suatu prestasi buat seorang Lisna Dwi Ardhini, hahaha.

Nah karena sekarang harus stay di rumah aja, saya jadi makin terbiasa melakukan food preparation. Dan alhamdulillah  saat saya sedang belajar disiplin beberes dan menata bahan makanan, Clozette Indonesia memberikan kesempatan buat saya untuk review penggunaan wadah penyimpanan Freshia Collection dari Tupperware Indonesia. Bikin makin semangat yekaaan. Apalagi belakangan baru tau ternyata food preparation tuh memiliki banyak manfaat, lah kemana aja buuuuuu, hahaha.

Wadah penyimpanan untuk food preparation

🍅 Perencanaan belanja bahan makanan jadi lebih baik, dan ujung-ujungnya bisa hemat fuluuusss;
🍅 Proses memasak bisa lebih cepat, karena udah tau kan hari itu mau masak apa dan bahannya pun sudah disiapkan;
🍅 Kualitas bahan segar lebih terjamin, karena bahan makanan sudah dibersihkan, dipilihin yang jelek atau layu, hingga dipotong-potong supaya lebih tahan segarnya.

Pada akhirnya, dengan melakukan food preparation kita bisa membuat menu sehat yang lebih terencana untuk keluarga. Tapiii gimana supaya proses menyiapkan bahan dan urusan tata menata ini lebih fun? Karena buat saya yang notabene kurang suka beberes, merapikan isi kulkas dan mempersiapkan bahan makanan itu adalah suatu tantangan, hahaha.

Food Preparation Saat Di Rumah Aja

Saat ini saya menghindari belanja ke luar rumah, jadi saya mengandalkan belanja via online. Jadi biasanya saya stok sayuran, aneka bumbu, cabe bawang hingga lauk pauk untuk paling tidak 1-2 minggu. Setelah belanjaan datang, biasanya saya "parkir" di lantai bawah, saya semprot dengan disinfektan, diamkan beberapa jam (kecuali ikan atau lauk segar), baru saya angkut ke area ruang tengah rumah di mana aktivitas rumah banyak dilakukan. Parno? Lebay? Saya lebih suka menyebutnya waspada, hehehe.

Lalu saya sortir bahan makanan yang biasanya paling banyak saya gunakan dan akan saya masak dalam beberapa hari ke depan. Kadang agak sayang gitu kalo beli sayur sedikit, jadi beberapa jenis sayur saya gunakan untuk beberapa jenis menu berbeda. Saya semacam membuat satu benang merah masakan yang melibatkan banyak sayur, hahaha. Misalnya sayuran yang ada dalam pecel sayur bisa juga diolah sendiri-sendiri tuh. Sayur bayam bisa dibikin sayur bening bayam. Toge bisa ditumis atau jadi campuran mie rebus. Kacang panjang bisa dibikin tumis teri. Kol buat campuran soto ayam atau sop. Ya bisa juga temanya capcay dan sop, kan mirip-mirip tuh sayurannya. Atau urap sayur. Pokoknya ada 1 jenis menu sayur yang aneka rupa deh, ahahaha.

Food preparation saat di rumah aja

Kemudian, di rumah saya paling sering dan wajib sedia cabe-cabean, aneka bawang dan beberapa jenis rimpang. Hidup tanpa cabe tuh kok ya hambaarrr, hahaha. Cabe cukup disiangi tangkainya, lalu simpan tanpa dicuci. Lalu aneka bawang disiangi kulitnya, kecuali bawang bombay biasanya saya biarkan kulitnya. Lalu simpan tanpa dicuci. Kalo rimpang, saya bersihkan dulu tanahnya, jemur keringkan dan simpan di wadah. Kadang aneka rimpang seperti jahe, kunyit atau temulawak juga saya biarkan saja di tampah. Rimpang inilah yang saya konsumsi setiap hari untuk menjaga daya tahan tubuh di tengah wabah virus corona saat ini.

