Follow Me @lisna_dwi

December 31, 2018

Main Salju Untuk Pertama Kali



Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Belakangan hujan deras mulai rutin menyapa. Ngga pagi, ngga siang, sore, malam, subuh, basah basah basaaaah...*sambil nyanyi* :)) Alhamdulillah rasanya pingin berada di balik pelukan suami selimut terus yaaaa, hahaha. Walaupun batuk alergi si ucul kadang makin menjadi kalo cuaca dingin, yah mau gimana lagi, embraceeeee. Ini karena seringkali lihat rintik-rintik hujan, jadi bayangin bisa main salju lagi. Kalo bahasa kekiniannya sih, throwback gitu ya kaaak. Yah sambil throwback, sambil liatin yang hujan turuuun lagi, sambil makan bakso juga enak sih ya, hahaha.


Baca juga Ngebakso Mantap di Bakso Boedjangan Rawamangun

Saya salah satu anak tropis yang punya wishlist melihat dan merasakan salju dan hujan saljunya sekalian. Biasanya mah cuma dipandangin aja dari film, brochure agen perjalanan atau paling sering mah dari feeds Instagram atau Pinterest orang-orang yak, hahaha. Dalam hati mah shalawatin aja dah, sampai awal tahun ini ngga kepikiran kalau akan melihat dan merasakan salju. Maklum negara yang bersalju itu keknya lumayan mahal-mahal kakak tiketnya, hahaha. Ehh memang Allah Maha Baik, saya terus dikasih rezeki main salju di Turki bareng keluarga. Alhamdulillah. Soal persiapan ke Turki sudah saya tulis beberapa waktu lalu juga kalo mau baca-baca.

Baca juga Traveling ke Turki Saat Musim Semi


Girangnya Ketemu Salju di Uludag, Turki

Dari schedule perjalanan ke Turki lalu selain melihat tulip, melihat langsung salju di Uludag juga jadi salah satu targetnya. Hanya saja katanya sih di bulan-bulan April saljunya kadang sudah mencair. Jadi ya ngga jaminan juga sebenarnya walau ke Gunung Uludag bisa main-main di salju yang tebal semacam di film atau foto-foto brosur pariwisata, hahaha. Makanya pas berangkat ke Gunung Uludag yang ada di kota Bursa, Turki saya banyak-banyak dzikir aja supaya Allah kabulkan.

Sesampainya di stasiun cable car yang ada di kota Bursa, hujan turun, udara sangat dingin dan menusuk tulang. Ya noraklah ya pasti karena hembusan nafas kelihatan gitu kayak di pilem-pilem, ahahahahaha. Kalo kamu pernah bela-belain menahan nafas lalu menghembuskannya demi dapat si hembusan nafas ala winter itu, if you know what I mean, hahaha. Norak abis pokoknya. Lalu di dalam stasiun cable car ada monitor yang menunjukan keadaan di tiap perhentian cable car. Dan AllahuAkbar ternyata hujan salju di malam sebelumnya turun lebat dan di perhentian kedua salju bahkan sudah sangat tebal. Baru dengar berita itu aja gembiranya udah bukan main, ahahaha.

Di dalam cable car

Setelah menunggu beberapa saat, akhirnya Kenan memberikan tiket untuk masuk dan naik ke dalam cable car. Deg-degan cuuuyyy, hahaha. Cable car-nya sendiri seperti kereta gantung gitulah ya kira-kira. Tiap cable car bisa berisikan 6 orang. Makin naik ke atas area kaki gunung Uludag mulai memutih tanda hujan salju yang cukup lebat memang turun semalam. Banyak pohon sejenis pinus, cemara dan kemudian imajinasi bermain siapa tau di balik pohon di bawah sana akan muncul serigala, kelinci salju atau bamby! Hahahaha, ngayal terooosss.

Suasana di Gunung Uludag dilihat dari cable car, wajar doang ya eyke mengkhayal ada serigalaaa, hahaha



Akhirnya sampailah saya di perhentian yang dituju. Katanya tempat saya berhenti itu adalah halte kedua, dan langsung disambut hujan salju, mashaaAllah. Yang tadinya masih mampu ngga pakai sarung tangan, terus ya dipakailah itu sarung tangan yaaaa. Area perhentian tempat saya main salju itu kalo ngga salah namanya Kadiyayla yang ada di ketinggian 1,230 m. Sebut saja di halte/perhentian Kadiyayla ini ada berbagai toko perlengkapan musim dingin dan juga kedai penjaja makanan. Jadi buat yang ngga bawa jaket, winter coat atau sepatu untuk main salju bisa beli di sana aja. Harganya juga standar sih kalo menurut saya. Cuma bawa pulangnya ke Indonesia-nya yang PR, hahaha.

Pandangan tidak jelas karena hujan salju lebat.

Perhentian/halte Cable Car di Gunung Uludag

Jadi gimana rasanya ketemu salju? BAHAGIA BANGET. Terus, gimana rasanya ngalamin hujan salju? EXCITED PARAH. Tapi enak ngga main lama-lama di salju? KAGAAAA. Enakan main di pantai atau selow-selow main di pegunungan Indonesia kak, hahahaha. Dinginnya ngga santaiii, subhanallah. Freezing paraaaah, ngga kebayang si kalo mesti tinggal di daerah bersalju begitu, hahaha. Kalo buat singgah seperti kemarin si waw sungguh ku happy sekaliii. Ini mau cebok sehabis pipis aja harus tarik nafas dalam-dalam semacam mau disuntik, dingin gelaaaaa, hahahahaha. 


