Follow Me @lisna_dwi

June 25, 2018

7 Alasan Kenapa AEON Cakung Jadi Mall Favorit Baru di Jakarta Timur



Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Buat menghibur diri dan keluarga, penghuni Jakarta doyan banget ke mall. Termasuk saya sih, hehehe. Kalo kerjaan lagi hectic, agak stress atau lelah sama macet biasanya pelarian saya adalah makan enak di mall, hahaha. Kalo anak minta main di playground, ya mohon maap kalo kesiangan atau kesorean ya ke mall juga, nyahahaha. Ada satu mall baru di daerah Cakung, Jakarta Timur yang jadi idola meskipun baru dibuka pada bulan September tahun 2017 lalu. Yess tiada lain tiada bukan, AEON Jakarta Garden City, Cakung. Sebenarnya ini bisa juga jadi mall baru para warga Bekasi juga sih, dan bahkan mungkin yang punya akses tol Cilincing-Cakung. Karena ya lumayan kalo lewat tol ngga macet kakaaak..

Bareng sahabat saya dari kuliah. Rumahnya Ifa cuma 10 menit dari AEON, ku envy, hahaha.

Jadi teman-teman dekat saya sudah paham kalo saya sudah selingkuh dari Kokas, hahaha. Padahal saya sungguh cinta sama Kokas. Tapi Kokas sekarang macetnya makin ngga shantaayyy, akutuh sedih. Jadi ketika tau AEON Cakung lebih cepat durasi perjalanannya daripada Kokas, langsunglah saya dan suami menobatkan AEON Cakung menjadi mall favorit yang baru, hahaha. *receh* Abisan gimana ngga doyan ya, perjalanan ke AEON Jakarta Garden City ini hanya makan waktu 20 menit saja dari rumah. Kadang malah cuma 15 menit. Bandingkan dengan Kokas yang kalo mau ke sana minimal 1 jam dari rumah saya. Padahal jaraknya setengahnya AEON. Gimana ngga keki cobaaaaa?! Hahaha.

Baca juga 8 Alasan Kenapa Kota Kasablanka Jadi Tujuan Favorit Belanja

Ya udah kebanyakan preambule deh, hehehe. Jadi ya menurut saya setidaknya ada 7 alasan kenapa AEON yang terletak di Jakarta Garden City Cakung, Jakarta Timur ini layak jadi mall favorit anak gaul Jakarta Timur dan sekitarnya.


Salah satu sudut di Gourmet Garden lantai 3F

1. Banyaknya tempat makan enak

Tenaaang bukan cuma buat anak muda, tapi juga buat keluarga. Yeaaay.. Boleh dibilang AEON didominasi sama keluarga sih ya. Tempat makannya tinggal tunjuk sih. Ada 2 pilihan food court besar yang namanya Gourmet Garden lantai 3F atau food court di GF. Restorannya mulai dari Soto Betawi H. Mamat, Sop Kaki Kambing Dudung Roxy, Wings Stop, Imperial Kitchen and Dimsum, Old Changkee, Dum-Dum, Chapayom, Solaria, Burger King, King Mango, D'Cost sampai satu-satunya ramen bersertifikasi HALAL Seirockya. The last one is the most favorite for me and my husband. Halal lagi juara enaknya, so yummy. Tulisan tentang satu-satunya restoran halal sertifikasi MUI di Jakarta ini akan saya bahas di tulisan lain aja yaaaa, soalnya Seirockya enak banget kakaaak, ciyus deh, hehehe.




Selain Seirockya ada beberapa tempat makan ala Jepang yang ada di AEON Cakung ini. Ramen Seirockya karena sudah pasti halal, variasinya banyak dan rasanya enak sudah pasti paling rame, walau ngga serame Seirockya PIM. Kalo kamu ngga suka ramen dengan kuah kental, di Seirockya juga ada ramen dengan kuah bening, yang ngga terlalu mahteh dan sama enaknya. Agak mahal sedikit, tapi seriusan porsinya banyaak, hahaha. Kuahnya, potongan ayamnya, mienya, berpadu sempurna, eaaa jadi laper, hahaha.