Tupperware Freshia Collection

Cabe my love, hahaha

Kemudian saya juga stok sambal. Tergantung mood sih, kadang stok sambal matah, kadang sambal cabe ijo. Yang sekiranya bisa tahan lama aja, hehehe. Stok sambal ini bisa juga berguna untuk jadi bumbu inti nasi goreng. Lumayan lah bisa ngurangin waktu iris-iris bahan, hahaha. Sambal juga bisa dimakan sama lauk apapun, dari mulai telor ceplok, tempe sampai ikan bakar. Pokoknya, hidup sambal! >_<

Kalo untuk ikan dan lauk basah lainnya saya simpan di freezer dengan keadaan sudah disiangi dan dicuci bersih. Selain itu, saya juga sudah kategorikan dan sesuaikan jumlahnya. Misalnya 1 kg lele isi 8 ekor, saya jadikan dua wadah untuk bisa dimasak di dua hari yang berbeda. Atau supaya irit tempat, 2 jenis lauk saya tempatkan dalam 1 wadah. Misalnya cumi saya jadikan satu dengan tongkol, jadi hari pertama masak tongkolnya dan hari berikutnya masak cuminya. Atau sebaliknya. Jangan lupa sebaiknya menerapkan first in, first out ya. Yang mana masuk kulkas duluan, itulah yang kita masak dan konsumsi lebih dulu.

Tupperware Freshia Collection Solusi Untuk Food Preparation

Untuk wadah penyimpanan food preparation, saya pakai produk Tupperware yang udah jadi idola ibu-ibu di Indonesia sih, hahaha. Freshia Collection ini adalah Tupperware Fridge Collection yang merupakan tipe Stak n'Stor Generasi II. Freshia Collection ini sudah pasti 100% food grade dan memiliki desain modern dengan tiga ukuran yang berbeda untuk kenyamanan penyimpanan dalam kulkas. Warna biru cerahnya Tupperware Freshia Collection juga bikin sejuuuuk. Fitur desainnya pun special punya sis.


Food preparation dengan Tupperware Freshia Collection

🥦 Lekuk di area atas seal, menjaga kestabilan posisi saat ditumpuk.
🥦 Tab asimetris pada seal dan base, mempermudah buka tutup. Tarikan pada tab base memudahkan saat kita mengeluarkan produk dari kulkas.
🥦 Jendela depan transparan, mempermudah melihat isi makanan dalam wadah.
🥦 Ujung melengkung, mempermudah sirkulasi udara dingin dalam wadah.
🥦 Tekstur permukaan wadah meminimalkan goresan dan memberi tampilan premium.


Lekuk di area atas seal, menjaga kestabilan posisi saat ditumpuk.
Tab asimetris pada seal dan base, mempermudah buka tutup
Jendela depan transparan, mempermudah melihat isi makanan dalam wadah
Ujung melengkung, mempermudah sirkulasi udara dingin dalam wadah
Tekstur permukaan wadah meminimalkan goresan dan memberi tampilan premium

Freshia Collection ini juga dilengkapi dengan tas shopping bag yang reusable dan ramah lingkungan. Jadi kalo mau bawa ke pasar bisa dibawa buat mengurangi pemakaian kantong kresek nih. Atau kalo mau kasih hantaran ke keluarga juga bisa dipakai. Lalu, selain bentuk kotak persegi panjang, ada juga yang bentuknya modular bowl (seperti mangkok), compact bowl high (seperti toples berbentuk tube) dan slim line 2 ltr (wadah penyimpanan minuman). Ini must have item bener deh, wish list saya banget, hahaha.

Freshia Collection ini juga dilengkapi dengan tas shopping bag yang reusable

Yang bikin tenang adalah Tupperware Freshia Collection ini merupakan wadah penyimpanan dalam kulkas yang hemat ruang karena bisa ditumpuk rapi. Penutupnya pun ketat dan rapat sehingga menjaga kesegaran bahan yang kita simpan. Jadi, ngga ada tuh cerita bahan makanan kurang fresh atau jadi ngga enak setelah dimasukkan ke dalam wadah penyimpanan. Tupperware mailaff lah pokoknya.