Antara mau foto sama kedinginan, hahaha

Norak, norak dah, hahaha
Sok santaaaiiiiii, padahal muka pediiihh ketampar salju, hahaha

Apalah atuh saya cuma bisa nangis pas pertama merasakan salju di tangan saya, huhuhu. Tentu saja ngga berhenti mengucap hamdalah ya Allah, baik banget Allah bisa bawa saya sampai jauh-jauh ke Uludag Turki terus main salju, huhuhu. Setelah bisa mentralisir perasaan yang bergejolak haru dan norak sekaligus, akhirnya kamera dikeluarkan dan foto sebanyak-banyaknyaaaa, hahaha. Alhamdulillah bawa baterai cadangan karena ternyata di cuaca dingin semacam di daerah bersalju batu baterai kamera Fujifilm XT-1 yang saya bawa cepat sekali mati. HP Lenovo saya malah udah is dead sejak beberapa langkah keluar gedung halte, hahaha. Hanya Iphone yang cukup bertahan di cuaca bersalju Gunung Uludag.

Abis foto ini HP saya matiii, hahaha.

Main Salju Untuk Pertama Kali

Main Salju Untuk Pertama Kali

Main Salju Untuk Pertama Kali

Main Salju Untuk Pertama Kali


Gimana bentuknya salju? Seriusan mirip es serut emang kaga lebay, hahahahaha. Tinggal sendok sedikit, kasih sirup, yuumm.. Paling abis itu mules-mules diare dah, hahaha. Hujan saljunya kalo tipis-tipis sih masih oke ya. Tapi kalo agak deras, sakit kena kulit kaaak. Kek dilemparin butiran es gitu deh, pediiihh, hahaha. Pakai payung juga agak percuma si. eh unless kamu bawa payung golf yang keker bener yak. Kemarin saya bawa payung imut-imut gitu, tapi begitu kena angin ya bhaaaay.. LOL

Tinggal tambah sirup ni gaes, hahaha
Pose pakai payung ngga ngga ngefek sama sekali, hahaha

Terlalu girang :))
Kira-kira di hutan belakang saya ada apa tuh? Serigala? Bamby? Ngayaaal..hahaha.


Kembali Main Salju Lagi di Bolu, Turki

Lalu selesai main salju di Gunung Uludag, sebenarnya ngga ada lagi tuh bersalju ria lagi. Dan namanya rezeki anak tropis yeee, ketika perjalanan ke Ankara, tepatnya di kota Bolu kok ya tiba-tiba hujan salju turun dengan deras. Nah karena melanjutkan perjalanan ke suatu danau apa ya namanya lupa juga berisiko karena hujan salju terlalu deras, jadi Keenan memutar haluan ke danau kecil setempat yang bersalju juga. MashaaAllah jadilah kami serombongan kembali bisa main saljuuuuuu, hahaha. Norak, norak dah.. :))

Semua berubah jadi putiiihhhh..

Winter wonderland


Mobil, bis, pondok dekat danau, musholla, pepohonan semua putiiihh tertutup salju. Cuma rada PR kalo mau pipis sih cyyiiin, hahaha. Hujan salju yang tadinya deras berubah jadi hujan salju tipis-tipis aja. Bagus buat foto-foto. Tapi ternyata untuk main dan membuat boneka bola salju itu butuh latihan bertahun-tahun keknya apa ya, hahahaha. Belum tentu sanggup dah langsung bikin boneka salju yang segede gitu, booook mati rasa, hahahaha. MashaaAllah, alhamdulillah. 






Pokoknya kalo mau main salju jangan lupa sarung tangan yaaaa.. Sepatu mungkin masih bisa hajar bleh ya pakai sepatu apa aja, tapi kalo tanpa sarung tangan tebal, duh nekad kamu tuuuh.. >_< Karena ya pegang batu es sebentar aja mati rasa, gimana mau terus-terusan diterpa salju atau angin dingin saat hujan salju turun. Dan jangan lupa bawa minyak-minyakan penghangat dan tolak angin yaaa, hahaha. Oohh selesai main salju minum cokelat panas, kopi atau teh panas subhanallah sedap. Mon maap nih saya mau ngebom foto waktu di salju yaaa, hahaha. 

Main Salju Untuk Pertama Kali

Main Salju Untuk Pertama Kali

Main Salju Untuk Pertama Kali



 


***

Wishlist traveling kamu di 2019 ke mana nih? Cerita-cerita dong yuk di komen!

Love you life. :D

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

3 comments:

  1. Subhanallah ya maaa, ku jg pasti norak norak bergembira kl liat salju hahahahha. Padahal kata temen2 yg bermukim di negara 4 musim, salju itu ngeselin banget :D meski dibilangin gitu, w jg tetep pengen ketemu salju, semoga dikabulkan ya Allah biar bisa poto2 kayak mama lisna di salju hahahah XD

    ReplyDelete
  2. Aku jugaa pas liat salju pertama kali girang banget padahal dingin dan bikin basah sebadan-badan.

    ReplyDelete
  3. Wah seru nih,,,kalau saya mau main salju mungkin harus jadi TKI dulu wkakak

    ReplyDelete