Foodcourt AEON Cakung lantai GF

Sedangkan tempat ngopi ngga bisa dibilang berlimpah ya. Tapi ada ko kafe semacam Starbucks, Excelso, Ezo, atau yang bareng sama bakery semacam Tous Les Jours. Kalo mau nongkrong berlama-lama bisa pilih di food court Gourmet Garden yang ada di beberapa lantai dan juga foodcourt di GF. Bedanya kalo di Gourmet Garden makanannya dari merchant makanan/minuman dari berbagai macam brand atau merek. Sedangkan di GF, makanan maupun minuman dikelola oleh pihak AEON sendiri. Salah satu yang paling favorit di AEON foodcourt di GF ini adalah Sushiiii. Dan walau belum berlogo halal, tapi mereka meyakinkan dengan pasang pengumuman gede-gede kalo tidak menggunakan mirin ataupun bahan-bahan yang tidak halal. Semoga mereka urus sertifikasi halal sekalian yaaaa.


Area bermain anak di Zoo Cafe AEON

2. Memanjakan Anak-Anak Dengan Playground Indoor & Outdoor

Menurut saya AEON Cakung ini benar-benar memanjakan anak-anak. Sampai sekarang top of mind mall buat si ucul berubah dari Kokas dan Cimol menjadi AEON, hahaha. AEON JGC Cakung ini memiliki berbagai playground baik indoor maupun indoor, yang gratis maupun berbayar. Yang gratis sebut saja playground outdoor dekat Ferris wheel atau bianglala, lalu ada juga yang indoor di dekat Chapayom/Zoo Cafe lantai 2F. Hanya playground kecil aja dan ada permainan interaktif semacam augmented reality gitu. Naya sih happy-happy aja kalo main di situ, dan betah sampai 1-2 jam lah, hahaha. Untuk yang outdoor ada di area Loft Park. Kalo bingung, cari aja bianglala atau Ferris Wheel di lantai 3F. Nah playgroundnya ada di area itu yah.


Ferris Wheel AEON Cakung

Selain yang gratisan, ada juga yang harus bayar tiket masuk. Sebut saja ya Fun World, yang masuknya sih ngga bayar ya. Tapi untuk bisa main tiap permainan, ya bayarlah ya kaaak, hahaha. Lalu ada Builders' Zone. Nah ini buat anak-anak cowo mungkin akan senang ya karena dalam tempat bermain ini ada beragam permainan yang merupakan alat berat atau kendaraan untuk konstruksi. Cocok buat Naya mengenal pekerjaan mamanya sih ini, hahaha. Lalu ada juga Kidzoona. Tiket masuk Kidzoona berkisar 60 ribu-150 ribu, tergantung kebutuhan. Mau main 1 jam saja, atau sepuasnya sampai mall tutup, hehehe. Letaknya agak masuk ke dalam tenant perlengkapan anak dan bayi AEON Dept. Store-nya, tepatnya di lantai 2F. Cukup lengkap juga kalo ngga mau terlalu capek mengawasi si kecil.





Lalu ada juga yang sudah pernah saya bahas sebelumnya, Fanpekka. Wow ini playground beneran gede banget dan komplit sih. Harganya ada ada apa aja sudah saya bahas di tulisan tentang Fanpekka. Walau harga tiket masuknya di weekend sampai 200ribuan, menurut saya worth it banget karena bisa seharian, bebas keluar masuk, plus anak-anak bisa pakai kostum yang biasanya harus sewa, hehehe. Buat ulangtahun juga bisa lho si Fanpekka ini. Komplitlah pokoknya.