Di mana belinya? Gampang kaaak, di mana-mana adaaaaa. Kamu bisa klik website Tupperware Indonesia atau ke Sales Force resmi terdekat dari rumah kamu. Kebetulan saya di Duren Sawit, ada outlet agen atau distributor resminya di daerah Lampiri, Pondok Kelapa, Jakarta Timur. PM aku aja buat kontak sales force-nya yaaa.. Saya pernah beli di sana dan diantar langsung tanpa tambahan biaya lho. Atau kpoin aja dulu Instagram-nya di @tupperwareid dan dijamin kamu langsung mupeng, hahaha.

Ceritain juga dong pengalaman kamu pakai Tupperware! Saya yakin pasti banyak yang seru bahkan lucu deh, hihihi.

Love you life. :D

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

26 comments:

  1. Sejak COVID19 ucluk-ucluk mampir ke Indonesia, aku jadi prepare banget bahan makanan. Aku belanja tiap 3 hari. Dan semua bahan makanan buat 3 hari aku foodprep kaya mama ina gitu.

    Malah jadinya happy tiap kali buka kulkas karena jadi rapih. Sebagai yang suka foodprep, koleksi tupperware fresia ini kok makin cakepp ya klo berjejer di kulkas kaya punya mama ina. Jadii pengen belii, beneran jadi happy pas buka kulkas eh ngeliat si fresia itu ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ternyata lihat kulkas rapih itu kepuasan tersendiri yaaaa.. kemana aja akuuuh, hahaha. Trus makin happy karena wadahnya seger dan cakep, hahaha

      Delete
  2. Aku pun pakai tupperware buat food prep. EnAk karena tutupnya rapat jadi bahan makanan lebih awet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuuuul banget, juara lah kerapatan tutup tupperware tuh.

      Delete
  3. Mba Lisnaaaaa seger bangettt itu warna Tuppy-nyaaa
    Aku demen banget ama koleksi Tupperware, karena bahannya sebagus itu, kualitasnya mantab jiwa.
    Dan ada service garansi juga kan
    Super LOVE pokoknya :)

    ReplyDelete
  4. mama di rumah punya produk tuppy yg ini juga loh. tuppy jadi kesayangan emak2 krn bahannya awet klo rusak ada garansinya bisa dituker juga.

    ReplyDelete
  5. cakep tuppynya, dari dulu memang udah nemanin bu ibu ya dan kesegeran bahan makanan juga terjaga

    ReplyDelete
  6. Ku salah fokus sama warna bosnya. Lucuuuu ih. Di rumahku belum misahin pake box, jadi abis belanja masukin aja ke kulkas dan akhirnya kulkas jadi berantakan. Pengaturan menunya juga keren. Jadi efisien nih

    ReplyDelete
  7. Warna tupperwarenya aku suka cerah biru muda, apalagi lihat cabenya montok-montok. Stok bahan masakan pakai fresia collection bikin awet ya kalau disimpan di dalam kulkas

    ReplyDelete
  8. Jadi pengen nambah koleksi tuppy nih. Saya baru punya 2 yang buat tempat makanan gitu. Yang banyak botol minumannya.

    Kalau punya tuppy jadi kulkas jadi lebih rapi juga isinya.

    ReplyDelete
  9. Wah, tupperware luncurin produk baru lagi ya. Makin keren aja desainnya. Aku udah lama ga belanja tupperware, krn yg lama masih aweet. Tapi lihat yg ini kok jadi pengen. Hahaha.

    Btw ... Template blog kita sama, mbaaaak.