Baca juga Puas Bermain Seharian di Fanpekka Playground AEON Cakung Jakarta Timur

Area dekat toilet di AEON Cakung

3. Memiliki Area Service yang Nyaman

Ini salah satu yang saya suka juga ni dari AEON Jakarta Garden City atau mungkin AEON pada umumnya ya. Toilet untuk penyandang disabilitas maupun ibu/bapak rempong yang bawa bayi plus anak kecil. Dan ngga cuma 1, tapi ada di tiap lantai. Ada toilet khusus di luar toilet, lengkap dengan alas ganti popok dan tempat duduk buat bayi. Area toiletnya pun luas, jadi buat pengunjung dengan kursi roda ngga akan kesulitan buat melakukan manuver krsi rodanya. Di bagian dalam toilet laki-laki maupun perempuan juga ada 1 lagi toilet khusus, hanya saja tidak selengkap yang di luar. Yet, I really appreciate AEON's gesture for providing these toilets.





Selain masalah toilet, nursery room juga ada di beberapa lantai. Di dalam toilet wanita bahkan ada ruang dandan lho. Mungkin ruang dandan ini untuk menjawab keresahan wanita yang ingin berlama di depan cermin tanpa mengganggu pengguna toilet yang ingin cuci tangan, hahaha. Been there, done that kan yaaaa?! Tersedia juga toilet untuk anak kecil, nah ini sepertinya khusus untuk buang air kecil ya. Mengingat tempatnya terbuka dan dekat musholla, hehehe.



Selalu ada wastafel khusus kids, me like it.


Soal musholla gimana? Kusukaaaa... Ada 2 musholla sebenarnya, ada yang di basement dan di lantai 3F dekat Gourmet Garden. Nah saya lebih sering yang di 3F. Mushollanya walau ngga sebesar musholla Kokas, tetap nyaman dan bersih ko, hehehe. Tetep musholla Kokas paling favorit sih.



4. Diskon dan Promo Setiap Hari

Dan kalo saya bilang setiap hari, beneran setiap hari terutama untuk makanan di GF, hahaha. Jadi ceritanya begini. Suatu hari saya iseng ngajakin suami malam-malam ke AEON JGC Cakung. Saya bilang ke suami, ini makanan mereka fresh semua, jadi harusnya tiap hari mereka akan mengganti makanannya. Daaan biasanya buat menghabiskan stok, menjelang tutup mereka akan sale semua makanan. Lalu datanglah kami menjelang tutup mall. FYI jam operasional mall adalah 10.00-22.00 WIB. Bener aja dong, pas kami datang memang ternyata semua serba diskon bok. Pertama diskonnya 30% dulu, nah makin dekat waktu tutup mall, makin besar diskonnya, hahaha.

Yang diskon itu bukan cuma makanan di counter ya. Tapi juga dari supermarketnya. Misalnya nih, buah potong beli 1 pack isi 2 kotak diskon 50%, makin malam jadi gratis 1 pack lagi yang isinya 2 kotak. Harga aslinya paling Rp 25.000. jadi hitung sendiri lah ya itu jadi cuma bayar berapa, hahaha. Atau salad buah dengan dressing yoghurt, sosis, jus buah dan macam-macam roti. Syurgaaaaaa..

Tips beli makanan diskonan di AEON Cakung: Biasanya diskon makanan akan diumumkan sekitar jam 20.30 WIB ya. Di waktu ini diskon umumnya masih 30%, sebaiknya ambil dulu nih makanan yang kamu mau. Amankan dulu, tapi jangan langsung bayar. Kalo kamu suka sushi, kamu amankan sushi. Kalo suka gyoza, amankan gyoza atau ayam goreng dan panggang, hahaha. Lalu kamu duduk-duduk dulu sambil ngemil King Mango mungkin, hahaha. Nah, menjelang jam 22.00 baru deh kamu ke kasir buat bayar. Dan kamu bisa bayar di kasir manapun ya, ngga mesti di kasir tempat makanan yang kamu ambil. Di weekdays, jam 21.30 biasanya sudah mulai tuh diskonnya makin besar. Kalo weekend, harus lebih sabar karena kadang diskon diperbesar di jam-jam tipis menjelang tutup, hahaha. 

Selain itu mereka ada promo tebus murah tiap belanja Rp 150.000 di supermarketnya. Lumayanlah minyak goreng 2 liter bisa ditebus dengan harga < Rp 20.000. Kadang barangnya berganti-ganti sih, cuma tetep lumayan buat mamak-mamak pecinta promo macam saya, hahaha. Lalu tiap weekdays biasanya ada gratis parkir 1 jam pertama, yang sayangnya ngga bisa digunakan lebih dari satu. Ogah rugi jugalah ya pengelola AEON mall, hahaha. Pemegang kartu member AEON juga bisa mengumpulkan poin dan tiap akhir bulan biasanya ada diskon tambahan 5% ya kalo ngga salah. Lumayan okelah.



5. Tempat Grooming, Beli Tiket Sampai Studio Foto 

Ini juga oke nih karena tempat grooming di sini maksudnya salon, barbershop dan klinik kecantikan lengkap buat semua usia. Ada Kiddy Cuts tempat potong rambut bayi dan anak yang pernah saya review juga sebelumnya. Lalu buat wanita atau pria yang ngga keberatan buat potong rambut dimanapun, ada Christohper Salon. Kalo mau khusus cowo ada ShortCut. Buat yang ingin ke klinik kecantikan ada Natasha dan ZAP. Mau refleksi? Ada juga lho, namanya Kokuo Reflexology.






Selain buat mempercantik lahiriah, ada setidaknya 3 travel agent yang ada di AEON: Panorama Tour, Avia Tour dan Dwidaya Tour. Jadi supaya tetap waras maksudnya disuruh liburan gitu lho kak, hahaha. Yang mau foto keluarga juga ada studio foto juga di AEON jangan sedih kaaak, jadi nyalon biar cantik terus foto di studio deeehhh.. hihihi.

Baca juga Potong Rambut Anak di Kiddy Cuts



6. Bahan Makanan Segar di Supermarket AEON

Supermarket AEON juga jadi pilihan saya kalo mau belanja bahan makanan segar. Daging, ayam dan ikannya relatif lebih lengkap dan segar dibanding Transmart, Carefour ataupun Giant. Saya ngga bisa bandingin sama Superindo atau Farmers Market karena saya jarang banget belanja di sana. Tapi saya pernah bandingkan beli daging, ikan salmon, udang, seafood lainnya, ayam kampung, ayam fillet, sayur-mayur, lebih fresh di AEON. Harga seringkali lebih murah. Selain itu di supermarket AEON bisa minta dimasak langsung. Dan menurut saya yang paling juara adalah ikan salmon dan semua dagingnya. Daging cube-nya di AEON juicy kakaaaak. Bumbu jadi yang mesti kamu coba adalah blackpepper. Lumayan mahal si, 1 wadah kecil harganya 15 ribu kalo ngga salah, tapi bisa buat 3-5x masak lah ya. Endeuussss!








Selain lauk pauk dan sayuran, buah di AEON cukup bervariatif. Bahkan saya sering menemukan buah langka seperti ciplukan. Iya bener kaaak, ciplukan! Dulu banget waktu kecil karena saya sering main di kebon, saya suka makan ciplukan yang tumbuh liar. Makin dewasa, makin jarang main ke kebon kan ya. Ya makin jarang menemukan pohon ciplukan ini. Ternyata khasiat si ciplukan ini banyak ya, salah satunya buat obat diabetes. Baru tauuuuu...