    ReplyDelete
  10. Lihat Freshia Collection jadi bagian foodprep, berjajar rapi di kulkas, rasanya adem dan tenang. Urusan masak memasak jadi lebih terbantu, bahan - bahan yang di simpan di kulkas jadi lebih tahan lama, jadinya bisa meminimalkan frekuensi belanja dan santuy dirumahaja

    ReplyDelete
  11. Tertata dengan apik banget ya mba kalo punya tupperware gini
    Jadi memudahkan memilah. Naksir juga aku sama tempat-tempatnya ini hehehe

    ReplyDelete
  12. Wadahnya imut2 cantik..kulkasnya jadi rapi pasti. aku food praparationnya masih seadanya mba..blm punya Tupperware yang model gini...

    ReplyDelete
  13. Jadi ingat dulu pertama kali punya koleksi square itu!
    Yang mencuri hati jelasnya warnanya yang warna-warni, dan eye catching haqiqi.
    Kini, model tuppy semakin inovatif ya.
    Senangnya punya koleksi freshia collection!

    ReplyDelete
  14. Aku pernah cobain food preparation dan aku menyerah sebelum ada sebulan. Wkwkw.. butuh mikir banget buat langsung mikir masak apa beberapa hari ke depan..

    ReplyDelete
  15. jadi ingin koleksi tuppeware juga bikin kulkas jadi lebih rapi makanan juga lebih awet

    ReplyDelete
  16. Wow, asyik banget tempat wadahnya Mbk. Wadah penyimpanan untuk food preparation bikin mupeng dengan warna birunya.
    Aku bakal betah deh belanja dan masak dengan adanya wadah ini hehe...

    ReplyDelete
  17. Jadi rapi ya mba kulkas kita kalau manajemen penyimpanannya dibantu dengan Freshia Collection ini. Aku naksir banget loh dengan warnanya, biru kalem bangeeett..

    ReplyDelete
  18. saya juga pengguna setia tupperware, meskipun banyak produk serupa tapi entah mengapa udah klik aja dengan tuppy dah sejak mulai nikah. Oh iya, food preparation bisa menjaga kebersihan kulkas dan keawetan bahan makanan ya mbak, saya pun melakukannya di rumah

    ReplyDelete
  19. Waah lucu banget nih warna freshia collection. Buat simpan bahan dan food preparation aku juga pakai fresh lime collection Mbak. Yg warna ijo tuh. Sampai punya dua set malahan. Praktis dan rapi di kulkas soalnya

    ReplyDelete
  20. Selalu suka sama produk2 tupperware warnanya eye catching fungsinya n kualitas ga diragukan. Suka warna bluenya

    ReplyDelete
  21. Cakep banget Tupperwarenya. Aku pengen food preparation tapi kulkasnya ga cukup. Udah penuh dengan minuman anak-anak yang juga nyetok banyak biar gak sering keluar rumah.

    ReplyDelete
  22. wow, tupperarenya aku sukaaa. warnanya cakep. lemari es jadi lebih rapi dengan food preparation ini

    ReplyDelete
  23. Slama ini aku blm praktekin sih food prep ini. Asistenku kalo belanja sebelum covid biasanya tiap hari. Jd belanja utk HR itu aja. Sesudah covid, dia jd 3 hari sekali. Tp memang ga dimasukin ke prep begini.

    Mungkin kalo aku ntr udh resmi resign aku pake deh cara food prep, biar ada kerjaan :D. Kalo tupperware sih aku sbnrnya banyak. Tp kebanyakan set piring , loyang yg utk agar2, Ama aneka botol dan mangkok :D. Aku ga terlalu banyak beli yg kotak2 penyimpanan. Tp kyknya mau aku tambahin deh, supaya bisa dipake utk food prep ini :D. Dulu aku sempet member di tuppy. Tp Krn udh lama ga beli, jd exp membership nya

    ReplyDelete
  24. Salam kerja dari Rumah gaes...
    Semoga kita semua sehat selalu.... dan dalam lindunganNya..
    Salam kenal

    ReplyDelete