Sayangnya supermarket AEON agak sedikit aneh menurut saya karena perlengkapan bayi dan anak dipisahkan dari supermarket intinya yang di lantai GF. Khusus produk untuk bayi dan anak letaknya ada di lantai 2F, dekat tenant baju dan perlengkapan anak lainnya. Agak ribet dan ngga praktis menurut saya ya. Karena jadinya kalo belanja bulanan harus ke lantai 2F lagi untuk membeli keperluan si kecil. Duh wahai management AEON buatlah satu lantai saja supaya ngga ribeeeet, hahaha. *jeritan hati pelanggan*



7. Rekreasi dan Nonton Cantik Sekeluarga

Eh saya sudah bilang ya bahwa di AEON Cakung ada Ferris Wheel atau biasa kita kenal dengan bianglala. Semacam di Dufan gitulah, hahaha. Tapi konon katanya ini Ferris Wheel tertinggi se ASEAN ya kalo ngga salah. Tiketnya per orang 50 ribu saja. Saya belum pernah naik, tapi di mbak dan suaminya pernah naik dan enak katanya. Cuma jalannya terlalu lambat, hahaha. Di roof top tempat bianglala ini banyak spot foto kece juga, lumayanlah itung-itung rekreasi yaaa, hehehe. Pada dasarnya AEON JGC Cakung ini menyediakan beberapa spot kece buat foto-foto sih. Cucok meyong buat yang suka OOTD macam saya, uhuk.. :D




Arena olahraga/rekreasi lain yang bikin saya cukup kagum adalah area ice skating-nya lho. Area skatingnya bahkan untuk level profesional. Saya belum pernah cobain sih karena ngga bisa juga main ice skating, hahaha.

Satu area yang belum saya datangi dan katanya bagus saat malam hari adalah Wonder Garden. Wonder Garden ini semacam taman yang terdiri dari belasan ribu lampu yang membentuk pertunjukan mini gitu. Kebayang sih pasti meriah banget dengan nyala ribuan lampu yang ada. Last but not least ada bioskop CGV di AEON Cakung ini. Dan surprisingly bioskopnya banyak studionya dengan berbagai jenis pilihan tempat duduk dan ambience. Tapi khusus bioskop ini saya belum bisa berpaling dari XXI sih. Eh tapi Gold Class-nya CGV oke juga lho, lebih murah malah dari Premier XXI. Labil deh eyke, hahaha.

**

Nah gimana, kece juga kan Jakarta Timur juga punya mall yang lengkap, hahaha. Saran aja nih, kalo datang saat weekend kamu lebih baik datang pas di jam buka mall dan pulang di jam makan siang. Karena eh karena, kalo weekend super padat kakaaak. Cuss cobain ke AEON Cakung!

Love you life. :D

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

7 comments:

  1. Ah kadang kangen juga maen ke mall yang komplit begini, secara saya anak pulau, hehehehe

    ReplyDelete
  2. Aku belum pernah mba ke AEON yang di cakung, tapi bianglalanya jadi daya tarik tersendiri buat AEON cakung yaak?? kalo sakura lamp park di AEON cakung ada mba?? aku paling seneng beli bahan makanan laut di AEON Serpong tuh mba, seger-seger salmonnya..

    ReplyDelete
  3. duh aku last yearbanget belum pernah ke aeon cakung. Menariqee banget laah!
    Lenkap dan komplit yaah
    mauuu beli sushinya kakaa
    btw di bogor katanya mau dibangun aeon juga wkwkkw semoga segera ada yaaah

    ReplyDelete
  4. Wuuiihh mantep juga nih daerah cakung sekarang ada tempat untuk nongkrong yang keren dan wahana permainan anak..

    Waahh!! Bisa nyaingi kelapa gading nih!!....

    Dulu saya tahunya PIK doang 😱😱😱😳😳😳

    ReplyDelete
  5. Aku liat instatorynya Iymel sering ke AEON barang2 buat rumah gitu muree2 banget jadi pengen ke sono :D

    ReplyDelete
  6. ku ngga suka kalau liburan or wiken kesini ampun2an kayak cendolnyaaaa hahahahha parah banget!! Mungkin euphoria orang2 timur yg biasanya ngga punya mol yg ok, tiba2 ada kayak gini & deket langsung deh pada kesini semua hahahaha (termasuk w uga sih) :D

    ReplyDelete
  7. Baru sekali ke sini. Itu pun karena kantorku jadi tenant di sini. Sempetin makan sushi siang-siang pas mall masih sepi, nikmat!

    ReplyDelete